Latihan Soal
1. Menurut asal usulnya, kata sejarah berasal dari bahasa Arab,yaitu syajaratun yang artinya … .
A. kisah
B. pohon
C. keturunan
D. perubahan
E. perumpamaan
2.
Perhatikan data berikut :
1. Peristiwa
Rengasdengklok
2. Pertemuan
Soekarno dan Hatta dengan Jenderal Terauchi di Dalat, Vietnam
3. Perumusan
naskah proklamasi di kediaman Laksamana Maeda
4. Menyerahnya
Jepang kepada kekuatan Sekutu pada Perang Dunia II
5. Pembacaan
naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di Pegangsaan Timur No. 56
Berdasarkan data tersebut diatas, yang
merupakan konsep berfikir kronologis tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia
ditunjukan oleh nomor … .
A. 1,
2, 3, 4, 5
B. 1,
3, 4, 2, 5
C. 1,
3, 2, 4, 5
D. 2,
1, 3, 5, 4
E. 2,
4, 1, 3, 5
3.
Perhatikan cerita berikut !
Penulisan sejarah tentang peristiwa G.30
S/PKI Tahun 1965 masih menimbulkan kontroversi di masyarakat, terkait persoalan
siapa dalang dari peristiwa tersebut. Adapun yang menyebabkan timbulnya
kontroversi dalam penulisan sejarah dikarenakan faktor … .
A. memiliki
arsip pribadi dan buku yang banyak
B. adanya
kedekatan rumah dengan obyek tulisanya
C. berkesempatan
menuliskan pengalaman pribadinya
D. memiliki
kedekatan emosional dengan obyek tulisanya
E. harus
menguasai semua materi sejarah memudahkan penelitian
4.
Perhatikan data berikut!
NO
|
Sinkronik
|
Diakronik
|
1
|
Konsep berpikir memanjang dalam waktu
|
Konsep berpikir melebar dalam ruang
|
2
|
Konsep berpikir melebar dalam ruang
|
Konsep berpikir memanjang dalam waktu
|
3
|
Konsep berdasarkan tema-tema peristiwa
|
konsep berpikir berdasarkan urutan
kejadian peristiwa
|
4
|
Konsep berpikir ruang dan waktu
|
konsep berpikir memprediksi
berdasarkan masa lalu
|
5
|
Konsep berpikir berkesinambungan dalam
sejarah
|
konsep berpikir tentang perubahan
dalam sejarah
|
Perbedaan konsep berpikir
diakronik dan sinkronik dalam sejarah… .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
5.
Sejarah sebagai
ilmu berbeda dengan ilmu social lainnya karena memiliki sifat kronologis
yaitu …
A. peristiwa
sejarah yang terjadi pada saat tertentu yang dialami oleh seseorang
B. rekonstruksi
sebuah peristiwa sejarah yang dialami seseorang pada saat tertentu
C. proses
perjalanan kisah seseorang yang direkonstruksi secara sistematis dan kritis
D. segala
peristiwa dan aktivitas pada masa lalu yang dikisahkan berdasarkan urutan waktu
E. mendeskripsikan
urutan sebuah peristiwa sejarah yang terjadi dalam kehidupan manusia
6.
Dalam sejarah raja-raja dari kerajaan, banyak
ceritera-ceritera atau kisah-kisah Singosari yang dikaitkan dengan perkembangan
kehidupan Ken Arok. Kisah sejarah Ken Arok memberikan gambaran perjuangan
seorang rakyat jelata menjadi raja besar yang disegani oleh raja-raja di
sekitar wilayahnya dan rakyat di wilayah kerajaannya. Kisah Ken Arok ini juga
memberi gambaran perkembangan Kerajaan Singosari pada saat itu. Dari deskripsi
tersebut menunjukkan contoh sejarah sebagai suatu kisah, karena … .
A. peristiwa
masa lalu dibangun kembali berdasarkan ingatan atau penafsiran seseorang
B. rekontruksi peristiwa masa lampau yang
dialami seseorang dan disusun kembali secara ilmiah
C. membangun
kembali peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau berdasar sumber
sejarah
D. menyusun
kembali peritiwa masa lampau secara sistematis yang didasarkan pada fakta-fakta
sejarah
E. merekontruksi
masa lampau berdasarkan kajian ilmiah dan isinya dapat dipertanggungjawabkan
7.
Seorang sejarawan diharapkan dapat berlaku
obyektif atau netral dalam meggunakan data. Suatu peristiwa sejarah memiliki
data-data dan laporan-laporan yang jumlahnya sangat banya. Untuk itu diperlukan
suatu tahapan atau langkah verifikasi dalam sejarah memerlukan suatu metode
untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah.fakta menjadi kisah sejarah. Pada
tahap verifikasi yang dilakukan oleh sejarawan adalah … .
A. mengumpulkan
dokumen-dokumen peristiwa masa lalu
B. menafsirkan
kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lalu
C. mengidentifikasi
peninggalan-peninggalan budaya masa lalu
D. mencari
kebenaran dari jejak-jejak peristiwa masa lalu
E. meneliti data-data dari suatu peristiwa
yang telah terjadi
8.
Beberapa tokoh sejarah menyatakan bahwa Sejarah
melukiskan peristiwa-peristiwa kehidupan yang disusun secara sistimatis
berdasarkan kajian ilmiah . , sementara tokoh lainnya berpendapat bahwa obyek
sejarah adalah suatu peristiwa disusun secara berurutan juga berdasarkan kajian
yang dapat dipertanggungjawabkan.
Dari pendapat tersebut diatas, dapat
disimpulkan bahwa sejarah sebagai …
A. Seni
B. Ilmu
C. Kisah
D. Peristiwa
E. Dongeng
9.
Dari peristiwa sejarah kita dapat menyaksikan
berbagai peristiwa masa lampau yang seolah-oleh kita berada di dalam keindahan
dan kehebatan masa tersebut. Demikianlah Sejakar dapat bermanfaat sebagai
fungsi …
A. Rekreatif
B. Edukatif
C. Instruktif
D. Inspiratif
E. Pedagogik
10.
Perbedaan pengertian antara jaman prasejarah
dengan jaman sejarah adalah , pada jaman prasejarah masyarakatnya …
A. sudah mengenal sistem bercocok tanam
B. belum mengenal dan meninggalkan bukti
tertulis
C. terbentuk masyarakat prototife sebuah
kerajaan
D. hidupnya masih bersifat nomaden (
perpindah-pindah )
E. memiliki peradaban yang sudah cukup maju.
11.
Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa
kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah manfaat
sejarah dari segi….
A. pedagogik D. inspiratif
B. rekreatif E. edukatif
C. instruktif
12.
Willhem Bauer menyatakan bahwa Sejarah
melukiskan peristiwa-peristiwa kehidupan , sementara tokoh lainnya berpendapat
bahwa obyek sejarah adalah suatu peristiwa disusun secara berurutan.Dari
pendapat tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa sejarah sebagai …
A. Seni
B. Ilmu
C. Kisah
D. Peristiwa
E. Dongeng
13.
Perhatikan teks berikut ini :
Ketika memasuki Museum Nasional di Jakarta,
kita seolah-olah memasuki masa lampau. Kita merasakan suasana yang berlainan
dengan suasana sekarang. Penjelasan pemandu memperkuat suasana masa lalu
tersebut. Kita rasakan keindahan dan kejayaan masa lalu karena yang ditampilkan
di museum adalah hasil kebudayaan kuno Indonesia. Teks tersebut menunjukkan
salah satu kegunaan dari sejarah, yaitu berfungsi sebagai ….
A. Edukatif
B. Inspiratif
C. Instruktif
D. Rekreatif
E. Imajinatif
14.
Peristiwa detik-detik menjelang proklamasi
kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental bagi bangsa
Indonesia untuk bangkit dari belenggu perjajahan. Dengan menggunakan studi
pustaka dan wawancara dari beberapa responden, seorang penulis berhasil
menerbitkan sebuah buku tentang ”Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.”
Informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konsep sejarah sebagai ilmu
karena merupakan ...
A. rekonstruksi
peristiwa sejarah yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode
B. rekonstruksi
peristiwa sejarah yang dialami bangsa Indonesia untuk melawan penjajah
C. kisah
masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
berdasar sumber
D. usaha
menghidupkan kembali peristiwa masa lalu melalui penulisan buku dengan ragam
bahasa
E. peristiwa
masa lalu yang direkonstruksikan sesuai adat-istiadat yang berlaku di
masyarakat
15.
Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah
memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah fakta menjadi
kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik yaitu ....
A. mengkaji
sumber sejarah yang digunakan
B. menganalisis
sumber-sumber sejarah
C. memanfaatkan
sumber sejarah-sumber sejarah
D. mencari
dan menemukan sumber sejarah
E. menggali
dan memilah-milah sumber sejarah
16.
Menurut bentuknya, sumber sejarah terdiri dari
sumber tertulis, lisan, benda dan visual. Surat kabar termasuk sumber tertulis.
Berikut ini sumber sejarah yang bentuknya sama dengan surat kabar adalah…
A. keterangan
dari saksi sejarah
B. bangunan
bersejarah
C. relief
candi
D. prasasti
E. folklor
17.
Selain sumber tertulis dan benda yang banyak
digunakan dalam penelitian sejarah, juga terdapat sumber lisan yang diperoleh
dari pelaku atau saksi sejarah. Sumber lisan digunakan oleh sejarahwan untuk...
A. mengungkap
fakta berdasarkan temuan hasil peninggalan arkeologi
B. mengungkap
peristiwa sejarah berdasarkan temuan aktivitas masyarakat secara turun-temurun
C. mengungkap
peristiwa masa lampau berdasarkan informasi pelaku dan/atau saksi sejarah
D. mengungkap
peristiwa masa lampau pada manusia berdasarkan keyakinan masyarakat tertentu
E. menelusuri
dokumen yang terkait dengan topik yang diteliti
18.
Dalam penulisan sejarah, salah satu tahapan yang
dilakukan penulis adalah dengan melakukan interpretasi sumber sejarah.
Interpretasi atau kritik sumber terdiri dari dua macam yaitu kritik intern dan
ekstern. Kritik intern terhadap peninggalan sejarah ditujukan pada...
A. keaslian
suatu peninggalan sejarah
B. objektivitas
peninggalan sejarah
C. ketuaan
suatu peninggalan sejarah
D. kebenaran
fakta sejarah
E. isi
dari suatu sumber sejarah
19.
Salah satu peristiwa dalam kehidupan manusia
yang berlangsung secara cepat sehingga terjadi perubahan yang sangat mendasar ,
seperti di bawah ini, yaitu … .
a. Hancurnya
pelabuhan Port Harbour karena serangan Jepang
b. Diserangnya
penjara Bastile oleh rakyat Perancis
c. Pembuangan
Soekarno ke daerah Bengkulu oleh Belanda
d. Ditanda
tanganinya perjanjian Renvile di atas kapal perang Amerika
e. Agresi
militer Belanda ke II yang menyebabkan jatuhnya kota Yogyakarta
20.
Perhatikan tabel di bawah ini !
NO.
|
A
|
B
|
|
1.
|
Terbatas dalam ruang
|
1
|
Mementingkan proses
|
2.
|
Memanjang dalam waktu
|
2
|
Terbatas dalam waktu
|
3.
|
Meluas dalam ruang
|
3
|
Bersifat kronologis
|
Pernyataan yang benar
berkaitan dengan konsep sinkronik dalam penulisan
sejarah ditunjukkan oleh kombinasi....
A. A1 dan B1
B. A1 dan B2
C. A2 dan B3
D. A3 dan B2
E.
A3 dan B3
21.
Pengertian sejarah adalah …
(A) pengetahuan
tentang hubungan sebab akibat antara kejadian satu dengan yang lain.
(B) Pengetahuan
tentang peristiwa dan kejadian pada masa lampau sampai dengan masa kini
(C) Pengetahuan
tentang peristiwa pada masa lampau berdasarkan prasasti dan kitab-kitab kuno.
(D) Pengetahuan
tentang peristiwa dan kejadian pada masa lampau yang diperoleh berdasarkan
bukti-bukti tertulis.
(E) Pengetahuan
tentang kejadian yang menyangkut hubungan antar manusia dengan manusia lainya
pada masa lampau
22.
Perhatikan informasi berikut!
1. Heuristik
2. Sumber
Sejarah
3. Verifikasi
4. Kronologi
5. Historiografi
Dari informasi yang disajikan diatas,
kegiatan yang menunjukkan tahap-tahap penelitian sejarah adalah nomor…. .
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
3 dan 5
C. 2,
3 dan 4
D. 2,
4 dan 5
E. 3,
4 dan 5
23.
Perhatikan data berikut!
1. Bersifat
empiris
2. Memiliki
gaya bahasa
3. Memiliki metodologi
4. Memiliki generalisasi
5. Mempunyai
pemahaman
Dari data yang disajikan diatas pernyataan
yang dapat di simpulkan ciri sejarah sebagai ilmu di tunjukkan nomor… .
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
3 dan 4
C. 2,
3 dan 4
D. 2,
4 dan 5
E. 3,
4 dan 5
24.
Rekonstruksi dari peristiwa yang telah terjadi
pada masa lampau yang disusun secara sistematis dengan menggunakan data-data
dan metode yang telah teruji dan dapat dibaca, baik dalam bentuk buku atau
karya ilmiah, pernyataan tersebut merupakan pengertian
sejarah sebagai… .
A. ilmu
B. kisah
C. bacaan
D. peristiwa
Pelajaran
25.
Perhatikan data tentang proklamasi Kemerdekaan
RI;
1.
Dilksanakan pada 17 Agustus 1945 pukul10.00 WIB.
2. di
jalan Pegangsaan timur no. 56 Jakarta Pusat.
3. Dibacakan
oleh Ir. Sukarno
4. Merupakan
puncak perjuangan bangsa Indonesia.
Berdasarkan data diatas data yang manakah yang menunjukan bahwa tiap-tiap
peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan ruang dan waktu;
(A) 1
dan 2
(B) 1
dan 3
(C) 2
dan 3
(D) 2
dan 4
(E) 3
dan 4
26.
Pada masa abad Pertengahan di Prancis terjadi
suatu proses peristiwa sejarah. Salah satu contoh peristiwa dalam sejarah yang berlangsung secara cepat di Negara
prancis sehingga terjadi perubahan yang sangat radikal dan mendasar, yaitu ... .
(A) Pembuangan
Soekarno ke daerah Bengkulu oleh Belanda
(B) Hancurnya
pelabuhan Port Harbour karena serangan Jepang
(C) Ditanda
tanganinya perjanjian Renvile di atas kapal perang Amerika
(D) Agresi
militer Belanda ke II yang menyebabkan jatuhnya kota Yogyakarta
(E) Revolusi
Prancis yang berhasil merubah monarchi absolut menjadi Republik
27.
“Ken Arok awalnya adalah hanya seorang prajurit
dari Akuwu Tumapel, Tunggul Ametung.
Satu kali dia terpesona dengan kecantikan istri tuannya yang bernama Ken Dedes.
Betapa terperangahnya Ken Arok ketika melihat Ken Dedes turun dari kereta
Kencana dan melihat betisnya mengeluarkan cahaya”. Sepenggal cerita
tentang Ken Arok tersebut
menjelaskan hakekat sejarah sebagai ...
.
(A) Seni
(B) Ilmu
(C) Kisah
(D) Dongeng
(E) Peristiwa
28.
Perhatikan Topik Sejarah di bawah ini!
- Perang
Dipenogoro (1925-1930)
- Revolusi Fisik di Indonesia (1945-1949)
- Perisiwa G 30 S /
PKI
- Perkembangan Sarekat
Islam di Solo (1911-1920)
- Pembangunan pada
masa pemerintah Orde Baru
Dari
topik Sejarah di atas yang termasuk topik sejarah yang bersifat diakronik
adalah…
(A) 1,2 dan 3
(B) 1,2 dan 4
(C) 2,3 dan 4
(D) 2,3 dan 5
(E) 3,4 dan 5
29.
Dalam penelitian
sejarah tahap akhir yang dilakukan oleh seorang sejarawan adalah melakukan
historiografi. Salah satu yang membedakan antara historiografi kolonial dengan
historiografi modern di Indonesia adalah ...
Historiografi
Kolonial
|
Historiografi
Modern
|
|
A
|
Fokus penulisannya hanya untuk kepentingan pemerintah kolonial
Belanda saja.
|
Fokus penulisan bukan hanya kepada kehidupan penguasa tapi juga
kehidupan masyarakat luas.
|
B
|
Isi kisahnya hanya seputar perlawanan pribumi terhadap
pemerintah kolonial.
|
Isi kisahnya hanya seputar kehidupan perjuangan para pejuang
bangsa Indonesia.
|
C
|
Penulisannya sering menggunakan bahasa tidak baku.
|
Penulisannya menggunakan bahasa yang baku.
|
D
|
Ditulis untuk kepentingan penguasa kolonial.
|
Ditulis untuk pemenuhan buku-buku sejarah di dunia pendidikan.
|
E
|
Menggunakan penelitian yang masih sederhana.
|
Menggunakan penelitian yang sudah modern.
|
30.
Perhatikan gambar berikut :
\
Gambar tersebut
menggambarkan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi
pada 17 Agustus 1945 jam 10 pagi di jalanPegangsaantimur, Jakarta. Identifikasi
peristiwa tersebut yang dikaitkan dengan ruang dan waktu adalah ... .
A.
tanggal, bulan, tahun, jam dan tempat
B.
angka ganjil, hari, bulan dan tahun
C.
bulan, tahun, waktu dan tempatnya
D.
hari jum’at, bulan puasa dan sakral
E.
tempatnya di ibu kota dan hari kramat
31.
Gambar tersebut merupkan foto pelantikan Jenderal
Soeharto sebagai Presiden yang ke-2 Indonesia. Sejak di kumandangkannya
Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia menjadi negara merdeka
yang berdaulat memilih kepala negaranya sendiri berdasarkan konstitusi.
Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 memiliki arti yang sangat penting hingga
hari ini bagi bangsa Indonesia., bahkan bagi kehidupan bangsa lain di dunia.
Konsep berpikir dalam ilmu sejarah terkait pemaknaan
persitiwa Proklamasi tersebut adalah...
A. perkembangan
B. perubahan
C. keberlanjutan
D. pengulangan
E. percepatan
32.
Perhatikan informasi di bawah ini :
(1)
memiliki
objek
(2)
penting
(3)
empiris
(4)
memiliki
metode
(5)
unik
Dari informasi di atas, yang merupakan ciri – ciri
sejarah sebagai ilmu dapat ditunjukan
dengan nomor ... .
A.
(1),
(2) dan (3)
B.
(1),
(3) dan (4)
C.
(2),
(3),dan (4)
D.
(2),
(4) dan (5)
E.
(3),
(4) dan (5)
33.
Sumber yang berasal dari informasi orang
lain, pemberi informasi bukan orang yang mengalami, melihat, atau mendengar
peristiwa secara langsung. Sumber
tersebut termasuk ke dalam sumber … .
A. primer
B.
sekunder
C.
tersier
D.
kwarter
E. bukan lisan
34.
Untuk melakukan penelitian, seorang sejarawan
harus mencari berbagai dokumenbaik melalui metode kepustakaan atau arsip
nasional. Peneliti juga bisa dapat
mengunjungi situs sejarah atau melakukan wawancara untuk melengkapi data
sehingga diperoleh data yang baik dan lengkap, sehingga dapat menunjang
terwujudnya sejarah yang mendekati kebenaran.
Dari deskripsi tersebut, merupakan bagian
dari salah satu langkah dalam penelitian
sejarah, yaitu ... .
A. Heuristik
B. Verifikasi
C. Interpretasi
D. Kritik
Intern
E. Historiografi
35.
Perhatikan bagan di bawah ini!
Berdasarkan hal tersebut dapat
diketahui bahwa pengertian sejarah sebagai peristiwa adalah ....
A.
Tidak pernah lepas dari peristiwa-peristiwa
sejarah yang telah terjadi di masa lampau yang berupa ingatan manusia yang
bersifat oral history karena peristiwa-peristiwa dan kejadiankejadianyang telah
terjadi dimasa lampau
B.
Sejarah bukanlah sekedar suatu cerita yang
indah, instruktif, dan mengasikkan, tetapi merupakan cabang ilmu pengetahuan
C.
Sejarah itu benar-benar ada dan terjadi,
kemudian kejadian sejarah dianggap sebagai kenyataan sejarah dan peristiwa yang
terjadi di masa lampau menjadi materi yang sangat penting dalam pembahasan ilmu
sejarah
D.
Peristiwa yang unik yang hanya sekali terjadi,
dan merupakan peristiwa penting
E.
Dalam bentuk kisah sejarah inilah peristiwa masa
lalu dihadirkan kembali sebagai data sejarah
36.
Zahara yang sedang menyusun tugas akhir sejarah
yang diberikan oleh gurunya. Ia
berkunjung ke perpustakaan daerah DKI Jakarta. Ia bermaksud mengadakan
penelitian masalah pemerintahan peralihan pemerintahan Orde Baru ke
pemerintahan Orde Reformasi. Zahara mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang
seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan
Reformasi. Kegiatan Zahara tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut …
A.
historiografi
B.
ekskavasi
C.
verifikasi
D.
interpretasi
E.
heuristic
37.
Perhatikan informasi berikut :
1)
Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti dapat dibuktikan
kebenarannya
2)
Sejarah menceritakan peristiwa yang benar-benar terjadi
3)
Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau
4)
Sejarah bertujuan memberi legitimasi kekuasaan kepada para pejabat
5) Semua peristiwa sejarah dapat menjadi panutan
serta pedoman bagi pembacanya
Berdasarkan informasi tersebut, ciri-ciri
sejarah sebagai ilmu adalah ….
A.
1), 2), dan 3).
B.
1), 2), dan 4).
C.
2), 3), dan 4)
D.
3), 4), dan 5).
E.
2), 4), dan 5)
38.
Sejarah dikatakan
sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan masa lampau yang disusun secara
sistematis dengan metode kajian secara ilmiah untuk mendapatkan kebenaran
mengenai peristiwa masa lampau. Sehingga dalam mempelajari sejarah
peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam lingkup.....
A.
kehidupan Manusia dan hewan
B.
Dalam
lingkup benda hidup dan benda
mati
C.
Lingkup manusia zaman purba
D.
Kehidupan Manusia
E.
lingkup peristiwa penting
39.
Perhatikan pernyataan berikut !
1.bersifat konkret
2.bersifat emperis
3.belum teruji kebenarannya
4.dapat diamati dan dipelajari
5.sistimatis-obyektif-analitik dan
verifikatif
Dari pernyataan tersebut diatas, sebuah
pengalaman manusia dianggap sebagai sebuah ilmu pengetahuan bila memenuhi
syarat-syarat seperti yang ditunjukkan oleh nomer …
A.1, 2 dan 3
B.1, 3 dan 4
C.2, 3 dan 4
D.2, 4 dan 5
E.3, 4 dan 5
40.
Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan
zaman praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau
pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa
zaman disebut ... .
A. kronik
B.
kronologi
C.
anakroni
D.
kontinuitas
E.
periodisasi
41.
Setiap cabang ilmu pengetahuan mempunyai
obyek-obyek yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun demikian,
banyak ilmu pengetahuan yang mempunyai obyek penelitiannya tentang manusia
dengan penekanan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Sedangkan obyek yang
dipelajari dalam ilmu sejarah adalah manusia dan masyarakat....
A.
Dalam sudut pandang ekonomi.
B.
yang melakukan peristiwa besar
C.
dalamwaktu yang relatif lama
D.
dalam sudut pandang tempat.
E.
yang hidup pada masa lampau
42.
Pengkajian sebuah gejala sosial dengan
menekankan kepada hukum kausalitas (sebab-akibat) meliputi, latar-belakang
sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai dengan
akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan
bentuk pengkajian yang bersifat ....
A. dinamis
B. statis
C. struktural
D. sinkronis
E. diakronis
43.
Manakah informasi yang benar berkaitan dengan
perbedaan konsep berpikir diakronik dan konsep berpikir sinkronik dalam sejarah
… .
Peristiwa-peristiwa yang terjadi sejak masa
lampau menjadi materi penting dalam pembahasan ilmu sejarah. Melalui peristiwa-peristiwa
tersebut ilmu sejarah mendapat gambaran tentang kehidupan di masa lampau. Oleh
karena itu jika seorang sejarawan akan menulis kembali peristiwa tersebut
terdapat beberpa konsep berfikir yang harus diterapkan. Konsep berfikir yang
digunakan seorang sejarawan adalah diakronik yang berarti ….
A. memfokuskan
pada catatan kejadian peristiwa
B. mengawati
peristiwa berdasar demensi ruang
C. mengurutkan peristiwa sejarah sesuai
urutan waktu
D. menelusuri peristiwa dari awal kejadian
hingga akhir
E. memandang
kehidupan masyarakat sebagai sistem
44.
Ketika pemerintahan Orde Baru berakhir, gugatan
terhadap sejarah bermunculan. Sejarah pun menjadi polemik karena fakta dan
interpretasi selama ini dinilai tidak tepat, tidak lengkap, dan tidak jelas. Penulisan
sejarah dilakukan secara sistematis dan meluas demi kepentingan politik dan
kekuasaan semata. Misalnya penulisan sejarah tentang peristiwa Serangan Umum 1
Maret 1949 yang kontroversi, karena ditulis dengan menyanjung dan menonjolkan
tokoh tertentu, tetapi mengabaikan tokoh lainnya yang sebenarnya memiliki peran
yang tidak kalah pentingnya.
Penulisan sejarah yang menimbulkan
kontroversi seperti dicontohkan dalam teks diatas, bersumber dari kesalahan
sejarawan, karena sejarawan … .
A. tidal
melakukan validasi data
B. Menuliskan
sejarah sebagai seni
C. Menulis
tidak didukung oleh data yang akurat
D. Menafsirkan
sumber-sumber sejarah secara subjektif
E. Hanya
menggunakan sumber sejarah dari dalam negeri
45.
Sejarah dalam arti subjektif, dapat diartikan bahwa
sejarah disusun berdasarkan … .
Peristiwa ekspedisi Pamalayu yang dilakuakn
oleh Pasukan Kerajaan Singosari atas perintah dari Raja Kertanegara. Raja Kertanegara memerintahkan
dilaksanakan ekspedisi Pamalayu karena menghadapi serangan yang akan dilaksanakan
oleh tentara kerajaan Cina yang dipimpin oleh Khubilai Khan, untuk menguasai
jalur pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka. Dari deskripsi tersebut
menunjukkan sejarah sebagai kisah, karena ….
A. kejadian
masa lampau diungkapkan kembali berdasrkan penafsiran dan diinterpretasi
melalui verifikasi sehingga dapat dipertanggungjawabkan
B. merupakan
pengetahuan mas lampau yang disusun secra sistematis dengan metode kajian
secara ilmiah untuk mendapatkan kebenaran peristiwa tersebut
C. sebagai
kumpulan peristiwa masa lampau yang kebenarannya dapat dibuktikan secara ilmiah
melalui metode tertentu
D. kejadian-keajadian
masa lampau yang direkontruksikan dapat dibuktikan melalui dokumen-dokumen yang
telah diuji sehingga dapat dipercaya
E. kejadian-kejadian
masa lampau yang direkonstruksikan kembali memerlukan imajinasi dari sejarawan
sehingga menarik dan mudah dimengerti
46.
Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa
penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi pada tanggal
16 Agustus 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dalam
rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini
dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan pemuda tentang
kapan prokalamasi dilaksanakan. Tujuan dari peristiwa teresebut adalah untuk
mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan proklamasi
kemerdekaan segera dilakasanakan. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan
bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada
lampau, karena … .
A. peristiwa
sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian dan kenyataan yang benar-benar
terjadi pada masa lampau
B. peristiwa
merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa Indonesia untuk
bangkit dari penjajah
C. peristiwa
masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah penulisan karya sejarah
D. peristiwa
yang terjadi pada saat itu disebabkan karena adanya peristiwa yang terjadi
sebelumnya.
E. sejarah
merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai jamanya
47.
Dalam penelitian sejarah tahap akhir yang
dilakukan oleh seorang sejarawan adalah melakukan historiografi. Salah satu
yang membedakan antara historiografi kolonial dengan historiografi modern di
Indonesia adalah …
Historiografi Kolonial
|
Historiografi Modern
|
|
A
|
Fokus penulisannya hanya untuk
kepentingan pemerintah kolonial Belanda saja
|
Fokus penulisan bukan hanya kepada
kehidupan penguasa tapi juga kehidupan masyarakat luas.
|
B
|
Isi kisahnya hanya seputar perlawanan
pribumi terhadap pemerintah kolonial.
|
Isi kisahnya hanya seputar kehidupan
perjuangan para pejuang bangsa Indonesia.
|
C
|
Penulisannya sering menggunakan bahasa
tidak baku
|
Penulisannya menggunakan bahasa yang
baku.
|
D
|
Ditulis untuk kepentingan penguasa
kolonial
|
Ditulis untuk pemenuhan buku-buku
sejarah di dunia pendidikan.
|
E
|
Menggunakan penelitian yang masih
sederhana
|
penelitian
yang sudah modern.
|
48.
Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari
perubahan. Salah satu manfaat perubahan bagi manusia adalah….
A. Segala
peristiwa yang terjadipada masa depan dapat prediksi mulai saat ini
B. Kesejahteraan
manusia terus mengalami peningkatan seiring perubahan jaman
C. Manusia
semakin dewasa dalam menghadapi setiap permasalahan yang dialaminya
D. Masa
lalu manusia dapat digunakan sebagai pedoman dalam bertindah pada masa kini dan
masa depan
E. Tingkat
kemampuan manusia dalam memecahkan masalah dapat diukur dari besarnya perubahan
dalam dirinya.
49.
Simak informasi berikut :
1. Penulisnya
adalah orang-orang akademisi yang kritis dalam bidang bahasa
2. Ahli
dalam bidang kesusasteraan dan kepurbakalaan
3. Berupa
sejarah orang Belanda di Hindia Timur
4. Bersifat
diskriminatif
5. Menganggap
Hindia Timur belum memiliki sejarah sebelum kedatangan Eropa
6. Mengangkat
kisah-kisah kemanusiaannya (kebudayaannya)
Dari beberapa informasi di atas, yang
termasuk ciri-ciri historiografi modern di Indonesia ialah…
A. 1-4-5
B. 3-5-6
C. 1-2-6
D. 4-5-6
E. 1-3-5
50.
Perhatikan data berikut ini!
1. Gelombang
migrasi dari nenek moyang bangsa Indonesia diawali dari Proto Melayu 3000
SM-1500 SM)
2. Bangsa
yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatra. Bangsa ini bercampur
dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa Proto Melayu dan Deutero
Melayu.
3. Menurut
teori yang dikemukakan oleh Van Heine Gelder manusia Indonesia berasal dari
Asia.
4. Bahwa
spesies yang ada sekarang berasal dari spesies yang hidup di masa lalu dan
akhirnya sampai sekarang
5. Menurut
Charles Darwin dalam bukunya the Origin of species Bahwa evolusi manusia
terjadi dalam kehidupan melalui seleksi alam sehingga tidak dapat ditolak
Dari data diatas yang merupakan topik dari
konsep sejarah diakronik ditunjukkan pada nomor…
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 1,
2, dan 5
D. 2,
3, dan 4
Komentar
Posting Komentar