LATIHAN SOAL

       
1.                  Imprialisme merupakan suatu istilah berasal dari kata “ Imperator” yang artinya memerintah. Itu berarti Imprialisme adalah …
A.      tindakan dan sifat para kaisar yang berharap dapat memperluas wilayah jajahan meliputi berbagai bangsa
B.      aktifitas ekonomi dan social yang bertujuan untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan lokal di berbagai wilayah dunia.
C.      kegiatan penjelajahan samudra yang bertujuan untuk mendapatkan pusat-pusat pergangan yang baru dan menguntungkan
D.     sistem kekuasaan yang diujudkan dalam bentuk aktifitas perdagangan dan industri yang menguntungkan kekuasaannya
E.      suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya

2.                  Kolonialisme berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu usaha untuk untuk mengembangkan kekuasaan suatu negara diluar wilayah negara tersebut. bertujuan untuk …
A.    pengembangan wilayah kekuasaan yang dilakukan melalui aktifitas perdagangan
B.     menanamkan pengaruh terutama terhadap kerajaan-kerajaan kecil disekitarnya
C.     menarik perhatian negara-negara lain untuk mengembangkan pergangan antar negara
D.    mencapai dominasi ekonomi atas sumber daya, manusia, dan perdagangan di suatu wilayah.
E.     kebijakan dan tindakan pemerintah resmi dalam mengembangkan pengaruh terhadap wilayah lainnya.

3.                  Peristiwa yang melatarbelakangi datangnya bangsa Eropa khususnya Portugis dan Spanyol kedunia timur adalah …
A.    dikuasainya kota perdagangan Lisabon/Lisbon oleh Spanyol
B.     jatuhnya Constantinovel ke tangan bangsa Turki yang beragama Islam
C.     terjadinya perang Salib antara pasukan Islam dengan tentara Kristen di Eropa.
D.    jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, yang menutup perdagangan dengan dunia Islam.
E.     dikuasainya aktifitas perdagangan rempah-rempah oleh pedagang Inggris dan Belanda

4.                  Perhatikan pernyataan berikut !
1)      Melaksanakan Perang Salib
2)      Perkembangan IPTEK
3)      Keinginan mencari kekayaan
4)      Keinginan mencari kejayaan
5)      Keinginan menyebarkan agama kristen
Dari pernyataan diatas, yang dianggap sebagai faktor pendorong datangnya bangsa barat kedunia timur adalah ditunjukkan oleh nomor …
A.    1, 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     2, 3 dan 4
D.    1, 3 dan 4
E.     3,4 dan 5

5.                  Ditutupnya Konstantinopel oleh Kesultanan Turki pada tahu 1453, mendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera sampai ke Indonesia. Motivasi utama kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah … .
A.    membuktikan teori bumi itu bulat
B.     mencari daerah penghasil rempah-rempah
C.     persaingan antar bangsa untuk menguasai dunia
D.    mengembangkan teknologi khususnya dibidang perkapalan
E.     melaksanakan perintah dari raja untuk mencari daerah jajahan

6.                  Perhatikan pernyataan berikut !
1)         Membangun pusat penelitian ilmu Botani
2)         Menemukan “bunga Bangkai” (Raflesia Arnoldi)
3)         Mengarang buku “History of Java”
4)         Membangun fasilitas umum
5)         Menentang sistem sewa tanah
Dari penyataan tersebut diatas, yang menunjukkan pimpinan pemerintahan Inggris di Indonesia Raffles adalah seorang ilmuwan adalah …
A.    1, 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     2, 3 dan 4
D.    2, 3 dan 5
E.     3, 4 dan 5

7.                  Satu kebijakan kolonialis Belanda di Indonesia adalah membentuk kongsi dagang Belanda yaitu VOC. Kebijakan Belanda tersebut bertujuan untuk …
A.    menghindari daya saing antar pedagang Belanda.
B.     untuk mengusir pedagang-pedagang asing di Indonesia
C.     menguasai raja-raja yang berkuasa secara politik dan ekonomi
D.    bentuk antisipasi semakin kuatnya kekuasaan pemerintah Belanda
E.     bembantu pemerintah Belanda dalam melipatgandakan keuntungan

8.                  Perhatikan pernyataan berikut !
1)      Mempunyai hak membentuk tentara
2)      Mencetak uang
3)      Menyebarkan agama Katholik
4)      Membuat perjajian dengan penguasa setempat
5)      Membentuk pemerintahan
Dari pernyataan diatas, yang menyebabkan VOC memiliki kedudukan sangat kuat di Indonesia karena diberikan hak istimewa yang ditunjukkan oleh nomer
A.    1, 2 dan 3
B.     1, 2 dan 4
C.     2, 3 dan 4
D.    2, 3 dan 5
E.     3, 4 dan 5

9.                  Persamaan kebijakan yang dapat kita simpulkan dari kegiatan Imprialisme-kolonialisme Spanyol, Protugis, Belanda di Indonesia adalah …
A.    membentuk kongsi dagang seperti VOC
B.     merekrut tenaga meliter berasal dari pribumi
C.     dikembangkannya sistem libralisme dalam perdagangan
D.    menggunakan tenaga pribumi untuk menarik pajak bumi
E.     melalukan monopoli perdagangan dan penyerahan wajib hasil bumi

10.              Perhatikan kebijakan-kebijakan asing di Indonesia !
1)      Membangun pendidikan di Indonesia
2)      Pembentukan kongsi dagang di Indonesia
3)      Melakukan pembangunan di berbagai bidang
4)      Pembangunan jalan raya Pos atau jalan dari Anyer-Penarukan
5)      Memberi kebebasan pada rakyat nenanami tanaman yang menguntungkan
Dari data diatas, manakah yang merupakan kebijakan dari Daendels di Indonesia…
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5

11.              Perhatikan narasi berikut !
Setelah Malaka dikusai oleh Portugis 1511, justru membawa hikmah bagi Aceh, Banyak para pedagang Islam yang mengalihkan kegiatan perdagangannya dari Malaka ke Aceh. Dengan demikian perdagangan Aceh semakin ramai. Kerajaan Aceh muncul sebagai kekuatan baru yang berhasil menguasai perdagangan seperti di pantai timur Sumatra utara. Bahkan Aceh kemudian mampu mengendalikan pusat-pusat perdagangan dipantai barat Sumatra. Perkembangan Aceh yang begitu pesat dipandang oleh Purtugis sebagai ancaman. Oleh karena itu Portugis berupaya untuk menghancurkan Aceh. Beberapakali Portugis melakukan serangan terhadap Aceh serta melakukan berbagai gangguan terhadap kapal-kapal dagang Aceh. Menanggapi hal tersebut, Aceh melakukan beberapa langkah seperti melengkapi kapal-kapal dagang Aceh dengan persenjataan, meriam dan prajurit ; mendatangkan bantuan persenjataan, sejumlah tentara dan beberapa ahli dari Turki pada tahun 1557 ; dan mendatangkan bantuan dari Kalikut dan Jepara.
Yang dapat kita simpulkan narasi tersebut diatas terkait dengan usaha melawan dominasi kolonialisme di Nusantara adalah …
A.    berusaha sekuat tenaga dengan segala potensi yang ada untuk melawan kolonialisme
B.     sudah terjadi kerjasama regional antar wilayah dalam menghadap dominasi asing di wilayah masing-masing
C.     dalam usaha melawan kolonialisme, dibutuhkan dukungan dan kerjasama dengan kolonialisme lainnya
D.    memperkuat penguasaan terhadap jalur perdagangan sehingga tidak ada kesempatan kolonialisme masuk
E.     menutup dan melarang negara kolonialisme ikut dalam aktifitas perdangan di Nusantara.

12.              Perhatikan pernyataan berikut !
1)   Penyambutan tamu dengan cara minum sirih
2)   Duduk sederajat dengan sultan / raja
3)   Menghadap raja, dengan cara berjalan jongkok
4)   Menjamu tamu dengan suguhan minuman beralkohol
Dari pernyataan diatas, pengaruh asing yang tidak sesuai dengan tradisi kerajaan di Nusantara adalah …
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4

13.              Perang Paderi di Sumatra barat pada awalnya hanya merupakan tertentangan antara kaum Paderi ( ulama) melawan kaum adat, tetapi kemudian berubah menjadi perlawanan rakyat Sumatra barat melawan Belanda. Hal ini disebabkan oleh …
A.    Kaum adat merasa terdesak dan minta bantuan kepada pemerintah Belanda
B.     Belanda berusaha untuk menguasai daerah Sumatra barat dengan berbagai cara
C.     Kaum Paderi berusaha untuk memenangkan persaingan dengan bantuan Belanda
D.    Kaum Paderi sengaja menggunakan kaum adat sebagai umpan untuk melawan Belanda
E.     Kaum adat dan kaum Paderi sejak awal tidak mengendaki keberadaan Belanda di daerahnya.

14.              Latarbelakang terjadinya perang Diponegoro yang merupakan perang terbesar di pulau Jawa adalah pembuatan jalan melalui makam leluhur Pangeran Diponegoro tanpa ijin dengan cara memasang patok-patok merah yang dianggap sebagai penghinaan karena …
A.       masyarakat Jawa umumnya sangat menghargai dan menghormati para leluhur mereka
B.        makam leluhur merupakan daerah yang kramat dan tidak boleh diganggu oleh siapapun
C.        leluhur bagi orang suku Jawa mendapat penghormatan tertinggi dalam berbagai kondisi
D.       penghinaan yang diterima oleh suku Jawa khususnya harus dibayar mahal oleh penghinanya
E.        dibeberapa wilayah pulau Jawa banyak ditemukan makam-makam yang sangat dikeramatkan

15.              Sebagai akibat dari kebijakan Belanda melalui pelaksanaan Politik Etis, maka pemerintah Belanda mulai melaksanakan pendidikan di Hindia Belanda. Tetapi tidak semua anggota masyarakat bisa mengikutinya hanya berlaku untuk anak keturunan Belanda, golongan bangsawan, anak pegawai pemerintah. Sementara masyarakat umum tidak bisa bersekolah. Respon beberapa pemimpin bangsa Indonesia terhadap kebijakan tersebut adalah … .
A. memberikan beasiswa kepada para pemuda yang memiliki kemampuan akademis bagus
B.  mendorong dikeluarkannya undang-undang pendidikan untuk melindungi sekolah partikelir
C.  bekerjasama dengan kolonialis asing selain Belanda untuk mendirikan sekolah pemerintah
D. menuntut pemerintah Belanda untuk melaksanakan pendidikanuntuk masyarakat secara adil
E.  menyelenggarakan pendidikan mandiri dikelola swadaya yang dikenal dengan sekolah partikelir

16.              Beberapa kebijakan kolonial Belanda mengakibatkan banyak masuknya budaya asing kedalam istana, hilangnya hak-hak feodal penguasa pribumi serta, semakin menurunnya ketaatan rakyat terhadap golongan istana. Terhadap kondisi tersebut, terjadilah berbagai bentuk reaksi rakyat diberbagai daerah diantaraya adalah ….
A. Perang rakyat Aceh dibawah pimpinan Tuanku Imam Bonjol
B.  Perlawanan masyarakat Sumatra barat dipimpin oleh Teuku Umar
C.  pertempuran masyarakat Banten dibawah Sultan Agung Anyokrokusumo
D. Perang masyarakat kesultanan Jogjakarta yang dipimpin Pangeran Diponegoro
E.  Perang Rakyat Maluku Ternate dan Tidore yang dipimpin oleh Sulatan Hasanudin

17.              Pemerintah Jepang melaksanakan pemerintahan secara diktator, yang berarti kebebasan sikap berdemokrasi tidak dibenarkan, Jepang melarang berserikat dan berkumpul. Kegiatan politik dilarang dan semua organisasi politik yang ada dibubarkan. Sebagai gantinya Jepang membentuk organisasi-organisasi baru dengan tujuan untuk kepentingan Jepang itu sendiri seperti Gerakan Tiga A, Putera, dan Jawa Hokokai. Respon masyarakat Indonesia terhadap kebijakan pendudukan Jepang tersebut adalah … .
A.    melakukan aksi-aksi pemberontakan yang dipimpin kepala desa
B.     menentang karena banyak menimbulkan korban jiwa dan harta
C.     terpaksa harus ikut kebijakan tersebut karena adanya unsur kekerasan
D.    banyak yang melarikan diri , kemudian membentuk lascar-laskar rakyat
E.     melakukan perlawanan dengan strategi gerakan di bawah tanah (illegal)
ANS: E

18.              Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….
A.       masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur
B.        penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles
C.        berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles
D.       Raffles berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah
E.        penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

19.              Pelaksanaan politik Devide et Impera terjadi di kerajaan Gowa dan Tallo dimana VOC mengadu domba antara Sultan Hassanudin raja Gowa dengan Aru Palaka Raja Bone yg merupakan wilayah kekuasaan Gowa. Arupalaka memberontak dibantu oleh VOC,mengakibatkan Sultan Hassanudin kalah. Sehingga dibuat perjanjian Bongaya yg isinya menguntungkan VOC yaitu menguasai monopoli perdagangan di seluruh Sulawesi. Dari deskripsi diatas dapat diambil pembelajaran bagaimana generasi penerus harus mensikapi politik adu domba dengan cara :
A.    belajar dengan baik
B.     aktif dalam berorganisasi
C.     menjaga persatuan dan kesatuan
D.    selektif dalam menerima informasi
E.     menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan

20.              Sebagai pengaruh dari menangnya golongan Libral di Eropa, Belanda di Indonesia mulai menjalankan imprialisme modernya dengan cara …
A.    memonopoli seluruh aktivitas perdagangan
B.     membuka Indonesia untuk penanaman modal asing
C.     mengembang sistem Culturstelsel
D.    proses produksi mengarah ke sistem pertanian
E.     membubarkan kongsi dagang VOC

21.              Sisa-sisa peninggalan Inggris dibawah Raflles di Indonesia masih dapat dijumpai sampai saat ini seperti …
A.    bangunan istana merdeka dan Monas
B.     Istana Bogor dan kebon raya Bogor
C.     jalan sepanjang 1.000 km dari Anyer sampai ke Penarukan
D.    Museum Nasional dan kota tua
E.     bangunan pasar Tanah Abang dan Stasiun Senen

22.              Dengan diberlakukannya politik Libral di Indonesia yang ditandai dengan dibuatnya Undang-undang Agaria dan Undang-undang Gula, menyebabkan pemilik modal asing Eropa dapat …
A.    menyewa tanah rakyat untuk ditanami tebu selama batas waktu tertentu.
B.     membeli tanah rakyat yang tidak difungsikan oleh pemerintah
C.     membangun berbagai pendukung untuk kesejahtraan rakyat
D.    memulai perbudakan dengan mengirim tenaga rakyat keluar negeri
E.     membangun berbagai industri maju untuk kepentingan perdagangan

23.              Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1)         Dipelopori oleh kaum humanis Belanda.
2)         Melahirkan kelompok pemuda terpelajar.
3)         Memunculkan kelompok pergerakan nasional.
4)         Memenuhi tenaga kerja trampil dan terdidik di lingkungan pemerintah kolonial.
5)         Bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
Berdasarkan pernyataan di atas, keterkaitan dampak positif pelaksanaan politik Ethis di bidang pendidikan bagi bangsa Indonesia ditunjukkan oleh nomor … .
A.    1,2,3
B.     1,3,5
C.     2,3,4
D.    3,4,5
E.     1,4,5

24.              Perhatikan gambar dan narasi di bawah ini:
Pada masa pemerintahan Sultan Adam, Belanda mulai masuk ke wilayah Banjarmasin. Pada tahun 1826 mereka menjalin hubungan secara resmi dengan Belanda. Namun, pada tahun 1850, mulai terjadi permusuhan diantara keluarga kerajaan. Dalam kondisi seperti itu, Belanda ikut campur tangan dalam kehidupan politik kerajaan dengan cara mengadu domba di antara keluarga sultan sendiri.
Ketika Sultan Adam wafat pada tahun 1857, terjadi perebutan kekuasaan di istana. Belanda mengangkat Tamjidillah sebagai Sultan Kerajaan Banjarmasin. Namun rakyat tidak menyukainya. Di tengah kekacauan tersebut meletus aksi perlawanan bersenjata (1859) yang digerakkan oleh putra Sultan Muhammad yang sangat anti Belanda. Tokoh perlawanan yang sangat anti Belanda yang dimaksud adalah … .
A.    Tuanku Imam Bonjol
B.     Pangeran Antasari
C.     Sultan Baabulah
D.    Teuku Umar
E.     Pattimura

25.              Pangeran Sebrang Lor dari kerajaan Demak dengan bantuan kerajaan Aceh menyerang Portugis di Malaka pada tahun 1512, namun mengalami kegagalan. Faktor penyebab kegagalan serbuan tersebut karena … .
A.    tentara pasukan Dipati Unus kalah dari segi jumlah bila dibandingkan dengan pihak Portugis di Malaka
B.     kerajaan Aceh dan kerajaan Johor tidak memberikan banyak bantuan baik tentara dan persenjataan perang
C.     pasukan Dipati Unus mengalami kelelahan karena menyeberangi lautan yang sangat jauh ke wilayah Malaka
D.    kurang semangatnya Dipati Unus dalam mengemban tugas menyerang Portugis ke Malaka karena meninggalkan Demak
E.     persenjataan dan armada perang pasukan Dipati Unus kalah oleh tekhnologi persenjataan armada perang Portugis

26.              Budaya Seikerei yang wajib dilakukan oleh rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang, yaitu membungkukkan badan menghadap matahari terbit setiap pagi. Bagi rakyat Indonesia hal ini direspon dengan penolakan, karena … .
A.       sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam
B.        rakyat Indonesia tidak memahami bahasa Jepang
C.        dianggap sebagai kebudayaan dari bangsa penjajah
D.       Jepang memiliki kebudayaan yang sangat sulit ditiru
E.        tidak sesuai dengan adat tradisi masyarakat Indonesia

27.              Berbagai kebijakan dilakukan oleh kolonislis di Nusantara untuk mengeksploitasi kekayaan Nusantara menimbukan penderitaan rakyat. Termasuk mencapuri urusan istana. Diantaranya dilakukan oleh Belanda yang menimbulkan perlawana rakyat Jawa, pimpinan oleh … .
                        A.      Pangeran Antasari
                        B.      Sultan Hasanuddin
                        C.      Tuanku Imam Bonjol
                       D.      Pangeran Diponegoro
                        E.      Sri Sultan Hamengkubuwono X

28.              Kebijakan penerapan Politik Etis (Politik Balas Budi) oleh Pemerintah Hindia Belanda di Indonesia, merupakan kebijakan yang semu, karena kebijakan itu sebenarnya dilaksanakan dalam kerangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja murah sesuai tuntutan investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia. Namun demikian dalam perkembanganya ternyata pelaksanaan Politik Etis, memberikan dampak positif bagi perjuangan bangsa Indonesia, yaitu … .
A.            memperluas lapangan pekerjaan
B.            memenuhi kebutuhan buruh perkebunan
C.            meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia
D.           melahirkan golongan cerdik pandai dari kalangan pribumi
E.            Masyarakat Indonesia mengenal jenis tanaman yang laku dipasaran internasional

29.              Yang tidak termasuk Kebijakan pemerintah Jepang saat berkuasa di Indonesia berusaha menarik simpati rakyat agar percara sebagai saudara tua bangsa Asia dengan cara melakukan hal-hal sebagai berikut, adalah
A.       mengijinkan pengibaran bendera merah putih
B.        membentuk Gerakan 3 A
C.        membentuk Romusha untuk membangun berbagai fasilitas
D.       mengangkat pemimpin pribumi sebagai pemimpin organisasi.
E.        membentuk lembaga BPUPKI dan PPKI

30.              Perhatikan peristiwa peristiwa penting yang terjadi di Eropa berikut ini:
1)         Aufklarung
2)         Merkantilisme
3)         Reformasi Gereja
4)         Revolusi Jndustri
Dari peristiwa peristiwa penting diatas, manakah yang berkaitan dengan pola penjajahan kolonialisme, Imperialisme di Indonesia:
A.       1 dan 2
B.        1 dan 3
C.        2 dan 3
D.       2 dan 4
E.        3 dan 4

31.              Perhatikan teks peristiwa sejarah berikut :
1)            Perang Inggris dengan orang-orang Bali di Buleleng dan Karangasem
2)            Ambon dijadikan pusat VOC dipimpin oleh seorang Gubernur Jendral
3)            VOC membuka kantor dagang di Sulawesi Selatan tetapi dihalangi oleh Raja Gowa
4)            Belanda dapat menguasai Sumatra Barat dengan persetujuan dari Inggris dalam Treaty of Sumatra
5)            Adanya kritik terhadap praktik kolonial liberal
Berdasarkan teks peristiwa sejarah diatas , bentuk-bentuk respon Bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme bangsa asing adalah…
A.    1,2 dan 3
B.     1,2 dan 4
C.     1,3 dan 5
D.    2,3 dan 4
E.     2,3 dan 5

32.              Belanda kembali berkuasa atas wilayah Indonesia, Akibat dari kesulitan ekonomi, Belanda dibawah Van Den Bosch prakarsai sebuah sistem baru dalam bentuk pelaksanaan …
A.      monopoli perdagangan
B.      pembentukan VOC
C.      pembayaran pajak tanah
D.     politik pintu terbuka
E.      sistem Tanam Paksa

33.              Politik ekonomi-pertanian yang dilaksanakan Inggris untuk memperoleh dana dari sumber pajak bagi Inggris pada waktu Inggris menjajah Indonesia adalah :
A.         Landrent.
B.         Opendoor Policy.
C.          Culturstelsel.
D.        Hongi Touchten.
E.         Aneksasi Territory.

34.              Penderitaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang adalah karena Jepang mewajibkan kerja-paksa terhadap bangsa Indonesia, yaitu :
A.      Tonarigumi.
B.      Geisha.
C.      Bushido.
D.     Romusha.
E.      Taiso.

35.              Culturstelsel ( Tanam Paksa ) merupakan salah satu methode/cara Belanda untuk mengisi kas negara. Dengan Culturstelsel Belanda dapat mengeruk keuntungan berjuta gulden kekayaan rakyat Indonesia untuk membangun negeri Belanda. Belanda berkembang dengan pesat menjadi negara maju dan negara industri. Demikian akibat dari Culturstelsel bagi Belanda, Tetapi bagi rakyat Indonesia berakibat …
A.       rakyat mulai menyadari tentang perlu adanya kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan
B.        penduduk Indonesia dipindahkan secara paksa untuk dipekerjakan di daerah perkebunan
C.        lahirnya pergerakan nasional Indonesia yang dipelopori oleh kaum buruh di berbagai daerah
D.       mulai dilarangnya aktifitas seluruh organisasi sosial politik diseluruh wilayah Hindia – Belanda
E.        dibukanya wilayah Hindia-Belanda untuk penanaman modal asing dari berbagai negara.

36.              Pengaruh kebijakan kolonial secara politik terlihat dari reaksi rakyat Indonesia dalam bentuk…
A.    Adanya kerja sama antara rakyat Indonesia dan pemerintah Belanda
B.     Pembangunan benteng pertahanan
C.     Pembangunan jalan-jalan
D.    Dibelinya rempah-rempah dengan harga tinggi
E.     Perlawanan-perlawanan

37.              Perang Aceh merupakan salah satu perang kerajaan local Indonesia melawan Belanda, yang secara khusus disebabkan oleh …
A.    Belanda ingin memantapkan pelaksanaan Pax Netherlandica
B.     Aceh merupakan tempat yang strategis setelah dibukanya Suez
C.     Adanya tuntutan Belanda agar Aceh hanya berhubungan pedagang Belanda
D.    Semakin berkembangnya imperialisme modern
E.     Politik ekspansi Belanda akibat Traktat Sumatera

38.              The Acehnese/Acheher adalah hasil penelitian Dr. Snouck Hurgronje. Dengan hasil penelitian tersebut dapat diketahui…
A.    Kelemahan rakyat Aceh
B.     Kebudayaan rakyat Aceh
C.     Perekonomian rakyat Aceh
D.    Kekuatan rakyat Aceh
E.     Jumlah penduduk Aceh

39.              Perhatikan nama berikut!
1)      Sultan Adam
2)      Tuanku Tambusai
3)      Tuanku nan Cerdik
4)      Tuanku Imam Bonjol
5)      Pangeran Tamjidillah
Pemimpin perlawanan dalam perang padri ditunjukkan pada nomor…
A.    1, 2, dan 3
B.     1, 3, dan 5
C.     2, 3, dan 4
D.    2, 4, dan 5
E.     3, 4, dan 5

40.              Perhatikan data berikut
1)         Sisimangaraja XII tidak bersedia kekuasaanya semakin diperkecil
2)         Belanda mempunyai keinginan mewujudkan Pax Netherlandic
3)         Adanya plakat pendek
4)         Banyak menguras kas Belanda
Alasan terjadinya perlawanan masyarakat batak ditunjukkan pada nomor…
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4

41.              VOC sebagai sebuah kongsi dagang milik Belanda, memiliki hak istimewa yang disebut hak Octroi. Salah satunya adalah melakukan pengontrolan terhadap pengiriman rempah-rempah di Maluku dengan …
A.       Hongitochten
B.        mencetak uang
C.        Membentuk tentara
D.       Culturstelsel
E.        Opendoor policy

42.              Perhatikan data-data berikut kebijakan dan tindakan Gubernur Jendral di bawah ini !
No
Daendels
No
Rafles

1
Membagi Jawa menjadi 18 Karesidenan
1
Membagi Jawa menjadi 8 profektur
2
Bupati diangkat menjadi pegawai negeri
2
Mengangkat bupati sebagai raja feodal
3
Mengadakan pengadilan sistem juri
3
Mengadakan pengadilan keliling
4
Menghapuskan pajak hasil bumi
4
Mengadakan pajak inatura
Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan adanya persamaan tindakan kedua pejabat tersebut diatas yang ditunjukkan oleh …
A.    1 dan 1
B.     1 dan 2
C.     2 dan 2
D.    3 dan 3
E.     4 dan 4

43.              Perhatikan pernyataan berikut ;
1)      Para pemimmpin VOC melakukan praktik korupsi dan ingin memiliki gaya hidup mewah.
2)      VOC menjadi penanggung biaya perang yang terbilang sangat besar.
3)      perlawanan dari bangsa Indonesia
4)      Menjadi kalah bersaing dengan para pedagang Inggris dan Perancis.
5)      dibubarkan gubernur Jenderal Herman William Daendles
Diantara sebab dari bubarnya VOC adalah ;
A.    1,2 dan 3
B.     1,2 dan 4
C.     2,3 dan 4
D.    2,4 dan 5
E.     3,4 dan 5

44.              Perhatikan pernyataan berikut ;
1)            buku the History of Java
2)            jalan raya Anyer – Panarukan
3)            kebun raya Bogor
4)            pelabuhan Ujung Kulon, Merak dan Surabaya
Tindakan-tindakan Thomas Stamford Rafles yang berharga bagi bangsa Indonesia adalah ….
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4

45.              Untuk mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris, Daendels membuat pertahanan sekaligus melancarkan kegiatan ekonomi dalam bentuk …
A.    Bandara Sukarno – Hatta di Banten
B.     Jalan baru dari Anyer ke Penarukan
C.     Memperluas perkebunan Kopi di Demak
D.    Pembangunan Gelora Bung Karno Senayan
E.     Rel Kereta Api dari Banten ke Banyuwangi ( Turi )

46.              Salah satu faktor utama pendorong datangnya bangsa barat ke wilayah nusantara adalah..
A.          Jurnal ekspedisi Ferdinand Magelhaens
B.            Semangat penaklukan kembali jazirah Iberia (reconquesta)
C.            Penaklukan Konstantinopel tahun 1453 oleh Turki Usmani
D.           Perkembangan teknik dan peralatan navigasi laut bangsa Cina
E.            Pembuktian dari teori Copernicus yang diuji oleh Galileo Galilei

47.              Sistem sewa tanah yang diterapkan oleh pemerintahan Inggris di Indonesia saat dipimpin oleh Letnan Gubernur Jendral Stamford Raffles mengami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh …
A.       tanah pertanian dan perkebunan di Indonesia terlalu luas
B.       mendapatkan tantangan dari para penguasa pribumi
C.       rakyat Indonesia belum terbiasa dengan ekonomi uang
D.      banyak pejabat pemerintah yang melakukan korupsi
E.       tidak mendapatkan persetujuan oleh pemerintah Inggris

48.              Adanya politik Etis memberikan pengaruh positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Di berbagai daerah, Belanda mendirikan sekolah-sekolah bagi orang-orang Belanda maupun pribumi. Penerapan Politik Etis mengakibatkan … .
A.       pembagian status sosial
B.       banyak berdiri sekolah-sekolah
C.       banyak orang pribumi yang menderita
D.      banyaknya sekolah untuk orang Belanda
E.       berahirnya kaum intelektual di Indonesia

49.              Perhatikan data berikut !
1)        Berdirinya benteng-benteng Portugis
2)        Berkembangnya agama Kristen dan Katolik di Maluku yang disebarkan oleh F. Xaverius
3)        Adanya nama-nama orang Indonesia yang menggunakan nama Portugis
4)        Berkembangnya musik keroncong
5)        Berkembangnya agama Islam
Pengaruh Portugis yang ditinggalkan di Indonesia di tunjukkan pada nomor…
A.       1, 2, dan 4
B.        1, 4, dan 5
C.        2, 3, dan 5
D.       2, 4, dan 5
E.        3, 4, dan 5

50.              Perhatikan data berikut!
1)        Kemiskinan serta penderitaan fisik dan mental yang berkepanjangan
2)        Beban pajak yang berat
3)        Pertanian khususnya padi banyak mengalami gagal panen
4)        Rakyat mengenal tanaman dagang
5)        Rakyat mengenal tekhnik menanam
Dampak negatif pelaksanaan Tanam paksa di Indonesia di tunjukkan pada nomor…
A.       1, 2, dan 3
B.        1, 4, dan 5
C.        2, 3, dan 4
D.       2, 4, dan 5
E.        3, 4, dan 5




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA