PAS GANJIL
1. Gatot Mangunprojo mengusulkan kepada Jendral Kumakici Harada yang menjabat sebagai Panglima Tentara keenam belas untuk membentuk organisasi militer dan usulan tersebut disetujui akhirnya, dibentuklah suatu organisasi militer yang kelak setelah Indonesia merdeka banyak melahirkan pemimpin TNI . Organisasi militer tersebut adalah..
A. PETA
B. Heiho
C. Fujinkai
D. Kaibodan
E.
Seinendan
2.
Selama
pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945, Jepang secara tidak langsung
membawa dampak perubahan terhadap Indonesia. Kebijakan Jepang yang berusaha
menghapus segala bentuk pengaruh Barat di Indonesia, contoh penggunaan Bahasa
Indonesia yang kemudian berdampak pada… .
A.
bahasa
Indonesia menjadi populer
B.
berkembangnya
puisi Indonesia
C.
berkembangnya
tata Bahasa Indonesia
D.
berkembangnya
pendidikan Indonesia
E.
bahasa
Indonesia menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan
3.
Budaya Seikerei yang wajib dilakukan
oleh rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang, yaitu membungkukkan badan
menghadap matahari terbit setiap pagi. Bagi rakyat Indonesia hal ini direspon
dengan penolakan, karena … .
A. sangat
bertentangan dengan ajaran agama Islam
B. rakyat
Indonesia tidak memahami bahasa Jepang
C. dianggap
sebagai kebudayaan dari bangsa penjajah
D. Jepang
memiliki kebudayaan yang sangat sulit ditiru
E.
tidak sesuai dengan adat tradisi
masyarakat Indonesia
4.
Selama berkuasa di Indonesia untuk
membiayai perang pasifik, Jepang mengerahkan semua tenaga kerja Indonesia.
Mereka dikerahkan untuk membuat benteng pertahanan. Awal mulanya, tenaga kerja
dikerahkan dari Pulau Jawa yang padat penduduknya, selanjutnya di kota-kota
dibentuk barisan romusha sebagai sarana propaganda. , Jepang melaksanakan mobilisasi sosial yang menimbulkan dampak negatif yaitu…
A.
Tanah
pertanian menjadi semakin sempit
B.
Para
petani dapat mengolah lahan baru
C.
Para
petani mendapat pengalaman baru
D.
Para
pemuda banyak yang pergi ke kota
E.
Daerah
pedesaan kekurangan tenaga kerja
5.
Pada masa pemerintahan Jepang di
Indonesia banyak Perlawanan rakyat Indonesia terhadap pemerintah pendudukan
Jepang diberbagai daerah di Indonesia. Misalnya perlawanan rakyat di Singaparna
dan perlawanan rakyat di Aceh. Perlawanan itu merupakan akibat dari ... .
A.
praktek diskriminasi ras
B.
keharusan wajib militer
C.
monopoli perdagangan
D.
keharusan melakukan seiheirei
E.
sistem kerja Romusha
6.
Para pemuda Indonesia diberikan
pendidikan dan latihan
kemiliteran oleh pemerintah pendudukan Jepang dengan tujuan ….
A.
pandai
berperang
B.
persiapan
menghadapi Belanda
C.
mampu
mempertahankan tanah airnya
D.
persiapan
pembentukan Tentara Nasional Indonesia
E.
membantu
Jepang menghadapi perang Asia Timur Raya
7.
Sikap
Jepang pada awal kedatangannya semakin menarik simpati rakyat Indonesia. Dan
kemenangan Jepang atas perang Pasifik digembor-gemborkan sebagai kemenangan
bersama, yaitu kemenangan bangsa Asia. Saat tentara Jepang hendak mendarat di
Indonesia, Pemerintah Jepang mengeluarkan slogan-slogan : ”India untuk orang
India, Birma untuk orang Birma, Siam untuk orang Siam, Indonesia untuk orang Indonesia. Jepang
juga memberikan janji kemerdekaan “Indonesia shorai dokuritsu”, dan membiarkan
bendera Indonesia dikibarkan. Bahkan sebelum Jepang mendarat di Pulau Jawa,
siaran Tokyo sering menyiarkan lagu kebangsaan Indonesia. Tindakan lain yang
dilakukan oleh Jepang adalah melakukan pelarangan terhadap penggunaan bahasa
Belanda.
