soal sejarah pendudukan Jepang
1.
“Nippon
Cahaya Asia, Nippon Pemimpin Asia, dan Nippon Pelindung Asia”
merupakan
jargon politik semasa pendudukan Jepang di Indonesia. Adapun
organisasi
propaganda yang terkait dengan jargon tersebut adalah ….
A.
Gerakan Tiga N
B.
Gerakan Tiga A
C.
Asia Hokokai
D.
Asia Raya
E.
Putera
2.
Pemerintahan
militer Jepang berkuasa di Indonesia sejak 1942. Pernyataan yang benar terkait
pemerintahan militer Jepang di Indonesia adalah....
A.
Gunseibu
bertugas mengatur lalu luntas perdagangan
B.
Zaimubu
bertugas mengatasi masalah peradilan
C.
Somobu
bertugas mengatasi permasalahan dalam negeri
D.
Gunseikan
berfungsi sebagai koordinator pemerintahan militer
E.
Gunshireikan
berkedudukan sebagai pucuk pemerintahan militer
3.
Shuisintai,
Seinendan, dan Hizbullah adalah beberapa contoh organisasi semi militer yang dibentuk langsung oleh pemerintah
militer Jepang. Tujuan tersembunyi dibalik
pembentuknya organisasi semi militer pada masa pendudukan Jepang adalah..
A.
mendidik
dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah
air
B.
untuk
mendapatkan tentara profesional dalam mensukseskan peperangan di luar
negeri
C.
mengakomodasi
gerakan kaum nasionalis agar tidak terjadi gerakan bawah tanah
D.
untuk
mendapatkan tentara terdidik dalam mensukseskan peperangan di dalam
negeri
E.
untuk
mendapatkan tentara cadangan dalam mensukseskan peperangan Jepang
4.
1)
Berusaha menarik simpati masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam
2)
Merupakan satu-satunya organisasi yang dibentuk pada masa kolonial Belanda yang
tidak dibubarkan Jepang
3)
Menjadi wadah silaturrahmi masyarakat menyangkut kehidupan umat Islam
Organisasi
yang dimaksud adalah...
A. al Irsyad
B. MIAI
C. NU
D. Muhammadiyah
E. Persis
5.
Jepang
berambisi untuk mengalahkan Sekutu dengan memanfaatkan rakyat Indonesia
terutama para pemuda. Karena itu Jepang membentuk organisasi-organisasi yang
bersifat militer dan semi-militer, seperti Heiho, Peta, Seinendan, Keibodan.
Dampak positif dari pembentukan organisasi milter tersebut adalah para
pemuda....
A. memberi dukungan penuh perjuangan
merebut kemerdekaan
B. memiliki keterampilan memberi latihan militer para prajurit jepang
C. mendapat persenjataan sebagai modal
mempertahankan kemerdekaan
D. memiliki pengetahuan tentang
persenjataan, strategi perang dan inteligen
E. berhasil membantu Jepang dalam
memenangkan perang Asia Timur Raya
6.
Pada
masa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang banyak mendirikan organisasi yang
bergerak di berbagai bidang seperti sosial, militer, dan semi militer. Sebagai
contohnya, Jepang berhasil membentuk suatu organisasi bernama Heiho yang
bergerak dalam bidang militer. Berikut ini yang merupakan alasan yang tepat
bagi latar belakang pembentukan organisasi yang bersifat militer oleh Jepang
adalah…
A.
Membekali
pengetahuan militer bagi rakyat Indonesia
B.
Memeras
tenaga bangsa Indonesia untuk diikutsertakan dalam peperangan
C.
Sebagai
perisai dalam menghadapi serangan sekutu, melainkan berlindung di balik bangsa
Indonesia yang dibekali kemampuan perang
D.
Untuk
mempersiapkan pasukan militer cadangan guna menghadapi sekutu
E.
Sebagai
tandingan untuk organisasi militer yang telah ada sebelumnya dan dibuat oleh
Belanda
7.
Pendudukan
Jepang di Indonesia menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Hal ini
disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi baik di bidang ekonomi maupun sosial.
Pada bulan Maret 1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera)
yang dipimpin oleh empat serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki
Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansur. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia
dapat berhubungan dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat-rapat
maupun media massa milik Jepang. Pada perkembangan organisasi Putera
dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses perjuangan Indonesia,
karena......
A.
menarik
perhatian bangsa Indonesia agar membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur
Raya
B.
membangkitkan
semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri
sebagai bangsa
C.
membujuk
kaum nasionalis sekuler dan kaum intelektual agar dapat mengerahkan tenaga
untuk melawan Jepang
D.
menggerakkan
rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu
E.
mempersatukan
rakyat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya
8.
Penjajahan
Jepang di Indonesia memicu reaksi dan perlawanan yang dilakukan rakyat
Indonesia. Perlawanan yang dilakukan antara lain melalui gerakan bawah tanah
dan perlawanan bersenjata. Salah satu bentuk perlawanan bersenjata terjadi di
daerah Singaparna yang dipimpin oleh K.H. Zainal Mustafa yang dilatar belakangi
oleh ....
A. Kebijakan
Jepang mewajibkan kerja paksa pada kaum santri
B. Penyiksaan
yang dilakukan Jepang terhadap rakyat Singaparna
C. Kekejaman
Jepang terhadap rakyat yang melakukan salat
D. Kewajiban
penghormatan saikerei kepada kaisar Jepang
E. K.H
Zainal Mustafa mendapatkan bantuan anggota Peta untuk menentang Jepang
9.
Perhatikan
teks dibawah ini
"Salah satu perlawanan terhadap Jepang
di Aceh adalah perlawananan rakyat yang terjadi di Cot Plieng yang dipimpin
oleh Abdul Jalil. Abdul Jalil adalah seorang ulama muda, guru mengaji di daerah
Cot Plieng, Provinsi Aceh. Karena melihat kekejaman dan kesewenangan pemerintah
pendudukan Jepang, terutama terhadap romusa, maka rakyat Cot Plieng melancarkan
perlawanan.Abdul Jalil memimpin rakyat Cot Plieng untuk melawan tindak
penindasan dan kekejaman yang dilakukan pendudukan Jepang.
Dari teks diatas pelajaran apa yang bisa kita
lakukan pada masa sekarang\
A. Berani
melawan segala penindasan dengan cara apapun
B. Berani
melawan ketidakadilan dengan cara konstitusional
C. Berani
malakukan Jihad atas nama agama tanpa mempertimbangkan toleransi
D. Tidak
takut melakukan hal yang melanggar hokum demi terwujudnya rasa keadilan
E. Melakukan
aksi sepihak dalam upaya mewujudkan keinginan golongan minoritas
10.
Jepang
yang mula-mula disambut dengan senang hati, kemudian berubah menjadi kebencian.
Rakyat bahkan lebih benci pada pemerintah Jepang daripada pemerintah Kolonial
Belanda sehingga muncul perlawanan-perlawanan seperti Aceh Angkat Senjata,
Perlawanan di Singaparna, Perlawanan Rakyat Kalimantan dan Irian hingga tentara
PETA di Blitar. Apa persamaan yang melandasi munculnya perlawanan rakyat
Indonesia terhadap Jepang…
A.
Perlakuan
kesewenang-wenangan Jepang yang merugikan rakyat Indonesia
B.
Jepang
bersekutu dengan Belanda merebutkan tanah Indonesia
C.
Rakyat
Indonesia tidak terima atas persamaan Jepang dengan wilayah Asia Timur Raya
D.
Rakyat
Indonesia menjadi korban keganasan alam pada masa Jepang
E.
Banyaknya
kaum pemuda dipekerjakan di lingkungan terbuka, misalnya di lingkungan
pembangunan kubu-kubu pertahanan, jalan raya, dan lapangan udara
11.
Perhatikan
organisasi-organisasi berikut :
1) Keibodan
2) Seinendan
3) Peta
4) Heiho
Organisasi militer bentukan Jepang pada masa
pendudukannya di Indonesia ditunjukkan oleh angka….
A. 3
dan 4
B. 1
dan 2
C. 2
dan 4
D. 1
dan 3
E. 2
dan 3
12.
Tujuan
pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang
adalah...
A.
Menggalang
dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
B.
membentuk
pasukan berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia
C.
Membentuk
kekuatan militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka
D.
Menggalang
dukungan untuk mewujudkandan mendukung perjuangan Gerakan Tiga
E.
Mendukung
kepentingan ekonomi Jepang melalui pembentukan organisasi
13.
Perhatikan
informasi berikut ini.
“tujuan awal pembentukan organisasi Peta
adalah memenuhi kepentingan perang Jeapng di wilayah pasifik. Dalam
perkembangannya, ternyata Peta lebih bermanfaat bagi bangsa Indonesia untuk
meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik, contohna yaitu Jenderal Sudirman
yang merupakan tokoh miliiter Indonesia yang pernah memimpin pasukan Peta.”
Berdasarkan informasi berikut, dapat
didisimpulkan latar belakang dibubarkannya Peta adalah …
A.
Jepang
ingin membentuk organisasi militer lain
B.
Peta
banyak dimanfaatkan oleh golongan Romusa untuk memberontak
C.
Peta
tidak memiliki kriteria dalam memenuhi kebutuhan perang Jepang di lautan
Pasifik
D.
Pemuda-pemuda
Indonesia tidak bersedia dijadikan sebagai tantara dalam perang Jepang
E.
Peta
terlalu bersifat nasional dan dianggap membahayakan kedudukan Jepang di
Indonesia
14.
Peristiwa
penculikan dan pembantaian besar-besaran yang dikenal dengan ‘Tragedi Mandor’
yang terjadi di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat memicu
sebuah perlawanan yang dilakukan oleh tokoh adat setempat yaitu...
A. Pang Suma
B. Pang Pang Na Mah
C. Kusaeri
D. Sultan Hamid II
E. Teuku Abdul Jalil
15.
Pada
masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional
bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya
organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir.
Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut dapat dijadikan alat untuk
mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh
memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
A.
mendapat
simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah
B.
melakukan
gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang
C.
mempelajari
strategi yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu
D.
menduduki
posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia
E.
menanamkan
semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka Jepang
16.
Banyak
masyarakat Indonesia yang menderita saat wilayahnya dikuasai oleh Jepang. Hal
ini dikarenakan, mereka dipaksa untuk membuat parit, membuat jalan, membuat
lapangan terbang, dan masih banyak lagi, mereka dipaksa oleh Jepang
menjadi Romusha. Salah satu respon masyarakat
Indonesia terhadap tindakan Jepang mewajibkan Romusya adalah....
A.
bulan
Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang dipimpin
oleh Kiai Zainal Mustofa
B.
tanggal
14 Februari 1945 terjadi pemberontakan yang dilakukan para tentara PETA
(Pembela Tanah Air) di bawah pimpinan Supriyadi.
C.
tanggal
30 Juli 1945 terjadi pemberontakan di Desa Cidempet, Kecamatan Loh Bener
Indramayu Jawa Barat
D.
tanggal
10 Nopember 1943 terjadi pemberontakan terhadap Jepang di Tasikmalaya yang
dipimpin oleh Zaenal Maarif
E.
tanggal
10 November 1942 terjadi penyerangan terhadap Jepang di Cot Plieng yang
dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil
17.
Pada
tahun 1944 posisi Jepang dalam perang pasifik semakin terdesak kondisi tersebut
terjadi karena ....
A. Amerika
Serikat berhasil menduduki kepulauan Marshall, Saifan dan Fhilipina
B. Amerika
Serikat berhasil menghabcurkan beberapa wilayah Jepang
C. Jepang
kalah dari Rusia dalam mempertahankan Manchuria
D. wilyah
Jepang banyak yang melepaskan diri
E. Jepang
tidak lagi mendapatkan dari Jerman
18.
Pada awal pendudukan Jepang di
Indonesia, Jepang mendirikan banyak organisasi massa, setelah organisasi yang ada
sebelum Jepang masuk dibubarkan. Salah
satunya organisasi yang dibentuk adalah Pusat Tenaga Rakyat (Putera). Namun bangsa Indonesia tidak tinggal diam,
organisasi tersebut dimanfaatkan oleh
para nasionalis sebagai sarana untuk mengobarkan semangat kemerdekaan rakyat
Indonesia. Mengapa hal tersebut terjadi
….
A.
Hanya cara tersebut yang dapat
digunakan untuk mengalahkan Jepang.
B.
Menghindari pertumpahan darah karena tentara Jepang
dikenal kejam.
C.
Para tokoh nasional dapat mengambil alih logistik
persenjataan tentara Jepang.
D.
Melalui organisasi tersebut bangsa Indonesia dapat
belajar kemiliteran.
E.
Untuk mempersiapkan berdirinya tentara nasional
jika Indonesia merdeka
19.
Pemerintah
pendudukan Jepang mengeksploitasi sumber daya manusia dengan mepekerjakan pribumi secara paksa melalui Romusha. Selain itu
juga mengeksploitasi sumber daya alam dengan cara ....
A.
hasil pertanian harus diserahkan kepada
pemerintah Jepang untuk kepentingan perang
B.
rakyat diwajibkan membayar pajak yang tinggi
kepada pemerintah Jepang.
C.
memperluas daerah perkebunan baru untuk
ditanami tembakau, teh dan kopi.
D.
masyarakat wajib menanam pohon jarak dan kapas untuk keperluan militer Jepang
E.
masyarakat wajib menyewa tanah kepada
pemerintah militer Jepang
20.
Awal
tahun 1944, Jepang mulai kalah di berbagai front pertempuran melawan sekutu. Pemerintah Jepang memberi janji kemerdekaan
kepada bangsa Indonesia. Janji ini dibuktikan,
yaitu pada bulan Maret pemerintah Jepang mendirikan BPUPKI. Semua ini dilakukan pemerintah Jepang dengan tujuan. …
A.
agar
rakyat Indonesia mau membantu Jepang memenangkan perang Asia Timur Raya.
B.
menyelidiki
syarat-syarat dan kelengkapan-kelengkapan Negara merdeka.
C.
supaya
Indonesia menjadi Negara yang merdeka, sejajar dengan Negara-negara merdeka
lainnya.
D.
Jepang
sebagai saudara tua yang benar-benar memberikan kemerdekaan kepada bangsa
Indonesia.
E.
Jepang
tetap menjadi pemimpin Negara-negara Asia Timur Raya
21.
Pada
masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka melakukan berbagai tindakan yang
mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Di bidang ekonomi Jepang
mengeksploitasi SDA/SDM untuk kepentingan perang dan menerapkan sistem ekonomi
perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang
kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki Indonesia tidak sepenuhnya merugikan,
ada beberapa kebijakan yang memberi kesan positif bagi perkembangan bangsa
Indonesia. Dampak positif pendudukan Jepang di bidang ekonomi bagi bangsa
Indonesia saat ini adalah....
A.
sumber
daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan asing
B.
sumber
daya alam Indonesia diekploitasi secara besar-besaran
C.
diperkenalkan
line system untuk peningkatan produksi pangan
D.
Indonesia
menjadi negara pengolah sumber bahan baku industri
E.
masuknya
investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi
22.
Pada
masa penjajahan Jepang banyak kebijakan yang dilakukan dalam bidang ekonomi
diantaranya menerapkan kebijakan autarki.Maksud Jepang menerapkan kebijakan
tersebut adalah….
A.
Menyiapkan
logistik perang sesuai dengan keunggulan tiap-tiap daerah
B.
Menyiapkan
sentra-sentra ekonomii demi kebutuhan perang Jepang
C.
Wujud
desentralisasi ekonomi yang diterapkan Jepang
D.
Untuk
melatih masyarakat mandiri secara ekonomi
E.
Agar
tidak membebani keuangan Jepang
23.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Strategi perang Jepang
dimanfaatkan untuk menyerang balik pasukan militer Jepang
(2) Formula kimia temuan Jepang
sebagai bahan pembuatan nuklir dimanfaatkan untuk membuat senjata
(3) Pelatihan militer yang
diadakan Jepang dijadikan modal untuk berperang untuk meraih kemerdekaan
(4) Peralatan militer dan
infastruktur perang Jepang dapat digunakan sebagai modal
mempetahankan kemerdekaan
Dampak
kebijakan
di bidang
militer bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor ...
A. (1)
dan (2)
B. (1)
dan (3)
C. (2
dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3)
dan (4)
24.
Perhatikan
faktor-faktor di bawah ini !
1.
Pemerintah
Jepang melarang penggunaan bahasa Belanda
2.
Pemerintah
Jepang melarang penggunaan Bahasa Jepang
3.
Pemerintah
Jepang menyelenggarakan banyak kursus bahasa Indonesia
4.
Pemerintah
Jepang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi
Salah
satu sisi positif dari penjajahan Jepang adalah perkembangan bahasa Indonesia
yang sangat pesat. Hal itu bisa terjadi karena faktor pendorong di atas yang
ditunjukkan oleh nomor ...
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
25.
Jepang
mengerahkan rakyat Indonesia sebagai tenaga kerja yang kemudian dikenal dengan
romusa. Mereka dipekerjakan di lingkungan terbuka, misalnya di lingkungan
pembangunan kubu-kubu pertahanan, jalan raya, lapangan udara dan serangkaian
propaganda Jepang. Rakyat yang dijadikan romusa pada umumnya adalah rakyat yang
bertenaga kasar.
Dari
penjelasan di atas, apakah alasan Jepang menerapkan kebijakan romusa
berdasarkan tafsiran di atas…
A.
Rakyat
sebagai pekerja dapat mengerjakan pekerjaan secara sukarela
B.
Jepang
tidak sanggup melakukan pekerjaan kasar
C.
Rakyat
dapat menyamar sebagai masyarakat di Birma, Muangthai, Vietnam, Serawak, dan
Malaya saat ditempatkan
D.
Melatih
rakyat untuk dijadikan pasukan militer bantuan
E.
Jepang
berusaha menanamkan pemikiran kerja keras pada rakyat Indonesia
26.
The
Japanise Empire, in its own and other eyes, the leader of East Asia and with
the power to be so, whose call is Kodo or the Imperial Way, to spread out and
save oppressed countries, cannot stand aside any longer and look on inactive”
(Eric Robertson, 1979: 83)
Dalam
tulisan tersebut dapat diketahui bahwa Jepang telah mempropagandakan dirinya sebagai
pemimpin dan penyelamat bagi bangsa- bangsa Asia yang terjajah, tetapi tanpa menyatakan
tindakan agresifnya untuk menguasai wilayah- wilayah lain
Berdasarkan
teks di atas dapat dijelaskan bahwa ...
A.
Persiapan
propaganda Jepang telah dilakukan secara sistematis di Indonesia
B.
Propaganda
Jepang telah mempengaruhi rakyat Indonesia untuk mendukung kekuasaan Jepang
C.
Jepang
ingin membebaskan bangsa Indonesia dari segala bentuk kolonialisme
D.
Propaganda
Jepang telah disebarkan ke seluruh dunia
E.
Jepang
telah mempersiapkan propaganda secara sistematis sebelum menguasai Indonesia
27.
Jepang
mengizinkan bangsa Indonesia untuk menggunakan bahasa Indonesia, menyanyikan
lagu "Indonesia Raya", dan mengibarkan bendera Merah Putih. Selain
itu, Jepang menyebut dirinya sebagai saudara tua bangsa Indonesia dan
menempatkan tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam gerakan- gerakan yang
dibentuk Jepang.
Berdasarkan
informasi tersebut, tujuan Jepang adalah
A.
memenuhi
klaimnya sebagai saudara tua bangsa Indonesia
B.
memperkenalkan
sistem politik dan militer modern pada bangsa Indonesia
C.
membantu
Indonesia mempersiapkan kemerdekaan yang dijanjikan Jepang
D.
menarik
simpati bangsa Indonesia agar mau membantu Jepang menghadapi Sekutu
E.
menjadikan
Indonesia sebagai mitra dalam upaya Jepang menjaga perdamaian dunia
28.
Setelah
menyerang Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour dan menguasai beberapa
negara di wilayah Asia Tenggara.Pada tanggal 1Januari 1942 Jepang mendarat di
Indonesia dan menguasai Kalimantan yang selajutnya berhasil menduduki seluruh
wilayah Indonesia. Berikut ini yang merupakan tujuan pendudukan Jepang atas
Indonesia adalah....
A.
Indonesia
dijadikan sebagai sumber tenaga buruh dengan upah murah
B.
Menunjukkan
sikap empati Jepang terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan
C.
Memberikan
janji kemerdekaan terhadap Indonesia
D.
Mengakhiri
kolonialisme yang dilakukan oleh Belanda selama beberapa abad di Indonesia
E.
Menarik
simpati rakyat Indonesia agar membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
29.
Selain
pengerahan romusa, pemerintahan Jepang juga merekrut para perempuan dari berbagai
Negara Asia. Diperkirakan, selama berkecambuk Perang Pasifik Jepang telah
merekrut sekitar 200.000 perempuan asia menjadi Jugun Ianfu. Jugun Ianfu merupakan
. .
A.
Kaum
pekerja paksa dari kalangan perempuan
B.
Perempuan
Indonesia yang disekolahkan oleh Jepang
C.
Peremapuan
Indonesia yang diperbantukan dalam perang Asia Timur Raya
D.
Pembantu
Rumah Tangga di keluarga Jepang
E.
Perempuan
Indonesia yang direkrut oleh Jepang untuk dijadikan penghibur
30.
Pada
tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerang Angkatan Laut Indonesia di Pearl
Harbour. Serangan tersebut membawa kerugian yang sangat besar bagi Amerika
Serikat. Tujuan dari penyerangan tersebut adalah....
A.
Mengakhiri
dominasi Amerika Serikat di Perang Dunia II
B.
Membalas
serangan terhadap Hiroshima dan Nagasaki
C.
Sebagai
upaya Jepang untuk mengobarkan Perang Asia Timur Raya dan menguasai Indonesia
D.
Menyebarkan
Ideologi fasisme
E.
Melumpuhkan
kekuatan Amerika Serikat yang menjadi penghalang ekspansi Jepang
31.
Perhatikan
informasi berikut ini.
“tujuan
awal pembentukan organisasi Peta adalah memenuhi kepentingan perang Jeapng di
wilayah pasifik. Dalam perkembangannya, ternyata Peta lebih bermanfaat bagi
bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik, contohna
yaitu Jenderal Sudirman yang merupakan tokoh miliiter Indonesia yang pernah
memimpin pasukan Peta.”
Berdasarkan
informasi berikut, dapat didisimpulkan latar belakang dibubarkannya Peta adalah
…
A.
Jepang
ingin membentuk organisasi militer lain
B.
Peta
banyak dimanfaatkan oleh golongan Romusa untuk memberontak
C.
Peta
tidak memiliki kriteria dalam memenuhi kebutuhan perang Jepang di lautan
Pasifik
D.
Pemuda-pemuda
Indonesia tidak bersedia dijadikan sebagai tantara dalam perang Jepang
E.
Peta
terlalu bersifat nasional dan dianggap membahayakan kedudukan Jepang di
Indonesia
32.
Walaupun
sempat mendapat tanggapan positif yang berdampak pada munculnya rasa optimisme
bangsa Indonesia terhadap kedatangan jepang, pada akhirnya Jepang juga tidak
berbeda dengan negara lain yang membawa kolonialisme dan imperialisme di
Indonesia. Hal tersebut pada akhirnya mendorong bangsa Indonesia untuk
melakukan perlawanan. Salah satu perlawanan terhadap Jepang yang paling dikenal
adalah Perlawanan Peta di Blitar. Penyebab perlawanan tersebut adalah....
A.
Sikap
Jepang yang kejam terhadap rakyat dan prajurit Indonesia pada khususnya
B.
Penolakan
terhadap kebijakan seikerei
C.
Keengganan
prajurit Peta untuk membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
D.
Adanya
persoalan pengumpulan padi, romusha, dan heiho yang dilakukan secara paksa
E.
Tindakan
sewenang-wenang yang dilakukan oleh pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia
33.
Perang
yang terjadi pada 7 desember 1941 yang dilancarkan oleh Jepang didasarkan atas
doktrin Hakko Ichi u yang dibangun dengan pandangan ...
A.
Membebaskan
bangsa- bangsa Asia dari penjajahan bangsa Barat
B.
Persediaan
sumber daya alam Jepang tidak mencukupi kebutuhan industri Jepang
C.
Bangsa
– bangsa Asia perlu diperintah sebagai imperium dengan Jepang sebagai
pemimpinnya
D.
Jepang
patut menjadi pemimpin bangsa – bangsa Asia oleh karena keunggulannya di bidang
militer
E.
Kemenangan
Jepang melawan armada laut Rusia dalam perang Rusia – Jepang
34.
Bacalah
dengan seksama lirik lagu dan teks berikut!
Bagimu
Negri
Padamu
Negri kami berjanji
Padamu
Negri kami berbakti
Padamu
Negri kami mengabdi
Bagimu
Negri jiwa raga kami
Menurut Soerya dalam Berita Nasional tanggal
20 Mei 1984 bahwa lagu ini diciptakan oleh Kusbini tahun 1942 atas permintaan
Sukarno yang awalnya untuk siaran pendidikan taman kanak-kanak guna mengimbangi
lagu-lagu propaganda Jepang yang marak saat itu (Mintargo, 2009). Kusbini
bekerja sebagai pemain biola dan penyiar taman kanak-kanak bersama Ibu Sud di
Radio Houso Kanri Kyoku. Menurut Ki Suratman tahun 1943-1944 pemerintah Jepang
melarang mengumandangkan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ maka lagu ‘Bagimu
Neg’ri diperdengarkan sebagai pengganti sementara lagu kebangsaan ‘Indonesia
Raya’ (Printina, 2017). Lagu ‘Bagimu Neg’ri’ dimaksudkan adalah Negara Republik
Indonesia yang disingkat dengan kata sandi ‘Neg’ri’, agar tidak diketahui
pemerintah Jepang. Hal ini bermula dari pandangan Kusbini yang melihat bahwa
hati para pemimpin bangsa Indonesia yang bekerjasama dengan pihak Jepang tetap
berkobar semangat untuk merdeka, namun semangat itu ditekan dan disembunyikan
demi perjuangan bangsa Indonesia.
Berdasarkan
lirik lagu dan teks di atas, maka makna lagu Bagimu Negri adalah ….
A.
lagu
yang digunakan bangsa Indonesia untuk mengimbangi lagu-lagu propaganda Jepang
yang marak saat itu.
B.
lagu
‘Bagimu Neg’ri sebagai pengganti sementara lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’
yang dilarang oleh Jepang.
C.
semangat
yang disembunyikan para pemimpin bangsa Indonesia untuk kemerdekaan saat
bekerjasama dengan Jepang
D.
Negara
Republik Indonesia yang disingkat dengan kata sandi ‘Neg’ri’ pada lirik lagu,
agar tidak diketahui pemerintah Jepang.
E.
lagu
yang mengajak dan menganjurkan kepada seluruh bangsa Indonesia agar berbuat
dengan ikhlas demi jiwa raga tanpa pamrih.
35.
Sejak
1943 Jepang melancarkan kampanye untuk melancarkan usaha pengerahan romusha.
Salah satu kampanye Jepang dilakukan dengan cara...
A.
Menggambarkan
romusha sebagai orang yang sedang menjalankan tugas suci
B.
Memberi
pemahaman bahwa romusha adalah pahlawan devisa
C.
Menjanjikan
kehidupan layak bagi romusha yang berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik
D.
Menempatkan
mantan romusha sebagai pegawai pemerintahan Jepang
E.
Memberikan
gaji sepadan bagi romusha yang dikirim ke medan perang
36.
Pada
masa pendudukannya, pemerintah Jepang membentuk Keibodan hingga ke tingkat
desa. Langkah Jepang didasari pada fakta bahwa...
A.
Desa
merupakan penghasil SDM terbesar di Indonesia
B.
Sebagian
besar warga desa antusias dengan kebijakan pemerintah Jepang
C.
Aktivitas
westernisasi yang dilakukan Belanda di wilayah desa belum terlalu kuat
D.
Pemuda
desa belum terpengaruh aktivitas kaum nasionalis sehingga mudah dibodohi
E.
Jepang
ingin sikap nasionalisme terhadap Jepang ditanamkan hingga di tingkat desa
37.
Setelah
menguasai Indonesia, Jepang menerapkan berbagai kebijakan yang cukup
memberatkan rakyat Indonesia. Dari Informasi tersebut dapat disimpulkan
bahwa...
A.
Sebagian
besar rakyat Indonesia tidak mengerti kebijakan pemerintah Jepang
B.
Kehidupan
rakyat Indonesia pada masa Jepang tidak jauh berbeda dengan masa kolonial
Belanda
C.
Jepang
terlalu memaksakan untuk menerapkan kebijakannya di Indonesia
D.
Kebijakan
Jepang belum tentu cocok diterapkan di wilayah Indonesia
E.
Sebagian
besar kebijakan Jepang merupakan kelanjutan/warisan dari Kebijakan Kolonial
38.
Serangan
Pearl Harbour diikuti dengan Penyerbuan Tentara Jepang ke Asia. Ketika Tentara
Jepang datang ke Indonesia, hal itu berlangsung begitu cepat dan tidak banyak
mendapatkan perlawanan karena...
A.
Kekuatan
tentara Jepang sudah sangat terlatih
B.
Belanda
di Indonesia memang sudah tidak berdaya akibat Perang Dunia
C.
Jepang
memiliki keahlian berpropaganda dengan semboyan Saudara Tua
D.
Peta
kekuatan militer Belanda sudah diketahui oleh Jepang
E.
Jepang
sudah mengirim Spionase sebelum masuk ke Indonesia
39.
Motif
utama Jepang dalam menginvasi Indonesia adalah ... .
A.
membuat
persemakmuran Asia Timur raya yang dipimpin oleh Jepang
B.
membebaskan
bangsa-bangsa Asia dari imperialisme bangsa Barat
C.
saudara
tua dari seluruh bangsa-bangsa di Asia
D.
memenuhi
kebutuhan militer Jepang
E.
jadikan
bangsa-bangsa Asia agar merdeka
40.
Tujuan
pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang
adalah...
A.
Menggalang
dukungan rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
B.
membentuk
pasukan berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia
C.
Membentuk
kekuatan militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka
D.
Menggalang
dukungan untuk mewujudkandan mendukung perjuangan Gerakan Tiga
E.
Mendukung
kepentingan ekonomi Jepang melalui pembentukan organisasi
41.
Pernyataan
berikut ini yang menggambarkan praktek pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi
adalah ... .
A.
Jepang
di Indonesia memusatkan perhatiannya pada bidang perkebunan rakyat
B.
Jepang
sangat memperhatikan kesejahteraan ekonomi seluruh rakyat Indonesia
C.
Jepang
menguras semua sumber ekonomi Indonesia untuk kepentingan perangnya
D.
masa
pendudukan Jepang, sistem ekonomi uang yang telah ada semakin popular
E.
pertanian
masa Jepang semakin berkembang dan dinikmati bersama oleh Jepang dan rakyat
42.
Kondisi
pendidikan masa pendudukan Jepang adalah ....
A.
pendidikan
hanya dapat dinikmati kalangan tertentu saja
B.
Jepang
membangun sistem pendidikan untuk membangun Indonesia
C.
Jepang
membangun sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi
D.
sistem
pendidikan difokuskan untuk kebutuhan perang Jepang
E.
pendidikan
rakyat Indonesia mengalami kemajuan yang pesat
43.
Salah
satu mobilisasi massa pada masa pendudukan Jepang adalah pembentukan
tonarigumi. Dalan situasi perang, tonirigumi berfungsi…
A.
Mencegah
bahaya serangan udara, kebakaran, pemberantasan kabar bohong, dan mata-mata
Sekutu
B.
Mengawasi
aktivitas orang-orang Eropa yang masih bermukim di Indonesia
C.
Menghasilkan
komoditas perkebunan dan pertanian yang bermanfaat bagi kepentingan perang
D.
Membantu
petani untuk mengolah lahan-lahan pertanian yang dianggap produktif
E.
Memajukan
potensi ekonomi di wilayah luar Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan
44.
Kedatangan
Jepang di Indonesia pada dasarnya mendapat tanggapan yang berbeda dari para
tokoh nasional Indonesia. Ada yang menanggapinya secara baik dan ada yang
bersikap hati-hati. Salah satu penyebab tokoh nasional Indonesia bersikap
hati-hati terhadap kedatangan Jepang adalah....
A.
Jepang
berusaha untuk menerapkan kolonialisme dan imperialisme di Indonesa
B.
Kegiatan
ekspansi Jepang membawa unsur fasisme
C.
Masih
adanya trauma akibat kolonialisme dan imperialisme yang dilakukan oleh Belanda
D.
Kedatangan
Jepang telah membicarakan kemerdekaan Indonesia
E.
Kepercayaan
terhadap ramalan Jayabaya
45.
Salah
satu strategi Jepang untuk menegakkan pendudukannya di Indonesia adalah melalui
jalan perdamaian. Cara tersebut ditempuh dengan cara menyebarkan propaganda
yang ditujukan untuk menarik simpati rakyat Indonesia. Salah satu propaganda
yang dilakukan oleh Jepang adalah....
A.
Melindungi
bangsa Indonesia dari penjajah Barat
B.
Mengusahakan
perekonomian bagi bangsa Indonesia
C.
Memberikan
kebebasan menjalankan kegiatan keaagamaan
D.
Mengusahakan
kemakmuran bagi rakyat Indonesia
E.
Meningkatkan
penyelenggaraan pendidikan bagi rakyat Indonesia
46.
Salah
satu bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan Jepang adalah
melalui perjuangan bawah tanah. Umumnya perjuangan bawah tanah dilakukan oleh
bangsa Indonesia yang bekerja instansi pemerintah Jepang. Berikut adalah
kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh gerakan bawah tanah secara
sembunyi-sembunyi, kecuali....
A.
Menjalin
komunikasi untuk memelihara semangat nasionalisme
B.
Berusaha
menyusun rencana untuk menyerang Jepang secara frontal
C.
menyiapkan
kekuatan yang diperlukan untuk meyambut kemerdekaan Indonesia
D.
Mempropagandakan
semangat dan kesiapan untuk merdeka di kalangan rakyat
E.
Memantau
perkembangan Perang Asia Timur Raya melalui radio luar negeri
47.
Penjajahan
Jepang terhadap bangsa Indonesia berlangsung tiga setengah tahun. Penjajahan
Jepang di Indonesia mengakibatkan kesengsaraan rakyat, baik secara lahir maupun
batin., meskipun juga terdapat dampak positifnya. Dampak positif masa
pendudukan Jepang atas wilayah Indonesia adalah ....
A. kebutuhan
makanan tercukupi melaui pengerahan tenaga
B. pemuda
Indonesia mendapt pendidikan latihan kemiliteran
C. rakyat
Indonesia dapat berbahasa Jepang dengan baik
D. bangsa
Indonesia diperbolehkan menduduki jabatan penting
E. bendera
Indonesia berkibar di sebelah bendera Jepang
48.
Kolonialisme
dan Imperialisme di Indonesia pada dasarnya tidak hanya membawa dampak negatif.
Di sisi lain kolonialisme dan imperialisme juga selalu diiringi dengan dampak
positif. Berikut ini yang merupakan dampak positif pendudukan Jepang di
Indonesia adalah....
A.
Semakin
dikenalnya Indonesia di dunia internasional
B.
Perekonomian
Indonesia semakin meningkat akibat kebijakan ekonomi perang yang diberlakukan
Jepang
C.
Munculnya
kelompok-kelompok pemuda yang mempunyai pengetahuan kemiliteran
D.
Peningkatan
mutu pendidikan di Indonesia
E.
Perubahan
struktur sosial masyarakat pedesaan akibat adanta Romusha
49.
Perhatikan
pernyataan berikut.
1)
Menangkap para pemimpin pergerakan yang nasionalis.
2)
Menghapus pengaruh Barat dari kalangan masyarakat.
3)
Melakukan mobilisasi rakyat untuk kepentingan perang.
4)
Mendekati dan membangun kerja sama dengan para pemimpin Islam. Prioritas kebijakan
yang diterapkan Jepang di Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor ...
a.
1) dan 2)
b.
1) dan 3)
c.
2) dan 3)
d.
2) dan 4)
e.
3) dan 4)
50.
Salah
satu bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan Jepang adalah
melalui perjuangan bawah tanah. Umumnya perjuangan bawah tanah dilakukan oleh
bangsa Indonesia yang bekerja instansi pemerintah Jepang. Berikut adalah
kegiatan yang dilakukan oleh para tokoh gerakan bawah tanah secara
sembunyi-sembunyi, kecuali....
A.
Menjalin komunikasi untuk memelihara semangat nasionalisme
B.
Berusaha menyusun rencana untuk menyerang Jepang secara frontal
C.
menyiapkan kekuatan yang diperlukan untuk meyambut kemerdekaan Indonesia
D.
Mempropagandakan semangat dan kesiapan untuk merdeka di kalangan rakyat
E.
Memantau perkembangan Perang Asia Timur Raya melalui radio luar neger
51.
Kebijakan
pemerintah pendudukan Jepang yang menimbulkan kebencian rakyat Indonesia
adalah….
A.
Para
pemuda dipaksa untuk menjadi Heiho
B.
Wanita
dipaksa untuk menjadi Fujinkai
C.
Rakyat
dipaksa untuk membantu sarana pendidikan
D.
Rakyat
wajib memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan perang
E.
Rakyat
wajib bekerja di lahan-lahan pertanian
52.
Perhatikan
informasi berikut!
1.
Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia
2.
Larangan penggunaan bahasa Belanda sebagai percakapan sehari-hari
3.
Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk propaganda
4.
Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indonesia
5.
Bahasa Indonesia sangat demokratis karena membedakan tingkatan pemakaiannya
Dampak
positif dari pendudukan Jepang diantaranya adalah berkembangnya bahasa
Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya adalah..
A.
1, 2, 3
B.
1, 3, 5
C.
2, 3, 4
D.
2, 3, 5
E.
3, 4, 5
53.
Secara
umum praktik penjajahan yang dilakukan Jepang dapat memberikan dampak
positif
maupun negatif bagi masyarakat yang dijajahnya. Namun apa yang dilakukan
Jepang
saat itu beberapa pengaruhnya dapat diambil bahkan masih dirasakan hingga
saat
ini diantaranya dalam bidang ...
A.
ekonomi yaitu menabung di bank.
B.
sosial munculnya kelas sosial yang menyebabkan adanya ketimpangan social.
C.
pendidikan adanya dikriminasi bagi rakyat yang memperoleh Pendidikan.
D.
politik-militer adanya tentara PETA yang anggotanya menjadi embrio TNI
E.
budaya dimana masyarakat cenderung menyukai Cosplay, Anime dan Games yang
identik
dengan Jepan
54.
Pada
masa pendudukan Jepang, para pendidik (guru) serta siswa-siswi zaman penjajahan Jepang harus melakukan rutinitas
upacara juga melakukan Dai Toa, yaitu
sumpah setia pada cita-cita Asia Raya dan wajib melakukan senam Jepang (Taiso) juga harus melakukan latihan fisik
kemiliteran. Hal itu menjadi pengaruh dari
pendudukan Jepang dalam bidang...
A.
Pendidikan
B.
Budaya
C.
Politik
D.
Sosial
E.
Ekonomi
55.
Kedatangan
Jepang di Indonesia pada dasarnya mendapat tanggapan yang berbeda dari para
tokoh nasional Indonesia. Ada yang menanggapinya secara baik dan ada yang
bersikap hati-hati. Salah satu penyebab tokoh nasional Indonesia bersikap
hati-hati terhadap kedatangan Jepang adalah....
A.
Jepang berusaha untuk menerapkan kolonialisme dan imperialisme di Indonesa
B.
Kegiatan ekspansi Jepang membawa unsur fasisme
C.
Masih adanya trauma akibat kolonialisme dan imperialisme yang dilakukan oleh
Belanda
D.
Kedatangan Jepang telah membicarakan kemerdekaan Indonesia
E.
Kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya
1. 1. Organisasi semi militer yang ditujukan untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan menggunakan tangan dan kekuatannya sendiri adalah ....
A. Keibodan
B.
Fujinkai
C.
Heiho
D. Seinendan
E.
Peta
2.
Jepang
melakukan infasi dilandasi ambisi untuk mempersatukan negara – negara di Asia.
Bangsa Jepang meyakini bahwa dunia ini adalah satu keluarga dan mereka adalah
bangsa yang terbaik sehingga harus dipersatukan dibawah kekuasaanya. Konsep
tersebut dikenal dengan istilah ...1. Jepang melakukan infasi dilandasi ambisi
untuk mempersatukan negara – negara di Asia. Bangsa Jepang meyakini bahwa dunia
ini adalah satu keluarga dan mereka adalah bangsa yang terbaik sehingga harus
dipersatukan dibawah kekuasaanya. Konsep tersebut dikenal dengan istilah ...
A. Seikerei
B.
Hakko Ichiu
C.
Nipon Seisin
D. Saika Shikikan
E.
Kagyo Daigaku
informasi 1. Perhatikan informasi berikut ini.
“tujuan awal pembentukan organisasi Peta adalah memenuhi kepentingan
perang Jeapng di wilayah pasifik. Dalam perkembangannya, ternyata Peta lebih
bermanfaat bagi bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan melalui perjuangan
fisik, contohnya yaitu Jenderal Sudirman yang merupakan tokoh miliiter
Indonesia yang pernah memimpin pasukan Peta.”
Berdasarkan informasi berikut, dapat
didisimpulkan latar belakang dibubarkannya Peta adalah..
A. Jepang ingin
membentuk organisasi militer lain
B.
Peta banyak dimanfaatkan oleh golongan Romusa untuk
memberontak
C.
Peta tidak memiliki kriteria dalam memenuhi kebutuhan
perang Jepang di lautan Pasifik
D. Pemuda-pemuda
Indonesia tidak bersedia dijadikan sebagai tantara dalam perang Jepang
E.
Peta terlalu bersifat
nasional dan dianggap membahayakan kedudukan Jepang di Indonesia
2.
Tujuan pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944
pada masa pendudukan Jepang adalah...
A. Menggalang dukungan
rakyat untuk berbakti dan rela berkorban demi perang Jepang
B. membentuk pasukan
berani mati di Jawa, untuk kepentingan pemerintahan Indonesia
C. Membentuk kekuatan
militer di kalangan masyarakat Jawa, persiapan Indonesia merdeka
D. Menggalang dukungan
untuk mewujudkandan mendukung perjuangan Gerakan Tiga
E.
Mendukung kepentingan ekonomi Jepang melalui
pembentukan organisasi
3. Perhatikan Informasi Di bawah ini!
1)
Berusaha menarik simpati masyarakat Indonesia yang
mayoritas beragama Islam
2)
Merupakan satu-satunya organisasi yang dibentuk pada
masa kolonial Belanda yang tidak dibubarkan Jepang
3)
Menjadi wadah silaturrahmi masyarakat menyangkut
kehidupan umat Islam
Organisasi yang dimaksud adalah...
A. al Irsyad
B. MIAI
C. NU
D. Muhammadiyah
E. Persis
4.
Shuisintai, Seinendan, dan Hizbullah adalah beberapa
contoh organisasi semi militer yang
dibentuk langsung oleh pemerintah militer Jepang. Tujuan tersembunyi dibalik pembentuknya organisasi semi militer
pada masa pendudukan Jepang adalah..
A.
mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan
mempertahankan tanah air
B.
untuk mendapatkan tentara profesional dalam
mensukseskan peperangan di luar negeri
C.
mengakomodasi gerakan kaum nasionalis agar tidak
terjadi gerakan bawah tanah
D.
untuk mendapatkan tentara terdidik dalam mensukseskan
peperangan di dalam
negeri
E.
untuk mendapatkan tentara cadangan dalam mensukseskan
peperangan Jepang
5.
Perhatikan organisasi-organisasi berikut :
1)
Keibodan
2)
Seinendan
3)
Peta
4)
Heiho
Organisasi militer bentukan Jepang pada masa
pendudukannya di Indonesia ditunjukkan oleh angka….
A.
3 dan 4
B.
1 dan 2
C.
2 dan 4
D.
1 dan 3
E.
2 dan 3
6.
Walaupun sempat
mendapat tanggapan positif yang berdampak pada munculnya rasa optimisme bangsa
Indonesia terhadap kedatangan jepang, pada akhirnya Jepang juga tidak berbeda
dengan negara lain yang membawa kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Hal
tersebut pada akhirnya mendorong bangsa Indonesia untuk melakukan perlawanan.
Salah satu perlawanan terhadap Jepang yang paling dikenal adalah Perlawanan
Peta di Blitar. Penyebab perlawanan tersebut adalah....
A. Sikap Jepang yang
kejam terhadap rakyat dan prajurit Indonesia pada khususnya
B.
Penolakan terhadap kebijakan seikerei
C.
Keengganan prajurit Peta untuk membantu Jepang dalam
Perang Asia Timur Raya
D. Adanya persoalan
pengumpulan padi, romusha, dan heiho yang dilakukan secara paksa
E.
Tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh
pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia
7.
Pada masa pendudukannya, pemerintah Jepang membentuk
Keibodan hingga ke tingkat desa. Langkah Jepang didasari pada fakta bahwa...
A.
Desa merupakan penghasil SDM terbesar di Indonesia
B.
Sebagian besar warga desa antusias dengan kebijakan
pemerintah Jepang
C.
Aktivitas westernisasi yang dilakukan Belanda di
wilayah desa belum terlalu kuat
D.
Pemuda desa belum terpengaruh aktivitas kaum
nasionalis sehingga mudah dibodohi
E.
Jepang ingin sikap nasionalisme terhadap Jepang
ditanamkan hingga di tingkat desa
8.
Salah satu
mobilisasi massa pada masa pendudukan Jepang adalah pembentukan tonarigumi.
Dalan situasi perang, tonirigumi berfungsi…
A.
Mencegah bahaya serangan udara, kebakaran,
pemberantasan kabar bohong, dan mata-mata Sekutu
B.
Mengawasi aktivitas orang-orang Eropa yang masih
bermukim di Indonesia
C.
Menghasilkan komoditas perkebunan dan pertanian yang
bermanfaat bagi kepentingan perang
D.
Membantu petani untuk mengolah lahan-lahan pertanian
yang dianggap produktif
E.
Memajukan potensi ekonomi di wilayah luar Jawa seperti
Sumatera dan Kalimantan
9. Rakyat Blitar melakukan perlawanan
terhadap belanda yang diprakarsai oleh para
anggota Peta (Pembela Tanah Air) yang
melatarbelakangi perlawanan tersebut adalah....
A. kekerasan yang
dilakukan pasukan jepang kepada romusa
B.
tentara Peta disuruh wajib seikerei oleh pemerintah
jepang
C.
tentara peta prihatin terhadap petani blitar yang
dipaksa menjual padinya dengan harga yang murah
D. tentara peta kecewa
terjadi pembubaran organisasi politik jepang
E.
peta tidak setuju adanya aksi rekutmen mata-mata di
kalangan penduduk blitar
10.
Gerakan Tiga A ini
berdiri pada Maret 1942 dipimpin oleh Hihosyi Syimizu dan Mr. Samsuddin (tokoh
Parindra Jawa Barat). Gerakan ini bertujuan untuk merekrut dan mengerahkan
tenaga rakyat yang akan dimanfaatkan dalam perang Asia Timur Raya. Namun,
setahun kemudian gerakan ini telah di bubarkan, karena ….
A. tidak mendapat
dukungan rakyat Indonesia
B.
lebih bermanfaat bagi rakyat Indonesia
C.
kurangnya partisipasi rakyat Indonesia
D. adanya kecurigaan
terhadap fasisme Jepang
E.
banyaknya korban jiwa yang berjatuha
11.
perhatikan
struktur pemerintahan ini
1)
1.Gunsireikan
2)
2.Gunseibu
3)
3.Gunbaikan
4)
4.Gunseikanbu
urutkan struktur pemerintahan militer di atas
dari tingkat tertinggi hingga terendah yaitu angka.....
A.
1-3-2-4
B.
2-4-1-3
C.
1-3-4-2
D.
2-1-3-4
E.
3-4-1-2
.
1)
Jepang menyerang Pontianak, Banjarmasin, Makassar,
Palembang, dan Bali.
2)
Wilayah pertama yang diinvasi oleh Jepang di Hindia
Belanda adalah Pulau Jawa
3)
Pada awal tahun 1942, Jepang menyerang Hindia Belanda
dan berhasil menguasai Tarakan
4)
Pasukan Jepang berhasil dipukul mundur oleh Belanda
dan gagal menguasai Batavia dan Bandung
Informasi yang tepat
terkait awal pendudukan Jepang di Indonesia ditunjukkan nomor ....
A. 1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D. 2 dan 4
E.
3 dan 4
Jepang mengizinkan bangsa Indonesia untuk menggunakan
bahasa Indonesia, menyanyikan lagu "Indonesia Raya", dan mengibarkan
bendera Merah Putih. Selain itu, Jepang menyebut dirinya sebagai saudara tua
bangsa Indonesia dan menempatkan tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam
gerakan- gerakan yang dibentuk Jepang.
Berdasarkan informasi
tersebut, dapat disimpulkan bahwa Jepang berusaha ....
A.
memenuhi klaimnya sebagai saudara tua bangsa Indonesia
B.
memperkenalkan sistem politik dan militer modern pada
bangsa Indonesia
C.
membantu Indonesia mempersiapkan kemerdekaan yang
dijanjikan Jepang
D.
menarik simpati bangsa Indonesia agar mau membantu
Jepang menghadapi Sekutu
E.
menjadikan Indonesia sebagai mitra dalam upaya Jepang
menjaga perdamaian dunia
Kelompok tokoh nasional yang menyambut dengan baik
kedatangan Jepang ke Indonesia dilandasi dengan adanya optimisme akan
kemerdekaan yang akan diberikan Jepang kepada Indonesia. Lain halnya dengan
kelompok nonkooperatif yang perjuangannya dilakukan melalui gerakan bawah
tanah. Strategi perjuangan non koperatif gerakan bawah tanah yang dimaksud
adalah ….
A. Bersifat radikal dan
menolak kerjasama dengan penjajah
B.
Kegiatan oraganisasi kebangsaan bersifat lunak dan
terbuka
C.
Kegiatan organisasi dilakukan secara sembunyi-sembunyi
D. Kegiatan organisasi
dilakukan secara masif dan ekstrimis
E.
Organisasi dengan terang-terangan menggalang
persatuaan
. Perhatikan teks dibawah ini
"Salah satu
perlawanan terhadap Jepang di Aceh adalah perlawananan rakyat yang terjadi di
Cot Plieng yang dipimpin oleh Abdul Jalil. Abdul Jalil adalah seorang ulama
muda, guru mengaji di daerah Cot Plieng, Provinsi Aceh. Karena melihat
kekejaman dan kesewenangan pemerintah pendudukan Jepang, terutama terhadap
romusa, maka rakyat Cot Plieng melancarkan perlawanan.Abdul Jalil memimpin
rakyat Cot Plieng untuk melawan tindak penindasan dan kekejaman yang dilakukan
pendudukan Jepang.
Dari teks diatas pelajaran apa yang bisa kita lakukan pada masa sekarang
A. Berani melawan segala
penindasan dengan cara apapun
B. Berani melawan
ketidakadilan dengan cara konstitusional
C. Berani malakukan
Jihad atas nama agama tanpa mempertimbangkan toleransi
D. Tidak takut melakukan
hal yang melanggar hokum demi terwujudnya rasa keadilan
E. Melakukan aksi
sepihak dalam upaya mewujudkan keinginan golongan minoritas
Pemerintah pendudukan Jepang mengeksploitasi sumber
daya manusia dengan mepekerjakan pribumi secara paksa melalui Romusha. Selain
itu juga mengeksploitasi sumber daya alam dengan cara ....
A. Hasil pertanian harus
diserahkan kepada pemerintah Jepang untuk kepentingan perang
B.
Rakyat diwajibkan membayar pajak yang tinggi kepada
pemerintah Jepang
C.
Memperluas daerah perkebunan baru untuk ditanami
tembakau, teh dan kopi
D. Masyarakat wajib
menanam pohon jarak dan kapas untuk keperluan militer Jepang
E.
Masyarakat wajib menyewa tanah kepada pemerintah
militer Jepang
. Perhatikan informasi berikut!
1)
Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia
2)
Larangan penggunaan bahasa Belanda sebagai percakapan
sehari-hari
3)
Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk
propaganda
4)
Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indonesia
5)
Bahasa Indonesia sangat demokratis karena membedakan
tingkatan pemakaiannya
Dampak positif dari pendudukan Jepang diantaranya adalah berkembangnya bahasa Indonesia. Faktor-faktor penyebabnya adalah....
A. 1, 2, 3
B.
1, 3, 5
C.
2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E.
3, 4, 5
Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka
melakukan berbagai tindakan yang mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia.
Di bidang ekonomi Jepang mengeksploitasi SDA/SDM untuk kepentingan perang dan
menerapkan sistem ekonomi perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah
sendiri dan menunjang kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki
Indonesia tidak sepenuhnya merugikan, ada beberapa kebijakan yang memberi kesan
positif bagi perkembangan bangsa Indonesia. Dampak positif pendudukan Jepang di
bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia saat ini adalah ....
A.
Sumber daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan
asing
B.
Diperkenalkan line system untuk peningkatan produksi
pangan
C.
Sumber daya alam Indonesia diekploitasi secara
besar-besaran
D.
Indonesia menjadi negara pengolah sumber bahan baku
industri
E. Masuknya investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi
Komentar
Posting Komentar