LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH
1.
1.
Menurut asal usulnya, kata sejarah
berasal dari bahasa Arab,yaitu syajaratun yang artinya … .
A. kisah
B. pohon
C. keturunan
D. perubahan
E. perumpamaan
2.
Perhatikan data berikut :
1. Peristiwa Rengasdengklok
2. Pertemuan Soekarno dan Hatta dengan Jenderal Terauchi di
Dalat, Vietnam
3. Perumusan naskah proklamasi di kediaman Laksamana Maeda
4. Menyerahnya Jepang kepada kekuatan Sekutu pada Perang
Dunia II
5. Pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di
Pegangsaan Timur No. 56
Berdasarkan data tersebut
diatas, yang merupakan konsep berfikir kronologis tentang proklamasi
kemerdekaan Indonesia ditunjukan oleh nomor … .
A. 1, 2, 3, 4, 5
B. 1, 3, 4, 2, 5
C. 1, 3, 2, 4, 5
D. 2, 1, 3, 5, 4
E. 2, 4, 1, 3, 5
3.
Perhatikan cerita berikut !
Penulisan sejarah tentang
peristiwa G.30 S/PKI Tahun 1965 masih menimbulkan kontroversi di masyarakat,
terkait persoalan siapa dalang dari peristiwa tersebut. Adapun yang menyebabkan
timbulnya kontroversi dalam penulisan sejarah dikarenakan faktor … .
A. memiliki arsip pribadi dan buku yang banyak
B. adanya kedekatan rumah dengan obyek tulisanya
C. berkesempatan menuliskan pengalaman pribadinya
D. memiliki kedekatan emosional dengan obyek tulisanya
E. harus menguasai semua materi sejarah memudahkan
penelitian
4.
Perhatikan data berikut!
NO
|
Sinkronik
|
Diakronik
|
1
|
Konsep berpikir
memanjang dalam waktu
|
Konsep berpikir melebar
dalam ruang
|
2
|
Konsep berpikir melebar
dalam ruang
|
Konsep berpikir
memanjang dalam waktu
|
3
|
Konsep berdasarkan
tema-tema peristiwa
|
konsep berpikir berdasarkan
urutan kejadian peristiwa
|
4
|
Konsep berpikir ruang
dan waktu
|
konsep berpikir
memprediksi berdasarkan masa lalu
|
5
|
Konsep berpikir
berkesinambungan dalam sejarah
|
konsep berpikir tentang
perubahan dalam sejarah
|
Perbedaan konsep
berpikir diakronik dan sinkronik dalam sejarah… .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
5.
Sejarah sebagai ilmu berbeda dengan ilmu social lainnya
karena memiliki sifat kronologis yaitu …
A. peristiwa sejarah yang terjadi pada saat tertentu yang
dialami oleh seseorang
B. rekonstruksi sebuah peristiwa sejarah yang dialami
seseorang pada saat tertentu
C. proses perjalanan kisah seseorang yang direkonstruksi
secara sistematis dan kritis
D. segala peristiwa dan aktivitas pada masa lalu yang
dikisahkan berdasarkan urutan waktu
E. mendeskripsikan urutan sebuah peristiwa sejarah yang
terjadi dalam kehidupan manusia
6.
Dalam sejarah raja-raja dari
kerajaan, banyak ceritera-ceritera atau kisah-kisah Singosari yang dikaitkan
dengan perkembangan kehidupan Ken Arok. Kisah sejarah Ken Arok memberikan
gambaran perjuangan seorang rakyat jelata menjadi raja besar yang disegani oleh
raja-raja di sekitar wilayahnya dan rakyat di wilayah kerajaannya. Kisah Ken
Arok ini juga memberi gambaran perkembangan Kerajaan Singosari pada saat itu.
Dari deskripsi tersebut menunjukkan contoh sejarah sebagai suatu kisah, karena
… .