Dalam bidang pendidikan dampak positif dari masa pendudukan Jepang adalah..
A. diajarkannya
tulisan Kanji dan Hiragana
B. pendidikan
di Indonesia diatur model model pendidikan Jepang
C. digunakannya
bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pendidikan
D. melahirkan
tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
E. melahirkan
golongan cerdik pandai yang mempelopori pergerakan nasional Indonesia
8.
Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang banyak membentuk kesatuan
semimiliter dan militer seperti Fujinkai,
Seinendan, Heiho, PETA dan sebagainya.
Adapun tujuan dari pembentukan
pertahanan semimiliter dan
militer
tersebut ialah… .
A.
menjaga keamanan
rakyat
B.
mempertahankan
tanah air dengan kekuatan sendiri
C.
meningkatkan
semangat nasionalisme di kalangan pemuda
D.
meningkatkan
kesadaran para pemuda akan hak dan tanggung jawabnya
E.
mempersiapkan
pemuda untuk membantu Jepang dalam menghadapi Sekutu
9.
Perhatikan data-data di bawah ini:
1) Pengerahan romusha mengakibatkan
terjadinya pemberontakan PETA di Blitar
2) Pengerahan bahan makanan dari hasil rakyat
menyebabkan kemiskinan sehingga timbul
penyakit kurang gizi
3) Tindakan pemerintah Jepang menimbulkan
lingkaran kesengsaraan bagi rakyat
4) Produksi pangan terus-menerus merosot
akibat kewajiban yang harus ditanggung petani
5) Kebijakan seikerei yang diterapkan
pemerintah Jepang menimbulkan perlawanan di Aceh yang dipimpin oleh Tengku
Abdul Jalil
Dari data di atas yang merupakan dampak
ekonomi selama pendudukan Jepang yang dirasakan Bangsa Indonesia adalah….
A.
1), 2), 3)
B.
1), 2), 4)
C.
1), 3), 5)
D.
2), 3), 4)
E.
3), 4), 5)
10.
Jatuhnya Kepulauan Solomon
menyebabkan Jepang mengubah strategi
perang dari ofensif menjadi defensif., dengan membentuk organisasi semi militer
dan militer di Jawa salah satunya
membentuk PETA, pernyataan yang
tepat dibawah ini yang terkait dengan tindakan Jepang tersebut adalah
... .
A. PETA
diperlukan untuk membantu Jepang dalam memenangkan perang melawan sekutu
B. rakyat
Indonesia terlalu banyak yang memihak Sekutu dalam Perang Pasifik Raya
C. Jepang
memerlukan bantuan dari rakyat Indonesia apabila sekutu datang menyerang
D. PETA
merupakan pasukan yang bertugas untuk menertibkan masyarakat yang melawan
E.
Jepang dan Indonesia telah mencapai kata
sepakat untuk saling membantu dalam perang pasifik
11.
Pada akhir tahun 1944, pertahanan
militer Jepang mendapatkan serangkaian
kekalahan dari tentara sekutu di beberapa medan pertempuran. Kekalahan –
kekalahan Jepang tersebut menimbulkan krisis kabinet di Jepang yakni dengan
mundurnya Perdana Menteri Tojo Hideki
digantikan oleh Jenderal Kuniaki Koiso. Dalam pidatonya pada tanggal 7
September 1944 Perdana Menteri Koiso memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa
Indonesia. Alasan Perdana Menteri Koiso memberikan janji kemerdekaan tersebut
adalah..
A.
untuk
mempertahankan pengaruh Jepang di Indonesia
B.
untuk
membantu persiapan kemerdekaan Indonesia
C.
untuk
melindungi tokoh – tokoh Jepang di Indonesia
D.
untuk
melindungi tokoh – tokoh penting bangsa
Indonesia
E.
untuk
mempertahankan Sumber Daya Alam Indonesia
12.
Dalam pemerintahannya di Indonesia,
Jepang membentuk berbagai organisasi sosial dan meliter. Salah satunya adalah
Jawa Hokokai yang bertujuan untuk …
A.
untuk menghimpun berbagai organisasi profesi yang berkembang di Jawa.
