LATIHAN SOAL
1.
Imprialisme merupakan
suatu istilah berasal dari kata “ Imperator” yang artinya memerintah. Itu
berarti Imprialisme adalah …
A. tindakan
dan sifat para kaisar yang berharap dapat memperluas wilayah jajahan meliputi
berbagai bangsa
B. aktifitas
ekonomi dan social yang bertujuan untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan lokal di
berbagai wilayah dunia.
C. kegiatan
penjelajahan samudra yang bertujuan untuk mendapatkan pusat-pusat pergangan
yang baru dan menguntungkan
D. sistem
kekuasaan yang diujudkan dalam bentuk aktifitas perdagangan dan industri yang
menguntungkan kekuasaannya
E. suatu
sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam
memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya
2.
Kolonialisme berasal
dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan
kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. bertujuan untuk …
A. pengembangan
wilayah kekuasaan yang dilakukan melalui aktifitas perdagangan
B. menanamkan
pengaruh terutama terhadap kerajaan-kerajaan kecil disekitarnya
C. menarik
perhatian negara-negara lain untuk mengembangkan pergangan antar negara
D. mencapai
dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah.
E. kebijakan
dan tindakan pemerintah resmi dalam mengembangkan pengaruh terhadap wilayah
lainnya.
3.
Peristiwa yang
melatarbelakangi datangnya bangsa Eropa khususnya Portugis dan Spanyol kedunia
timur adalah …
A. dikuasainya
kota perdagangan Lisabon/Lisbon oleh Spanyol
B. jatuhnya
Constantinovel ke tangan bangsa Turki yang beragama Islam
C. terjadinya
perang Salib antara pasukan Islam dengan tentara Kristen di Eropa.
D. jatuhnya
Malaka ke tangan Portugis, yang menutup perdagangan dengan dunia Islam.
E. dikuasainya
aktifitas perdagangan rempah-rempah oleh pedagang Inggris dan Belanda
4.
Perhatikan pernyataan
berikut !
1) Melaksanakan
Perang Salib
2) Perkembangan
IPTEK
3) Keinginan
mencari kekayaan
4) Keinginan
mencari kejayaan
5) Keinginan
menyebarkan agama kristen
Dari
pernyataan diatas, yang dianggap sebagai faktor pendorong datangnya bangsa
barat kedunia timur adalah ditunjukkan oleh nomor …
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
2 dan 4
C. 2,
3 dan 4
D. 1, 3 dan 4
E. 3,4 dan 5
5.
Ditutupnya
Konstantinopel oleh Kesultanan Turki pada tahu 1453, mendorong bangsa Eropa
melakukan penjelajahan samudera sampai ke Indonesia. Motivasi utama kedatangan
bangsa Eropa ke Indonesia adalah … .
A. membuktikan
teori bumi itu bulat
B. mencari
daerah penghasil rempah-rempah
C. persaingan
antar bangsa untuk menguasai dunia
D. mengembangkan
teknologi khususnya dibidang perkapalan
E. melaksanakan
perintah dari raja untuk mencari daerah jajahan
6.
Perhatikan pernyataan
berikut !
1)
Membangun pusat
penelitian ilmu Botani
2)
Menemukan “bunga
Bangkai” (Raflesia Arnoldi)
3)
Mengarang buku “History
of Java”
4)
Membangun fasilitas
umum
5)
Menentang sistem sewa
tanah
Dari
penyataan tersebut diatas, yang menunjukkan pimpinan pemerintahan Inggris di
Indonesia Raffles adalah seorang ilmuwan adalah …
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
2 dan 4
C. 2,
3 dan 4
D. 2,
3 dan 5
E. 3,
4 dan 5
7.
Satu kebijakan
kolonialis Belanda di Indonesia adalah membentuk kongsi dagang Belanda yaitu
VOC. Kebijakan Belanda tersebut bertujuan untuk …
A. menghindari
daya saing antar pedagang Belanda.
B. untuk
mengusir pedagang-pedagang asing di Indonesia
C. menguasai
raja-raja yang berkuasa secara politik dan ekonomi
D. bentuk
antisipasi semakin kuatnya kekuasaan pemerintah Belanda
E. bembantu
pemerintah Belanda dalam melipatgandakan keuntungan
8.
Perhatikan pernyataan
berikut !
1) Mempunyai
hak membentuk tentara
2) Mencetak
uang
3) Menyebarkan
agama Katholik
4) Membuat
perjajian dengan penguasa setempat
5) Membentuk
pemerintahan
Dari
pernyataan diatas, yang menyebabkan VOC memiliki kedudukan sangat kuat di
Indonesia karena diberikan hak istimewa yang ditunjukkan oleh nomer
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
2 dan 4
C. 2,
3 dan 4
D. 2,
3 dan 5
E. 3,
4 dan 5
9.
Persamaan kebijakan
yang dapat kita simpulkan dari kegiatan Imprialisme-kolonialisme Spanyol,
Protugis, Belanda di Indonesia adalah …
A. membentuk
kongsi dagang seperti VOC
B. merekrut
tenaga meliter berasal dari pribumi
C. dikembangkannya
sistem libralisme dalam perdagangan
D. menggunakan
tenaga pribumi untuk menarik pajak bumi
E. melalukan
monopoli perdagangan dan penyerahan wajib hasil bumi
10.
Perhatikan
kebijakan-kebijakan asing di Indonesia !
1) Membangun
pendidikan di Indonesia
2) Pembentukan
kongsi dagang di Indonesia
3) Melakukan
pembangunan di berbagai bidang
4) Pembangunan
jalan raya Pos atau jalan dari Anyer-Penarukan
5) Memberi
kebebasan pada rakyat nenanami tanaman yang menguntungkan
Dari
data diatas, manakah yang merupakan kebijakan dari Daendels di Indonesia…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
11.
Perhatikan narasi
berikut !
Setelah
Malaka dikusai oleh Portugis 1511, justru membawa hikmah bagi Aceh, Banyak para
pedagang Islam yang mengalihkan kegiatan perdagangannya dari Malaka ke Aceh.
Dengan demikian perdagangan Aceh semakin ramai. Kerajaan Aceh muncul sebagai
kekuatan baru yang berhasil menguasai perdagangan seperti di pantai timur
Sumatra utara. Bahkan Aceh kemudian mampu mengendalikan pusat-pusat perdagangan
dipantai barat Sumatra. Perkembangan Aceh yang begitu pesat dipandang oleh Purtugis
sebagai ancaman. Oleh karena itu Portugis berupaya untuk menghancurkan Aceh.
Beberapakali Portugis melakukan serangan terhadap Aceh serta melakukan berbagai
gangguan terhadap kapal-kapal
dagang Aceh. Menanggapi
hal tersebut, Aceh melakukan beberapa langkah seperti melengkapi kapal-kapal
dagang Aceh dengan
persenjataan, meriam dan prajurit
; mendatangkan bantuan persenjataan, sejumlah tentara dan beberapa ahli dari
Turki pada tahun 1557 ; dan mendatangkan bantuan dari Kalikut dan Jepara.
Yang
dapat kita simpulkan narasi tersebut diatas terkait dengan usaha melawan
dominasi kolonialisme di Nusantara adalah …
A. berusaha
sekuat tenaga dengan segala potensi yang ada untuk melawan kolonialisme
B. sudah
terjadi kerjasama regional antar wilayah dalam menghadap dominasi asing di
wilayah masing-masing
C. dalam
usaha melawan kolonialisme, dibutuhkan dukungan dan kerjasama dengan
kolonialisme lainnya
D. memperkuat
penguasaan terhadap jalur perdagangan sehingga tidak ada kesempatan
kolonialisme masuk
E. menutup
dan melarang negara kolonialisme ikut dalam aktifitas perdangan di Nusantara.
12.
Perhatikan pernyataan
berikut !
1) Penyambutan
tamu dengan cara minum sirih
2) Duduk
sederajat dengan sultan / raja
3) Menghadap
raja, dengan cara berjalan jongkok
4) Menjamu
tamu dengan suguhan minuman beralkohol
Dari
pernyataan diatas, pengaruh asing yang tidak sesuai dengan tradisi kerajaan di
Nusantara adalah …
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
E. 3
dan 4
13.
Perang Paderi di
Sumatra barat pada awalnya hanya merupakan tertentangan antara kaum Paderi (
ulama) melawan kaum adat, tetapi kemudian berubah menjadi perlawanan rakyat
Sumatra barat melawan Belanda. Hal ini disebabkan oleh …
A. Kaum
adat merasa terdesak dan minta bantuan kepada pemerintah Belanda
B. Belanda
berusaha untuk menguasai daerah Sumatra barat dengan berbagai cara
C. Kaum
Paderi berusaha untuk memenangkan persaingan dengan bantuan Belanda
D. Kaum
Paderi sengaja menggunakan kaum adat sebagai umpan untuk melawan Belanda
E. Kaum
adat dan kaum Paderi sejak awal tidak mengendaki keberadaan Belanda di
daerahnya.
14.
Latarbelakang
terjadinya perang Diponegoro yang merupakan perang terbesar di pulau Jawa
adalah pembuatan jalan melalui makam leluhur Pangeran Diponegoro tanpa ijin
dengan cara memasang patok-patok merah yang dianggap sebagai penghinaan karena
…
A. masyarakat
Jawa umumnya sangat menghargai dan menghormati para leluhur mereka
B.
makam leluhur merupakan
daerah yang kramat dan tidak boleh diganggu oleh siapapun
C.
leluhur bagi orang suku
Jawa mendapat penghormatan tertinggi dalam berbagai kondisi
D. penghinaan
yang diterima oleh suku Jawa khususnya harus dibayar mahal oleh penghinanya
E.
dibeberapa wilayah
pulau Jawa banyak ditemukan makam-makam yang sangat dikeramatkan
15.
Sebagai akibat dari
kebijakan Belanda melalui pelaksanaan Politik Etis, maka pemerintah Belanda
mulai melaksanakan pendidikan di Hindia Belanda. Tetapi tidak semua anggota
masyarakat bisa mengikutinya hanya berlaku untuk anak keturunan Belanda,
golongan bangsawan, anak pegawai pemerintah. Sementara masyarakat umum tidak
bisa bersekolah. Respon beberapa pemimpin bangsa Indonesia terhadap kebijakan
tersebut adalah … .
A. memberikan
beasiswa kepada para pemuda yang memiliki kemampuan akademis bagus
B. mendorong
dikeluarkannya undang-undang pendidikan untuk melindungi sekolah partikelir
C. bekerjasama
dengan kolonialis asing selain Belanda untuk mendirikan sekolah pemerintah
D. menuntut
pemerintah Belanda untuk melaksanakan pendidikanuntuk masyarakat secara adil
E. menyelenggarakan
pendidikan mandiri dikelola swadaya yang dikenal dengan sekolah partikelir
16.
Beberapa kebijakan
kolonial Belanda mengakibatkan banyak masuknya budaya asing kedalam istana,
hilangnya hak-hak feodal penguasa pribumi serta, semakin menurunnya ketaatan
rakyat terhadap golongan istana. Terhadap kondisi tersebut, terjadilah berbagai
bentuk reaksi rakyat diberbagai daerah diantaraya adalah ….
A. Perang
rakyat Aceh dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol
B. Perlawanan
masyarakat Sumatra barat dipimpin oleh Teuku Umar
C. pertempuran
masyarakat Banten dibawah Sultan Agung Anyokrokusumo
D. Perang
masyarakat kesultanan Jogjakarta yang dipimpin Pangeran Diponegoro
E. Perang
Rakyat Maluku Ternate dan Tidore yang dipimpin oleh Sulatan Hasanudin
17.
Pemerintah Jepang
melaksanakan pemerintahan secara diktator, yang berarti kebebasan sikap
berdemokrasi tidak dibenarkan, Jepang melarang berserikat dan berkumpul.
Kegiatan politik dilarang dan semua organisasi politik yang ada dibubarkan.
Sebagai gantinya Jepang membentuk organisasi-organisasi baru dengan tujuan
untuk kepentingan Jepang itu sendiri seperti Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa
Hokokai. Respon
masyarakat Indonesia terhadap kebijakan pendudukan Jepang tersebut adalah … .
A. melakukan
aksi-aksi pemberontakan yang dipimpin kepala desa
B. menentang
karena banyak menimbulkan korban jiwa dan harta
C. terpaksa
harus ikut kebijakan tersebut karena adanya unsur kekerasan
D. banyak
yang melarikan diri , kemudian membentuk lascar-laskar rakyat
E. melakukan
perlawanan dengan strategi gerakan di bawah tanah (illegal)
ANS: E
18.
Raffles sebagai
penguasa Inggris di Hindia melakukan langkah-langkah untuk memperluas
kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin
memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam
pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan
petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa
dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya
perekonomian pribumi karena ….
A. masa
pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh
upeti karena langsung diolah oleh gubernur
B.
penduduk mengalami
keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga
tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles
C.
berkembangnya jumlah
penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi
oleh kebijakan Raffles
D. Raffles
berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang
memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah
E.
penduduk mengalami
kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan
kultur sebagai penjajah
19.
Pelaksanaan politik
Devide et Impera terjadi di kerajaan Gowa dan Tallo dimana VOC mengadu domba
antara Sultan Hassanudin raja Gowa dengan Aru Palaka Raja Bone yg merupakan
wilayah kekuasaan Gowa. Arupalaka memberontak dibantu oleh VOC,mengakibatkan
Sultan Hassanudin kalah. Sehingga dibuat perjanjian Bongaya yg isinya
menguntungkan VOC yaitu menguasai monopoli perdagangan di seluruh Sulawesi.
Dari deskripsi diatas dapat diambil pembelajaran bagaimana generasi penerus
harus mensikapi politik adu domba dengan cara :
A. belajar
dengan baik
B. aktif
dalam berorganisasi
C. menjaga
persatuan dan kesatuan
D. selektif
dalam menerima informasi
E. menjaga
ketertiban dan keamanan lingkungan
20.
Sebagai pengaruh dari
menangnya golongan Libral di Eropa, Belanda di Indonesia mulai menjalankan
imprialisme modernya dengan cara …
A. memonopoli
seluruh aktivitas perdagangan
B. membuka
Indonesia untuk penanaman modal asing
C. mengembang
sistem Culturstelsel
D. proses
produksi mengarah ke sistem pertanian
E. membubarkan
kongsi dagang VOC
21.
Sisa-sisa peninggalan
Inggris dibawah Raflles di Indonesia masih dapat dijumpai sampai saat ini
seperti …
A. bangunan
istana merdeka dan Monas
B. Istana
Bogor dan kebon raya Bogor
C. jalan
sepanjang 1.000 km dari Anyer sampai ke Penarukan
D. Museum
Nasional dan kota tua
E. bangunan
pasar Tanah Abang dan Stasiun Senen
22.
Dengan diberlakukannya
politik Libral di Indonesia yang ditandai dengan dibuatnya Undang-undang Agaria
dan Undang-undang Gula, menyebabkan pemilik modal asing Eropa dapat …
A. menyewa
tanah rakyat untuk ditanami tebu selama batas waktu tertentu.
B. membeli
tanah rakyat yang tidak difungsikan oleh pemerintah
C. membangun
berbagai pendukung untuk kesejahtraan rakyat
D. memulai
perbudakan dengan mengirim tenaga rakyat keluar negeri
E. membangun
berbagai industri maju untuk kepentingan perdagangan
23.
Perhatikan pernyataan
di bawah ini:
1)
Dipelopori oleh kaum
humanis Belanda.
2)
Melahirkan kelompok
pemuda terpelajar.
3)
Memunculkan kelompok
pergerakan nasional.
4)
Memenuhi tenaga kerja
trampil dan terdidik di lingkungan pemerintah kolonial.
5)
Bertujuan meningkatkan
kesejahteraan rakyat Indonesia.
Berdasarkan
pernyataan di atas, keterkaitan dampak positif pelaksanaan politik Ethis di
bidang pendidikan bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1,2,3
B. 1,3,5
C. 2,3,4
D. 3,4,5
E. 1,4,5
24.
Perhatikan gambar dan
narasi di bawah ini:
Pada
masa pemerintahan Sultan Adam, Belanda mulai masuk ke wilayah Banjarmasin. Pada
tahun 1826 mereka menjalin hubungan secara resmi dengan Belanda. Namun, pada
tahun 1850, mulai terjadi permusuhan diantara keluarga kerajaan. Dalam kondisi
seperti itu, Belanda ikut campur tangan dalam kehidupan politik kerajaan dengan
cara mengadu domba di antara keluarga sultan sendiri.
Ketika
Sultan Adam wafat pada tahun 1857, terjadi perebutan kekuasaan di istana.
Belanda mengangkat Tamjidillah sebagai Sultan Kerajaan Banjarmasin. Namun
rakyat tidak menyukainya. Di tengah kekacauan tersebut meletus aksi perlawanan
bersenjata (1859) yang digerakkan oleh putra Sultan Muhammad yang sangat anti
Belanda. Tokoh perlawanan yang sangat anti Belanda yang dimaksud adalah … .
A. Tuanku
Imam Bonjol
B. Pangeran
Antasari
C. Sultan
Baabulah
D. Teuku
Umar
E. Pattimura
25.
Pangeran Sebrang Lor
dari kerajaan Demak dengan bantuan kerajaan Aceh menyerang Portugis di Malaka
pada tahun 1512, namun mengalami kegagalan. Faktor penyebab kegagalan serbuan
tersebut karena … .
A. tentara
pasukan Dipati Unus kalah dari segi jumlah bila dibandingkan dengan pihak
Portugis di Malaka
B. kerajaan
Aceh dan kerajaan Johor tidak memberikan banyak bantuan baik tentara dan
persenjataan perang
C. pasukan
Dipati Unus mengalami kelelahan karena menyeberangi lautan yang sangat jauh ke
wilayah Malaka
D. kurang
semangatnya Dipati Unus dalam mengemban tugas menyerang Portugis ke Malaka
karena meninggalkan Demak
E. persenjataan
dan armada perang pasukan Dipati Unus kalah oleh tekhnologi persenjataan armada
perang Portugis
26.
Budaya Seikerei yang
wajib dilakukan oleh rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang, yaitu
membungkukkan badan menghadap matahari terbit setiap pagi. Bagi rakyat
Indonesia hal ini direspon dengan penolakan, karena … .
A. sangat
bertentangan dengan ajaran agama Islam
B.
rakyat Indonesia tidak
memahami bahasa Jepang
C.
dianggap sebagai
kebudayaan dari bangsa penjajah
D. Jepang
memiliki kebudayaan yang sangat sulit ditiru
E.
tidak sesuai dengan
adat tradisi masyarakat Indonesia
27.
Berbagai kebijakan
dilakukan oleh kolonislis di Nusantara untuk mengeksploitasi kekayaan Nusantara
menimbukan penderitaan rakyat. Termasuk mencapuri urusan istana. Diantaranya
dilakukan oleh Belanda yang menimbulkan perlawana rakyat Jawa, pimpinan oleh …
.
A.
Pangeran Antasari
B.
Sultan Hasanuddin
C.
Tuanku Imam Bonjol
D.
Pangeran Diponegoro
E.
Sri Sultan Hamengkubuwono
X
28.
Kebijakan penerapan
Politik Etis (Politik Balas Budi) oleh Pemerintah Hindia Belanda di Indonesia,
merupakan kebijakan yang semu, karena kebijakan itu sebenarnya dilaksanakan
dalam kerangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja murah sesuai tuntutan investor
asing yang menanamkan modalnya di Indonesia. Namun demikian dalam
perkembanganya ternyata pelaksanaan Politik Etis, memberikan dampak positif
bagi perjuangan bangsa Indonesia, yaitu … .
A.
memperluas lapangan
pekerjaan
B.
memenuhi kebutuhan buruh
perkebunan
C.
meningkatkan
kesejahteraan rakyat Indonesia
D.
melahirkan golongan
cerdik pandai dari kalangan pribumi
E.
Masyarakat Indonesia
mengenal jenis tanaman yang laku dipasaran internasional
29.
Yang tidak
termasuk Kebijakan pemerintah Jepang saat
berkuasa di Indonesia berusaha menarik simpati rakyat agar percara sebagai
saudara tua bangsa Asia dengan cara melakukan hal-hal sebagai berikut, adalah…
A. mengijinkan
pengibaran bendera merah putih
B.
membentuk Gerakan 3 A
C.
membentuk Romusha untuk
membangun berbagai fasilitas
D. mengangkat
pemimpin pribumi sebagai pemimpin organisasi.
E.
membentuk lembaga
BPUPKI dan PPKI
30.
Perhatikan peristiwa
peristiwa penting yang terjadi di Eropa berikut ini:
1)
Aufklarung
2)
Merkantilisme
3)
Reformasi Gereja
4)
Revolusi Jndustri
Dari
peristiwa peristiwa penting diatas, manakah yang berkaitan dengan pola
penjajahan kolonialisme, Imperialisme di Indonesia:
A. 1
dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D. 2
dan 4
E.
3 dan 4
31.
Perhatikan teks
peristiwa sejarah berikut :
1)
Perang Inggris dengan
orang-orang Bali di Buleleng dan Karangasem
2)
Ambon dijadikan pusat
VOC dipimpin oleh seorang Gubernur Jendral
3)
VOC membuka kantor
dagang di Sulawesi Selatan tetapi dihalangi oleh Raja Gowa
4)
Belanda dapat menguasai
Sumatra Barat dengan persetujuan dari Inggris dalam Treaty of Sumatra
5)
Adanya kritik terhadap
praktik kolonial liberal
Berdasarkan
teks peristiwa sejarah diatas , bentuk-bentuk respon Bangsa Indonesia terhadap
imperialisme dan kolonialisme bangsa asing adalah…
A. 1,2
dan 3
B. 1,2
dan 4
C. 1,3
dan 5
D. 2,3
dan 4
E. 2,3
dan 5
32.
Belanda kembali
berkuasa atas wilayah Indonesia, Akibat dari kesulitan ekonomi, Belanda dibawah
Van Den Bosch prakarsai sebuah sistem baru dalam bentuk pelaksanaan …
A. monopoli
perdagangan
B. pembentukan
VOC
C. pembayaran
pajak tanah
D. politik
pintu terbuka
E. sistem
Tanam Paksa
33.
Politik
ekonomi-pertanian yang dilaksanakan Inggris untuk memperoleh dana dari sumber
pajak bagi Inggris pada waktu Inggris menjajah Indonesia adalah :
A.
Landrent.
B.
Opendoor Policy.
C.
Culturstelsel.
D.
Hongi Touchten.
E.
Aneksasi Territory.
34.
Penderitaan bangsa
Indonesia pada masa penjajahan Jepang adalah karena Jepang mewajibkan
kerja-paksa terhadap bangsa Indonesia, yaitu :
A. Tonarigumi.
B. Geisha.
C. Bushido.
D. Romusha.
E. Taiso.
35.
Culturstelsel ( Tanam
Paksa ) merupakan salah satu methode/cara Belanda untuk mengisi kas negara.
Dengan Culturstelsel Belanda dapat mengeruk keuntungan berjuta gulden kekayaan
rakyat Indonesia untuk membangun negeri Belanda. Belanda berkembang dengan
pesat menjadi negara maju dan negara industri. Demikian akibat dari
Culturstelsel bagi Belanda, Tetapi bagi rakyat Indonesia berakibat …
A. rakyat
mulai menyadari tentang perlu adanya kerjasama dengan pemerintah untuk
meningkatkan kesejahteraan
B.
penduduk Indonesia
dipindahkan secara paksa untuk dipekerjakan di daerah perkebunan
C.
lahirnya pergerakan
nasional Indonesia yang dipelopori oleh kaum buruh di berbagai daerah
D. mulai
dilarangnya aktifitas seluruh organisasi sosial politik diseluruh wilayah
Hindia – Belanda
E.
dibukanya wilayah Hindia-Belanda
untuk penanaman modal asing dari berbagai negara.
36.
Pengaruh kebijakan
kolonial secara politik terlihat dari reaksi rakyat Indonesia dalam bentuk…
A. Adanya
kerja sama antara rakyat Indonesia dan pemerintah Belanda
B. Pembangunan
benteng pertahanan
C. Pembangunan
jalan-jalan
D. Dibelinya
rempah-rempah dengan harga tinggi
E. Perlawanan-perlawanan
37.
Perang Aceh merupakan
salah satu perang kerajaan local Indonesia melawan Belanda, yang secara khusus
disebabkan oleh …
A. Belanda
ingin memantapkan pelaksanaan Pax Netherlandica
B. Aceh
merupakan tempat yang strategis setelah dibukanya Suez
C. Adanya
tuntutan Belanda agar Aceh hanya berhubungan pedagang Belanda
D. Semakin
berkembangnya imperialisme modern
E. Politik
ekspansi Belanda akibat Traktat Sumatera
38.
The Acehnese/Acheher
adalah hasil penelitian Dr. Snouck Hurgronje. Dengan hasil penelitian tersebut
dapat diketahui…
A. Kelemahan
rakyat Aceh
B. Kebudayaan
rakyat Aceh
C. Perekonomian
rakyat Aceh
D. Kekuatan
rakyat Aceh
E. Jumlah
penduduk Aceh
39.
Perhatikan nama berikut!
1) Sultan
Adam
2) Tuanku
Tambusai
3) Tuanku
nan Cerdik
4) Tuanku
Imam Bonjol
5) Pangeran
Tamjidillah
Pemimpin
perlawanan dalam perang padri ditunjukkan pada nomor…
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
3, dan 5
C. 2,
3, dan 4
D. 2,
4, dan 5
E. 3,
4, dan 5
40.
Perhatikan data berikut
1)
Sisimangaraja XII tidak
bersedia kekuasaanya semakin diperkecil
2)
Belanda mempunyai
keinginan mewujudkan Pax Netherlandic
3)
Adanya plakat pendek
4)
Banyak menguras kas
Belanda
Alasan
terjadinya perlawanan masyarakat batak ditunjukkan pada nomor…
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
E. 3
dan 4
41.
VOC sebagai sebuah
kongsi dagang milik Belanda, memiliki hak istimewa yang disebut hak Octroi.
Salah satunya adalah melakukan pengontrolan terhadap pengiriman rempah-rempah
di Maluku dengan …
A. Hongitochten
B.
mencetak uang
C.
Membentuk tentara
D. Culturstelsel
E.
Opendoor policy
42.
Perhatikan data-data
berikut kebijakan dan tindakan Gubernur Jendral di bawah ini !
No
|
Daendels
|
No
|
Rafles
|
1
|
Membagi Jawa
menjadi 18 Karesidenan
|
1
|
Membagi Jawa
menjadi 8 profektur
|
2
|
Bupati
diangkat menjadi pegawai negeri
|
2
|
Mengangkat
bupati sebagai raja feodal
|
3
|
Mengadakan
pengadilan sistem juri
|
3
|
Mengadakan
pengadilan keliling
|
4
|
Menghapuskan
pajak hasil bumi
|
4
|
Mengadakan
pajak inatura
|
Dari
data tersebut diatas dapat disimpulkan adanya persamaan tindakan kedua pejabat
tersebut diatas yang ditunjukkan oleh …
A.
1 dan 1
B.
1 dan 2
C.
2 dan 2
D.
3 dan 3
E.
4 dan 4
43.
Perhatikan pernyataan
berikut ;
1) Para
pemimmpin VOC melakukan praktik korupsi dan ingin memiliki gaya hidup mewah.
2) VOC
menjadi penanggung biaya perang yang terbilang sangat besar.
3) perlawanan
dari bangsa Indonesia
4) Menjadi
kalah bersaing dengan para pedagang Inggris dan Perancis.
5) dibubarkan
gubernur Jenderal Herman William Daendles
Diantara
sebab dari bubarnya VOC adalah ;
A. 1,2
dan 3
B. 1,2
dan 4
C. 2,3
dan 4
D. 2,4
dan 5
E. 3,4
dan 5
44.
Perhatikan pernyataan
berikut ;
1)
buku the History of
Java
2)
jalan raya Anyer –
Panarukan
3)
kebun raya Bogor
4)
pelabuhan Ujung Kulon,
Merak dan Surabaya
Tindakan-tindakan
Thomas Stamford Rafles yang berharga bagi bangsa Indonesia adalah ….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 2
dan 3
D. 2
dan 4
E. 3
dan 4
45.
Untuk mempertahankan
pulau Jawa dari serangan Inggris, Daendels membuat pertahanan sekaligus
melancarkan kegiatan ekonomi dalam bentuk …
A. Bandara
Sukarno – Hatta di Banten
B. Jalan
baru dari Anyer ke Penarukan
C. Memperluas
perkebunan Kopi di Demak
D. Pembangunan
Gelora Bung Karno Senayan
E. Rel
Kereta Api dari Banten ke Banyuwangi ( Turi )
46.
Salah satu faktor utama
pendorong datangnya bangsa barat ke wilayah nusantara adalah..
A.
Jurnal ekspedisi
Ferdinand Magelhaens
B.
Semangat penaklukan
kembali jazirah Iberia (reconquesta)
C.
Penaklukan
Konstantinopel tahun 1453 oleh Turki Usmani
D.
Perkembangan teknik dan
peralatan navigasi laut bangsa Cina
E.
Pembuktian dari teori
Copernicus yang diuji oleh Galileo Galilei
47.
Sistem sewa tanah yang
diterapkan oleh pemerintahan Inggris di Indonesia saat dipimpin oleh Letnan
Gubernur Jendral Stamford Raffles mengami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh …
A. tanah
pertanian dan perkebunan di Indonesia terlalu luas
B. mendapatkan
tantangan dari para penguasa pribumi
C. rakyat
Indonesia belum terbiasa dengan ekonomi uang
D. banyak
pejabat pemerintah yang melakukan korupsi
E. tidak
mendapatkan persetujuan oleh pemerintah Inggris
48.
Adanya politik Etis
memberikan pengaruh positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Di
berbagai daerah, Belanda mendirikan sekolah-sekolah bagi orang-orang Belanda
maupun pribumi. Penerapan Politik Etis mengakibatkan … .
A. pembagian
status sosial
B. banyak
berdiri sekolah-sekolah
C. banyak
orang pribumi yang menderita
D. banyaknya
sekolah untuk orang Belanda
E. berahirnya
kaum intelektual di Indonesia
49.
Perhatikan data berikut
!
1)
Berdirinya
benteng-benteng Portugis
2)
Berkembangnya agama
Kristen dan Katolik di Maluku yang disebarkan oleh F. Xaverius
3)
Adanya nama-nama orang
Indonesia yang menggunakan nama Portugis
4)
Berkembangnya musik
keroncong
5)
Berkembangnya agama
Islam
Pengaruh
Portugis yang ditinggalkan di Indonesia di tunjukkan pada nomor…
A. 1,
2, dan 4
B.
1, 4, dan 5
C.
2, 3, dan 5
D. 2,
4, dan 5
E.
3, 4, dan 5
50.
Perhatikan data berikut!
1)
Kemiskinan serta
penderitaan fisik dan mental yang berkepanjangan
2)
Beban pajak yang berat
3)
Pertanian khususnya
padi banyak mengalami gagal panen
4)
Rakyat mengenal tanaman
dagang
5)
Rakyat mengenal tekhnik
menanam
Dampak negatif pelaksanaan Tanam paksa
di Indonesia di tunjukkan pada nomor…
A. 1,
2, dan 3
B.
1, 4, dan 5
C.
2, 3, dan 4
D. 2,
4, dan 5
E.
3, 4, dan 5
Komentar
Posting Komentar