A. peristiwa masa lalu dibangun kembali berdasarkan ingatan
atau penafsiran seseorang
B. rekontruksi peristiwa masa
lampau yang dialami seseorang dan disusun kembali secara ilmiah
C. membangun kembali peristiwa yang benar-benar terjadi pada
masa lampau berdasar sumber sejarah
D. menyusun kembali peritiwa masa lampau secara sistematis
yang didasarkan pada fakta-fakta sejarah
E. merekontruksi masa lampau berdasarkan kajian ilmiah dan
isinya dapat dipertanggungjawabkan
7.
Seorang sejarawan diharapkan dapat
berlaku obyektif atau netral dalam meggunakan data. Suatu peristiwa sejarah
memiliki data-data dan laporan-laporan yang jumlahnya sangat banya. Untuk itu
diperlukan suatu tahapan atau langkah verifikasi dalam sejarah memerlukan suatu
metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah.fakta menjadi kisah sejarah.
Pada tahap verifikasi yang dilakukan oleh sejarawan adalah … .
A. mengumpulkan dokumen-dokumen peristiwa masa lalu
B. menafsirkan kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lalu
C. mengidentifikasi peninggalan-peninggalan budaya masa lalu
D. mencari kebenaran dari jejak-jejak peristiwa masa lalu
E. meneliti data-data dari
suatu peristiwa yang telah terjadi
8.
Beberapa tokoh sejarah menyatakan
bahwa Sejarah melukiskan peristiwa-peristiwa kehidupan yang disusun secara
sistimatis berdasarkan kajian ilmiah . , sementara tokoh lainnya berpendapat
bahwa obyek sejarah adalah suatu peristiwa disusun secara berurutan juga
berdasarkan kajian yang dapat dipertanggungjawabkan.
Dari pendapat tersebut
diatas, dapat disimpulkan bahwa sejarah sebagai …
A. Seni
B. Ilmu
C. Kisah
D. Peristiwa
E. Dongeng
9.
Dari peristiwa sejarah kita dapat
menyaksikan berbagai peristiwa masa lampau yang seolah-oleh kita berada di
dalam keindahan dan kehebatan masa tersebut. Demikianlah Sejakar dapat
bermanfaat sebagai fungsi …
A. Rekreatif
B. Edukatif
C. Instruktif
D. Inspiratif
E. Pedagogik
10.
Perbedaan pengertian antara jaman
prasejarah dengan jaman sejarah adalah , pada jaman prasejarah masyarakatnya …
A. sudah mengenal sistem
bercocok tanam
B. belum mengenal dan
meninggalkan bukti tertulis
C. terbentuk masyarakat
prototife sebuah kerajaan
D. hidupnya masih bersifat
nomaden ( perpindah-pindah )
E. memiliki peradaban yang
sudah cukup maju.
11.
Peristiwa sejarah dapat mengilhami
jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah
manfaat sejarah dari segi….
A. pedagogik D. inspiratif
B. rekreatif E. edukatif
C. instruktif
12.
Willhem Bauer menyatakan bahwa
Sejarah melukiskan peristiwa-peristiwa kehidupan , sementara tokoh lainnya
berpendapat bahwa obyek sejarah adalah suatu peristiwa disusun secara
berurutan.Dari pendapat tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa sejarah
sebagai …
A. Seni
B. Ilmu
C. Kisah
D. Peristiwa
E. Dongeng
13.
Perhatikan teks berikut ini :
Ketika memasuki Museum
Nasional di Jakarta, kita seolah-olah memasuki masa lampau. Kita merasakan
suasana yang berlainan dengan suasana sekarang. Penjelasan pemandu memperkuat
suasana masa lalu tersebut. Kita rasakan keindahan dan kejayaan masa lalu
karena yang ditampilkan di museum adalah hasil kebudayaan kuno Indonesia. Teks
tersebut menunjukkan salah satu kegunaan dari sejarah, yaitu berfungsi sebagai
….
A. Edukatif
B. Inspiratif
C. Instruktif
D. Rekreatif
E. Imajinatif
14.
Peristiwa detik-detik menjelang
proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah peristiwa monumental bagi
bangsa Indonesia untuk bangkit dari belenggu perjajahan. Dengan menggunakan
studi pustaka dan wawancara dari beberapa responden, seorang penulis berhasil
menerbitkan sebuah buku tentang ”Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.”
Informasi tersebut dapat disimpulkan terdapat konsep sejarah sebagai ilmu
karena merupakan ...
A. rekonstruksi peristiwa sejarah yang disusun secara
sistematis dan menggunakan metode
B. rekonstruksi peristiwa sejarah yang dialami bangsa
Indonesia untuk melawan penjajah
C. kisah masa lalu yang dikisahkan kembali melalui sebuah
penulisan karya sejarah berdasar sumber
D. usaha menghidupkan kembali peristiwa masa lalu melalui
penulisan buku dengan ragam bahasa
E. peristiwa masa lalu yang direkonstruksikan sesuai
adat-istiadat yang berlaku di masyarakat
15.
Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu
sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah
fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik
yaitu ....
A. mengkaji sumber sejarah yang digunakan
B. menganalisis sumber-sumber sejarah
C. memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
D. mencari dan menemukan sumber sejarah
E. menggali dan memilah-milah sumber sejarah
16.
Menurut bentuknya, sumber sejarah
terdiri dari sumber tertulis, lisan, benda dan visual. Surat kabar termasuk
sumber tertulis. Berikut ini sumber sejarah yang bentuknya sama dengan surat
kabar adalah…
A. keterangan dari saksi sejarah
B. bangunan bersejarah
C. relief candi
D. prasasti
E. folklor
17.
Selain sumber tertulis dan benda
yang banyak digunakan dalam penelitian sejarah, juga terdapat sumber lisan yang
diperoleh dari pelaku atau saksi sejarah. Sumber lisan digunakan oleh
sejarahwan untuk...
A. mengungkap fakta berdasarkan temuan hasil peninggalan
arkeologi
B. mengungkap peristiwa sejarah berdasarkan temuan aktivitas
masyarakat secara turun-temurun
C. mengungkap peristiwa masa lampau berdasarkan informasi
pelaku dan/atau saksi sejarah
D. mengungkap peristiwa masa lampau pada manusia berdasarkan
keyakinan masyarakat tertentu
E. menelusuri dokumen yang terkait dengan topik yang
diteliti
18.
Dalam penulisan sejarah, salah
satu tahapan yang dilakukan penulis adalah dengan melakukan interpretasi sumber
sejarah. Interpretasi atau kritik sumber terdiri dari dua macam yaitu kritik
intern dan ekstern. Kritik intern terhadap peninggalan sejarah ditujukan
pada...
A. keaslian suatu peninggalan sejarah
B. objektivitas peninggalan sejarah
C. ketuaan suatu peninggalan sejarah
D. kebenaran fakta sejarah
E. isi dari suatu sumber sejarah
19.
Salah satu peristiwa dalam
kehidupan manusia yang berlangsung secara cepat sehingga terjadi perubahan yang
sangat mendasar , seperti di bawah ini, yaitu … .
a. Hancurnya pelabuhan Port Harbour karena serangan Jepang
b. Diserangnya penjara Bastile oleh rakyat Perancis
c. Pembuangan Soekarno ke daerah Bengkulu oleh Belanda
d. Ditanda tanganinya perjanjian Renvile di atas kapal
perang Amerika
e. Agresi militer Belanda ke II yang menyebabkan jatuhnya
kota Yogyakarta
20.
Perhatikan tabel di bawah ini !
NO.
|
A
|
|
B
|
1.
|
Terbatas dalam ruang
|
1
|
Mementingkan proses
|
2.
|
Memanjang dalam waktu
|
2
|
Terbatas dalam waktu
|
3.
|
Meluas dalam ruang
|
3
|
Bersifat kronologis
|
Pernyataan yang benar berkaitan dengan konsep sinkronik dalam penulisan sejarah
ditunjukkan oleh kombinasi....
A. A1
dan B1
B. A1
dan B2
C. A2
dan B3
D. A3
dan B2
E.
A3 dan B3
21.
Pengertian sejarah adalah …
(A) pengetahuan tentang hubungan sebab akibat antara kejadian
satu dengan yang lain.
(B) Pengetahuan tentang peristiwa dan kejadian pada masa lampau
sampai dengan masa kini
(C) Pengetahuan tentang peristiwa pada masa lampau berdasarkan
prasasti dan kitab-kitab kuno.
(D) Pengetahuan tentang peristiwa dan kejadian pada masa lampau
yang diperoleh berdasarkan bukti-bukti tertulis.
(E) Pengetahuan tentang kejadian yang menyangkut hubungan antar
manusia dengan manusia lainya pada masa lampau
22.
Perhatikan informasi berikut!
1. Heuristik
2. Sumber Sejarah
3. Verifikasi
4. Kronologi
5. Historiografi
Dari informasi yang disajikan
diatas, kegiatan yang menunjukkan tahap-tahap penelitian sejarah adalah nomor….
.
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
23.
Perhatikan data berikut!
1. Bersifat empiris
2. Memiliki gaya bahasa
3. Memiliki
metodologi
4. Memiliki
generalisasi
5. Mempunyai pemahaman
Dari data yang disajikan
diatas pernyataan yang dapat di simpulkan ciri sejarah sebagai ilmu di
tunjukkan nomor… .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
24.
Rekonstruksi dari peristiwa yang
telah terjadi pada masa lampau yang disusun secara sistematis dengan
menggunakan data-data dan metode yang telah teruji dan dapat dibaca, baik dalam
bentuk buku atau karya ilmiah, pernyataan tersebut merupakan pengertian
sejarah sebagai… .
A. ilmu
B. kisah
C. bacaan
D. peristiwa
Pelajaran
25.
Perhatikan data tentang proklamasi
Kemerdekaan RI;
1. Dilksanakan pada 17 Agustus 1945 pukul10.00 WIB.
2. di jalan Pegangsaan timur no. 56 Jakarta Pusat.
3. Dibacakan oleh Ir. Sukarno
4. Merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia.
Berdasarkan data diatas data
yang manakah yang menunjukan bahwa
tiap-tiap peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan ruang dan waktu;
(A) 1 dan 2
(B) 1 dan 3
(C) 2 dan 3
(D) 2 dan 4
(E) 3 dan 4
26.
Pada masa abad Pertengahan di
Prancis terjadi suatu proses peristiwa sejarah. Salah satu contoh peristiwa
dalam sejarah yang berlangsung secara
cepat di Negara prancis sehingga terjadi perubahan yang sangat radikal dan
mendasar, yaitu ... .
(A) Pembuangan Soekarno ke daerah Bengkulu oleh Belanda
(B) Hancurnya pelabuhan Port Harbour karena serangan Jepang
(C) Ditanda tanganinya perjanjian Renvile di atas kapal perang
Amerika
(D) Agresi militer Belanda ke II yang menyebabkan jatuhnya kota
Yogyakarta
(E) Revolusi Prancis yang berhasil merubah monarchi absolut
menjadi Republik
27.
“Ken Arok awalnya adalah hanya
seorang prajurit dari Akuwu Tumapel,
Tunggul Ametung. Satu kali dia terpesona dengan kecantikan istri tuannya yang
bernama Ken Dedes. Betapa terperangahnya Ken Arok ketika melihat Ken Dedes turun
dari kereta Kencana dan melihat betisnya mengeluarkan cahaya”. Sepenggal cerita
tentang Ken Arok tersebut
menjelaskan hakekat sejarah sebagai ...
.
(A) Seni
(B) Ilmu
(C) Kisah
(D) Dongeng
(E) Peristiwa
28.
Perhatikan Topik Sejarah di bawah ini!
- Perang Dipenogoro
(1925-1930)
- Revolusi
Fisik di Indonesia (1945-1949)
- Perisiwa G 30 S / PKI
- Perkembangan Sarekat Islam di Solo
(1911-1920)
- Pembangunan pada masa pemerintah Orde
Baru
Dari topik Sejarah di atas
yang termasuk topik sejarah yang bersifat diakronik adalah…
(A) 1,2 dan 3
(B) 1,2 dan 4
(C) 2,3 dan 4
(D) 2,3 dan 5
(E) 3,4 dan 5
29.
Dalam
penelitian sejarah tahap akhir yang dilakukan oleh seorang sejarawan adalah
melakukan historiografi. Salah satu yang membedakan antara historiografi
kolonial dengan historiografi modern di Indonesia adalah ...
|
Historiografi
Kolonial
|
Historiografi
Modern
|
A
|
Fokus penulisannya hanya untuk
kepentingan pemerintah kolonial Belanda saja.
|
Fokus penulisan bukan hanya kepada
kehidupan penguasa tapi juga kehidupan masyarakat luas.
|
B
|
Isi kisahnya hanya seputar perlawanan
pribumi terhadap pemerintah kolonial.
|
Isi kisahnya hanya seputar kehidupan
perjuangan para pejuang bangsa Indonesia.
|
C
|
Penulisannya sering menggunakan bahasa tidak
baku.
|
Penulisannya menggunakan bahasa yang baku.
|
D
|
Ditulis untuk kepentingan penguasa kolonial.
|
Ditulis untuk pemenuhan buku-buku sejarah di
dunia pendidikan.
|
E
|
Menggunakan penelitian yang masih sederhana.
|
Menggunakan penelitian yang sudah modern.
|
30.
Perhatikan gambar berikut :
Gambar tersebut menggambarkan
pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945
jam 10 pagi di jalanPegangsaantimur, Jakarta. Identifikasi peristiwa tersebut
yang dikaitkan dengan ruang dan waktu adalah ... .
A.
tanggal, bulan, tahun, jam dan
tempat
B.
angka ganjil, hari, bulan dan
tahun
C.
bulan, tahun, waktu dan tempatnya
D.
hari jum’at, bulan puasa dan
sakral
E.
tempatnya di ibu kota dan hari
kramat
31.
Gambar tersebut
merupkan foto pelantikan Jenderal Soeharto sebagai Presiden yang ke-2
Indonesia. Sejak di kumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus
1945, Indonesia menjadi negara merdeka yang berdaulat memilih kepala negaranya
sendiri berdasarkan konstitusi. Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 memiliki
arti yang sangat penting hingga hari ini bagi bangsa Indonesia., bahkan bagi
kehidupan bangsa lain di dunia.
Konsep
berpikir dalam ilmu sejarah terkait pemaknaan persitiwa Proklamasi tersebut
adalah...
A. perkembangan
B. perubahan
C. keberlanjutan
D. pengulangan
E. percepatan
32.
Perhatikan informasi di
bawah ini :
(1) memiliki
objek
(2) penting
(3) empiris
(4) memiliki
metode
(5) unik
Dari informasi di atas, yang merupakan ciri – ciri
sejarah sebagai ilmu dapat ditunjukan
dengan nomor ... .
A. (1), (2)
dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (2),
(3),dan (4)
D. (2), (4)
dan (5)
E. (3), (4)
dan (5)
33.
Sumber yang berasal
dari informasi orang lain, pemberi informasi bukan orang yang mengalami,
melihat, atau mendengar peristiwa secara langsung. Sumber tersebut termasuk ke dalam sumber … .
A. primer
B. sekunder
C. tersier
D. kwarter
E. bukan lisan
34.
Untuk melakukan penelitian,
seorang sejarawan harus mencari berbagai dokumenbaik melalui metode kepustakaan
atau arsip nasional. Peneliti juga bisa
dapat mengunjungi situs sejarah atau melakukan wawancara untuk melengkapi data
sehingga diperoleh data yang baik dan lengkap, sehingga dapat menunjang
terwujudnya sejarah yang mendekati kebenaran.
Dari deskripsi tersebut,
merupakan bagian dari salah satu langkah dalam
penelitian sejarah, yaitu ... .
A. Heuristik
B. Verifikasi
C. Interpretasi
D. Kritik Intern
E. Historiografi
35.
Perhatikan bagan di bawah ini!
Berdasarkan hal
tersebut dapat diketahui bahwa pengertian sejarah sebagai peristiwa adalah ....
A.
Tidak pernah lepas dari peristiwa-peristiwa
sejarah yang telah terjadi di masa lampau yang berupa ingatan manusia yang
bersifat oral history karena peristiwa-peristiwa dan kejadiankejadianyang telah
terjadi dimasa lampau
B.
Sejarah bukanlah sekedar suatu
cerita yang indah, instruktif, dan mengasikkan, tetapi merupakan cabang ilmu
pengetahuan
C.
Sejarah itu benar-benar ada dan
terjadi, kemudian kejadian sejarah dianggap sebagai kenyataan sejarah dan
peristiwa yang terjadi di masa lampau menjadi materi yang sangat penting dalam
pembahasan ilmu sejarah
D.
Peristiwa yang unik yang hanya
sekali terjadi, dan merupakan peristiwa penting
E.
Dalam bentuk kisah sejarah inilah
peristiwa masa lalu dihadirkan kembali sebagai data sejarah
36.
Zahara yang sedang menyusun tugas
akhir sejarah yang diberikan oleh gurunya. Ia
berkunjung ke perpustakaan daerah DKI Jakarta. Ia bermaksud mengadakan
penelitian masalah pemerintahan peralihan pemerintahan Orde Baru ke
pemerintahan Orde Reformasi. Zahara mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang
seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan
Reformasi. Kegiatan Zahara tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut …
A.
historiografi
B.
ekskavasi
C.
verifikasi
D.
interpretasi
E.
heuristic
37.
Perhatikan informasi berikut :
1) Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif
dalam arti dapat dibuktikan kebenarannya
2) Sejarah menceritakan peristiwa yang
benar-benar terjadi
3) Sejarah menceritakan peristiwa-peristiwa
masa lampau
4) Sejarah bertujuan memberi legitimasi
kekuasaan kepada para pejabat
5) Semua
peristiwa sejarah dapat menjadi panutan serta pedoman bagi pembacanya
Berdasarkan informasi
tersebut, ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah ….
A.
1), 2), dan 3).
B.
1), 2), dan 4).
C.
2), 3), dan 4)
D.
3), 4), dan 5).
E.
2), 4), dan 5)
38.
Sejarah
dikatakan sebagai ilmu karena merupakan pengetahuan masa lampau yang disusun
secara sistematis dengan metode kajian secara ilmiah untuk mendapatkan
kebenaran mengenai peristiwa masa lampau. Sehingga dalam mempelajari sejarah peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam
lingkup.....
A.
kehidupan Manusia dan hewan
B.
Dalam lingkup benda hidup dan benda mati
C.
Lingkup manusia zaman purba
D.
Kehidupan Manusia
E.
lingkup peristiwa penting
39.
Perhatikan pernyataan berikut !
1.bersifat konkret
2.bersifat emperis
3.belum teruji kebenarannya
4.dapat diamati dan
dipelajari
5.sistimatis-obyektif-analitik
dan verifikatif
Dari pernyataan tersebut
diatas, sebuah pengalaman manusia dianggap sebagai sebuah ilmu pengetahuan bila
memenuhi syarat-syarat seperti yang ditunjukkan oleh nomer …
A.1, 2 dan 3
B.1, 3 dan 4
C.2, 3 dan 4
D.2, 4 dan 5
E.3, 4 dan 5
40.
Dalam sejarah Indonesia kita
mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman Hindu-Buddha dan zaman Islam.
Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat
panjang menjadi beberapa zaman disebut ... .
A. kronik
B. kronologi
C. anakroni
D. kontinuitas
E. periodisasi
41.
Setiap cabang ilmu pengetahuan
mempunyai obyek-obyek yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun
demikian, banyak ilmu pengetahuan yang mempunyai obyek penelitiannya tentang
manusia dengan penekanan dan sudut pandang yang berbeda-beda. Sedangkan obyek
yang dipelajari dalam ilmu sejarah adalah manusia dan masyarakat....
A. Dalam sudut pandang ekonomi.
B. yang melakukan peristiwa besar
C. dalamwaktu yang relatif lama
D. dalam sudut pandang tempat.
E. yang hidup pada masa lampau
42.
Pengkajian sebuah gejala sosial
dengan menekankan kepada hukum kausalitas (sebab-akibat) meliputi,
latar-belakang sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai
dengan akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu,
merupakan bentuk pengkajian yang bersifat ....
A. dinamis
B. statis
C. struktural
D. sinkronis
E. diakronis
43.
Manakah informasi yang benar
berkaitan dengan perbedaan konsep berpikir diakronik dan konsep berpikir
sinkronik dalam sejarah … .
Peristiwa-peristiwa yang
terjadi sejak masa lampau menjadi materi penting dalam pembahasan ilmu sejarah.
Melalui peristiwa-peristiwa tersebut ilmu sejarah mendapat gambaran tentang
kehidupan di masa lampau. Oleh karena itu jika seorang sejarawan akan menulis
kembali peristiwa tersebut terdapat beberpa konsep berfikir yang harus
diterapkan. Konsep berfikir yang digunakan seorang sejarawan adalah diakronik
yang berarti ….
A. memfokuskan pada catatan kejadian peristiwa
B. mengawati peristiwa berdasar demensi ruang
C. mengurutkan peristiwa
sejarah sesuai urutan waktu
D. menelusuri peristiwa dari
awal kejadian hingga akhir
E. memandang kehidupan masyarakat sebagai sistem
44.
Ketika pemerintahan Orde Baru
berakhir, gugatan terhadap sejarah bermunculan. Sejarah pun menjadi polemik
karena fakta dan interpretasi selama ini dinilai tidak tepat, tidak lengkap,
dan tidak jelas. Penulisan sejarah dilakukan secara sistematis dan meluas demi
kepentingan politik dan kekuasaan semata. Misalnya penulisan sejarah tentang
peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yang kontroversi, karena ditulis dengan
menyanjung dan menonjolkan tokoh tertentu, tetapi mengabaikan tokoh lainnya
yang sebenarnya memiliki peran yang tidak kalah pentingnya.
Penulisan sejarah yang
menimbulkan kontroversi seperti dicontohkan dalam teks diatas, bersumber dari
kesalahan sejarawan, karena sejarawan … .
A. tidal melakukan validasi data
B. Menuliskan sejarah sebagai seni
C. Menulis tidak didukung oleh data yang akurat
D. Menafsirkan sumber-sumber sejarah secara subjektif
E. Hanya menggunakan sumber sejarah dari dalam negeri
45.
Sejarah dalam arti subjektif,
dapat diartikan bahwa sejarah disusun berdasarkan … .
Peristiwa ekspedisi Pamalayu
yang dilakuakn oleh Pasukan Kerajaan Singosari atas perintah dari Raja
Kertanegara. Raja Kertanegara
memerintahkan dilaksanakan ekspedisi Pamalayu karena menghadapi serangan yang
akan dilaksanakan oleh tentara kerajaan Cina yang dipimpin oleh Khubilai Khan,
untuk menguasai jalur pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka. Dari deskripsi
tersebut menunjukkan sejarah sebagai kisah, karena ….
A. kejadian masa lampau diungkapkan kembali berdasrkan
penafsiran dan diinterpretasi melalui verifikasi sehingga dapat
dipertanggungjawabkan
B. merupakan pengetahuan mas lampau yang disusun secra
sistematis dengan metode kajian secara ilmiah untuk mendapatkan kebenaran
peristiwa tersebut
C. sebagai kumpulan peristiwa masa lampau yang kebenarannya
dapat dibuktikan secara ilmiah melalui metode tertentu
D. kejadian-keajadian masa lampau yang direkontruksikan
dapat dibuktikan melalui dokumen-dokumen yang telah diuji sehingga dapat
dipercaya
E. kejadian-kejadian masa lampau yang direkonstruksikan
kembali memerlukan imajinasi dari sejarawan sehingga menarik dan mudah
dimengerti
46.
Peristiwa Rengasdengklok merupakan
peristiwa penculikan Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok yang terjadi
pada tanggal 16 Agustus 1945. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan
pemuda dalam rangka mempercepat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Peristiwa ini dilatarbelakangi adanya perbedaan sikap antara kalangan tua dan
pemuda tentang kapan prokalamasi dilaksanakan. Tujuan dari peristiwa teresebut
adalah untuk mengamankan Soekarno-Hatta agar tidak terpengaruh oleh Jepang dan
proklamasi kemerdekaan segera dilakasanakan. Dari deskripsi tersebut dapat
disimpulkan bahwa sejarah menunjukkan sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi
pada lampau, karena … .
A. peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian dan
kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau
B. peristiwa merupakan rekonstruksi peristiwa sejarah yang
dialami bangsa Indonesia untuk bangkit dari penjajah
C. peristiwa masa lalu yang dikisahkan kembali melalui
sebuah penulisan karya sejarah
D. peristiwa yang terjadi pada saat itu disebabkan karena
adanya peristiwa yang terjadi sebelumnya.
E. sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lalu yang
direkonstruksikan sesuai jamanya
47.
Dalam penelitian sejarah tahap
akhir yang dilakukan oleh seorang sejarawan adalah melakukan historiografi.
Salah satu yang membedakan antara historiografi kolonial dengan historiografi
modern di Indonesia adalah …
|
Historiografi Kolonial
|
Historiografi Modern
|
A
|
Fokus penulisannya hanya
untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda saja
|
Fokus penulisan bukan
hanya kepada kehidupan penguasa tapi juga kehidupan masyarakat luas.
|
B
|
Isi kisahnya hanya
seputar perlawanan pribumi terhadap pemerintah kolonial.
|
Isi kisahnya hanya
seputar kehidupan perjuangan para pejuang bangsa Indonesia.
|
C
|
Penulisannya sering
menggunakan bahasa tidak baku
|
Penulisannya menggunakan
bahasa yang baku.
|
D
|
Ditulis untuk
kepentingan penguasa kolonial
|
Ditulis untuk pemenuhan
buku-buku sejarah di dunia pendidikan.
|
E
|
Menggunakan penelitian
yang masih sederhana
|
penelitian yang sudah modern.
|
48.
Kehidupan manusia tidak dapat
dilepaskan dari perubahan. Salah satu manfaat perubahan bagi manusia adalah….
A. Segala peristiwa yang terjadipada masa depan dapat
prediksi mulai saat ini
B. Kesejahteraan manusia terus mengalami peningkatan seiring
perubahan jaman
C. Manusia semakin dewasa dalam menghadapi setiap
permasalahan yang dialaminya
D. Masa lalu manusia dapat digunakan sebagai pedoman dalam
bertindah pada masa kini dan masa depan
E. Tingkat kemampuan manusia dalam memecahkan masalah dapat
diukur dari besarnya perubahan dalam dirinya.
49.
Simak informasi berikut :
1. Penulisnya adalah orang-orang akademisi yang kritis dalam
bidang bahasa
2. Ahli dalam bidang kesusasteraan dan kepurbakalaan
3. Berupa sejarah orang Belanda di Hindia Timur
4. Bersifat diskriminatif
5. Menganggap Hindia Timur belum memiliki sejarah sebelum
kedatangan Eropa
6. Mengangkat kisah-kisah kemanusiaannya (kebudayaannya)
Dari beberapa informasi di
atas, yang termasuk ciri-ciri historiografi modern di Indonesia ialah…
A. 1-4-5
B. 3-5-6
C. 1-2-6
D. 4-5-6
E. 1-3-5
50.
Perhatikan data berikut ini!
1. Gelombang migrasi dari nenek moyang bangsa Indonesia
diawali dari Proto Melayu 3000 SM-1500 SM)
2. Bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari
Sumatra. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol yang kemudian disebut bangsa
Proto Melayu dan Deutero Melayu.
3. Menurut teori yang dikemukakan oleh Van Heine Gelder
manusia Indonesia berasal dari Asia.
4. Bahwa spesies yang ada sekarang berasal dari spesies yang
hidup di masa lalu dan akhirnya sampai sekarang
5. Menurut Charles Darwin dalam bukunya the Origin of
species Bahwa evolusi manusia terjadi dalam kehidupan melalui seleksi alam
sehingga tidak dapat ditolak
Dari data diatas yang
merupakan topik dari konsep sejarah diakronik ditunjukkan pada nomor…
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 5
Komentar
Posting Komentar