B.
agar rakyat Jawa dapat merelakan harta bendanya untuk membantu Jepang.
C.
untuk mendapatkan tenaga-tenaga trampil yang dibutuhkan dari rakyat Jawa
D.
agar rakyat Jawa mempecayai niat baik Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia.
E.
agar rakyat Jawa mau mendarmabaktikan hidupnya untuk kemenangan Jepang.
13.
Masa pendudukan Jepang di Indonesia
adalah masa yang sangat berpengaruh bagi perkembangan Indonesia. Umumnya
beranggapan bahwa masa pendudukan Jepang adalah masa paling kelam dan penuh
penderitaan. Akan tetapi tidak semuanya itu benar, ada beberapa kebijakan
pemerintah pendudukan Jepang yang memberikan dampak positif, salah satunya
adalah dalam bidang pendidikan.Dampak positif masa pendudukan Jepang dalam
bidang pendidikan adalah ... .
A.
sistem
pendidikan di Indonesia meniru model pendidikan barat
B.
penggunaan
bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah
C.
melahirkan
golongan terpelajar yang mempelopori pergerakan nasional di Indonesia
D.
diajarkannya
tulisan kanji dan Hiragana
E.
munculnya
tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
14.
Untuk
menghadapi sekutu dalam perang Pasifik, Jepang merekrut para pemuda Indonesia
untuk membela tanah air dan bergabung dengan tentara Jepang , Jepang membentuk
organisasi semi militer dan militer yang kemudian banyak di ikuti oleh pemuda
Indonesia yang ingin belajar tentang kemiliteran, organisasi mana yang
dikategorikan militer … .
A.
PETA
dan Heiho
B.
Heiho
dan shodanco
C.
Fujinkai
dan Daisan
D.
Tonarigumi
dan Guminco
E.
Romusha
dan Kinrohoshi
15.
Romusha adalah pahlawan pekerja menurut pemerintah
Jepang. Semua pembangunan infrastruktur yang diperlukan untuk Perang Asia Timur
Raya di Indonesia dilakukan dengan menggunakan tenaga romusha yang kebanyakan
adalah para petani. Dampak dari kebijakan ini bagi bangsa Indonesia adalah … .
A.
menjadikan rakyat Indonesia sebagai
bangsa terhormat, karena menjadi pahlawan pekerja
B.
membawa kesengsaraan, karena romusha
pelaksanaannya sama dengan kegiatan perbudakan
C.
menimbulkan rasa kebanggaan bagi bangsa
Indonesia, karena mampu membantu Jepang dengan tenaga
D.
pemerintah pendudukan Jepang sangat
menghormati pekerja romusha, karena membantu pihak Jepang
E.
menimbulkan kesetiaan rakyat Indonesia
terhadap Jepang, karena para romusha diberikan kesejahteraan
16.
Pendudukan Jepang di Indonesia
menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat
Indonesia. Hal ini disebabkan Jepang
mengadakan eksploitasi baik di bidang ekonomi maupun sosial. Pada bulan Maret
1943 pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putera) yang dipimpin
oleh empat serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara,
dan K.H. Mas Mansur. Melalui Putera, para pemimpin Indonesia dapat berhubungan
dengan rakyat secara langsung, baik melalui rapat-rapat maupun media massa
milik Jepang. Pada perkembangan organisasi Putera dimanfaatkan oleh para
pemimpin Indonesia dalam proses perjuangan Indonesia, karena ....
A.
menarik perhatian bangsa Indonesia agar
membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya
B.
membangkitkan semangat nasionalisme
serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai bangsa
C.
membujuk kaum nasionalis sekuler dan
kaum intelektual agar dapat mengerahkan tenaga untuk melawan Jepang
D.
menggerakkan rakyat Indonesia untuk
mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu
E.
mempersatukan rakyat Jawa dalam
menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya
17.
Kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
di bidang militer salah satunya adalah membentuk barisan Pembela Tanah Air
(PETA). Tujuan utama pemerintah pendudukan Jepang membentuk PETA adalah...
A.
mendapatkan
bantuan dalam menghadapi perang pasifik
B.
mempersiapkan
bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka
C.
memberikan
pendidikan militer kepada rakyat Indonesia
D.
memberikan
kesempatan rakyat Indonesia membela Negara
E.
mempertahankan
Indonesia dari ancaman bangsa barat
18.
Penjajahan Jepang terhadap bangsa
Indonesia berlangsung tiga setengah tahun. Penjajahan Jepang di Indonesia
mengakibatkan kesengsaraan rakyat, baik secara lahir maupun batin., meskipun
juga terdapat dampak positifnya. Dampak positif masa pendudukan Jepang atas
wilayah Indonesia adalah ....
A.
kebutuhan makanan tercukupi melaui
pengerahan tenaga
B.
pemuda Indonesia mendapt pendidikan
latihan kemiliteran
C.
rakyat Indonesia dapat berbahasa Jepang
dengan baik
D.
bangsa Indonesia diperbolehkan menduduki
jabatan penting
E.
bendera Indonesia berkibar di sebelah
bendera Jepang
19.
Penderitaan bangsa Indonesia pada masa
penjajahan Jepang adalah karena Jepang mewajibkan kerja-paksa terhadap bangsa
Indonesia, yaitu :
A.
Tonarigumi.
B.
Geisha.
C.
Bushido.
D.
Romusha.
E.
Taiso.
20.
Dalam menyelesaikan tugas merumuskan
dasar falsafah bangsa dan negara Indonesia, hasil kerja BPUPKI adalah :
A.
Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
B.
Pembentukan Pemerintahan Pusat negara
R.I.
C.
Rumusan UUD negara Republik Indonesia.
D.
Piagam Jakarta (Jakarta Charter) 22 Juni
1945.
E.
Terbentuknya Tentara Nasional Indonesia.
21.
Hakikat atau makna yang terkandung di
dalam teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 adalah
pernyataan …
A.
kebanggaan kebangsaan Indonesia terhadap
bangsa-bangsa lain di dunia.
B.
keprihatinan karena penjajahan
mengakibatkan penderitaan & kemiskinan.
C.
tentang perubahan status dari bangsa
terjajah menjadi bangsa yang merdeka.
D.
tentang pengambil-alihan kekuasaan
bangsa yang merdeka/berdaulat penuh.
E.
bahwa bangsa Indonesia telah selesai
dalam perjuangan kebangsaannya.
22.
Faktor yang mendorong Jepang memberikan janji
kemerdekaan kepada Indonesia adalah…..
A.
Jepang mulai mengalami kekalahan dalam
Perang Asia Timur
B.
Sebagai penghargaan atas bantuan rakyat
Indonesia
C.
Adanya desakan yang hebat dari para
pemuda pejuang kemerdekaan
D.
Menyelesaikan pertikaian antara
Indonesia dengan Jepang
E.
Sebagai bukti bahwa Jepang adalah
pembebas bangsa Asia termasuk Indonesia
23.
Pada akhir tahun 1944, keadaan Jepang
dalam Perang Pasifik sangat terdesak. Jepang sangat membutuhkan bantuan rakyat
Indonesia guna menahan serangan. Dalam keadaan terjepit Jepang memberikan
kemerdekaan Birma dan Philipina yang merupakan front terdepan. Sedangkan kepada
bangsa Indonesia diberikan janji kemerdekaan. Posisi Jepang semakin terjepit
dan tersiar berita tentang kekalahan Jepang terhadap Sekutu pada tanggal 15
Agustus 1945. Situasi yang demikian ini dimanfaatkan oleh para tokoh pejuang
untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan, usaha yang dilakukan para tokoh
nasionalis adalah ….
A. menentukan
siapa yang duduk dalam birokrasi pemerintahan
B. menentukan
waktu yang tepat untuk mengumumkan proklamasi
C. memilih
tokoh yang akan menjadi presiden dan wakil presiden
D. menyusun
tatanan dalam birokrasi pemerintahan Indonesia
E.
mempersiapkan lambang negara Republik
Indonesia
24.
Realisasi
pertama janji Jepang atas kemerdekaan Indonesia dengan dibentuknya BPUPKI Sidang
I BPUPKI
dilangsungkan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Adapun tujuan dari
sidang tersebut adalah …
A.
mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
B.
merumuskan
rancangan UUD Negara.
C.
melakukan
perlawanan terhadap Sekutu.
D.
menentukan
pemimpin pemerintahan.
E.
merumuskan
rancangan dasar Negara.
25.
Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan
pemuda menculik (mengamankan) SukarnoHatta) ke Rengsdengklok. Permasalahan yang
menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut adalah....
A.
tempat kemerdekaan itu diproklamasikan
B.
siapa yang memproklamasikan kemerdekaan
C.
bagaimana proklamasi itu dilakukan
D.
cara dan waktu pelaksanaan
kemerdekaan
E.
alasan dilaksanakanya proklamasi
kemerdekaan
26.
Piagam PBB lahir Di San Pransisco di
tengah kecamuk Perang Dunia II dan sebelum Proklamasi Republik Indonesia pada
17 Agustus 1945. Menurut sumber sejarah lahirnya piagam PBB lebih dulu
dibandingkan proklamasi Republik Indonesia. Dan hal tersebut memungkinkan bahwa
bapak pendiri bangsa mendengarkan perihal Piagam PBB tersebut dan mengungkapkan
niat untuk mengadakan proklamasi kemerdekaaan. Apalagi isi dari Piagam PBB
tersebut selaras dengan niat kemerdekaan RI, yaitu ....
A. keadilan
dan kesejahteraan
B. persatuan
dan kesatuan bangsa
C. kemerdekaan
dan kedaulatan bangsa
D. mewujudkan
masyarakat yang sejahtera
E.
persahabatan dan kerukunan antar bangsa
27.
Piagam San Francisco, merupakam piagam
PBB yang ditandatangani oleh 50 negara yang pertama menjadi anggota PBB. Dalam
piagam ini disebutkan : “ … kami akan menegak keyakinan akan dasar-dasar hak
manusia sebagai manusia sesuai dengan harkat dan derajat manusia berdasarkan
atas hak-hak yang sama … serta berusaha memajukan rakyat dan tingkat kehidupan
yang lebih baik dalam suasana kemerdekaan yang lebih luas”.Dari isi Piagam PBB
di atas hubungan dengan Proklamasi kemerdekaan Indonesia termaktub dalam
Pembukaan UUD 1945 adalah..
A.
Dan
perjuangan kemerdekaan itu telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan
selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang
kemerdekaan Indonesia, yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.
B.
Landasan
dasar Internasional kemerdekaan Indonesia sebagai bukti tentang hak-hak dari
segala bangsa yang ada di muka bumi
C.
bangsa
Indonesia berhak menjadi suatu negara yang merdeka, dan proklamasi kemerdekaan
Indonesia mempunya kedudukan yang kuat, baik secara nasional maupun
internasional.
D.
Setiap
bangsa berhak mendapat kesempatan untuk bebas dari rasa takut dan bebas dari
kemiskinan.
E.
proklamasi
merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk
Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.proklamasi
merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk
Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
28.
perhatikan
tokoh di bawah ini :
1.
Soekarno -Hatta
2.
Sayuti Melik
3.
Mr. Amir Syarifuddin
4.
Ahmad Subarjo
5.
Sukarni
Dari
data di atas, tokoh yang berperan penting dalam proklamasi kemerdekaan adalah
nomor…
A.
1, 2, 3 dan 4
B.
1, 2, 4 dan 5
C.
2, 3, 4 dan 5
D.
3, 4, 5 dan 1
E.
4, 5, 1 dan 3
29.
perhatikan data berikut :
1.
menuliskan poster-poster
2.
melalui surat kabar
3.
dengan telepon seluler
4.
dengan pekik merdeka
5.
melalui siaran radio
Dari data diatas cara
menyebarluaskan berita proklamasi
kepelosok daerah Indonesia adalah dengan nomor...
A.
1, 2, 3 dan 4
B.
2, 3, 4 dan 5
C.
3, 4, 5 dan 1
D.
4, 5, 1 dan 2
E.
5, 1, 2 dan 3
30.
Makna proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus
1945 bagi kehidupan politik bangsa Indonesia
A.
sebagai akhir
perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.
B.
sebagai pintu
gerbang mencapai cita-cita bangsa.
C.
lahirnya Negara kesatuan Republik Indonesia
D.
berlakunya
tata hukum nasional dan berakhirnya tata hokum kolonial.
E.
merupakan
titik puncak perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
31.
Perhatikanpernyataan
di bawahini :
1.
Mengesahkan dan menetapkan
UUD 1945
2.
pembentukan 12
departemen beserta menterinya
3.
memilih presiden Soekarno
dan wakil presiden Mohammad Hatta
4.
membentuk Badan Keamanan
Rakyat
5.
membentuk 8 provinsi
dari pernyataan di
atas, hasil sidang PPKI ke-2 tanggal 19 Agustus 1945 adalah nomor…
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E.
4, 5 dan 1
32.
Keputusansidang PPKI ke tiga pada 22 Agustus 1945 yang salah satu
keputusannya pemerintah membentuk partai
tunggal yaitu PNI dinyatakan sebagai satu-satunya partai politik, menyebabkan munculnya reaksi dari
masyarakat Indonesia. Hal ini mendesak Sutan Syahrir sebagai Ketua Badan KNIP, menuntut agar pemerintah mengeluarkan maklumat
pada tanggal 3 November 1945 yang berisi tentang.....
A. Pembentukan partai-partai
B.
Memberikan kekuasaan
yudikatif kepada KNIP
C.
Memberikan wewenang
legislatif kepada KNIP
D. Pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR)
E.
Kesiapan Indonesia
menghadapi pasukan sekutu
33.
Perhatikan
peristiwa-peristiwa penting sekitar
proklamasi kemerdekaan ;
1.
Proklamasi
Kemerdekaan
2.
Pembentukan
BPUPKI
3.
Peristiwa
Rengasdengklok
4.
Amerika
membom atom Hirosima
5.
Ir.
Sukarno, Drs. Moh. Hatta dan Radjiman Widiodingrat di panggil ke Dallat,
Vietnam
Secara
berurutan peristiwa-peristiwa sekitar
proklamasi kemerdekaan RI dapat disusun sebagai berikut ;
A.
2
– 3 – 4 – 5 – 1
B.
2
– 3 – 5 – 5 – 1
C.
3
– 2 – 4 – 5 – 1
D.
3
– 4 – 5 – 2 – 1
E.
4
– 2 – 5 – 3 – 1
34.
Perhatikan
pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1.
Jepang
memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia melalui Janji Koiso yang
akan diberikan sekitar bulan September.
2.
Untuk
mewujudkan janji tersebut dibentuk BPUPKI dan PPKI.
3.
Generasi
muda yang d imotori Syahrir, Wikana, Sukarni dan lainny amendengar bila Jepang telah
menyerah tanpa Syarat kepaada Sekutu pada 14 Agustus 1945.
4.
Terjadi
perbedaan pandangan antara generasi muda dengan generasi tua tentang pelaksanaan
proklamasi kemerdekaan.
5.
16
Agustus 1945 lahirlah peristiwa Rengasdengklok
6.
Dariperistiwa
Rengasdengklok akhirnya terjadi kesatuan pandang antara generasi muda dengan generasi
tua tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
7.
Ahmad
Subarjo menjamin proklamasiakan diadakan tanggal 17 Agustus 1945 sebelum pukul
12.00.
Dari pernyataan-pernyataan di atas maka kita dapat menyimpulkan
bila peristiwa Rengasdengklok mempunyai makna terhadap terjadinya peristiwa proklamasi
kemerdekaan, yaitu ….
A.
Menyatukan
pandangan golongan muda dengan golongan tua.
B.
Menjadikan
peritiwa proklamasi lebih terlihat dramatis.
C.
Mempercepat
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
D.
Membangun
kesatuan golongan muda dengan golongan tua.
E.
menjauhkan
Sukarno dan Hatta dari pengaruh Jepang.
ANS : A
35.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut
ini :
1) Pengangkatan
Soekarno Hatta sebagai presiden dan wakil presiden
2) Pembentukkan
BKR
3) Penetapan
PNI sebagai partai tunggal
4) Pengesahan
UUD 1945
5) Pembentukan
KNIP sebagai pembantu presiden
Berdasarkan pernyataan diatas yang
termasuk hasil sidangpertama
PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalahnomor ....
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
2 dan 4
C. 1,
4 dan 5 .
D. 2,
3 dan 4
E.
3, 4 dan 5
36.
Pada tanggal 18 Agustus 1945, dalam
rapat PPKI untuk memilih presiden dan wakil presiden, tampil Otto
Iskandardinata yang mengusulkan agar pemilihan dilakukan secara mufakat. Ia
sendiri mengajukan Soekarno dan Hatta masing-masing sebagai presiden dan wakil
presiden. Tentunya hal ini sesuai dengan UUD yang baru disahkan. Dalam
musyawarah untuk mufakat, secara aklamasi peserta sidang menyetujui dan
menetapkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden pertama
Republik Indonesia, diiringi dengan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.
Dari data di atas, dapat
disimpulkan bahwa … .
A.
Kondisi perpolitikan Indonesia setelah
proklamasi sangat memer- lukan tindakan cepat untuk mengantisipasi segala hal
yang tidak diinginkan
B.
Bangsa Indonesia memproklama- sikan
kemerdekaan tanpa persiapan yang matang sehingga menjadi ter- lalu terburu-buru
dalam mengantisi- pasinya
C.
Gerakan pasukan sekutu yang akan hadir
ke Indonesia, mendorong bangsa Indonesia harus segera mempersiapkan segala
sesuatunya.
D.
Belanda melalui KNIL telah mengintai
kekosongan kekuasaan pemerintahan yang kosong setelah proklamasi kemerdekaan
E.
Jepang tidak mau menyerahkan kekuasaan
kepada bangsa Indonesia karena tugas mereka hanyalah menterahkan kekuasan
kepada sekutu
37.
Makna peristiwa pembentukan pemerintahan
pertama RI pada tanggal 18 agustus 1945 yang mengangkat presiden dan wakil
presiden bagi kehidupan kebangsaan masa kini adalah … .
A.
Negara harus memiliki kepala negara
walaupun tanpa dipilih oleh rakyat secara langsung karena calonnya hanya satu-satunya
di negara yang baru merdeka ini
B.
Pengangkatan kepala negara pada saat itu
memang harus segera dilakukan tidak seperti sekarang ini yang harus dilakukan
dengan kampanye
C.
Pengangkatan kepala negara seharus nya
harus melalui proses kampaye dan pendaftaran lewat komisi pemilihan umum agar
dapat didata dan diberi nomor urut
D.
Tokoh nasional tidak seharusnya
bertindak menurut hati nurani mereka saja tetapi perlu wawasan berpikir yang
lebih luas agar keputusan yang diambil tepat.
E.
Keberadaan seorang kepala negara harus
ada pada sebuah negara merdeka karena akan menjadi keberlangsungan negara
tersebut di masa kini
38.
Sesuai dengan keputusan sidang PPKI
wilayah RI dibagi atas beberapa daerah propinsi dengan tujuan untuk … .
A. mempersempit
ruang gerak pemerintah
B. mempercepat
proses jalannya pemerintahan
C. memberikan
kebebasan pada para pemimpin
D. menghindari
kekuatan besar dari pemerintah pusat
E. mempermudah
pengawasan dan pembayaran pajak
39.
Berbagai lembaga kemudian dibentuk untuk
melengkapi dan melancarkan jalannya pemerintahan Republik Indonesia. Salah
satunya adalah KNIP. Tujuan khusus pembentukan KNIP oleh PPKI adalah … .
A. lembaga
yang ditujukan untuk mempertahankan negara
B. badan
yang membantu dalam menjaga keamanan umum
C. badan
yang membantu presiden dalam menjalankan tugasnya
D. lembaga
yang membentuk UUD
E. sebagai
Dewan pertimbangan presiden
40.
Kalimat pertama dari proklamasi
kemerdekaan Indonesia sebagai pernyataan kebebasan berbunyi :
A. Bahwa
sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa
B. Dengan
ini kami bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia
C. Kami
bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan Indonesia
D. Kami
bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia
E. Bahwa
sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak bangsa Indonesia
41.
Perhatikan data berikut!
1.
Disebut juga dengan Dokuritsu Junbi Inkai
2.
Anggotanya terdiri dari 12 orang
3.
Ketuanya Ir. Soekarno dan wakil ketuanya Drs. Moh. Hatta
4.
Penasihatnya Ahmad Soebarjo
Berdasarkan
data diatas badan yang dimaksud adalah…
A.
PPKI
B.
BPUPKI
C.
Kimigayo
D.
Hinomaru
E.
Teikoku ginkai
42.
Tokoh-tokoh yang berperan penting dalam
perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda, yaitu
… .
A. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ahmad
Soebardjo
B. Supomo, Moh. Yamin, dan Mr. A.A.Maramis
C. Ahmad Soebardjo, Tan Malaka, dan Sayuti
Malik
D. Wikana, Darwis, dan Burhanudin Muhamad
Diah
E. Mr.Amir Syarifuddin, R.M.Sartono, dan
R.Otto Iskandardinata
43.
Bung Karno dan Bung Hatta sebagai tokoh
pada masa perjuangan hingga masa kemerdekaan menjadi panutan bagi para pejuang
kemerdekaan yang lain. Beberapa peran mereka di antaranya adalah menyusun
konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan
Mr. Achmad Soebardjo. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan
Indonesia”Pernyataan tersebut merupakan penggalan kalimat pada teks Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia. Makna yang tersirat dalam pernyataan tersebut adalah ….
A. Indonesia harus segera menyelenggarakan
pemilihan umum
B. pemerintahan
Indonesia tidak tergantung dengan negara lain
C. kantor
pemerintahan yang dikuasai Jepang dapat diambil alih
D. bangsa
penjajah harus segera meninggalkan wilayah Indonesia
E. secara
de facto negara Indonesia telah memilik kedaulatan penuh
44.
Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang
menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Berita kekalahan ini dapat diketahui oleh
sejumlah tokoh gerakan bawah tanah dan para pemuda melalui siaran radio.
Kekalahan Jepang menimbulkan keinginan kuat dan keberanian untuk
memproklamirkan Indonesia secepatnya. Kalangan pemuda yang diketuai oleh
Chaerul Saleh melakukan penculikan terhadap Soekarno Hatta yang kemudian dibawa
ke Rengasdengklok. Alasan para pemuda melakukan penculikan tersebut adalah … .
A. untuk
menjauhkan Soekarno-Hatta dari pengaruh Jepang dalam proklamasi kemerdekaan
B. kalangan
pemuda mendesak agar Soekarno-Hatta segera menyusun teks proklamasi
C. agar
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia agar lepas dari pengaruh Jepang
D. perbedaan
pendapat golongan tua dan muda tentang siapa yang memproklamasikan kemerdekaan
E.
perbedaan sikap antar tua dan pemuda
mengenai kapan saat yang tepat untuk melaksanakan kemerdekaan
45.
bahwa sesunggubnya kemerdekaan itu ialah
hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan… .“.
Terlihat bahwa kalimat ini sesuai dengan salah satu pokok Piagam Atlantik (14
Agustus 1945) yaitu “… bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan dan mendapat
kesempatan untuk hidup bebas dan rasa takut atau kemiskinan . Pokok-pokok
Piagam Atlantik akan menjadi dasar konferensi-konferensi intenasional dalam
rangka mencari jalan penyelesaian Perang Dunia II dan juga merupakan dasar
terbentuknya badan-badan dunia seperti PBB. Pasal 1 ayat 2 tentang tugas dan
tujuan PBB disebutkan: “Memperbaiki hubungan persahabatan antara bangsa-bangsa
berdasarkan penghargaan atas persamaan hak serta hak untuk menentukan nasib
sendiri dan bangsa itu sendiri”. Oleh karena itu, Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia 17 Agustus 1945 memperlihatkan adanya hubungan yang prinsipil dengan
Piagam Perdamaian PBB (Charter of Peace).
Berdasarkan narasi diatas dapat
dismpulkan bahwa ….
A.
negara-negara lain wajib memberikan
pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia atas perintah PBB
B.
Indonesia sebagai negara yang baru
merdeka berhak untuk mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain
C.
Indonesia wajib menjadi anggota PBB
terlebih dahulu, akan mendorong negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
D.
adanya kesepakatan antara Indonesia
dengan PBB untuk menekan negara-negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
E.
Perang Dunia II memberikan kesempatan
yang luas bagi Pemerintah Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan
Komentar
Posting Komentar