LATIHAN PAT SEJARAH PEMINATAN SEMESTER GENAP
1.
Perhatikan penggalan teks proklamasi berikut !
”Kami bangsa
Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan
pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia
adalah ….
A. masyarakat
dapat mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia
B. saatnya
membangun kehidupan baru yang merdeka, bersatu, dan berdaulat
C. Jepang
telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia
D. Indonesia
segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru
E. proklamasi
kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia
2.
Setelah terjadi kesepakatan di Rengasdengklok,
Sukarno-Hatta dan golongan pemuda bersama-sama menuju Jakarta untuk melakukan
rapat koordinasi mempersiapkan rencana pelaksanaan kemerdekaan. Sebelum rapat
dimulai, Sukarno dan Hatta menemui Jenderal Nishimura sebagai upaya untuk
menjajagi sikap Jepang. Soekarno-Hata mengajukan pertanyaan “bagaimana kalau
besuk pagi bangsaku melaksanakan kemerdekaan?”, Jenderal Nishimura menjawab
“kami akan tetap mempertahankan status quo”.
Perhatikan pernyataan berikut terkait
dengan bacaan di atas!
(1) Jepang
akan mempertahankan kekuasaannya sampai Sekutu datang.
(2) Jepang
akan membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui Maeda
(3) Jepang
tidak merelakan Indonesia melaksanakan proklamasi kemerdekaan
(4) Jepang
akan mengembalikan Indonesia kepada Belanda
(5) Jepang
akan mewujudkan janji kemerdekaan kepada Indonesia
(6) Jepang
akan menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada Sekutu
Berdasarkan pernyataaan tersebut yang
merupakan kesimpulan dari sikap Nishimura ditunjukkan pada nomor... .
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(3), dan (5)
C. (2),
(3), dan (4)
D. (2),
(4), dan (6)
E. (4),
(5), dan (6)
3.
Setelah melalui perjuangan yang panjang pada
akhirnya bangsa Indonesia dapat merebut kemerdekaan. Diawali oleh adanya peristiwa Rengasdengklok yaitu peristiwa
penculikan Soekarno-Hatta ke Rengasdenggklok bangsa Indonesia sepakat
melaksanakan proklamasi kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus tahun 1945.
Proklamasi kemerdekaan tersebut memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia
yaitu....
A. bangsa
Indonesia sudah merdeka telah
mendapatkan pengakuan dunia
B. pernyataan
tekat bangsa Indonesia untuk mengusir semua bangsa asing
C. titik
kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dan telah berakhir
D. suatu
tekat menghapus semua tata hukum kolonial di Indonesia
E. bangsa
Indonesia bebas mengatur sendiri negaranya
4.
Perhatikan penggalan teks proklamasi berikut !
“Hal-hal mengenai pemindahan kekuasaan dan
lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo waktu yang
sesingkat-singkatnya”. Makna dari penggalan teks proklamasi ini adalah
pemindahan kekuasaan dilakukan secepatnya agar
....
A. memberikan
ketenangan bagi bangsa Indonesia
B. tidak
menimbulkan gejolak di masyarakat
C. segera
memenuhi keputusan PBB
D. kedaulatan
secara de jure terpenuhi
E. pengelolaan
semua aset dapat dilakukan secara mandiri
5.
Proklamasi merupakan puncak perjuangan
pergerakan bangsa Indonesia. Proklamasi bukan akhir dari perjuangan bangsa
Indonesia tetapi merupakan Jembatan emas yang mengantarkan bangsa Indonesia
kepada kehidupan yang bebas, maka makna
proklamasi kemerdekaan dari segi politis antara lain ....
A
menerima kemenangan Sekutu atas Jepang
B mengungkapkan
kegembiraan atas kekalahan Jepang
C menjadi
syarat untuk memajukan kesejahteraan umum
D bergabung
dalam Perang Asia Timur Raya
E Indonesia
terbebas dari penjajahan bangsa asing
6.
Pada akhir tahun 1944, keadaan Jepang dalam
Perang Pasifik sangat terdesak. Jepang sangat membutuhkan bantuan rakyat
Indonesia guna menahan serangan. Dalam keadaan terjepit Jepang memberikan
kemerdekaan Birma dan Philipina yang merupakan front terdepan. Sedangkan kepada
bangsa Indonesia diberikan janji kemerdekaan. Posisi Jepang semakin terjepit
dan tersiar berita tentang kekalahan Jepang terhadap Sekutu pada tanggal 15
Agustus 1945. Situasi yang demikian ini dimanfaatkan oleh para tokoh pejuang
untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan, usaha yang dilakukan para tokoh nasionalis
adalah ….
A. menentukan siapa yang duduk dalam
birokrasi pemerintahan
B. menentukan waktu yang tepat untuk
mengumumkan proklamasi
C. memilih tokoh yang akan menjadi presiden
dan wakil presiden
D. menyusun tatanan dalam birokrasi
pemerintahan Indonesia
E. mempersiapkan lambang negara Republik
Indonesia
7.
Piagam PBB turut mempengaruhi perjuangan kemerdekaan
Indonesia. Piagam PBB tersebut berisi tentang .....
A. penegakan prinsip – prinsip demokrasi
B. persamaan hak – hak asasi manusia
C. perlawanan terhadap kapitalisme
D. penghapusan sistem peodalisme
E. perwujudan perdamaian dunia
8.
Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa
menjelang Proklamsi Kemerdekaan
Indonesia. Makna peristiwa Rengasdengklok
bagi bangsa Indonesia adalah .....
A. kemerdekaan harus dilakukan melalui
jalur diplomasi dan tanpa kekerasan
B. pelaksanaan dan pencapaian kemerdekaan
bangsa Indonesia tidak dapat dipaksakan
C. golongan muda tidak membutuhkan golongan
tua untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
D. Proklamasi kemerdekaan dapat dilakukan
atas usaha sendiri tanpa campur tangan bangsa lain
E. Soekaro dan Moh Hatta bukan tokoh yang
tepat untuk memproklamasikan Indonesia
9.
Piagam PBB lahir Di San Pransisco di tengah
kecamuk Perang Dunia II dan sebelum Proklamasi Republik Indonesia pada 17
Agustus 1945. Menurut sumber sejarah lahirnya piagam PBB lebih dulu
dibandingkan proklamasi Republik Indonesia. Dan hal tersebut memungkinkan bahwa
bapak pendiri bangsa mendengarkan perihal Piagam PBB tersebut dan mengungkapkan
niat untuk mengadakan proklamasi kemerdekaaan. Apalagi isi dari Piagam PBB tersebut
selaras dengan niat kemerdekaan RI, yaitu ....
A. keadilan dan kesejahteraan
B. persatuan dan kesatuan bangsa
C. kemerdekaan dan kedaulatan bangsa
D. mewujudkan masyarakat yang sejahtera
E. persahabatan dan kerukunan antar bangsa
10.
Piagam PBB yang ditandatangani di San Fransisco
pada 26 Juni 1945 salah satunya berisi tentang HAM . Penjajahan yang terjadi di
Indonesia merupakan pelanggaran HAM, maka bangsa Indonesia terus berjuang untuk melepaskan diri dari penjajahan untuk
mencapai kemerdekaan. Dengan tekad yang kuat pada 17 Agustus 1945 Sukarno dan
Hatta menyatakan kemerdekaan Indonesia atas nama bangsa Indonesia. Makna
kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah ...
A. berakhirnya
perjuangan bangsa
B. lahirnya
negara dan bangsa Indonesia
C. berakhirnya
kekuasaan Belanda di Indonesia
D. Indonesia
belum menjadi negara yang berdaulat
E. mendapatkan
pengakuan kemerdekaan dari Belanda
11.
Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah
tanpa syarat kepada Sekutu. Berita kekalahan ini dapat diketahui oleh sejumlah
tokoh gerakan bawah tanah dan para pemuda melalui siaran radio. Kekalahan
Jepang menimbulkan keinginan kuat dan keberanian untuk memproklamirkan Indonesia
secepatnya. Kalangan pemuda yang diketuai oleh Chaerul Saleh melakukan
penculikan terhadap Soekarno Hatta yang kemudian dibawa ke Rengasdengklok.
Alasan para pemuda melakukan penculikan tersebut adalah … .
A. untuk
menjauhkan Soekarno-Hatta dari pengaruh Jepang dalam proklamasi kemerdekaan
B. kalangan
pemuda mendesak agar Soekarno-Hatta segera menyusun teks proklamasi
C. agar
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia agar lepas dari pengaruh Jepang
D. perbedaan
pendapat golongan tua dan muda tentang siapa yang memproklamasikan kemerdekaan
E. perbedaan
sikap antar tua dan pemuda mengenai kapan saat yang tepat untuk melaksanakan
kemerdekaan
12.
Piagam San Francisco, merupakam piagam PBB yang
ditandatangani oleh 50 negara yang pertama menjadi anggota PBB. Dalam piagam
ini disebutkan kami akan menegak keyakinan akan dasar-dasar hak manusia sebagai
manusia sesuai dengan harkat dan derajat manusia berdasarkan atas hak-hak yang
sama. serta berusaha memajukan rakyat dan tingkat kehidupan yang lebih baik dalam
suasana kemerdekaan yang lebih luas. Dari isi Piagam PBB di atas hubungan
dengan Proklamasi kemerdekaan Indonesia termaktub dalam Pembukaan UUD 1945
adalah…
A. dan
perjuangan kemerdekaan itu telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan
selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang
kemerdekaan Indonesia, yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.
B. Landasan
dasar Internasional kemerdekaan Indonesia sebagai bukti tentang hak-hak dari
segala bangsa yang ada di muka bumi
C. bangsa
Indonesia berhak menjadi suatu negara yang merdeka, dan proklamasi kemerdekaan
Indonesia mempunya kedudukan yang kuat, baik secara nasional maupun
internasional.
D. Setiap
bangsa berhak mendapat kesempatan untuk bebas dari rasa takut dan bebas dari
kemiskinan.
E. proklamasi
merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk
Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.proklamasi
merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negara
Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
13.
Proklamasi Kemerdekaan 1945 berarti bahwa bangsa
Indonesia telah memutuskan ikatan dengan tatanan hukum sebelumnya. Tatanan
Hindia Belanda ataupun tatanan hukum pendudukan Jepang. Dengan kata lain,
bangsa Indonesia mulai saat itu telah mendirikan tatanan hukum yang baru, yaitu
tatanan hukum Indonesia. Di dalamnya berisikan hukum Indonesia, yang ditentukan
dan dilaksanakan sendiri oleh bangsa Indonesia. Sehari setelah proklamasi
dikumandangkan, para pemimpin bekerja keras membentuk lembaga pemerintahan
sebagaimana layaknya suatu negara merdeka. Dari pernyataan diatas, makna
penting yang dapat diambil dari pembentukkan pemerintahan ialah...
A. Indonesia
bebas menentukan masa depan bangsanya
B. Indonesia
sudah mampu berdiri tanpa bantuan negara lain
C. Indonesia
sudah terlepas dari penjajahan bangsa lain
D. Indonesia
dapat menyusun pemerintahan sendiri dengan tatanan hukum sendiri
E. Indonesia
mampu membentuk lembaga pemerintahan sendiri
14.
Dalam Piagam PBB disebutkan:
“… Kami akan meneguhkan keyakinan akan
dasar-dasar hak manusia sebagai manusia sesuai dengan harkat dan derajat
manusia berdasarkan atas hak-hak yang sama… serta berusaha menajukan rakyat dan
tingkat kehidupan yang lebih baik dalam suasana kemerdekaan yang lebih luas”.
Bila dihubungkan dengan piagam PBB,
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memiliki kedudukan yang kuat baik secara
nasional maupun internasional, ini berarti … .
a. bangsa
Indonesia berhak menentukan nasib sendiri, berhak untuk hidup bebas dan sejajar
dengan bangsa-bangsa lain
b. isi
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mengikuti isi Piagam PBB agar mendapat
pengakuan dari dunia Internasional
c. negara-negara
merdeka akan diakui oleh PBB bila rumusan Proklamasi Kemerdekaannnya merujuk
pada Piagam PBB
d. Indonesia
menggunakan Piagam PBB sebagai rujukan Proklamasi karena ingin menjadi anggota
PBB setelah merdeka
e. bangsa
Indonesia berhak untuk menentukan nasib bangsanya tanpa harus bekerja sama
dengan negara-negara lain di dunia
15.
Dalam menyelesaikan tugas merumuskan dasar
falsafah bangsa dan negara Indonesia, hasil kerja BPUPKI adalah :
A. Teks
Proklamasi kemerdekaan Indonesia.
B. Pembentukan
Pemerintahan Pusat negara R.I.
C. Rumusan
UUD negara Republik Indonesia.
D. Piagam
Jakarta (Jakarta Charter) 22 Juni 1945.
E. Terbentuknya
Tentara Nasional Indonesia
16.
Hakikat atau makna yang terkandung di dalam teks
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 adalah pernyataan …
A. kebanggaan
kebangsaan Indonesia terhadap bangsa-bangsa lain di dunia.
B. keprihatinan
karena penjajahan mengakibatkan penderitaan & kemiskinan.
C. tentang
perubahan status dari bangsa terjajah menjadi bangsa yang merdeka.
D. tentang
pengambil-alihan kekuasaan bangsa yang merdeka/berdaulat penuh.
E. bahwa
bangsa Indonesia telah selesai dalam perjuangan kebangsaannya
17.
Realisasi pertama janji Jepang atas kemerdekaan
Indonesia dengan dibentuknya BPUPKI Sidang I
BPUPKI dilangsungkan pada tanggal
29 Mei – 1 Juni 1945. Adapun tujuan dari sidang tersebut adalah …
A. mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia.
B. merumuskan
rancangan UUD Negara.
C. melakukan
perlawanan terhadap Sekutu.
D. menentukan
pemimpin pemerintahan.
E. merumuskan
rancangan dasar Negara
18.
Pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan pemuda
menculik (mengamankan) SukarnoHatta) ke Rengsdengklok. Permasalahan yang
menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut adalah....
A. tempat
kemerdekaan itu diproklamasikan
B. siapa
yang memproklamasikan kemerdekaan
C. bagaimana
proklamasi itu dilakukan
D. cara
dan waktu pelaksanaan kemerdekaan
E. alasan
dilaksanakanya proklamasi kemerdekaan
19.
perhatikan tokoh di bawah ini :
1. Soekarno
-Hatta
2. Sayuti
Melik
3. Mr.
Amir Syarifuddin
4. Ahmad
Subarjo
5. Sukarni
Dari data di atas, tokoh yang berperan
penting dalam proklamasi kemerdekaan adalah nomor…
A. 1,
2, 3 dan 4
B. 1,
2, 4 dan 5
C. 2,
3, 4 dan 5
D. 3,
4, 5 dan 1
E. 4,
5, 1 dan 3
20.
perhatikan data berikut :
1. menuliskan
poster-poster
2. melalui
surat kabar
3. dengan
telepon seluler
4. dengan
pekik merdeka
5. melalui
siaran radio
Dari data diatas cara menyebarluaskan berita proklamasi
kepelosok daerah Indonesia adalah dengan nomor...
A. 1,
2, 3 dan 4
B. 2,
3, 4 dan 5
C. 3,
4, 5 dan 1
D. 4,
5, 1 dan 2
E. 5,
1, 2 dan 3
21.
Makna proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus
1945 bagi kehidupan politik bangsa Indonesia
A. sebagai
akhir perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.
B. sebagai
pintu gerbang mencapai cita-cita bangsa.
C. lahirnya
Negara kesatuan Republik Indonesia
D. berlakunya
tata hukum nasional dan berakhirnya tata hokum kolonial.
E. merupakan
titik puncak perjuangan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
22.
Perhatikanpernyataan di bawah ini :
1. Mengesahkan
dan menetapkan UUD 1945
2. pembentukan
12 departemen beserta menterinya
3. memilih
presiden Soekarno dan wakil presiden Mohammad Hatta
4. membentuk
Badan Keamanan Rakyat
5. membentuk
8 provinsi
dari pernyataan di atas, hasil sidang PPKI
ke-2 tanggal 19 Agustus 1945 adalah nomor…
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
3 dan 5
C. 2,
3 dan 4
D. 2,
4 dan 5
E. 4,
5 dan 1
23.
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1. Jepang
memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia melalui Janji Koiso yang
akan diberikan sekitar bulan September.
2. Untuk
mewujudkan janji tersebut dibentuk BPUPKI dan PPKI.
3. Generasi
muda yang d imotori Syahrir, Wikana, Sukarni dan lainny amendengar bila Jepang
telah menyerah tanpa Syarat kepaada Sekutu pada 14 Agustus 1945.
4. Terjadi
perbedaan pandangan antara generasi muda dengan generasi tua tentang
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
5. 16
Agustus 1945 lahirlah peristiwa Rengasdengklok
6. Dariperistiwa
Rengasdengklok akhirnya terjadi kesatuan pandang antara generasi muda dengan
generasi tua tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
7. Ahmad
Subarjo menjamin proklamasiakan diadakan tanggal 17 Agustus 1945 sebelum pukul
12.00.
Dari pernyataan-pernyataan di atas maka
kita dapat menyimpulkan bila peristiwa Rengasdengklok mempunyai makna terhadap
terjadinya peristiwa proklamasi kemerdekaan, yaitu ….
A. Menyatukan
pandangan golongan muda dengan golongan tua.
B. Menjadikan
peritiwa proklamasi lebih terlihat dramatis.
C. Mempercepat
pelaksanaan proklamasi kemerdekaan.
D. Membangun
kesatuan golongan muda dengan golongan tua.
E. menjauhkan
Sukarno dan Hatta dari pengaruh Jepang
24.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1) Pengangkatan
Soekarno Hatta sebagai presiden dan wakil presiden
2) Pembentukkan
BKR
3) Penetapan
PNI sebagai partai tunggal
4) Pengesahan
UUD 1945
5) Pembentukan
KNIP
Berdasarkan pernyataan diatas yang termasuk
hasil sidangpertama PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalahnomor ....
A. 1,
2 dan 3
B. 1,
2 dan 4
C. 1,
4 dan 5 .
D. 2,
3 dan 4
E. 3,
4 dan 5
25.
Pada tanggal 18 Agustus 1945, dalam rapat PPKI
untuk memilih presiden dan wakil presiden, tampil Otto Iskandardinata yang
mengusulkan agar pemilihan dilakukan secara mufakat. Ia sendiri mengajukan
Soekarno dan Hatta masing-masing sebagai presiden dan wakil presiden. Tentunya
hal ini sesuai dengan UUD yang baru disahkan. Dalam musyawarah untuk mufakat,
secara aklamasi peserta sidang menyetujui dan menetapkan Soekarno dan Hatta
sebagai presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia, diiringi dengan
lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.
Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa
… .
A. Kondisi
perpolitikan Indonesia setelah proklamasi sangat memer- lukan tindakan cepat
untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan
B. Bangsa
Indonesia memproklama- sikan kemerdekaan tanpa persiapan yang matang sehingga
menjadi ter- lalu terburu-buru dalam mengantisi- pasinya
C. Gerakan
pasukan sekutu yang akan hadir ke Indonesia, mendorong bangsa Indonesia harus
segera mempersiapkan segala sesuatunya.
D. Belanda
melalui KNIL telah mengintai kekosongan kekuasaan pemerintahan yang kosong
setelah proklamasi kemerdekaan
E. Jepang
tidak mau menyerahkan kekuasaan kepada bangsa Indonesia karena tugas mereka
hanyalah menterahkan kekuasan kepada sekutu
26.
Makna peristiwa pembentukan pemerintahan pertama
RI pada tanggal 18 agustus 1945 yang mengangkat presiden dan wakil presiden
bagi kehidupan kebangsaan masa kini adalah … .
A. Negara
harus memiliki kepala negara walaupun tanpa dipilih oleh rakyat secara langsung
karena calonnya hanya satu-satunya di negara yang baru merdeka ini
B. Pengangkatan
kepala negara pada saat itu memang harus segera dilakukan tidak seperti
sekarang ini yang harus dilakukan dengan kampanye
C. Pengangkatan
kepala negara seharus nya harus melalui proses kampaye dan pendaftaran lewat
komisi pemilihan umum agar dapat didata dan diberi nomor urut
D. Tokoh
nasional tidak seharusnya bertindak menurut hati nurani mereka saja tetapi
perlu wawasan berpikir yang lebih luas agar keputusan yang diambil tepat.
E. Keberadaan
seorang kepala negara harus ada pada sebuah negara merdeka karena akan menjadi
keberlangsungan negara tersebut di masa kini
27.
Bung Karno dan Bung Hatta sebagai tokoh pada
masa perjuangan hingga masa kemerdekaan menjadi panutan bagi para pejuang
kemerdekaan yang lain. Beberapa peran mereka di antaranya adalah menyusun
konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan
Mr. Achmad Soebardjo. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan
Indonesia”Pernyataan tersebut merupakan penggalan kalimat pada teks Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia. Makna yang tersirat dalam pernyataan tersebut adalah ….
A.
Indonesia harus segera menyelenggarakan pemilihan umum
B. pemerintahan
Indonesia tidak tergantung dengan negara lain
C. kantor
pemerintahan yang dikuasai Jepang dapat diambil alih
D. bangsa
penjajah harus segera meninggalkan wilayah Indonesia
E. secara
de facto negara Indonesia telah memilik kedaulatan penuh
28.
bahwa sesunggubnya kemerdekaan itu ialah hak
segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan… .“.
Terlihat bahwa kalimat ini sesuai dengan salah satu pokok Piagam Atlantik (14
Agustus 1945) yaitu “… bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan dan mendapat
kesempatan untuk hidup bebas dan rasa takut atau kemiskinan . Pokok-pokok
Piagam Atlantik akan menjadi dasar konferensi-konferensi intenasional dalam
rangka mencari jalan penyelesaian Perang Dunia II dan juga merupakan dasar
terbentuknya badan-badan dunia seperti PBB. Pasal 1 ayat 2 tentang tugas dan
tujuan PBB disebutkan: “Memperbaiki hubungan persahabatan antara bangsa-bangsa
berdasarkan penghargaan atas persamaan hak serta hak untuk menentukan nasib
sendiri dan bangsa itu sendiri”. Oleh karena itu, Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia 17 Agustus 1945 memperlihatkan adanya hubungan yang prinsipil dengan
Piagam Perdamaian PBB (Charter of Peace).
Berdasarkan narasi diatas dapat dismpulkan
bahwa ….
A. negara-negara
lain wajib memberikan pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia atas perintah PBB
B. Indonesia
sebagai negara yang baru merdeka berhak untuk mendapatkan pengakuan dari
negara-negara lain
C. Indonesia
wajib menjadi anggota PBB terlebih dahulu, akan mendorong negara lain
memberikan pengakuan kedaulatan
D. adanya
kesepakatan antara Indonesia dengan PBB untuk menekan negara-negara lain memberikan
pengakuan kedaulatan
E. Perang
Dunia II memberikan kesempatan yang luas bagi Pemerintah Indonesia untuk
mendapatkan pengakuan kedaulatan
29.
Tokoh-tokoh yang berperan penting dalam
perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda, yaitu
… .
A. Soekarno,
Moh. Hatta, dan Ahmad Soebardjo
B. Supomo,
Moh. Yamin, dan Mr. A.A.Maramis
C. Ahmad
Soebardjo, Tan Malaka, dan Sayuti Malik
D. Wikana,
Darwis, dan Burhanudin Muhamad Diah
E. Mr.Amir
Syarifuddin, R.M.Sartono, dan R.Otto Iskandardinata
30.
Peristiwa Rengasdengklok terjadi setelah adanya
perbedaan pendapat antara Soekarno dan Hatta dengan para golongan pemuda
mengenai waktu pelaksanaan proklamas. maksud para pemuda menculik Sukarno dan
Hatta yang diungsikan ke Rengasdengklok adalah …
A. para pemuda sudah tidak percaya pada
kedua tokoh tersebut
B. agar kedua tokoh itu aman dari
intervensi dan pengaruh Jepang
C. agar kedua tokoh itu tidak jadi
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
D. para pemuda ingin memerdekakan lndonesia
tanpa peran kedua tokoh tersebut
E. agar kedua tokoh itu selamat dari
serangan Belanda yang ingin berkuasa kembali
31.
Kalimat pertama dari proklamasi kemerdekaan
Indonesia sebagai pernyataan kebebasan berbunyi :
A. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah
hak segala bangsa
B. Dengan ini kami bangsa Indonesia
menyatakan kemerdekaan Indonesia
C. Kami bangsa Indonesia menyatakan
kemerdekaan Indonesia
D. Kami bangsa Indonesia dengan ini
menyatakan kemerdekaan Indonesia
E. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu
adalah hak bangsa Indonesia
32.
Berita proklamasi diterima secara tidak
bersamaan di berbagai daerah di Indonesia.
Hal ini terjadi sebagai akibat dari…
A. masyarakat sebagian besar masih buta
aksara
B. para pemimpin Indonesia masih bersidang
di PPKI
C. terhalang oleh pemerintahan Jepang yang
ada di Indonesia
D. para pahlawan berusaha untuk
mempertahankan kemerdekaan
E. keadaan geografis yang sulit serta belum
majunya teknologi informasi
33.
Kehadiran pemuda secara spontan di lapangan
Ikada pada tanggal 17 Agustus 1945
menunjukan sikap ….
A. sikap rela berkorban untuk kepentingan
bangsa dan
B. keberanian untuk melakukan perlawanan
terhadap pasukan Jepang
C. keingintahuan untuk menyaksikan para
pemimpin bangsa Indonesia
D. kesadaran untuk memberi dukungan terhadap
proklamasi kemerdekaa
E. keterpaksaan mengikuti himbauan Barisan
Pelopor untuk mendengarkan proklamasi
34.
Perhatikan data-data berikut !
1. sebagai puncak perjuangan bangsa
Indonesia
2. Indonesia sejajar dengan bangsa besar
lainnya
3. jembatan emas menuju cita-cita nasional
4. puncak pergerakan nasional Indonesia
5. lahirnya negara Indonesia yang sejahtera
Dari penyataan tersebut diatas adalah arti
penting dari proklamasi bangsa Indonesia,
seperti yang ditunjukkan oleh nomer …
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
35.
Manakah pernyataan di bawah ini yang merupakan
peran Sukarni pada peristiwa
proklamasi Indonesia!
A. Mengajukan ide teks proklamasi harus
ditanda tangani oleh Soekarno-Hatta atas
nama bangsa Indonesia
B. Mendengar informasi kekalahan Jepang
C. Mengetik teks proklamasi yang disusun
oleh Soekarno, Hatta dan Ahmad Subarjo
D. Memberikan jaminan kemerdekaan
dilaksanakan paling lambat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 12.00 WIB
E. Bertugas membawa Soekarno Hatta ke Rengasdengklok
supaya tidak terpengaruh
pemerintahan Jepang.
36.
Berbagai lembaga kemudian dibentuk untuk
melengkapi dan melancarkan jalannya pemerintahan Republik Indonesia. Salah
satunya adalah KNIP. Tujuan khusus pembentukan KNIP oleh PPKI adalah …
A. lembaga yang membentuk UUD
B. lembaga yang ditujukan untuk
mempertahankan Negara
C. badan yang membantu dalam menjaga
keamanan umum
D. badan yang membantu presiden dalam
menjalankan tugasnya
E. sebagai Dewan pertimbangan presiden
37.
Sesuai dengan keputusan sidang PPKI wilayah RI
dibagi atas beberapa daerah
propinsi dengan tujuan untuk …
A. mempersempit ruang gerak pemerintah
B. mempercepat proses jalannya pemerintahan
C. memberikan kebebasan pada para pemimpin
D. menghindari kekuatan besar dari
pemerintah pusat
E. mempermudah pengawasan dan pembayaran
pajak
38.
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak
segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus
dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan… .“.
Terlihat bahwa kalimat ini sesuai dengan salah satu pokok Piagam Atlantik (14
Agustus 1945) yaitu “… bahwa setiap bangsa berhak untuk menentukan dan mendapat
kesempatan untuk hidup bebas dan rasa takut atau kemiskinan . Pokok-pokok
Piagam Atlantik akan menjadi dasar konferensikonferensi intenasional dalam
rangka mencari jalan penyelesaian Perang Dunia II dan juga merupakan dasar
terbentuknya badan-badan dunia seperti PBB. Pasal 1 ayat 2 tentang tugas dan
tujuan PBB disebutkan: “Memperbaiki hubungan persahabatan antara bangsa-bangsa
berdasarkan penghargaan atas persamaan hak serta hak untuk menentukan nasib
sendiri dan bangsa itu sendiri”. Oleh karena itu, Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia 17 Agustus 1945 memperlihatkan adanya hubungan yang prinsipil dengan
Piagam Perdamaian PBB (Charter of Peace). Berdasarkan narasi diatas dapat
dismpulkan bahwa ….
A. negara-negara lain wajib memberikan
pengakuan kedaulatan terhadap Indonesia ata perintah PBB
B. Indonesia sebagai negara yang baru merdeka
berhak untuk mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain
C. Indonesia wajib menjadi anggota PBB
terlebih dahulu, akan mendorong Negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
D. adanya kesepakatan antara Indonesia
dengan PBB untuk menekan negara-negara lain memberikan pengakuan kedaulatan
E. Perang Dunia II memberikan kesempatan
yang luas bagi Pemerintah Indonesia
untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan
39.
Perhatikan teks berikut ini
Kemenangan pihak
sekutu (Inggris, Perancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet) dalam mengakhiri
Perang Dunia II tidak terlepas dari peran Amerika Serikat dalam memberikan
bantuan (perlengkapan, tentara, dan persenjataan) yang mampu mempercepat
berakhirnya perang dengan kemenangan di tangan Sekutu. Perang Dunia II telah
menghancurkan hegemoni negara-negara besar seperti Inggris, Perancis, Spanyol,
dan Portugis yang sudah berabad-abad memegang kendali kekuasaan di berbagai
belahan dunia. Kondisi ini mengakibatkan munculnya masalah baru yaitu adanya
pertentangan kepentingan dan persaingan perebutan hegemoni antara negara anggota
sekutu dalam usaha untuk menjadi negara yang paling berpengaruh dan berkuasa di
dunia hingga melahirkan dua negara adikuasa (kekuatan raksasa) yaitu Amerika
Serikat (kuat secara material) dan Uni Soviet (kuat secara psikologis) yang
mengambil alih hegemoni tersebut.
Berdasarkan teks tersebut dapat diketahui
bahwa setelah berakhirnya Perang Dunia II keberadaan organisasi PBB menjadi
penting karena ... .
A. Menjadi pengatur kekuasaan negara-negara
anggotanya
B. Merupakan lembaga pengatur hegemoni
suatu negara
C. Dapat mencampuri urusan dalam negeri
suatu negara
D. Mampu menyelesaikan segala perselisihan
secara militer
E. Menjadi lembaga yang menjaga perdamaian
dunia
40.
Manakah di bawah ini yang tidak termasuk
pemikirian luhur yang terkandung dalam piagam PBB!
A. Tetap menjaga dan mendukung perdamaian
di dunia
B. Menghormati Hak asasi manusia sekaligus
menjaga persaudaran antar bangsa
C. Membangun kerja sama antar negara dalam
bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan,
D. Menjadi pelopor dan Ikut serta dalam
mengambil tindakan yang mengancam negara negara pendiri PBB
E. Bekerjasama membantu dalam hal
kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.
41.
Biografi Ahmad Soebarjo
Soebarjo adalah
tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia.
Ia juga Menteri Lur Negeri Indonesia yang pertama. Semasa remaja Subarjo
sekolah di Hogere Burger School, Jakarta (Setara SMA) pada tahun 1917. Ia
kemudian melanjutkan pendidikannya di Unoversitas Leiden, Belanda dan
memperoleh ijazah Meester de Rechten (saat ini setara Sarjana Hukum) di bidang
undang-undang pada tahun 1933. Ketika menjadi mahasiswa, Soebarjo aktif dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan seperti Jong
Java dan PersatuanMahasiswa Indonesia di Belanda. Karir Ahmad Soebarjo terus
naik ketika dilantik menjadi Menteri Luar Negeri tanggal 17 Agustus 1945,
sekaligus menteri luar negeri
pertama. Kabinet saat itu bernama Kabinet
Presidential, kemudian menajbat Menteri Lua Negeri sekali lagi pada tahun 1951
- 1952. Selain itu, ia juga menjadi Duta Besar Republik Indonesia di
Switzerland antara tahun 1957 – 1961 Dari paparan di atas maka dapat kita
simpulkan bahwa ...
A. walaupun Ahmad Soebarjo lulusan dari
negeri Belanda tapi Nasionalismenya tetap tinggi
B. Ahmad Soebarjo adalah Menteri Luar
Negeri pertama Republik Indonesia
C. Ahmad Soebarjo aktif memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia sejak kuliah di Belanda hingga menjadi Duta Besar di
Swiss
D. Ahmad Soebarjo bersama Moh. Hatta adalah
aktivis Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda
E. Ahmad Soebarjo seorang tokoh politik
yang ternama di awal kemerdekaan
Indonesia
42.
Perhatikan teks berikut ini
Pada tanggal 17
Agustus 2020 Indonesia baru saja merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaaan yang
ke-75 tahun dan merdeka dari belenggu penjajahan. Bila dicermati lebih lanjut,
proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan suatu bangsa untuk
menetapkan tatanan hukum nasional dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
Sementara dari sudut politik ideologis, proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah
merupakan pernyataan suatu bangsa untuk lepas dari penjajahan dan membentuk
Negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh. Dari teks tersebut
dapat disimpulkan bahwa makna dari proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....
A. Indonesia bebas menentukan ideologi
bangsanya
B. Indonesia sudah mampu berdiri tanpa
bantuan negara lain
C. Indonesia sudah terlepas dari penjajahan
bangsa Eropa
D. Indonesia dapat menyusun pemerintahan
sendiri dengan tatanan hukum sendiri
E. Indonesia akan menentukan sistem
pemerintahan sendiri dengan bantuan asing
43.
Bung Karno dan Bung Hatta sebagai tokoh pada
masa perjuangan hingga masa kemerdekaan menjadi panutan bagi para pejuang
kemerdekaan yang lain. Beberapa peran mereka di antaranya adalah menyusun
konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan
Mr. Achmad Soebardjo. “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan
Indonesia” Pernyataan tersebut merupakan penggalan kalimat pada teks Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia. Makna yang tersirat dalam pernyataan tersebut adalah ….
A. Indonesia harus segera menyelenggarakan
pemilihan umum
B. pemerintahan Indonesia tidak tergantung
dengan negara lain
C. kantor pemerintahan yang dikuasai Jepang
dapat diambil alih
D. bangsa penjajah harus segera
meninggalkan wilayah Indonesia
E. secara de facto negara Indonesia telah
memilik kedaulatan penuh
44.
Berita Proklamasi yang disiarkan melalui radio
mendapat kecaman dari Jepang dengan disegelnya kantor berita Domei. Hal yang
dilakukan oleh pemuda agar berita Proklamasi tetap tersebar lewat udara di
seluruh Indonesia adalah….
A. Mengirimkan telegram ke markas PBB dan
duta besar negara Asia-Afrika bahwa Indonesi telah merdeka
B. mencetak selebaran proklamasi dan
mengirimkannya ke daerah-daerah
C. mengambil alat dari kantor berita Domei
dan membuat pemancar radio baru
D. mengirimkan pers release kepada kantor
radio asing
E. mencetak berita proklamasi di surat
kabar nasional
45.
Awalnya pelaksanaan proklamasi 17 Agustus 1945
direncanakan di Lapangan Ikada, tetapi Soekarno tidak menyetujuinya dan
memindahkan ke Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta. Alasan pemindahan tempat
pelaksanaan adalah….
A. Jalan Pegangsaan Timur markas para
aktivis dan tokoh pergerakan
B. Lapangan Ikada sulit dijangkau
masyarakat karena terlalu jauh
C. pelaksanaan di Lapangan Ikada ditakutkan
memicu bentrok dengan militer
Jepang
D. menghindari provokasi tentara Sekutu dan
pihak asing
E. Lapangan Ikada adalah pusat militer
Jepang
46.
Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI oleh
Soekarno-Hatta telah membawa Indonesia pada babak baru sebagai sebuah negara
yang merdeka. Berikut salah satu makna proklamasi pada aspek ketatanegaraan
adalah….
A. bebas mengatur pemerintahan sendiri
sesuai konstitusi
B. menjadi pelopor bangsa lain untuk bebas
dari belenggu penjajahan
C. lepas dari segala bentuk penindasan yang
dilakukan bangsa lain
D. merdeka atas jerih payah sendiri, bukan
pemberian
E. menghindarkan dari kondisi vacuum of
power atas status quo yang dibuat
Jepang
47.
Pada 16 Agustus sore hari, Soekarno dan Hatta
beserta rombongan kembali ke Jakarta dan langsung menuju rumah Laksamana
Tadashi Maeda yang beralamat di Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta, yang dipilih
sebagai tempat penyusunan teks proklamasi. Alasannya adalah….
A.
rumah Laksamana Tadashi Maeda berada di tengah kota dan mudah dijangkau
transportasi
B. Laksamana Tadashi Maeda adalah seorang
pejabat Jepang yang bersahabat dengan Achmad Soebarjo dan diyakini aman dari
tentara Jepang
C. Laksamana Tadashi Maeda ingin merealisasikan
janji Koiso untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia
D. Laksamana Tadashi Maeda mendapat mandat
dari Jenderal Nishimura untuk memfasilitasi pembuatan teks proklamasi
E. Laksamana Tadashi Maeda merasa putus aa
dengan kekalahan Jepang dan memutuskan membantu Indonesia
48.
Berita penyerahan tanpa syarat Jepang kepada
Sekutu mulai tersebar 15 Agustus 1945. Akan tetapi Jepang menyembunyikan berita
tersebut dari pemimpin Indonesia. Tindakan jepanG menyembunyikan penyerahannya
karena....
A. berita tersebut dapat menyebabkan bangsa
Indonesia enggan membantu Jepang
B. berita kekalahan Jepang dapat
menyebabkan kewibawaan Jepang di mata bangsa Indonesia merosot
C. Jepang menganggap jaringan komunikasi di
Indonesia belum mampu menyebarkan berita kekalahan Jepang
D. AS menghendaki kekalahan Jepang hanya
diketahui oleh pasukan sekutu
E. Jepang tidak ingin desakan Indonesia
untuk memperoleh kemerdekaan
semakin kuat
49.
Janji kemerdekaan atas wilayah jajahan termasuk
Indonesia disampaikan PM Koiso di depan parlemen Jepang pada tanggal 7
September 1944. Keluarnya janji kemerdekaan Jepang bertujuan....
A. menarik simpati rakyat jajahan agar
mendukung Jepang
B. melakukan dekolonisasi pasca Perang
Pasifik
C. mencegah jatuhnya wilayah jajahan Jepang
ke tangan Sekutu
D. mempersiapkan pembentukan pemerintahan
bagi Indonesia
E. mengakhiri keterlibatan Jepang dalam
Perang Pasifik
50.
Ketidaktstabilan politik di Jepang menyebabkan
Marsekal Terauchi mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh Indonesia di Dalat
Vietnam. Pertemuan tersebut membahas....
A. dampak kekalahan Jepang dalam perang
pasifik bagi Indonesia
B. rencana Jepang untuk mengakhiri
pendudukannya di Indonesia
C. keikutsertaan rakyat Indonesia untuk
membantu Jepang dalam Perang Pasifik
D. rencana pemberian kemerdekaan bagi
Indonesia
E. pembentukan organisasi yang akan
mengakomodasi kepentingan pemuda
Indonesia
Komentar
Posting Komentar