Mengelola Majalah Sekolah






 Tema yang sangat menarik dalam kelanjutan KBMN angkatan 28 dengan tema membuat majalah sekolah dengan narasumber Ibu Widya Setianingsih, S.Ag dan moderator ibu Mutmainah M.Pd. Materi wow keren memberikan inspirasi buat kita yang belum mengelelola majalah sekolah.

Kebetulan saya di SMAN 25 telah memiliki buletin yang bernama Jistik dikelola oleh anak-anak ekstrakuriler Jurnalistik. Kebetulan penerbitan buletin terkait program pengembangan budaya literasi di lingkungan SMAN 25 Jakarta. Saya selaku koordinator literasi membuat program budaya membaca dan literasi.

Materi dimulai dari salam pembuka dari moderator sambil mengenalkan diri,Selamat malam Bapak/Ibu hebat Indonesia yang tergabung dalam kelas Belajar Menulis Gelombang 28. Perkenalkan, saya Mutmainah biasa dipanggil Emut dari Lebak Banten.  Alumni peserta Belajar Menulis PGRI asuhan Om Jay gelombang 24 (Januari-Maret 2022).  Mulai belajar dari NOL BESAR hingga menghasilkan buku solo (hasil 30 kali pertemuan dengan Narasumber keren) dan 20 buku antologi.


Narasumber memperkenalkan diri melalui flyer yang sudah dikirim dalam group WA. Kemudian prolog Mengenalnya di gelombang 21 lalu dipertemukan bulan Desember kemarin dalam acara temu penulis nusantara. Sahabat rasa saudara, kadang ia menjadi sosok seorang kakak, teman, bahkan bisa juga menjadi musuh bebuyutan 😀😀  beliau adalah Widya Setianingsih seorang guru di MI Khadijah Malang alumni BM 21 yang kariernya melesat bak pesawat jet  dari peserta menjadi moderator sekaligus narasumber, kurator, dan sekarang merangkap menjadi editor juga penulis buku puisi "Laras Laras Makna dalam Kata Sekaligus pimpinan redaksi majalah sekolah yang bertajuk KHARISMA DI MI Khadijah kota Malang. 👏👏🥰 Selama dua jam ke depan kita akan sharing dengan narasumber keren juga gaul mengenai Mengelola Majalah Sekolah
Majalah Sekolah adalah majalah yang dibuat dan dikelola dilingkungan sekolah ada beberapa langkah dalam menerbitkan majalah sekolah 1. Menyatukan ide dan gagasan. Mencari teman-teman yang memiliki jiwa literasi dan organisasi. Membentuk susunan redaksi majalah 2. Mengajukan Proposal.
Membuat proposal meliputi latar belakang, tujuan, susunan redaksi, anggaran dana dsbnya.  3. Membuat rancangan majalah. Menentukan nama majalah, isi berita, pendanaan dll.  4. Mencari rekanan pendukung. Percetakan, sponsor dll 5. Melakukan sosialisasi ttg manfaat, pentingnya suatu majalah pada orngtua. 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA