SOAL SEJARAH PEMINATAN
1.
Perhatikan paragraf
berikut ini !
Perlawanan
Diponegoro (1825 – 1830) yang terjadi di Jawa, dan Perang Padri yang terjadi di
Sumatera Barat, berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan. Kedua perlawanan
tersebut juga sama-sama menentang penjajahan Belanda. Akan tetapi kedua keunikan
tersendiri, baik sebab-sebab terjadinya perlawanan tersebut, maupun jalannya
perlawanan terhadap penjajah Belanda.
Pernyataan di atas
menunjukkan bahwa peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ...
A. ruang atau tempat
B. waktu atau zaman
C. tokoh
D. kebudayaan
C. ideology
2.
Dalam penulisan kisah
sejarah, sejarahwan harus mampu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada
masa lampau berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan. Pernyataan di
atas sesuai dengan salah satu ciri sejarah sebagai seni, yaitu memerlukan ....
A. emosi
B. fantasi
C. gaya bahasa
D. intuisi
E. imajinasi
3.
Pada awalnya kehidupan
manusia purba terbentuk kelompok-kelompok kecil yang memudahkan untuk
berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka hidup di alam terbuka
dan mendekati sumber air atau sungai, Kemudian mereka hidup menetap hingga pada
masa yang membangun pola hunian yang lebih modern. Hal itu merupakan suatu
proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia
tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini memberikan interpretasi bahwa
peristiwa sejarah itu ....
A. tergantung siapa yang menjadi pelaku dan
saksinya
B. adanya hubungan antara pelaku dan
penulis sejarah
C. ada keterkaitan
peristiwa yang satu dengan lainnya
D. tidak memiliki hubungan dengan peristiwa
masa kini
E. tergantung siapa yang menjadi penulis
sejarah itu
4.
Ketika sumber tulisan
dirasakan masih kurang mencukupi dijadikan sebagai fakta untuk mengungkap
peristiwa masa lalu, maka dalam perspektif baru penulisan, para sejarawan
menggunakan sumber visual karena…
A. Foto merekam realitas dari sebuah peristiwa sejarah
B. Foto
merupakan bukti yang paliang autentik diantara bukti-bukti sejarah lainnya
C. Foto
selalu benar dan keadaan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dalam
menampilkan objek dan bekaitan dengan kepentingan sejarah
D. Dalam
penulisan sejarah, penulis membutuhkan lebih banyak foto-foto untuk mendukung
objektifitas hasil penelitian, sumber sejarah lainnya menjadi sumber pendukung
E. Foto
merupakan hasil karya luar biasa dari seorang fotografer
5.
Perhatikan isi teks berikut:
Pangeran
Diponegoro adalah
salah satu musuh Belanda yang paling sulit ditaklukkan. Perlawanannya selama
lima tahun (1825-1830) begitu merepotkan dan bahkan membuat keuangan
pemerintah kolonial kolaps. Karena begitu besarnya pengeluaran,
Komisaris Jenderal De Bus de Gisignies menekan Jenderal De Kock agar
melakukan penghematan dan segera menyelesaikan perang. Sebab, pada saat itu
pemerintah Hindia Belanda sudah defisit f. 18.000.000 (18 juta gulden).
Menanggapi tekanan Du Bus, De Kock seperti dicatat E.S de Klerk menjawab: “Bahwa kami berperang ini
tidak hanya melawan pemberontak, akan tetapi melawan seluruh rakyat yang
jumlahnya dua juta.” Sumber: www.liputan6.com |
Teks tersebut diatas merupakan ciri-ciri penulisan sejarah yang
bersifat….
A. Istana sentris
B. Religio magis
C. Etnosentrisme
D. Belanda sentris
E. Region sentrisme
6.
Penemuan fosil manusia
purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan
Solo, sedangkan di luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti
Cina dan Jerman. Manusia purba yang ditemukan di Indonesia maupun di luar
Indonesia tersebut, jika ditinjau dari hasil kebudayaan banyak memiliki
kesamaan antara lain yaitu ....
A. menggunakan
peralatan dari kayu, tulang dan logam
B. ras manusia modern yang awal
penyebarannya dari Afrika
C. sama-sama mengenal kebudayaan tjokken
moddinger
D. menggunakan abris sous roche sebagai
tempat hunian
E. tempat huniannya di gua dan di daerah
tepi pantai
7.
Pengetahuan manusia pada zaman perundagian (zaman logam) dalam berbagai bidang meningkat pesat. Mereka telah
menguasai pelayaran dan perdagangan. Mereka menciptakan perahu-perahu bercadik
atau perahu bersayap, hingga mampu menjelajah seluruh perairan Austronesia.
Pemasangan cadik dalam perahu-perahu tersebut difungsikan untuk ....
A.
menangkap hembusan
angin yang dapat mendorong lajunya perahu
B.
tiang pengikat tali
ketika perahu disandarkan pada benda di tepi pantai
C.
mengantisipasi
terjadinya benturan agar tidak mengenai badan perahu
D.
mempercepat daya
jelajah ke daerah perairan yang arusnya deras
E. menjaga keseimbangan perahu agar perahu tidak
mudah terbalik
8.
Peradaban kuno eropa
mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi peradaban bangsa Indonesia. Salah
satu pengaruh peradaban kuno Eropa (Yunani) bagi Indonesia dalam bidang politik
pemerintahan adalah ….
A.
Pemerintahan demokrasi
B. Pemerintahan
otokrasi
C. Pemerintahan liberal
D. Pemerintahan absolut
E. Pemerintahan militer
9.
Perhatikan diskripsi
berikut !
(1) Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasaiwan
(2) Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasogatan
(3) Semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana
Dharma Mangrwa
Diskripsi tersebut
memberikan kesan sejak zaman kerajaan Hindu-budha
sudah terjadi….
A. mengembangkan
toleransi umat beragama
B. menjunjung tinggi supremasi hukum
C. mengembangkan negara maritim dan agraris
D. mengembangkan hidup bertetangga baik
E. mengembangkan pemerintahan sentralisasi
10.
Perhatikan pernyataan
berikut ini.
(1) Memiliki daerah pertanian luas dan
subur.
(2) Memiliki komodity ekspor beras, madu dan
lilin.
(3) Memperoleh keuntungan besar sebagai
bandar transisito perdagangan
Pernyataan berikut yang
berkaitan dengan kerajaan Demak adalah....
A. kerajaan Demak
dapat mencapai puncak kejayaan
B. faktor ekonomi mendukung perkembangan
Islam
C. perekonomian Demak berkembang kearah
pertanian
D. perekonomian Demak berkembang kearah
perdagangan
E. perekonomian Demak berkembang kearah
maritim dan pertanian
11.
Perhatikan Gambar di
bawah ini!
Revolusi
dapat diartikan sebagai perubahan cepat yang dialami oleh manusia. Revolusi ini
mengubah cara hidup banyak orang, terutama yang tinggal di perkotaan dan
wilayah-wilayah industri. Kemajuan teknologi mengakibatkan tenaga untuk
menggerakkan mesin yang semula masih menggunakan tangan menjadi penggunaan
mesin yang digerakkanoleh tenaga uap. peningkatan penggunan mesin-mesin
sehingga terjadi efisiensi dalam produksi batu bara, besi, dan baja.
Perkembangan ini ditunjang oleh adanya pembangunan jalan kereta api, alat
transportasi, dan pengembangan sistem perbankan serta perkreditan.
https://sitivivisejarah.blogspot.com/2017/04/peristiwa-di-eropa-yang-berpengaruh.html
Dari
ilustrasi dan gambar di atas peristiwa penting di Eropa yang mendorong
perubahan kehidupan masyarakat Eropa adalah..
A. Merkantilisme
B. Reformasi
Gereja
C. Revolusi
Sosial
D. Revolusi
Industri
E. Renaisance
12.
Revolusi Bolsheviks
tahun 1917, telah mengakhiri dinasti Romanov di Rusia, sekaligus mengawali
berdirinya pemerintahan baru yang bersifat radikal. Pemerintahan baru berusaha
untuk menyebarkan pahamnya ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu
buktinya Indonesia mendapat pengaruh dari revolusi Bolsevik tersebut adalah ....
A. organisasi pergerakan yang berfaham
nasionalis
B. organisasi
pergerakan yang berhaluan komunis
C. munculnya gerakan Pan Islamisme di
Indonesia
D. munculnya organisasi kepemudaan di
Indonesia
E. adanya penyelenggaraan konggres pemuda
I dan II
13.
Permulaan Perang Dunia
II berpuncak pada serangkaian tindakan-tindakan suka perang di antara 1931 dan
1939 yang dilakukan oleh Jerman, Italia, dan Jepang. Tindakan-tindakan bangsa
ini meliputi pengambilan wilayah kekuasaan yang bukan milik mereka. karya Saut
Pasaribu, Amerika Serikat memprotes tindakan-tindakan dari Jerman, Italia, dan
Jepang. Namun, Inggris dan Perancis setuju membiarkan Adolf Hitler (Jerman) dan
Benito Mussolini (Italia) mengambil wialayah yang mereka inginkan. Inggris dan
Perancis berharap kebijakan tersebut akan mencegah perang lainnya. Baca juga:
Mengapa Jepang Menerapkan Ekonomi Perang Pada 30 September 1938, Inggris dan
Perancis sepakat di Munich untuk membiarkan Jerman memiliki suatu bagian dari
Chekoslovakia yang disebut Sudentenland. Hitler mengatakan bahwa ini akan
menjadi tuntutan teritorial terakhirnya di Eropa. Pada Maret 1939, Hitler
melanggar perjanjian tersebut, dengan mengambil alih sisa negeri itu. Hal ini
mengakhiri kebijakan penenangan Inggris dan Perancis. Perdana Menteri Neville
Chamberlain dari Britania Raya dan Perdana Menteri Edouard Daladier dari
Perancis berjanji membantu Polandia seandainya terjadi serangan Nazi. Pada Mei
1939 Jerman dan Italia menandatangani suatu perjanjian untuk saling mendukung
dalam perang. Hitler dan para pemimpin Jermain lainnya percaya, bahwa Jerman
kalah pada Perang Dunia I karena harus bertempur di dua front. Untuk mencegah
hal tersebut Hitler dan Joseph Stalin (Soviet) menandatangani perjanjian
non-agresi 10 tahun pada 23 Agustus. Kemudian pada 1 September, Jerman
mengambil Kota Danzig dan menyerbu Polandia.
https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/13/150125269/latar-belakang-terjadinya-perang-dunia-ii?page=all.
Dari
ilustrasi di atas Sebab khusus dari perang dunia ke 2 adalah..
A. Adanya
politik Revanche of Idea Jerman, yaitu politik balas dendam atas kekalahan
Perang Dunia I.
B.
serangan
Jermana yang merebut Kota Danzig yang terletak di Polandia. Serangan Jerman
tersebut menggunakan taktik serangan kilat dan kendaraan lapis baja dengan
pengeboman yang efektif.
C. adanya
pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand dari Kerajaan Austria-Hongaria oleh anggota
Pemuda Serbia-Bosnia
D. Perebutan
hegemoni antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet
E. Adanya
perbedaan pandangan dan ideology sesame anggaota Negara yang ber konflik
14.
Perhatikan data di
bawah ini!
Bukti
kegagalan LBB dapat dilihat pada ketidakmampuannya mencegah agresi yang
dilakukan oleh suatu negara atas negara lain, misalnya:
a. Penyerbuan Jepang atas Manchuria (1931)
b. Pendudukan Italia atas Abbessynia (1935)
c. Penyerbuan Jerman atas Polandia (1939)
Dari
data dapat diamati adanya penyebab kegagalan Liga Bangsa-bangsa adalah..
A.
Tidak
mempunyai kekuasaan yang nyata untuk menindak Negara anggota yang melakukan
pelanggaran, kesalahan
B.
Adanya paham
ultranasionalisme sehingga tidak dapat meredam semangat kebangsaan yang tinggi
C.
Tidak punya aturan dan
sanksi yang tegas terhadap para anggota
D.
Masing-masing Negara
membuat kelompok pertahanan sendiri sesuai dengan ideologinya
E.
Tidak adanya komitmen
dalam membangun perdamaian dunia
15.
Sebagai peristiwa
sejarah, nasionalisme itu bersifat kontekstual sehingga setiap negara atau
zaman berbeda. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat
mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang masih terbelenggu
imperialisme, biasanya nasionalisme
bersifat revolusioner (berani melawan penjajah) dan secara tegas memiliki
tujuan yaitu ....
A. mendukung terwujudnya keabadian
penjajahan
B. mendukung terbentuknya negara persemakmuran
C. bekerja sama untuk memperkokoh
imperialisme
D. belajar tentang pemerintahan dari negara
penjajah
E. ingin
melepaskan diri sebagai bangsa yang merdeka
16.
Paham liberalisme
merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak
dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini,
penerapannya di bidang politik adalah
....
A. melahirkan
pemerintahan demokrasi
B. memperkokoh pemerintahan kerajaan
C. untuk medukung terbentuknya otoriter
D. pemerintahan kerajaan konstituasional
E. mendukung pemerintahan militerisme
17.
Budi Utomo dikenal
sebagai organisasi modern pertama, sedangkan Sarekat Dagang Islam (SDI) dikenal
sebagai organisasi massa pertama. Kedua organisasi tersebut memiliki perbedaan
basis massa. Jika Budi Utomo lebih berorientasi untuk menggalang kaum bangsawan
terpelajar, maka Sarekat Islam lebih bersifat terbuka untuk ....
A. kaum feodal yang ingin mempertahankan
statusnya
B. penduduk pribumi yang menuntut persamaan
politik
C. generasi muda yang menuntut gerakan
emansipasi wanita
D. rakyat (muslim)
yang bergerak di sektor perdagangan
E. kalangan pemuda yang bergerak di bidang
sosial budaya
18.
Waktu banyak priyayi
Indonesia mengirim anak mereka sekolah setinggi mungkin hingga kering kantong
mereka, agar si anak bisa menjadi pegawai kantoran, Engku Mohammad Sjafei
melawan arus zaman itu. Ia malah malah membangun sekolah yang tidak
menghasilkan pegawai negeri. Pada 31 Oktober 1926, dia mendirikan
Indonesisch-Nederlandsche School (INS) di Kayutanam, Padang Pariaman, Sumatera
Barat. “INS Kayutanam merupakan reaksi terhadap sistem pendidikan yang berupaya
mempersiapkan tenaga kerja murahan bagi kepentingan Pemerintahan Hindia
Belanda,” kata Mas'oed Abidin dalam Ensiklopedi Minangkabau (2005: 197). Sjafei
memulai sekolah itu dengan bekal kemampuannya menggambar, melakukan pekerjaan
tangan, dan memainkan alat musik. Jeffrey Hadler dalam Sengketa Tiada Putus:
Matriarkat, Reformisme Islam, dan Kolonialisme di Minangkabau (2008: 165-167)
menyebut, Insulinde punya pengaruh bagi Sjafei. Ia mengembangkan kurikulum yang
inovatif di Hindia Belanda, “yang menekankan pengalaman lapangan dan
eksperimentasi dan mempelopori pendidikan dasar dalam seni dan musik.” Orang
ini mengembangkan sekolah yang teramat unik di daerah yang pengaruh Islamnya
begitu kuat. Di Kayutanamlah ia mendirikan sekolah yang dimaksud. INS Kayutanam
dikategorikan sebagai sekolah kejuruan. Semboyannya sangat terkenal: “Apa yang
saya dengar saya lupa, apa yang saya lihat saya ingat dan yang saya perbuat
saya tahu.”
https://tirto.id/ins-kayutanam-sekolah-alternatif-yang-melawan-kurikulum-belanda-cJLR
Dari
ilustrasi diatas kesimpulan yang dapat diambil adalah..
A. Beliau mendirikan sekolah kejuruan dengan mempelopori pendidikan
dasar dalam seni dan music serta pengalaman ekperimentasi lapangan
B. Semboyannya
sangat terkenal: “Apa yang saya dengar saya lupa, apa yang saya lihat saya
ingat dan yang saya perbuat saya tahu.”
C. sekolah
yang teramat unik di daerah yang pengaruh Islamnya begitu kuat
D. Sengketa
Tiada Putus: Matriarkat, Reformisme Islam, dan Kolonialisme di Minangkabau
E. membangun
sekolah yang tidak menghasilkan pegawai negeri
19.
Pendudukan
Jepang di Indonesia menimbulkan kesengsaraan
bagi rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi
baik di bidang
ekonomi maupun sosial. Pada bulan Maret 1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat
Tenaga Rakyat
(Putera) yang dipimpin oleh empat serangkai, yaitu Ir.
Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansur. Melalui
Putera, para
pemimpin Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara
langsung, baik melalui rapat-rapat maupun media massa milik Jepang. Pada
perkembangan
organisasi Putera dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses
perjuangan Indonesia,
karena......
A. menarik perhatian bangsa Indonesia agar membantu
pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya
B. membangkitkan semangat nasionalisme serta menumbuhkan
rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa
C. membujuk kaum nasionalis sekuler dan
kaum intelektual agar dapat mengerahkan
tenaga untuk melawan
Jepang
D. menggerakkan rakyat Indonesia untuk mendukung
peperangan Jepang menghadapi Sekutu
E.
mempersatukan rakyat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya
20.
Salah satu pasal dalam
piagam PBB yaitu pasal 2 ayat (4), berisi:
“Semua
Anggota harus menahan diri dalam hubungan internasional mereka dari ancaman
atau penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan
politik setiap negara, atau dengan cara lain tidak konsisten dengan Tujuan
Perserikatan Bangsa-Bangsa.” menunjukan bahwa semua negara yang tergabung dalam
keanggotaan PBB harus menahan diri dari segala bentuk perang, penggunaan
kekerasan, perebutan kekuasaan atau kemerdekaan negara lain, dengan kata lain
dilarang berupaya menjajah negara lain
Dari
ilustrasi di atas makna Piagam PBB melalui implementasi kegiatan bagi Indonesia
yaitu..
A. Bangsa-bangsa
diharapkan dapat saling menghormati dan berkerja sama atas dasar persamaan dan
kekeluargaan
B. Peran serta Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia antara lain
dengan mengirim pasukan Garuda dibawah naungan PBB,
C. mengurangi
penderitaan manusia dan biaya ekonomi yang besar akibat konflik dan akibatnya
adalah dengan mencegah konflik itu terjadi.
D. untuk
memfasilitasi proses politik, melindungi warga sipil, membantu dalam perlucutan
senjata, demobilisasi dan reintegrasi mantan kombatan, mendukung proses
konstitusional dan pemilihan, melindungi dan mempromosikan Hak Asasi Manusia
(HAM),
E. untuk
meningkatkan perdamaian dan keamanan internasional melalui pencarian dan
penghapusan senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya, serta
pengaturan penggunaan senjata konvensional.
21.
Australia adalah salah satu negara yang memberi
dukungan kepada Indonesia untuk
memperoleh kedaulatan. Dampak dari
dukungan Australia terhadap Indonesia adalah
....
A. Belanda mengakui
kedaulatan atas Indonesia
B. Jalur perdagangan
Indonesia-Australia menjadi terbuka
C. Melemahkan posisi
Indonesia di kancah Internasional
D. Indonesia berhasil
menembus blokade ekonomi Belanda
E. Memperkuat
posisi Indonesia di dunia Internasional
22.
Perhatikan ilustrasi
gambar di bawah ini!
Tanggal
23 Maret 1946, Tentara Sekutu di bawah komando Kolonel McDonald mengeluarkan
ultimatum kedua. Bandung selatan harus dikosongkan oleh rakyat sipil dan milisi
Indonesia. Tuntutan itu tentu ditolak dengan keras oleh Tentara Rakyat
Indonesia (TRI). Nasution sempat bicara soal opsi mempertahankan atau
menyerahkan kota Bandung pada Perdana Menteri Sutan Syahrir. Peran dari A.H
Nasution dalam peristiwa Bandung Lautan Api Adalah…
A. menjadi penggagas untuk meninggalkan kota Bandung dengan kondisi
terbakar
B. sosok
yang membawa dinamit untuk meledakkan gudang senjata yang saat itu dijaga
tentara Jepang.
C. membuat/menamakan
dengan istilah Bandung Lautan Api)
D. ia
memutuskan strategi perang)
E. pencipta
lagu Halo-halo Bandung
23.
Perhatikan keterangan
dalam gambar di bawah ini!
Dari keterangan gambar
di atas yang merupakan hasil perundingan Renville adalah..
A. Republik
Indonesia diakui sebagai negara berdaulat yang meliputi dacrah bekas
Hindia-Belanda
B. Belanda
mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang
meliputi Sumatera, Jawa, dan Madura.
C. Belanda
hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai wilayah Republik
Indonesia (RI)
D. Sengketa
batas wilayah Indonesia dan Belanda yang diklaim oleh Van Mook
E. Konflik
akibat adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Belanda pada saat Agresi Mileter
Belanda 1
24.
Perhatikan Gambar di
bawah ini!
Dari gambar di atas
fungsi kapal selam untuk kepentingan militer adalah..
A. dapat dengan bebas menjelajah wilayah musuh tanpa bisa terdeteksi
karena dilengkapi dengan anti detektor.
B. untuk
penelitian alam bawah laut.
C. meningkatkan
efektivitas senjata pembunuh massal demi kepentingan pertahanan dan keamanan.
D. senjata
yang menggunakan peluru kaliber besar dengan jarak tembak yang jauh.
E. Sebagai
alat pengawas pengintai musuh
25.
Perhatikan Infografis
di bawah ini!
Dari infografis diatas
Perkembangan iptek di bidang teknologi dan informasi yang sangat pesat dapat
memberikan pengaruh positif kepada masyarakat yaitu ...
A.
efisiensi penggunaan bahan baku
B.
efisiensi penggunaan waktu
C.
menimbulkan konsumerisme
D.
menghilangkan sportifitas
E.
melahirkan perilaku hedonism
26.
Perhatikan ilustrasi di
bawah ini!
Kemenangan
pihak sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet) dalam
mengakhiri Perang Dunia II tidak terlepas dari peran Amerika Serikat dalam
memberikan bantuan (perlengkapan, tentara,dan persenjataan) yang mampu
mempercepat berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan Sekutu. Perang Dunia
II telah menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti Inggris, Perancis,
Spanyol, dan Portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di
berbagai belahan dunia. Muncul masalah baru yaitu adanya pertentangan
kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota sekutu
dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia
hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu Amerika Serikat
(kuat secara material) dan Uni Soviet (kuat secara psikologis) yang mengambil
alih hegemoni tersebut. Uni Soviet dan Amerika Serikat saling berlomba
menanamkan penagruhnya pada negra lain dengan berbagai cara sehinga dampaknya
negara-negara di dunia terbagi menjadi 2 dimana negara-negara Eropa Timur,
Jerman Timur dan beberapa negara Asia seperti Cina, Korea Utara, Kamboja, Laos
dan Vietnam berada dibawah pengaruh Uni Soviet yang selanjutnya dikenal dengan
Blok Timur. Sementara negara-negara Eropa Barat dan banyak negara di Asia,
Afrika, dan Amerika Latin berada dibawah kekuasaan Amerika Serikat yang
selanjutnya dikenal dengan Blok Barat.
Dari
ilustrasi di atas dampak politik dari peristiwa Perang Dunia II adalah..
A. Lahirnya
PBB untuk menggantikan LBB
B. Munculnya
negara-negara nasional yang besar pengaruhnya bagi perjuangan bangsa
Asia-Afrika untuk memperoleh kemerdekaan.
C. Perebutan hegemoni antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet
D. Amerika
Serikat muncul sebagai negara kreditur
E. Jerman
dan Jepang tumbuh menjadi negara industri
27.
Perhatikan Keterangan
Gambar di bawah ini!
Dari
Infografis di atas terdapat peran Indonesia dalam Organisasi Kerjasama Islam
adalah…
A. fasilitasi
upaya penyelesaian konflik antara Pemerintah Filipina (GRP) dengan Moro
National Liberation Front (MNLF).
B. Memberikan dukungan bagi berdirinya Negara Palestina yang merdeka
dan berdaulat dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya.
C. Indonesia
mempelopori gagasan perlunya “Tata Informasi Baru Dunia Islam”. Hal ini
dikemukakan dalam konferensi Menteri-Menteri Penerangan OKI tahun 1988.
D. Indonesia
menjadi pemrakarsa dan tuan rumah kerjasama gerakan OKI
E. Kontribusi
pasukan Indonesia ke Misi Pemeliharaan PBB merupakan wujud pelaksanaan mandat
Konstitusi yang mengamanatkan Indonesia.
28.
Perhatikan gambar di
bawah ini!
Dari konten infografis
diatas peran bangsa Indonesia dalam meredakan perang diangin melalui
A. Menggelar konfrensi Asia Afrika di bandung pada tahun 1955 untuk
membangun solidaritas Negara asia afrika
B. Ikut
dalam organisasi pakta pertahanan yang dibangun oleh Amerika Serikat ataupun
Uni Sovyet
C. Menjadi
mitra kerjasama regional dan global dalam bidang perdagangan
D. Mengupayakan
dialog dan kerjasama internasional sesama bangsa
E. Mengupayakan
perdamaian dan kerjasama perdagangan
29.
Pakta Warsawa adalah
aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur yang bertujuan untuk
mengorganisasikan diri terhadap potensi ancaman aliansi Blok Barat. Penyebab
Pakta Warsawa dibubarkan pada juli 1991 adalah ....
A.
Adanya tekanan dari
aliansi militer Blok Barat
B.
Keinginan negara-negara
bagian Uni Soviet untuk merdeka
C.
Negara-negara Eropa
Timur dilanda krisis ekonomi yang sangatparah
D.
Uni Soviet tidak mampu
mempertahankan eksistensi dari Pakta Warsawa
E.
Adanya
gelombang revolusi demokratis di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet
30.
Perhatikan Informasi
berikut di bawah ini!
OPEC
(Organization of The Petroleum Exporting Countries) merupakan organisasi
internasional yang dibentuk akibat keputusan sepihak dari perusahaan (The Seven
Sisters, yaitu Shell, British Petroleum, Texaco, Exxon, Mobil, Socal, dan Gulf)
pada tahun 1959 hingga 1960 yang menguasai industri minyak dan menetapkan harga
di pasar internasional. Akibatnya, negara-negara penghasil minyak lumpuh dan
mengalami kerugian yang sangat besar. Oleh karenanya, negara-negara Timur
Tengah berusaha merebut pasaran minyak internasional dengan cara mengadakan
perundingan pada tanggal 11-14 September 1960 di Baghdad (Irak). Akhirnya,
disepakati untuk mendirikan OPEC yang anggotanya mulamula terdiri atas Arab
Saudi, Iran, Irak, Kuwait, dan Venezuela. Dari ilustrasi tersebut latar belakang
berdirinya OPEC memiliki tujuan..
A. untuk
melakukan pengawasan terhadap aktivitas perdagangan yang dilakukan agar terjadi
sistem perdagangan bebas yang tertib dan adil
B. Menyediakan
forum untuk perundingan perdagangan agar praktek perdagangan dapat dibebaskan
dari rintangan-rintangan yang mengganggu (liberalisasi perdagangan)
C. agar ada keseragaman dalam pengambilan kebijaksanaan dan menentukan
harga, menguntungkan negara-negara anggota atau negara produsen,
D. untuk
meningkatkan solidaritas Islam di antara negara anggota, mengkoordinasikan
kerja sama antar Negara anggota, mendukung perdamaian dan keamanan
internasional
E. Meningkatkan
kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi,
sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
31.
Pehatikan data berikut
di bawah ini!
1) ANZUS
didirikan pada 1 September 1951 di San Francisco, Amerika Serikat.
2) anggota
ANZUS terdiri dari Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.
3) Pendirian
ANZUS berawal dari keinginan Amerika Serikat untuk menjaga pengaruh politik dan
militernya di kawasan Pasifik.
Berdasarkan
data diatas peran yang dilakukan oleh organisasi ANZUS dalam perang dingin
adalah…
A. membangun
kerja sama militer antara negara-negara untuk mencegah penyebaran pengaruh Uni
Soviet
B. melindungi perdamaian kawasan Pasifik dari pengaruh komunisme
C. untuk
menghambat penyebaran paham komunis di Vietnam ke negara Asia Tenggara lainnya
D. untuk
menghambat penyebaran paham komunis di negara-negara Timur Tengah
E. untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas
hidup masyarakat Asia Selatan serta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi
32.
Terbentuknya APEC
sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, sehingga dengan
menjadi anggota APEC maka Indonesia ....
A. Ikut
menertibkan keamanan dunia internasional
B. Apat
mengajukan pinjaman pada sama anggota APEC
C. Tidak
terkucil dalam perdagangan
bebas yang saling menguntungkan
D. Dapat mengurangi persaingan perdagangan dengan negara-negara Eropa
E. Dapat
mengatur tarif bea masuk untuk
semua barang dari luar Indonesia
33.
Revolusi Beludru adalah
gerakan demonstrasi tanpa kekerasan yang digalakan oleh mahasiswa Cekoslowakia
pada tahun 1989. Revolusi ini menyebabkan pecahnya Cekoslowakia dan mengakhiri
....
A. Pemerintahan
demokratis di Cekoslowakia
B. Pemerintahan
monarkhi di Cekoslowakia
C. Pemerintahan komunis di Cekoslowakia
D. Pemerintahan
liberalis di Cekolowakia
E. Pemerintahan
Vaclav Havel
34.
Perhatikan informasi di
bawah ini!
1) Pada
1987, ia memimpin Partai Komunis Serbia dan berkeinginan membentuk “Serbia
Raya” menggantikan Republik Federasi Yugoslavia.
2) mendasari
pondasi ideologi yang bernama “Greater Serbia”
3) menyebarkan
ketakutan diantara warga Serbia minoritas yang berada di wilayah Kroasia dan
Bosnia
Dari
informasi Tokoh yang dimaksud dalam Krisis di Yugoslavia adalah…
A. Franjo
Tudjman
B. Radovan
Karadzic
C. Ratco
Mladic
D. Slobodan Milosevic
E. Marco
Simic
35.
Dalam buku Sejarah
Eropa : Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern (2012) karya Wahjudi Djaja,
peristiwa Reunifikasi Jerman tidak bisa terlepas dari melemahnya kekuatan
politik dan ekonomi Uni Soviet pada pertengahan dekade 1980-an. Berikut
faktor-faktor pendorong Reunifikasi Jerman:
1) Kegagalan
kebijakan Glasnost dan Perestroika di Uni Sovyet
2) Pemerintah
komunis Jerman Timur yang otoriter
3) Adanya
gelombang revolusi demokratis di Eropa Timur
4) Adanya
paham liberalism dalam masyarakat Jerman
Sumber
:
https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/30/144218169/peristiwa-reunifikasi-jerman-1990
Dari
pernyataan di atas yang merupakan factor pendorong reunifikasi Jerman adalah..
A. 1 dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 3
dan 4
E. 1
dan 4
36.
Ketika partai nasional
memenangi pemilihan umum pada 1948, Daniel F. Malan memberlakukan “Segresi
Total” apartheid. Periode pertama apartheid di bawah Malan dikenal sebagai
baascap yang berarti .....
A. Afrika
tanah wilyah kaum putih
B. Afrikanef berkuasa dan memiliki supremasi atas sikulit putih
C. pemisahan
ras
D. kaum
kulit hitam pelayan kaum kulit putih
E. wilayah
bebas kaum kulit berwarna
37.
Perhatikan Gambar di
bawah ni?
Vo
Nguyen Giap memimpin komando pasukan Vietnam Utara dan pada tahun 1967, Giap
membantu mengawasi perencanaan untuk melakukan serangan Tet besar-besaran. Di
tahun 1968, serangan Tet terbukti menjadi bencana militer bagi Vietnam Utara
dan mampu mencapai beberapa tujuan politiknya. Serangan tersebut menunjukkan
bahwa secara signifikan telah berkontribusi mengubah persepsi Amerika Serikat
tentang konflik. Setelah Amerika Serikat hengkang, Giap tetap memimpin pasukan
Vietnam Utara dan melakukan upaya untuk menyatukan Vietnam Utara dengan Vietnam
Selatan menjadi negara Vietnam yang kita kenal sampai saat ini. Vo Nguyen Giap menjadi salah satu tokoh di
balik perdamaian antara Vietnam dengan Amerika Serikat dan di tahun 1973,
Amerika Serikat secara resmi menarik diri dari Vietnam. Dari pernyataan dan
gambar di atas peran tokoh tersubut adalah.
A. memimpin pasukan Vietnam Utara dan melakukan upaya untuk menyatukan
Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan menjadi negara Vietnam
B. pemimpin
pemberontakan Vietnam Utara yang dinilai terlalu bercondong ke gaya Barat
dengan Vietnam Selatan yang merupakan musuh Amerika Serikat
C. untuk
mengorganisasi sebuah organisasi Partai Komunis bawah tanah mengikuti divisi
Vietnam pada tahun 1954
D. selama
Perang Vietnam dan memelopori penumpukan pasukan Amerika Serikat di wilayah
tersebut yang semula dari 16.000 pasukan menjadi lebih dari 500.000 pasukan.
E. merupakan
salah satu tokoh di balik penarikan pasukan Amerika Serikat dari Vietnam.
38.
Perang korea adalah
sebuah konflik antara korea Utara dan Korea Selatan yang dilatarbelakangi
oleh....
A.
Pelanggaran
batas garis lintang 38ᴼ yang membatasi korea utara dan Korea Selatan oleh
tentara Korea Utara
B.
Pelanggaran batas garis
lintang 38ᴼ yang membatasi Korea Utara dan Korea Selatan oleh tentara Korea
Selatan
C.
Hasil konferensi
Postdam yang membagi Korea menjadi dua tanpa diketahui oleh pihak Korea
D.
Keberhasilan rakyat
korea mengusir tentara Jepang pada akhir perang Dunia II
E.
Terjadinya perang
Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat
39.
Pol Pot adalah pemimpin
Khemer Merah yang merupakan organisasi kecil yang dilihat dari kuantitas
pengikutnya. Alasan utama Pol Pot menggulingkan Lon Nol yang berkolaborasi
dengan Amerika Serikat adalah .....
A.
menegakkan komunisme
ala Mau (Maoisme) di Kamboja
B.
kecewa karena kegagalan
Lon Nol membangun Kamboja
C.
Membela kaum
komunis Vietnam Utara yang berlindung di Kamboja
D.
mengembalikan Norodhon
Sihanouk ke tahta kerajaan
E.
menjadikan Budha
sebagai agama Negara
40.
Setelah Perang Dunia II
berakhir di kawasan Timur Tengah, berlangsung konflik yang kemudian berkembang menjadi
perang yaitu konflik Iran – Irak dan Irak dan pasukan multinasional. Konflik
antara Iran dan Irak di latar belakangi oleh ....
A. persaingan
dalam penentuan harga minyak
B. perebutan
perbatasan di selat Shatat Al Arab
C. serangan
geranat terhadap presiden Saddan Husein
D. tuntutan
pengembalian tiga pulau kecil di selat Hormuz kepada Iran
E.
kepentingan
Amerika di Irak sebagai Negara penghasil minyak terbesar ke 2 di timur tengah
Komentar
Posting Komentar