SOAL SEJARAH PEMINATAN

 

1.                  Perhatikan paragraf berikut ini !

Perlawanan Diponegoro (1825 – 1830) yang terjadi di Jawa, dan Perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan. Kedua perlawanan tersebut juga sama-sama menentang penjajahan Belanda. Akan tetapi kedua keunikan tersendiri, baik sebab-sebab terjadinya perlawanan tersebut, maupun jalannya perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ...

A.        ruang atau tempat

B.        waktu atau zaman

C.        tokoh

D.        kebudayaan

C.        ideology

 

2.                  Dalam penulisan kisah sejarah, sejarahwan harus mampu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lampau berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan. Pernyataan di atas sesuai dengan salah satu ciri sejarah sebagai seni, yaitu memerlukan ....

A.        emosi

B.        fantasi

C.        gaya bahasa

D.        intuisi

E.         imajinasi

 

3.                  Pada awalnya kehidupan manusia purba terbentuk kelompok-kelompok kecil yang memudahkan untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka hidup di alam terbuka dan mendekati sumber air atau sungai, Kemudian mereka hidup menetap hingga pada masa yang membangun pola hunian yang lebih modern. Hal itu merupakan suatu proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini memberikan interpretasi bahwa peristiwa sejarah itu ....

A.        tergantung siapa yang menjadi pelaku dan saksinya

B.        adanya hubungan antara pelaku dan penulis sejarah

C.        ada keterkaitan peristiwa yang satu dengan lainnya

D.        tidak memiliki hubungan dengan peristiwa masa kini

E.         tergantung siapa yang menjadi penulis sejarah itu

 

4.                  Ketika sumber tulisan dirasakan masih kurang mencukupi dijadikan sebagai fakta untuk mengungkap peristiwa masa lalu, maka dalam perspektif baru penulisan, para sejarawan menggunakan sumber visual karena…

A.    Foto merekam realitas dari sebuah peristiwa sejarah

B.     Foto merupakan bukti yang paliang autentik diantara bukti-bukti sejarah lainnya

C.     Foto selalu benar dan keadaan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dalam menampilkan objek dan bekaitan dengan kepentingan sejarah

D.    Dalam penulisan sejarah, penulis membutuhkan lebih banyak foto-foto untuk mendukung objektifitas hasil penelitian, sumber sejarah lainnya menjadi sumber pendukung

E.     Foto merupakan hasil karya luar biasa dari seorang fotografer

 

5.                  Perhatikan isi teks berikut:

Pangeran Diponegoro adalah salah satu musuh Belanda yang paling sulit ditaklukkan. Perlawanannya selama lima tahun (1825-1830) begitu merepotkan dan bahkan membuat keuangan pemerintah kolonial kolaps. Karena begitu besarnya pengeluaran, Komisaris Jenderal De Bus de Gisignies menekan Jenderal De Kock agar melakukan penghematan dan segera menyelesaikan perang. Sebab, pada saat itu pemerintah Hindia Belanda sudah defisit f. 18.000.000 (18 juta gulden). Menanggapi tekanan Du Bus, De Kock seperti dicatat E.S de Klerk menjawab: “Bahwa kami berperang ini tidak hanya melawan pemberontak, akan tetapi melawan seluruh rakyat yang jumlahnya dua juta.”

Sumber: www.liputan6.com

Teks tersebut diatas merupakan ciri-ciri penulisan sejarah yang bersifat….

A. Istana sentris

B.  Religio magis

C.  Etnosentrisme

D. Belanda sentris

E.  Region sentrisme

 

6.                  Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti Cina dan Jerman. Manusia purba yang ditemukan di Indonesia maupun di luar Indonesia tersebut, jika ditinjau dari hasil kebudayaan banyak memiliki kesamaan antara lain yaitu ....

A.        menggunakan peralatan dari kayu, tulang dan logam

B.        ras manusia modern yang awal penyebarannya dari Afrika

C.        sama-sama mengenal kebudayaan tjokken moddinger

D.        menggunakan abris sous roche sebagai tempat hunian

E.         tempat huniannya di gua dan di daerah tepi pantai

 

7.                  Pengetahuan manusia pada zaman perundagian (zaman logam) dalam berbagai bidang meningkat pesat. Mereka telah menguasai pelayaran dan perdagangan. Mereka menciptakan perahu-perahu bercadik atau perahu bersayap, hingga mampu menjelajah seluruh perairan Austronesia. Pemasangan cadik dalam perahu-perahu tersebut difungsikan untuk ....

A.      menangkap hembusan angin yang dapat mendorong lajunya perahu

B.       tiang pengikat tali ketika perahu disandarkan pada benda di tepi pantai

C.       mengantisipasi terjadinya benturan agar tidak mengenai badan perahu

D.      mempercepat daya jelajah ke daerah perairan yang arusnya deras

E.       menjaga keseimbangan perahu agar perahu tidak mudah terbalik

 

8.                  Peradaban kuno eropa mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi peradaban bangsa Indonesia. Salah satu pengaruh peradaban kuno Eropa (Yunani) bagi Indonesia dalam bidang politik pemerintahan adalah ….

A. Pemerintahan demokrasi

B. Pemerintahan otokrasi

C. Pemerintahan liberal

D. Pemerintahan absolut

E. Pemerintahan militer

 

9.                  Perhatikan diskripsi berikut !

(1)        Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasaiwan

(2)        Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasogatan 

(3)        Semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa

Diskripsi tersebut memberikan kesan sejak zaman kerajaan Hindu-budha sudah terjadi….

A.        mengembangkan toleransi umat beragama

B.        menjunjung tinggi supremasi hukum

C.        mengembangkan negara maritim dan agraris

D.        mengembangkan hidup bertetangga baik

E.         mengembangkan pemerintahan sentralisasi

 

10.              Perhatikan pernyataan berikut ini.

(1)        Memiliki daerah pertanian luas dan subur.

(2)        Memiliki komodity ekspor beras, madu dan lilin.

(3)        Memperoleh keuntungan besar sebagai bandar transisito perdagangan

Pernyataan berikut yang berkaitan dengan kerajaan Demak adalah....

A.        kerajaan Demak dapat mencapai puncak kejayaan

B.        faktor ekonomi mendukung perkembangan Islam

C.        perekonomian Demak berkembang kearah pertanian

D.        perekonomian Demak berkembang kearah perdagangan

E.         perekonomian Demak berkembang kearah maritim dan pertanian

 

11.              Perhatikan Gambar di bawah ini!

Revolusi dapat diartikan sebagai perubahan cepat yang dialami oleh manusia. Revolusi ini mengubah cara hidup banyak orang, terutama yang tinggal di perkotaan dan wilayah-wilayah industri. Kemajuan teknologi mengakibatkan tenaga untuk menggerakkan mesin yang semula masih menggunakan tangan menjadi penggunaan mesin yang digerakkanoleh tenaga uap. peningkatan penggunan mesin-mesin sehingga terjadi efisiensi dalam produksi batu bara, besi, dan baja. Perkembangan ini ditunjang oleh adanya pembangunan jalan kereta api, alat transportasi, dan pengembangan sistem perbankan serta perkreditan. 

https://sitivivisejarah.blogspot.com/2017/04/peristiwa-di-eropa-yang-berpengaruh.html

Dari ilustrasi dan gambar di atas peristiwa penting di Eropa yang mendorong perubahan kehidupan masyarakat Eropa adalah..

A.    Merkantilisme

B.     Reformasi Gereja

C.     Revolusi Sosial

D.    Revolusi Industri

E.     Renaisance

 

12.              Revolusi Bolsheviks tahun 1917, telah mengakhiri dinasti Romanov di Rusia, sekaligus mengawali berdirinya pemerintahan baru yang bersifat radikal. Pemerintahan baru berusaha untuk menyebarkan pahamnya ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu buktinya Indonesia mendapat pengaruh dari revolusi Bolsevik  tersebut adalah ....

A.        organisasi pergerakan yang berfaham nasionalis

B.        organisasi pergerakan yang berhaluan komunis

C.        munculnya gerakan Pan Islamisme di Indonesia

D.        munculnya organisasi kepemudaan di Indonesia

E.         adanya penyelenggaraan konggres pemuda I dan II

 

 

13.              Permulaan Perang Dunia II berpuncak pada serangkaian tindakan-tindakan suka perang di antara 1931 dan 1939 yang dilakukan oleh Jerman, Italia, dan Jepang. Tindakan-tindakan bangsa ini meliputi pengambilan wilayah kekuasaan yang bukan milik mereka. karya Saut Pasaribu, Amerika Serikat memprotes tindakan-tindakan dari Jerman, Italia, dan Jepang. Namun, Inggris dan Perancis setuju membiarkan Adolf Hitler (Jerman) dan Benito Mussolini (Italia) mengambil wialayah yang mereka inginkan. Inggris dan Perancis berharap kebijakan tersebut akan mencegah perang lainnya. Baca juga: Mengapa Jepang Menerapkan Ekonomi Perang Pada 30 September 1938, Inggris dan Perancis sepakat di Munich untuk membiarkan Jerman memiliki suatu bagian dari Chekoslovakia yang disebut Sudentenland. Hitler mengatakan bahwa ini akan menjadi tuntutan teritorial terakhirnya di Eropa. Pada Maret 1939, Hitler melanggar perjanjian tersebut, dengan mengambil alih sisa negeri itu. Hal ini mengakhiri kebijakan penenangan Inggris dan Perancis. Perdana Menteri Neville Chamberlain dari Britania Raya dan Perdana Menteri Edouard Daladier dari Perancis berjanji membantu Polandia seandainya terjadi serangan Nazi. Pada Mei 1939 Jerman dan Italia menandatangani suatu perjanjian untuk saling mendukung dalam perang. Hitler dan para pemimpin Jermain lainnya percaya, bahwa Jerman kalah pada Perang Dunia I karena harus bertempur di dua front. Untuk mencegah hal tersebut Hitler dan Joseph Stalin (Soviet) menandatangani perjanjian non-agresi 10 tahun pada 23 Agustus. Kemudian pada 1 September, Jerman mengambil Kota Danzig dan menyerbu Polandia.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/13/150125269/latar-belakang-terjadinya-perang-dunia-ii?page=all.

Dari ilustrasi di atas Sebab khusus dari perang dunia ke 2 adalah..

A.      Adanya politik Revanche of Idea Jerman, yaitu politik balas dendam atas kekalahan Perang Dunia I.

B.       serangan Jermana yang merebut Kota Danzig yang terletak di Polandia. Serangan Jerman tersebut menggunakan taktik serangan kilat dan kendaraan lapis baja dengan pengeboman yang efektif.

C.       adanya pembunuhan Pangeran Franz Ferdinand dari Kerajaan Austria-Hongaria oleh anggota Pemuda Serbia-Bosnia

D.      Perebutan hegemoni antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet

E.       Adanya perbedaan pandangan dan ideology sesame anggaota Negara yang ber konflik

 

 

14.              Perhatikan data di bawah ini!

Bukti kegagalan LBB dapat dilihat pada ketidakmampuannya mencegah agresi yang dilakukan oleh suatu negara atas negara lain, misalnya:

a.  Penyerbuan Jepang atas Manchuria (1931)

b.  Pendudukan Italia atas Abbessynia (1935)

c.  Penyerbuan Jerman atas Polandia (1939)

Dari data dapat diamati adanya penyebab kegagalan Liga Bangsa-bangsa adalah..

A.      Tidak mempunyai kekuasaan yang nyata untuk menindak Negara anggota yang melakukan pelanggaran, kesalahan 

B.      Adanya paham ultranasionalisme sehingga tidak dapat meredam semangat kebangsaan yang tinggi

C.      Tidak punya aturan dan sanksi yang tegas terhadap para anggota

D.     Masing-masing Negara membuat kelompok pertahanan sendiri sesuai dengan ideologinya

E.      Tidak adanya komitmen dalam membangun perdamaian dunia

 

15.              Sebagai peristiwa sejarah, nasionalisme itu bersifat kontekstual sehingga setiap negara atau zaman berbeda. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang masih terbelenggu imperialisme,  biasanya nasionalisme bersifat revolusioner (berani melawan penjajah) dan secara tegas memiliki tujuan yaitu ....

A.        mendukung terwujudnya keabadian penjajahan

B.        mendukung terbentuknya negara persemakmuran

C.        bekerja sama untuk memperkokoh imperialisme

D.        belajar tentang pemerintahan dari negara penjajah

E.         ingin melepaskan diri sebagai bangsa yang merdeka

 

16.              Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, penerapannya di bidang politik adalah  ....

A.        melahirkan pemerintahan demokrasi

B.        memperkokoh pemerintahan kerajaan

C.        untuk medukung terbentuknya otoriter

D.        pemerintahan kerajaan konstituasional

E.         mendukung pemerintahan militerisme

 

17.              Budi Utomo dikenal sebagai organisasi modern pertama, sedangkan Sarekat Dagang Islam (SDI) dikenal sebagai organisasi massa pertama. Kedua organisasi tersebut memiliki perbedaan basis massa. Jika Budi Utomo lebih berorientasi untuk menggalang kaum bangsawan terpelajar, maka Sarekat Islam lebih bersifat terbuka untuk .... 

A.        kaum feodal yang ingin mempertahankan statusnya

B.        penduduk pribumi yang menuntut persamaan politik

C.        generasi muda yang menuntut gerakan emansipasi wanita

D.        rakyat (muslim) yang bergerak di sektor perdagangan

E.         kalangan pemuda yang bergerak di bidang sosial budaya

 

18.              Waktu banyak priyayi Indonesia mengirim anak mereka sekolah setinggi mungkin hingga kering kantong mereka, agar si anak bisa menjadi pegawai kantoran, Engku Mohammad Sjafei melawan arus zaman itu. Ia malah malah membangun sekolah yang tidak menghasilkan pegawai negeri. Pada 31 Oktober 1926, dia mendirikan Indonesisch-Nederlandsche School (INS) di Kayutanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. “INS Kayutanam merupakan reaksi terhadap sistem pendidikan yang berupaya mempersiapkan tenaga kerja murahan bagi kepentingan Pemerintahan Hindia Belanda,” kata Mas'oed Abidin dalam Ensiklopedi Minangkabau (2005: 197). Sjafei memulai sekolah itu dengan bekal kemampuannya menggambar, melakukan pekerjaan tangan, dan memainkan alat musik. Jeffrey Hadler dalam Sengketa Tiada Putus: Matriarkat, Reformisme Islam, dan Kolonialisme di Minangkabau (2008: 165-167) menyebut, Insulinde punya pengaruh bagi Sjafei. Ia mengembangkan kurikulum yang inovatif di Hindia Belanda, “yang menekankan pengalaman lapangan dan eksperimentasi dan mempelopori pendidikan dasar dalam seni dan musik.” Orang ini mengembangkan sekolah yang teramat unik di daerah yang pengaruh Islamnya begitu kuat. Di Kayutanamlah ia mendirikan sekolah yang dimaksud. INS Kayutanam dikategorikan sebagai sekolah kejuruan. Semboyannya sangat terkenal: “Apa yang saya dengar saya lupa, apa yang saya lihat saya ingat dan yang saya perbuat saya tahu.”

https://tirto.id/ins-kayutanam-sekolah-alternatif-yang-melawan-kurikulum-belanda-cJLR

Dari ilustrasi diatas kesimpulan yang dapat diambil adalah..

A.    Beliau mendirikan sekolah kejuruan dengan mempelopori pendidikan dasar dalam seni dan music serta pengalaman ekperimentasi lapangan

B.     Semboyannya sangat terkenal: “Apa yang saya dengar saya lupa, apa yang saya lihat saya ingat dan yang saya perbuat saya tahu.”

C.     sekolah yang teramat unik di daerah yang pengaruh Islamnya begitu kuat

D.    Sengketa Tiada Putus: Matriarkat, Reformisme Islam, dan Kolonialisme di Minangkabau

E.     membangun sekolah yang tidak menghasilkan pegawai negeri

 

19.              Pendudukan Jepang di Indonesia menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan Jepang mengadakan eksploitasi baik di bidang ekonomi maupun sosial. Pada bulan Maret 1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipimpin oleh empat serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansur. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat-rapat maupun media massa milik Jepang. Pada perkembangan organisasi Putera dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses perjuangan Indonesia, karena......

A.    menarik perhatian bangsa Indonesia agar membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya

B.      membangkitkan semangat nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa

C.     membujuk kaum nasionalis sekuler dan kaum intelektual agar dapat mengerahkan tenaga untuk melawan Jepang

D.     menggerakkan rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu

E.     mempersatukan rakyat Jawa dalam menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya

 

20.              Salah satu pasal dalam piagam PBB yaitu pasal 2 ayat (4), berisi:

“Semua Anggota harus menahan diri dalam hubungan internasional mereka dari ancaman atau penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik setiap negara, atau dengan cara lain tidak konsisten dengan Tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa.” menunjukan bahwa semua negara yang tergabung dalam keanggotaan PBB harus menahan diri dari segala bentuk perang, penggunaan kekerasan, perebutan kekuasaan atau kemerdekaan negara lain, dengan kata lain dilarang berupaya menjajah negara lain

Dari ilustrasi di atas makna Piagam PBB melalui implementasi kegiatan bagi Indonesia yaitu..

A.    Bangsa-bangsa diharapkan dapat saling menghormati dan berkerja sama atas dasar persamaan dan kekeluargaan

B.     Peran serta Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia antara lain dengan mengirim pasukan Garuda dibawah naungan PBB,

C.     mengurangi penderitaan manusia dan biaya ekonomi yang besar akibat konflik dan akibatnya adalah dengan mencegah konflik itu terjadi.

D.    untuk memfasilitasi proses politik, melindungi warga sipil, membantu dalam perlucutan senjata, demobilisasi dan reintegrasi mantan kombatan, mendukung proses konstitusional dan pemilihan, melindungi dan mempromosikan Hak Asasi Manusia (HAM),

E.     untuk meningkatkan perdamaian dan keamanan internasional melalui pencarian dan penghapusan senjata nuklir dan senjata pemusnah massal lainnya, serta pengaturan penggunaan senjata konvensional.

 

21.              Australia  adalah salah satu negara yang memberi dukungan  kepada Indonesia untuk memperoleh  kedaulatan. Dampak dari dukungan Australia terhadap Indonesia adalah  ....

A. Belanda mengakui kedaulatan atas Indonesia

B. Jalur perdagangan Indonesia-Australia menjadi terbuka

C. Melemahkan posisi Indonesia di kancah Internasional

D. Indonesia berhasil menembus blokade ekonomi Belanda

E. Memperkuat posisi Indonesia di dunia Internasional

 

22.              Perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini!

Tanggal 23 Maret 1946, Tentara Sekutu di bawah komando Kolonel McDonald mengeluarkan ultimatum kedua. Bandung selatan harus dikosongkan oleh rakyat sipil dan milisi Indonesia. Tuntutan itu tentu ditolak dengan keras oleh Tentara Rakyat Indonesia (TRI). Nasution sempat bicara soal opsi mempertahankan atau menyerahkan kota Bandung pada Perdana Menteri Sutan Syahrir. Peran dari A.H Nasution dalam peristiwa Bandung Lautan Api Adalah…

A.    menjadi penggagas untuk meninggalkan kota Bandung dengan kondisi terbakar

B.     sosok yang membawa dinamit untuk meledakkan gudang senjata yang saat itu dijaga tentara Jepang.

C.     membuat/menamakan dengan istilah Bandung Lautan Api)

D.    ia memutuskan strategi perang)

E.     pencipta lagu Halo-halo Bandung

 

23.              Perhatikan keterangan dalam gambar di bawah ini!

Dari keterangan gambar di atas yang merupakan hasil perundingan Renville adalah..

A.    Republik Indonesia diakui sebagai negara berdaulat yang meliputi dacrah bekas Hindia-Belanda

B.     Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah kekuasaan yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Madura.

C.     Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatera sebagai wilayah Republik Indonesia (RI)

D.    Sengketa batas wilayah Indonesia dan Belanda yang diklaim oleh Van Mook

E.     Konflik akibat adanya pelanggaran yang dilakukan oleh Belanda pada saat Agresi Mileter Belanda 1

 

24.              Perhatikan Gambar di bawah ini!

Dari gambar di atas fungsi kapal selam untuk kepentingan militer adalah..

A.    dapat dengan bebas menjelajah wilayah musuh tanpa bisa terdeteksi karena dilengkapi dengan anti detektor.

B.     untuk penelitian alam bawah laut.

C.     meningkatkan efektivitas senjata pembunuh massal demi kepentingan pertahanan dan keamanan.

D.    senjata yang menggunakan peluru kaliber besar dengan jarak tembak yang jauh.

E.     Sebagai alat pengawas pengintai musuh

 

25.              Perhatikan Infografis di bawah ini!

Dari infografis diatas Perkembangan iptek di bidang teknologi dan informasi yang sangat pesat dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat yaitu ...

A.     efisiensi penggunaan bahan baku

B.      efisiensi penggunaan waktu

C.      menimbulkan konsumerisme

D.     menghilangkan sportifitas

E.      melahirkan perilaku hedonism

 

26.              Perhatikan ilustrasi di bawah ini!

Kemenangan pihak sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet) dalam mengakhiri Perang Dunia II tidak terlepas dari peran Amerika Serikat dalam memberikan bantuan (perlengkapan, tentara,dan persenjataan) yang mampu mempercepat berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan Sekutu. Perang Dunia II telah menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti Inggris, Perancis, Spanyol, dan Portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di berbagai belahan dunia. Muncul masalah baru yaitu adanya pertentangan kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota sekutu dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di dunia hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu Amerika Serikat (kuat secara material) dan Uni Soviet (kuat secara psikologis) yang mengambil alih hegemoni tersebut. Uni Soviet dan Amerika Serikat saling berlomba menanamkan penagruhnya pada negra lain dengan berbagai cara sehinga dampaknya negara-negara di dunia terbagi menjadi 2 dimana negara-negara Eropa Timur, Jerman Timur dan beberapa negara Asia seperti Cina, Korea Utara, Kamboja, Laos dan Vietnam berada dibawah pengaruh Uni Soviet yang selanjutnya dikenal dengan Blok Timur. Sementara negara-negara Eropa Barat dan banyak negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin berada dibawah kekuasaan Amerika Serikat yang selanjutnya dikenal dengan Blok Barat.

Dari ilustrasi di atas dampak politik dari peristiwa Perang Dunia II adalah..

A.    Lahirnya PBB untuk menggantikan LBB 

B.     Munculnya negara-negara nasional yang besar pengaruhnya bagi perjuangan bangsa Asia-Afrika untuk memperoleh kemerdekaan.

C.     Perebutan hegemoni antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet

D.    Amerika Serikat muncul sebagai negara kreditur

E.     Jerman dan Jepang tumbuh menjadi negara industri

 

27.              Perhatikan Keterangan Gambar di bawah ini!

Dari Infografis di atas terdapat peran Indonesia dalam Organisasi Kerjasama Islam adalah…

A.    fasilitasi upaya penyelesaian konflik antara Pemerintah Filipina (GRP) dengan Moro National Liberation Front (MNLF).

B.     Memberikan dukungan bagi berdirinya Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya.

C.     Indonesia mempelopori gagasan perlunya “Tata Informasi Baru Dunia Islam”. Hal ini dikemukakan dalam konferensi Menteri-Menteri Penerangan OKI tahun 1988.

D.    Indonesia menjadi pemrakarsa dan tuan rumah kerjasama gerakan OKI

E.     Kontribusi pasukan Indonesia ke Misi Pemeliharaan PBB merupakan wujud pelaksanaan mandat Konstitusi yang mengamanatkan Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28.              Perhatikan gambar di bawah ini!

Dari konten infografis diatas peran bangsa Indonesia dalam meredakan perang diangin melalui

A.    Menggelar konfrensi Asia Afrika di bandung pada tahun 1955 untuk membangun solidaritas Negara asia afrika

B.     Ikut dalam organisasi pakta pertahanan yang dibangun oleh Amerika Serikat ataupun Uni Sovyet

C.     Menjadi mitra kerjasama regional dan global dalam bidang perdagangan

D.    Mengupayakan dialog dan kerjasama internasional sesama bangsa

E.     Mengupayakan perdamaian dan kerjasama perdagangan

 

29.              Pakta Warsawa adalah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur yang bertujuan untuk mengorganisasikan diri terhadap potensi ancaman aliansi Blok Barat. Penyebab Pakta Warsawa dibubarkan pada juli 1991 adalah ....

A.           Adanya tekanan dari aliansi militer Blok Barat

B.            Keinginan negara-negara bagian Uni Soviet untuk merdeka

C.            Negara-negara Eropa Timur dilanda krisis ekonomi yang sangatparah

D.           Uni Soviet tidak mampu mempertahankan eksistensi dari Pakta Warsawa

E.            Adanya gelombang revolusi demokratis di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet

 

30.              Perhatikan Informasi berikut di bawah ini!

OPEC (Organization of The Petroleum Exporting Countries) merupakan organisasi internasional yang dibentuk akibat keputusan sepihak dari perusahaan (The Seven Sisters, yaitu Shell, British Petroleum, Texaco, Exxon, Mobil, Socal, dan Gulf) pada tahun 1959 hingga 1960 yang menguasai industri minyak dan menetapkan harga di pasar internasional. Akibatnya, negara-negara penghasil minyak lumpuh dan mengalami kerugian yang sangat besar. Oleh karenanya, negara-negara Timur Tengah berusaha merebut pasaran minyak internasional dengan cara mengadakan perundingan pada tanggal 11-14 September 1960 di Baghdad (Irak). Akhirnya, disepakati untuk mendirikan OPEC yang anggotanya mulamula terdiri atas Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait, dan Venezuela. Dari ilustrasi tersebut latar belakang berdirinya OPEC memiliki tujuan..

A.    untuk melakukan pengawasan terhadap aktivitas perdagangan yang dilakukan agar terjadi sistem perdagangan bebas yang tertib dan adil

B.     Menyediakan forum untuk perundingan perdagangan agar praktek perdagangan dapat dibebaskan dari rintangan-rintangan yang mengganggu (liberalisasi perdagangan)

C.     agar ada keseragaman dalam pengambilan kebijaksanaan dan menentukan harga, menguntungkan negara-negara anggota atau negara produsen,

D.    untuk meningkatkan solidaritas Islam di antara negara anggota, mengkoordinasikan kerja sama antar Negara anggota, mendukung perdamaian dan keamanan internasional

E.     Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.

 

31.              Pehatikan data berikut di bawah ini!

1)      ANZUS didirikan pada 1 September 1951 di San Francisco, Amerika Serikat.

2)      anggota ANZUS terdiri dari Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

3)      Pendirian ANZUS berawal dari keinginan Amerika Serikat untuk menjaga pengaruh politik dan militernya di kawasan Pasifik.

Berdasarkan data diatas peran yang dilakukan oleh organisasi ANZUS dalam perang dingin adalah…

A.    membangun kerja sama militer antara negara-negara untuk mencegah penyebaran pengaruh Uni Soviet

B.     melindungi perdamaian kawasan Pasifik dari pengaruh komunisme

C.     untuk menghambat penyebaran paham komunis di Vietnam ke negara Asia Tenggara lainnya

D.    untuk menghambat penyebaran paham komunis di negara-negara Timur Tengah

E.      untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Asia Selatan serta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi

 

32.              Terbentuknya APEC sejalan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, sehingga dengan menjadi anggota APEC maka Indonesia ....

A.    Ikut menertibkan keamanan dunia internasional

B.     Apat mengajukan pinjaman pada sama anggota APEC

C.     Tidak terkucil dalam perdagangan bebas yang saling menguntungkan

D.    Dapat mengurangi persaingan perdagangan dengan negara-negara Eropa

E.     Dapat mengatur tarif bea masuk untuk semua barang dari luar Indonesia

 

33.              Revolusi Beludru adalah gerakan demonstrasi tanpa kekerasan yang digalakan oleh mahasiswa Cekoslowakia pada tahun 1989. Revolusi ini menyebabkan pecahnya Cekoslowakia dan mengakhiri ....

A.    Pemerintahan demokratis di Cekoslowakia

B.     Pemerintahan monarkhi di Cekoslowakia

C.     Pemerintahan komunis di Cekoslowakia

D.    Pemerintahan liberalis di Cekolowakia

E.     Pemerintahan Vaclav Havel

 

34.              Perhatikan informasi di bawah ini!

1)      Pada 1987, ia memimpin Partai Komunis Serbia dan berkeinginan membentuk “Serbia Raya” menggantikan Republik Federasi Yugoslavia.

2)      mendasari pondasi ideologi yang bernama “Greater Serbia”

3)      menyebarkan ketakutan diantara warga Serbia minoritas yang berada di wilayah Kroasia dan Bosnia

Dari informasi Tokoh yang dimaksud dalam Krisis di Yugoslavia adalah…

A.    Franjo Tudjman

B.     Radovan Karadzic

C.     Ratco Mladic

D.    Slobodan Milosevic

E.     Marco Simic

 

35.              Dalam buku Sejarah Eropa : Dari Eropa Kuno Hingga Eropa Modern (2012) karya Wahjudi Djaja, peristiwa Reunifikasi Jerman tidak bisa terlepas dari melemahnya kekuatan politik dan ekonomi Uni Soviet pada pertengahan dekade 1980-an. Berikut faktor-faktor pendorong Reunifikasi Jerman:

1)      Kegagalan kebijakan Glasnost dan Perestroika di Uni Sovyet

2)      Pemerintah komunis Jerman Timur yang otoriter

3)      Adanya gelombang revolusi demokratis di Eropa Timur

4)      Adanya paham liberalism dalam masyarakat Jerman

Sumber : https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/30/144218169/peristiwa-reunifikasi-jerman-1990

Dari pernyataan di atas yang merupakan factor pendorong reunifikasi Jerman adalah..

A.    1 dan 2

B.     1 dan 3

C.     2 dan 3

D.    3 dan 4

E.     1 dan 4

 

36.              Ketika partai nasional memenangi pemilihan umum pada 1948, Daniel F. Malan memberlakukan “Segresi Total” apartheid. Periode pertama apartheid di bawah Malan dikenal sebagai baascap yang berarti .....

A.    Afrika tanah wilyah kaum putih

B.     Afrikanef berkuasa dan memiliki supremasi atas sikulit putih

C.     pemisahan ras

D.    kaum kulit hitam pelayan kaum kulit putih

E.     wilayah bebas kaum kulit berwarna

 

 

 

37.              Perhatikan Gambar di bawah ni?

Vo Nguyen Giap memimpin komando pasukan Vietnam Utara dan pada tahun 1967, Giap membantu mengawasi perencanaan untuk melakukan serangan Tet besar-besaran. Di tahun 1968, serangan Tet terbukti menjadi bencana militer bagi Vietnam Utara dan mampu mencapai beberapa tujuan politiknya. Serangan tersebut menunjukkan bahwa secara signifikan telah berkontribusi mengubah persepsi Amerika Serikat tentang konflik. Setelah Amerika Serikat hengkang, Giap tetap memimpin pasukan Vietnam Utara dan melakukan upaya untuk menyatukan Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan menjadi negara Vietnam yang kita kenal sampai saat ini.  Vo Nguyen Giap menjadi salah satu tokoh di balik perdamaian antara Vietnam dengan Amerika Serikat dan di tahun 1973, Amerika Serikat secara resmi menarik diri dari Vietnam. Dari pernyataan dan gambar di atas peran tokoh tersubut adalah.

A.    memimpin pasukan Vietnam Utara dan melakukan upaya untuk menyatukan Vietnam Utara dengan Vietnam Selatan menjadi negara Vietnam

B.     pemimpin pemberontakan Vietnam Utara yang dinilai terlalu bercondong ke gaya Barat dengan Vietnam Selatan yang merupakan musuh Amerika Serikat

C.     untuk mengorganisasi sebuah organisasi Partai Komunis bawah tanah mengikuti divisi Vietnam pada tahun 1954

D.    selama Perang Vietnam dan memelopori penumpukan pasukan Amerika Serikat di wilayah tersebut yang semula dari 16.000 pasukan menjadi lebih dari 500.000 pasukan.

E.     merupakan salah satu tokoh di balik penarikan pasukan Amerika Serikat dari Vietnam.

 

38.              Perang korea adalah sebuah konflik antara korea Utara dan Korea Selatan yang dilatarbelakangi oleh....

A.                 Pelanggaran batas garis lintang 38ᴼ yang membatasi korea utara dan Korea Selatan oleh tentara Korea Utara

B.                 Pelanggaran batas garis lintang 38ᴼ yang membatasi Korea Utara dan Korea Selatan oleh tentara Korea Selatan

C.                 Hasil konferensi Postdam yang membagi Korea menjadi dua tanpa diketahui oleh pihak Korea

D.                 Keberhasilan rakyat korea mengusir tentara Jepang pada akhir perang Dunia II

E.                  Terjadinya perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat

 

39.              Pol Pot adalah pemimpin Khemer Merah yang merupakan organisasi kecil yang dilihat dari kuantitas pengikutnya. Alasan utama Pol Pot menggulingkan Lon Nol yang berkolaborasi dengan Amerika Serikat adalah .....

A.           menegakkan komunisme ala Mau (Maoisme) di Kamboja

B.            kecewa karena kegagalan Lon Nol membangun Kamboja

C.            Membela kaum komunis Vietnam Utara yang berlindung di Kamboja

D.           mengembalikan Norodhon Sihanouk ke tahta kerajaan

E.            menjadikan Budha sebagai agama Negara

 

40.              Setelah Perang Dunia II berakhir di kawasan Timur Tengah, berlangsung konflik yang kemudian berkembang menjadi perang yaitu konflik Iran – Irak dan Irak dan pasukan multinasional. Konflik antara Iran dan Irak di latar belakangi oleh ....

A.      persaingan dalam penentuan harga minyak

B.       perebutan perbatasan di selat Shatat Al Arab

C.       serangan geranat terhadap presiden Saddan Husein

D.      tuntutan pengembalian tiga pulau kecil di selat Hormuz kepada Iran

E.       kepentingan Amerika di Irak sebagai Negara penghasil minyak terbesar ke 2 di timur tengah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA