LATIHAN SOAL ESSAY UJIAN SEKOLAH 2023

 

1.                  Konsep diakronik dan sinkronik sangat  diperlukan dalam penulisan sejarah. Jelaskan pendapat Anda!

2.                  Kamu akan meneliti tentang asal-usul nama jalan di dekat rumahmu. Buatlah rumusan rancangan langkah-langkah penelitian sejarah dengan cara membuat tabel seperti berikut ini

No

Langkah Penelitian Sejarah

Rumusan kegiatan penelitian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.                  Kebudayaan Islam yang berkembang di Indonesia telah memberikan pengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya dalam bidang aksara dan seni sastra. Jelaskan pengaruh kebudayaan Islam di bidang aksara dan sastra terutama yang berkembang di masyarakat Melayu dan Jawa

4.                  Sebutkan 4 (empat) cirri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada Zaman Batu Tua

(Paleolithikum)

5.                  Raja Purnawarman berhasil membawa Tarumanegara mencapai puncak kejayaan. Jelaskan tindakan Raja Purnawarman untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat  Tarumanegara!

6.                  Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan nasional ke-2 di nusantara.Raja-raja yang memerintah adalah keturunan dari raja-raja Singasari. Raden Wijaya  sebagai raja pertama. Kerajaan Majapahit mengalami kejayaan pada masa Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajahmada. Pengaruh kebesaran Kerajaan Majapahit dapat dirasakan masyarakat Indonesia pada masa kini. Jelaskan Pengaruh kebesaran Kerajaan  Maapahit  yang dapat dirasakan bangsa Indonesia  pada masa kini!

7.                  Sumpah pemuda adalah suatu janji kesetiaan pemuda untuk bersatu. Sumpah pemuda dilaksanakan pada 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda merupakan ikrar yang menyatakan bahwa kita satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.. Makna sumpah pemuda bagi bangsa indonesia masa kini?

8.                  Rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap kekuasaan asing, diantaranya di Aceh adalah Teuku Umar, Panglima Polim, dan Cut Nya’ Dien. Mengapa mereka melakukan perlawanan terhadap Belanda?

9.                  Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada  tanggal 15 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Dalam perundingan tersebut, Indonesia  diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda  diwakili oleh Prof. Schermerhom, hadir pula  Lord Killearn sebagai penengah dari Inggris. Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia  mengalami kerugian dan berikan contoh kerugiannya!

10.              Terdapat perbedaan sikap antara golongan tua dan golongan muda, tentang pelaksanaan proklamasi pasca menyerahnya Jepang terhadap Sekutu. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

11.              KMB merupakan lanjutan dari Perundingan Roem-Royen. KMB berlangsung di Deen Hag Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Indonesia dipimpin Moh.Hatta, delegasi BFO dipimpin Sultan Hamid II, delegasi Belanda dipimpin Mr. Van Maarseveen, sedangkan UNCI dipimpin oleh Chritchley. Perjanjian KMB memiliki dampak bagi perjuangan bangsa Indonesia. Jelaskan 4 dampak negatifnya dan berikan alasan bahwa  perjanjian KMB tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia!

12.              Reformasi adalah gerakan untuk mengubah bentuk atau perilaku suatu tatanan, karena tatanan tersebut tidak lagi disukai atau tidak sesuai dengan kebutuhan zaman, baik karenatidak efisien maupun tidak bersih dan tidak demokratis. Dari ilustrasi tersebut bagaimana proses lahirnya agenda reformas tahun 1998 di Indonesia dan Apa hasil agenda reformasi tersebut ?

13.              Pada masa Demokrasi Terpimpin, ideologi partai berbeda antara satu dengan lainya, ada Nasionalis, Komunis dan Sosialis. Politik dramatis mengubah kebijakan luar negeri dan dalam negeri dari jalan yang ditempuh Soekarno pada masa akhir jabatannya. Kondisi ekonomi yang mengalami defisit hingga 650 %. Sedangkan kondisi sosial pada masa ini banyak terjadi pertentangan nasional dengan  daerah karena adanya dominasi elite politik yang banyak menimbulkan gejolak politik. Dari uraian diatas,  identifikasikan bagaimana kodisi Politik Ekonomi dan sosial pada masa Demokrasi Terpimpin

14.              Setiap masa dalam kehidupan manusia terdapat berbagai peristiwa. Sebagai contoh misalnya tanggal 6 Agustus 1945 sebuah bom atom dijatuhkan di atas kota Hiroshima, Jepang oleh Amerika Serikat.; 7 Agustus 1945 BPUPKI berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia); 9 Agustus 1945 Bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki dan akhirnya menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Dari contoh peristiwa tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep kronologi sangat diperlukan dalam ilmu sejarah. Berikan alasannya!

15.              Uraikan persamaan serta perbedaan bentuk dan strategi organisasi Indische Partij, PNI dan Taman Siswa

16.              Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia sangatlah penting bagi bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi titik balik kehidupan bangsa Indonesia. Persitiwa yang sangat penting tersebut mengawali perjuangan Indonesia bukan lagi melawan penjajahan tetapi mempertahankan sebuah kemerdekaan yang telah direbut dengan susah payah. Coba kamu analisa makna penting proklamasi di bidang politik  sosial budaya dan ekonomi

17.              Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayI yang baru lahir, oleh karena itu PPK I melakukan siding-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua?

18.              Buatkan tabel perbandingan pergolakan DI/TTI Kartosuwiryo dan APRA dilihat dari tujuan dan Cara penanggulangan

19.              Mahasiswa merupakan salah satu kelompok sosial masyarakat yang paling vokal dalam  menyuarakan perbaikan struktur pemerintahan pada saat itu. Mereka juga yang menyusun strategi untuk memberikan umpan balik terhadap kelemahan sistem pemerintahan. Berbagai  aksi demonstrasi pun digelar untuk menuntut sebuah perubahan.Dari ilustrasi tersebut, sebutkan perbedaan tuntutan dari kelompok mahasiswa pada masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno dengan tuntutan dari kelompok mahasiswa pada masa akhir pemerintahan Presiden Soeharto?

20.              Salah satu agenda reformasi tahun 1998 adalah penghapusan dwifungsi ABRI. Mengapa dwifungsi ABRI tersebut, dituntut untuk dihapuskan?

21.             Pengalaman yang dimiliki oleh suatu masyarakat di masa lampau merupakan pengalaman yang bernilai sejarah dan berharga bagi bangsa tersebut pada masa kini. Sebutkan dan uraikan 2 dari 4 kegunaan mempelajari sejarah!

22.          Rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap kekuasaan asing, diantaranya adalah perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro di Mataram. Mengapa Pangeran Diponegoro, melakukan perlawanan terhadap Belanda?

23.              Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satu peristiwa penting disekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bagaimana peristiwa Rengasdengklok tersebut terjadi?

24.               Kemunculan gerakan reformasi dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis multidimensi yang dihadapi Bangsa Indonesia. Mengapa di Indonesia terjadi krisis multidimensi, sehingga memunculkan gerakan tersebut?

25.              Seorang sejarawan akan melakukan penelitian tentang Agresi Militer II, sejarawan tersebut agar dapat mengungkap peristiwa-peristiwa yang mendukung penelitian tersebut  maka menggunakan sumber-sumber sejarah. Sebutkan dan jelaskan 3 jenis sumber sejarah

26.              Sebutkan 4 (empat) cirri kehidupan sosial-budaya masyarakat pada Zaman Batu Madya (Mesolithikum) !

27.              Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia banyak organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Jepang. Sebutkan salah satu organisasi bentukan Jepang yang perkembangannya sangat membantu Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan berikan alasannya!

28.              Pak Budi ingin mengadakan penulisan sejarah tentang Perkembangan Sejarah Kereta Api di Jabotabek , yang pertama dia lakukan adalah mencari informasi dari berbagi sumber, tetapi sumber-sumber yang diperoleh perlu diteliti kebenarannya. Pak Budi dalam tahapan penelitian telah dua langkah awal penelitian yaitu Heuristik dan Verifikasi, Jelaskan apa perbedaan dua langkah tersebut?

29.              Sebutkan penyimpangan-penyimpangan dari UUD 1945 dalam praktek bernegara pada masa Demokrasi Terpimpin, baik dalam politik Luar negeri maupun Dalam Negeri!

30.              Bandingkan, Bagaimana pelaksanaan politik Luar negeri  era Demokrasi Terpimpin dengan era Orde Baru!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA