Catatan malam
Dinginnya udara malam disertai suara jangkrik dan binatang menambah khidmat malam yang aku lalui. Angin sepoy tampak bintang diatas langit bersama rembulan menyinari bumi. Indahnya malam ini memberikan arti adanya kedamaian dan ketentraman dalam setiap sanubari masyarakat.
Kemudian suara beberapa anak muda yg sedang bermain gitar dengan melantukan lagi yg merdu.Membuat malam ini tambah syahdu di kehingam malam. Nampak masyarakarakat sudah kembali keperaduannya untuk rehat sejenak meraih mimpi dari aktifitas siang tadi.
Kegiatan masyarakat yang sudah kembali beraktifitas setelah rehat 2 bulan lebih karena pandemi covid 19. Masyarakat rehat karena memang untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Setelah rehat beberapa bulan pemerintah daerah membuka PSBB transisi dengan melihat indikator penyebaran covid 19 sudah mulai melandai.
Tapi jangan lupa walaupun berada ditengah transisi masyarakat tetap menerapkan aturan jaga jarak dan jaga kesehatan serta pakai masker karena itu aturan standar. Aturan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh masyarakat dengan penuh kesadaran diri tanpa paksaan. Masyarakat saling memberikan edukasi tentang menjaga dan menjaga protokol kesehatan.
Edukasi itu penting untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Edukasi itu pentimg karena bagian proses sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai baru era pandemi covid 19. Karena dalam pandemi covid 19 masyarakat bisa belajar banyak hal sesuai dengan kondisi.
Dinamaka perubahan pada masa pandemi masyarakatlah yang turut menentukan. Terutama perubahan untuk tertib menjaga jarak dan memakai masker. Perubahan itu pasti menentukan adanya pergeseran tradisi pola yang baru terjadi dalam masyarakat. Perubahan itu maka menentukan pandemi covid 19 akan berkurang atau naik terus grafiknya. Atau pandemi ini masih berlanjut hingga akhir tahun atau selamanya.
Paling penting menurut saya mengenai pandemi ini adalah taat pada protokol kesehatan itu. Dan berupaya untuk konsisten dan komitmen menjaga setta mentaati aturan itu. Kemudian membangun ruang baru perubahan dengan menggunakan daring.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA