SOAL SEJARAH INDONESIA LATIHAN UJIAN SEKOLAH 2023
1.
Dalam
bahasa Yunani, sejarah disebut juga dengan historia yang berarti mengusut,
pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Istilah sejarah secara harafiah
berasal dari bahasa Arab, yaitu sajaratun yang artinya pohon. Sementara itu,
pada bahasa arab sejarah dikenal dengan sebutan tarikh dan dalam bahasa Jerman,
sejarah disebut dengan geschichte. Jadi menurut pengertian dari kedua bahasa
itu sejarah adalah..
https://hot.liputan6.com/read/4695105/pengertian-sejarah-menurut-para-ahli-unsur-fungsi-dan-klasifikasinya
A.
Kejadian dan peristiwa yang benar-benar
terjadi dalam masa lampau
B.
Perjalanan hidup manusia pada masa lampau
menuju ke masa depan
C.
Kehidupan manusia yang selalu berinteraksi
dengan makhluk lain
D.
Perubahan sifat manusia dari masa ke masa
E.
Kehidupan manusia ditentukan oleh sejarah
2. Perhatikan tema – tema berikut !
1. |
Keadaan ekonomi di Indonesia pada tahun
1998 sangatlah terpuruk. Banyak terjadi kerusuhan. Bahkan sampai presiden
Soeharto mengundurkan diri. Terdapat banyak hutang perusahaan dan negara yang
jatuh tempo pada tahun 1998 yang membuat banyak perusahaan gulung tikar.
Dampaknya, angka pengangguran meningkat pesat. Harga-harga barang meningkat pesat
seiring terjadinya pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika
Serikat hingga Rp 15.000 per Dollar. Inflasi pun menjadi semakin tak
terkendali. Pendapatan per kapita Indonesia juga menurun drastis dari 1.155
US$/kapita pada tahun 1996 menjadi 610 US$/kapita pada tahun 1998. |
2. |
Orde Baru adalah masa pemerintahan presiden
Soeharto. Pembangunan di Indonesia pada masa Orde Baru sangat pesat. Namun
angka korupsi juga meningkat. Soeharto membuat program pembangunan jangka
pendek yang disebut Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Repelita I
berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari rata-rata 3% menjadi 6,7% per
tahun, meningkatkan pendapatan per kapita, dan menurunkan laju inflasi.
Bahkan pada tahun 1984 Indonesia berhasil mencapai swasembada beras, padahal
pada tahun 1970-an Indonesia adalah negara pengimpor beras terbesar di dunia.
Namun pada masa ini terjadi kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah. |
3. |
Tanggal 17 agustus tahun 1945 teks
proklamasi dibacakan, sehingga menjadi peristiwa yang penting dan bersejarah
bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut terjadi di Jl. Pegangsaan timur No.
56 yang saat ini bernama jalan Proklamasi. Pembacaan teks proklamasi dihadiri
sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dengan membawa apapun yang dapat
dijadikan senjata, karena walaupun Jepang telah kalah dari sekutu, tapi
tentara Jepang masih ada di Jakarta. Pada awalnya teks proklamasi akan
dibacakan di lapangan Ikada, tapi dipindahkan ke tempat tinggal Ir. Soekarno
sebab dikhawatirkan akan terjadi bentrokan dan menimbulkan pertumpuhan
daarah. Sehinggga sekitar 100 orang anggota barisan pelopor berjalan dari
lapangan Ikada ke tempat tinggal Ir. Soekarno, mereka telat tiba dan menuntut
ingin dibacakan ulang teks proklamasi, tapi ditolak dan diberikan amanat oleh
Moh. Hatta. |
4. |
Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara
Inggris bersama NICA mendarat di Surabaya. Setelah insiden perobekan bagian
biru bendera Belanda, pada tanggal 27 Oktober 1945 meletuslah pertempuran
pertama antara Indonesia melawan tentara Inggris. Gencatan senjata antara
pihak Indonesia dengan pihak tentara Inggris ditandatangani dua hari kemudian
yaitu pada tanggal 29 Oktober 1945. Namun setelah gencatan senjata,
bentrokan-bentrokan tetap saja terjadi sampai berpuncak pada terbunuhnya
Brigadir Jenderal Mallaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada
tanggal 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Pengganti
Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh kemudian mengeluarkan
ultimatum pada 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan
persenjataan dan menghentikan perlawanan. Sayang ultimatum itu tidak
dihiraukan dan pada tanggal 10 November 1945 pagi tentara Inggris melancarkan
serangan besar-besaran. |
5. |
Kemelut politik G 30 S / PKI tahun 1965
yang berujung pada penghancuran komunisme di Indonesia tidak dapat dilepaskan
dari konteks politik dunia saat itu yang sedang dilanda Perang Dingin antara
Blok Barat dan Blok timur. Di Asia Tenggara, yang dilanda perang dingin
adalah Vietnam. Amerika Serikat terlibat dalam perang Vietnam dalam rangka
membendung meluasnya komunisme di Asia Tenggara. Kekhawatiran meluasnya
konflik Vietnam dan kehawatiran jatuhnya Indonesia ke tangan komunisme
mendorong Amerika Serikat ikut campur tangan dalam penghancuran komunisme di
Indonesia tahun 1965. |
Tema-tema sejarah di atas yang menggunakan cara
berpikir diakronik yaitu ... .
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
1.
Bangsa
Melayu Tua memiliki kebudayaan yang lebih tinggi dari pada manusia purba.
Kebudayaan bangsa Melayu Tua disebut kebudayaan batu baru atau neolithikum.
Hasil budaya zaman ini yang terkenal adalah kapak persegi yang banyak ditemukan
di wilayah Indonesia bagian Barat (Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali).
Menurut penelitian Van Heekertn di Kalumpang (Sulawesi Utara) telah terjadi
perpaduan antara tradisi kapak persegi dan kapak lonjong yang dibawa oleh
orang-orang Austranesia yang datang dari arah utara atau melalui Filipina dan
Sulawesi. Berdasarkan deskripsi tersebut, bangsa Melayu Tua adalah
orang-orang Austronesia dari Asia yang pertama kali datang ke nusantara sekitar
tahun 1500 SM yang memasuki wilayah nusantara melalui dua jalur, yaitu..
A.
jalur utara melalui Malaysia – Sumatera dan
jalur barat melalui Filipina – Sulawesi
B.
jalur barat melalui Singapura – Sumatera dan
jalur utara melalui Vietnam – Sulawesi
C.
jalur utara melalui Malaysia – Jawa dan jalur
barat melalui Filipina – Kalimantan
D.
jalur barat melalui Malaysia – Sumatera dan
jalur utara melalui Filipina – Sulawesi
E.
jalur barat melalui Singapura – Sulawesi dan
jalur utara melalui Vietnam – Sumatera
2.
Manusia purba terlihat dari cara mereka berburu dan meramu
makanan. Sejak zaman Paleolithikum, manusia purba telah melakukan pembagian
tugas dalam tingkat sederhana ketika berburu dan meramu makanan dan membangun
rumah yang dilakukan secara bersama-sama mengandung nilai
A. Nilai keadilan
B.
Nilai musyawarah
C.
Nilai gotong royong
D. Tradisi bahari
E.
Nilai Persatuan
3.
Teori Brahmana menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan
Hindu-Buddha ke Nusantara dibawa oleh golongan Brahmana atas undangan
para penguasa di Nusantara. Teori ini dikemukakan oleh orientalis J.C. Van Leur
yang didukung oleh beberapa prasasti di Indonesia. Prasasti ini menggunakan
bahasa Sansekerta.Bahasa yang sama dalam kitab suci Weda dan upacara keagamaan,
dikuasai seutuhnya oleh golongan Brahmana. Namun, teori ada juga yang
membantahnya. Teori Brahmana dinyatakan tidak pas jika direlevansikan
dengan penyebaran agama Hindu di Indonesia, sebabnya adanya larangan keras
Hindu Kuno untuk kaum Brahmana. Larangan itu adalah…
A.
Brahmana kehilangan harta kekayaannya yang dihibahkan
masyarakat Hindu India dan Nusantara
B.
Brahmana meski kehilangan hak kastanya namun masa pensiunnya
mendapat jaminan pemerintah Nusantara
C.
Brahmana dan orang-orang India harus bersama-sama
mengembangkan paham Hindu Holistik
D.
Brahmana kehilangan hak kastanya jika menyebrang lautan dan
meninggalkan tanah airnya.
E. Brahmana namanya terukir dalam sebuah prasasti yang dijanjikan para penguasa Nusantara
4.
Kerajaan Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan maritim
Hindu-Buddha di Nusantara memiliki banyak keragaman diantaranya penganut agama
yang berbeda. Meskipun demikian rakyat Majapahit dapat hidup rukun dan
berdampingan. Raja selalu berusaha agar ketentraman masyarakatnya dapat
berjalan baik sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan
Majapahit berpengaruh hingga saat ini dengan Mangkana ng Jinatatwa kalwan
Siwatatwa Tunggal Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa sebagai bukti
toleransi antara umat beragama yang hidup berdampingan di Kerajaan Majapahit..
Dampak keragaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
adalah ....
A.
terciptanya keharmonisan dalam persamaan
antarpenduduk terutama pada sistem pertahanan dan keamanan Negara
B.
Indonesia menjadi bangsa yang besar dan
kuat karena selalu menjaga kerukunan antar suku bangsa
C.
hidup saling berdampingan antarpenduduk
sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan system pemerintahan
D.
munculnya sikap toleransi dan empati
dari masyarakat yang berbeda latar belakang status
E.
keragaman antar penduduk berpengaruh
terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional bangsa Indonesia
5.
Kerajaan
Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan
maritim Hindu-Buddha di Nusantara memiliki banyak keragaman diantaranya penganut agama
yang berbeda. Meskipun demikian rakyat
Majapahit dapat hidup rukun dan
berdampingan. Raja selalu berusaha agar
ketentraman masyarakatnya dapat berjalan baik
sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan Majapahit berpengaruh
hingga saat ini dengan semboyan Bhinneka
Tunggal Ika. Dampak keragaman tersebut
terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
masa kini adalah .....
A.
terciptanya
keharmonisan dalam persamaan
antarpenduduk terutama pada sistem pertahanan dan keamanan negara sarana pemujaan
B.
Indonesia
menjadi bangsa yang besar dan kuat
karena selalu menjaga kerukunan antarsuku bangsa
C.
hidup
saling berdampingan antarpenduduk
sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan sistem pemerintahan
D.
munculnya
sikap toleransi dan empati dari
masyarakat yang berbeda latar belakang status
E. keragaman antarpenduduk berpengaruh terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional bangsa Indonesia
6.
Perhatikan teks berikut!
Para
pedagang muslim berdagang dan singgah di Nusantara,tidak langsung
pergi dari Nusantara,tetapi singgah beberapa bulan,menunggu angin muson untuk
kembali ke daerah asal mereka. Disela-sela waktu menunggu ini, banyak pedagang
menikah dengan penduduk pribumi.
Teks tersebut
menggambarkan bahwa salah satu saluran islamisasi adalah melalui... .
A. Dakwah
B.
Kesenian
C.
Pendidikan
D. Perkawinan
E. Perdaganga
7.
Kerajaan
Demak merupakan kerjaan Islam pertama di pulau Jawa. Kerajaan yang didirikan
oleh Raden Patah ini mendapat dukungan sepenuhnya dari para wali. Atas peran
para wali
tersebut
kerajaan Demak berkembang menjadi ... .
A.
kerajaan
yang bergerak di sektor maritim
B.
pusat
pendidikan agama Hindu dan Islam
C.
pusat
perdagangan di nusantara
D.
kerajaan
yang bergerak di sektor agraris
E. pusat penyebaran Islam di nusantara
8.
Pengaruh agama islam telah mengakar kuat dalam kehidupan
masyarakat Indonesia. Salah satu pengaruh agama islam dalam bidang budaya di
Indoensia tampak pada penyelengaraan upacara adat. Beberapa jenis upacara adat
tersebut di tunjukkan oleh pilihan ….
A. Grebeg,
Sekaten, Ngarak Maju
B. Tabuik,
Kasada, sekaten
C. Grebeg
Mapendes, Ngarak Maju
D. Tabuik,
kasada , Mapendes
E. Grebeg,
Kasanda, Ngarak maju
9.
Sejak Konstantinopel jatuh ke tangan Turki tahun
1453, maka hubungan perdagangan antara Eropa dan Timur Tengah menjadi terputus.
Bangsa-bangsa Barat berlomba-lomba mencari dunia Timur, khususnya ke nusantara untuk
mencari rempah-rempah. Pencarian ke dunia Timur tersebut dilihat dari segi
iptek antara lain disebabkan ....
A. ditemukan kompas
B. pembuatan kapal
C. perkembangan TIK
D. acuan untuk berlayar
E. mencari rempah-rempah
1.
Perang Puputan Jagaraga, dilakukan Kerajaan Buleleng melawan
pasukan kolonial Belanda, setelah raja Buleleng menerapkan sistem hak tawan karang
terhadap kapal- kapal Asing yang Berlabuh di dermaga Buleleng.Perang puputan
bermakna sebagai perang…
A.
habis- habisan
B.
penghabisan.
C.
terakhir
D.
massal
E.
saudara
2.
Perhatikan tabel tentang perjuangan Bangsa Indonesia
menghadapi kolonial Belanda.
Sebelum
Abad XX |
Setelah
Abad XX |
|
1. |
Dipimpin kalangan bangsawan |
Tidak bergantung pada pimpinan |
2. |
Menggunakan kekuatan senjata |
Dilakukan dalam bentuk organisasi |
3. |
Bersifat kedaerahan |
Bersifat Nasional |
4. |
Terkoordinir antar daerah |
Kurang koordinasi antar daerah |
5. |
Mengandalkan pemikiran sehat |
Mengandalkan perlawanan fisik |
Dari data di atas perbedaan perjuangan bangsa Indonesia
melawan Kolonial Belanda sebelum abad ke XX dan sesudah abad XX ditunjukkan
pada nomor ….
A.
1,2, dan 3
B.
1,3, dan 5
C.
2,3, dan 4
D.
2,3, dan 5
E.
3,4, dan 5
3.
Pada tahun 1901 pemerintah Hindia Belanda
memberlakukan politik etis (trias Van Deventer) yang terdiri dari irigasi,
migrasi dan edukasi. Pelaksanaan politik etis dibidang edukasi / Pendidikan
telah membuka lebar peluang bagi putra – putri Indonesia untuk bisa
bersekolah dan mengeyam Pendidikan baik di dalam maupun luar negeri sehingga
menghasilkan kaum intelektual / golongan terpelajar yang memiliki kesadaran
politik untuk membebaskan bangsanya dari penindasan dan belenggu penjajahan.
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat kita analisis bahwa Pendidikan yang
diberikan lewat politik etis telah memicu munculnya … .
A.
perasaan senasib
seperjuangan dikalangan masyarakat Indonesia
B.
desakan dari kaum
pribumi untuk segera melaksanakan kemerdekaan
C.
perlawanan rakyat
Indonesia secara sporadic di berbagai daerah
D.
harga diri bangsa
Indonesia untuk melawan pemerintah kolonial
Belanda
E.
kelahiran organisasi –
organisasi pergerakan yang bersifat nasional
4.
Raffles
sebagai penguasa Inggris di Hindia
melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti
dalam bidang ekonomi. Ia ingin
memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam
pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan
petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa
dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya
perekonomian pribumi karena ….
A.
masa
pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam
memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur
B.
penduduk
mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka
sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles
C.
berkembangnya
jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang
dibatasi oleh kebijakan Raffles
D.
Raffles
berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang
memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah
E. penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah
5.
Perhatikan data latar belakang timbulnya
Pergerakan Nasional di bawah ini !
1.
Meluasnya
pendidikan sebagai bagian dari penerapan Politik Etis
2.
Lahirnya
Gandhisme dan gerakan Turki Muda serta All Indian National Congres pada
1885
3.
Munculnya
paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang ikut masuk ke Indonesia
4.
Adanya
kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan
bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa Barat
5.
Perasaan
senasib masyarakat Indonesia menanggung penderitaan akibat penjajahan
Berdasarkan data di atas, faktor ekstern timbulnya Pergerakan
Nasional adalah ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
6.
Pada
masa pendudukan Jepang di Indonesia, mereka melakukan berbagai tindakan yang
mampu memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Di bidang ekonomi Jepang
mengeksploitasi SDA/SDM untuk kepentingan perang dan menerapkan sistem ekonomi
perang dan sistem autarki (memenuhi kebutuhan daerah sendiri dan menunjang
kegiatan perang). Kebijakan Jepang saat menduduki Indonesia tidak sepenuhnya
merugikan, ada beberapa kebijakan yang memberi kesan positif bagi perkembangan
bangsa Indonesia. Dampak positif pendudukan Jepang di bidang ekonomi bagi
bangsa Indonesia saat ini adalah....
A.
sumber
daya alam Indonesia dikelola oleh perusahaan asing
B.
sumber
daya alam Indonesia diekploitasi secara besar-besaran
C.
diperkenalkan
line system untuk peningkatan produksi pangan
D.
Indonesia
menjadi negara pengolah sumber bahan baku industri
E. masuknya investor asing ke Indonesia untuk memperbaiki ekonomi
7.
Tokoh
nasional yang berkontribusi sangat besar dalam mencapai dan mengisi
kemerdekaan. Pada masa pergerakan nasional tokoh “tiga serangkai” ini berani
mengkritik kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang sewenang-wenang meskipun
pada akhirnya dia mengalami nasib dalam pembuangan di negeri Belanda. Sepulang
dari pengasingan, beliau tetap aktif dalam kegiatan pergerakan nasional tokoh
yang dimaksud adalah..
A.
Ki
Hajar Dewantara
B.
Bung
karno
C.
Bung
Hatta
D.
KH
Ahmad Dahlan
E.
Cokroaminoto
8.
Proklamasi
kemerdekaan bangsa Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 telah
memberikan dorongan dan semangat perjuangan bagi rakyat Indonesia. Dimana
pernyataan tersebut telah memberi tahu kepada seluruh bangsa Indonesia
dan kepada dunia luar bahwa saat ini bangsa Indonesia telah lepas dari
penguasaan negara lain. Berdasarkan Informasi tersebut maka makna proklamasi
bagi bangsa Indonesia dalam bidang politik adalah .....
A.
pernyataan
kepada seluruh rakyat Indonesia dan seluruh dunia, bahwa Indonesia dapat
menentukan nasibnya sendiri dengan memegang seluruh hak kemerdekaan sesuai
hukum internasional.
B.
bentuk
pernyataan dari sebuah negara yaitu Indonesia yang melepaskan diri dari penjajahan
dan membentuk negara kesatuan republik Indonesia yang merdeka, bebas dan
berdaulat.
C.
pernyataan
yang berisi tentang keputusan bangsa Indonesia untuk membuat dan menetapkan
aturan hukum nasional sendiri serta dengan menghapus aturan hukum kolonial.
D.
puncak
dan akhir dari perjuanagan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan tanpa
bantuan dari negara lain.
E.
adanya
peradaban baru dengan kebiasaan baru yang terbangun menjadi tradisi masyarakat
yang sudah merdeka.
9.
Perhatikan Isi dari
Maklumat 14 November 1945 berikut!
"Pemerintah
Republik Indonesia setelah mengalami ujian-ujian yang hebat dengan selamat,
dari tingkatan yang pertama dari usahanya menegakan diri, merasa bahwa saat
sekarang sudah tepat untuk menjalankan macam-macam tindakan darurat guna menyempurnakan
tata usaha negara kepada susunan demokrasi. Yang terpenting dalam
perubahan-perubahan susunan kabinet baru itu ialah, bahwa tanggung jawab adalah
di tangan menteri"
Dari isi maklumat tersebut menunjukkan adanya
perubahan bagi bangsa Indonesia yaitu
A.
sistem pemerintahan Indonesia dari presidensial ke
parlementer
B.
adanya pertanggungjawaban menteri kepada KNIP selaku
parlemen
C.
mendeklarasikan partai tunggal, yaitu Partai
Nasional Indonesia
D.
pembentukan partai-partai politik sebagai bagian
dari demokrasi
E.
penetapan Garis – Garis Besar Haluan Negara (GBHN)
10.
Biografi Ahmad Soebarjo
Soebarjo adalah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia,
diplomat, dan Pahlawan Nasional Indonesia.
Ia juga Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Semasa remaja Subarjo sekolah di Hogere Burger School, Jakarta
(Setara SMA) pada tahun 1917. Ia kemudian melanjutkan
pendidikannya di Universitas Leiden, Belanda dan memperoleh ijazah Meester de Rechten
(saat ini setara Sarjana Hukum) di bidang undang-undang pada tahun 1933.Ketika menjadi mahasiswa,
Soebarjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui organisasi kepemudaan seperti Jong
Java dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda.
Karir Ahmad Soebarjo terus naik ketika dilantik menjadi Menteri Luar Negeri tanggal 17 Agustus 1945, sekaligus menteri
luar negeri pertama. Kabinet saat itu bernama
Kabinet Presidential, kemudian menajbat Menteri Luar Negeri sekali lagi
pada tahun 1951 - 1952. Selain
itu, ia juga menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Switzerland antara
tahun 1957 – 1961
Dari paparan
di atas maka dapat kita simpulkan
bahwa ... .
A.
Ahmad Soebarjo
adalah Menteri Luar Negeri pertama
Republik Indonesia
B.
Ahmad Soebarjo
bersama Moh. Hatta
adalah aktivis Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda
C.
Ahmad Soebarjo
aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak kuliah di Belanda
hingga menjadi Duta Besar di Swiss
D.
Ahmad Soebarjo
seorang tokoh politik
yang ternama di awal kemerdekaan Indonesia
E.
walaupun Ahmad Soebarjo lulusan dari negeri
Belanda tapi Nasionalismenya tetap tinggi
11.
Kalau
dianalisa, hasil perundingan Linggajati sangat merugikan dan merupakan kemunduran bagi bangsa Indonesia seperti yang
tercantum Dalam point ketiga isi perundingan tersebut, yaitu ....
A.
Kemerdekaan
yang diproklamirkan untuk seluruh wilayah Indonesia ternyata hanya meliputi
sebagian saja
B.
Kemerdekaan
yang diproklamirkan untuk seluruh wilayah Indonesia ternyata hnya diakui secara
yuridis saja
C.
Setelah
mengalami penderitaan dan kerugian baik moril maupun materil sekian lamanya
ternyata harus menanggung semua biaya peperangan
D.
Apa
yang dulu diidam-idamkanmembentuk Negara kesatuan ternyata hanya dijadikan
sebagai negara persemakmuran Belanda
E.
Indonesia
tidak merdeka secara penuh karena masih terikat dari Kerajaan Belanda melalui
pembentukan Uni Indonesia-Belanda
ANS: A
12.
Tahun 1948 ditandai dengan pecahnya pemberontakan
besar pertama setelah Indonesia merdeka, yaitu pemberontakan Partai Komunis
Indonesia (PKI) di Madiun. Di awal pemberontakan, pembunuhan terhadap pejabat
pemerintah dan para pemimpin partai yang anti komunis terjadi. Tetapi pasukan
pemerintah yang dipelopori Divisi Siliwangi kemudian berhasil mendesak mundur
pemberontak. Puncaknya adalah ketika Musso tewas tertembak dan Amir Syarifuddin
juga tertangkap. Amir Syarifuddin pun akhirnya dijatuhi hukuman mati. dampak
pemberontakan PKI Madiun adalah pembunuhan terhadap pejabat pemerintah dan para
pemimpin partai yang anti komunis, semakin menguatnya upaya untuk membentuk
tentara Indonesia yang lebih profesional, berbagai laskar dan kekuatan
bersenjata “liar” berhasil didemobilisasi (dibubarkan), simpati AS sebagai
penengah dalam konflik dan perundingan antara Indonesia dengan Belanda perlahan
berubah menjadi dukungan terhadap Indonesia, dan Belanda yang kemudian
menggunakan kondisi tersebut untuk melancarkan agresi militernya yang kedua
pada Desember 1948. Kesimpulan dari wacana
di atas bagi perjuangan diplomasi adalah..
A.
Adanya dukungan dan simpatik dari AS terhadap perjuangan
diplomasi kemerdekan Republik Indoneisa
B.
Belanda melancarakan upaya Agresi Militernya yang ke dua
pada tahun 1948
C.
Pemberontakan PKI telah ikut melemahkan kekuatan
pertahanan pasukan Republik Indonesia yang tengah menghadapi Agresi Militer
Belanda.
D.
membentuk pemerintahan yang demokratis
E. Melakukan propaganda
bahwa Revolusi Indonesia sedang menuju arah yang salah
13.
Gerakan
DI/TII tidak saja terjadi di Jawa Barat, tetapi juga di berbagai daerah di
Indonesia seperti di Aceh, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan. Tujuan gerakan
ini adalah untuk memisahkan diri dari
NKRI. Tindakan gerakan DI/TII ingin mendirikan
negara dalam negara adalah bertentangan dengan ….
A.
sistem
demokrasi liberal yang ditetapkan negara
B.
sistem
pemerintahan yang ada di Indonesia
C.
cita-cita
proklamasi dan dasar negara RI
D.
kepribadian
bangsa yang menjunjung tinggi kesatuan
E.
tujuan
awal dari pembentukan negara Indonesia
14.
Sultan
Hamengkubwono IX (12 April 1912-2
Oktober 1988) adalah Sultan Yogyakarta ke-9 dan Gubernur pertama Daerah
Istimewa bYogyakarta serta pernah menjabat wakil presiden Republik Indonesia
yang kedua. Beliau memiliki bperan yang sangat besabdalam mempertahankan
bkemerdekaan Indonesia. Peran beliau dalam bmempertahankan kemerdekaan
Indonesia adalah ....
A.
menyediakan
keraton Yogyakarta sebagai markas pejuang dan TNI ketika Serangan Umum 1 Maret
1949
A.
menjadi
tokoh utama memimpin perang dalam
Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan
tentara Sekutu
B.
menjadikan
keraton Yogyakarta sebagai pusat
pemerintahan Sementara Republik Indonesia
C.
menjadi
tokoh utama sebagai penggerak Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu
D. sebagai pemimpin negara menggantikan Soekarno dalam Serangan Umum 1 Maret 1945
15.
Pelaksanaan sistem Demokrasi Liberal yang pernah
diterapkan di Indonesia memiliki corak yang berbeda dengan pelaksanaan system
Demokrasi Liberal di negara lainnya. Salah satu yang membedakan adalah
terjadinya pergantian kabinet yang cepat. Selama 14 tahun pelaksanaan sistem
Demokrasi Liberal tercatat terdapat 10 Kabinet, artinya masing masing kabinet
melaksanakan tugasnya tidak sampai 2 tahun , bahkan hanya beberapa bulan saja ,
salah satunya adalah Kabinet Sukiman ( April 1951 – Februari 1952 ). Faktor penyebab
jatuhnya kabinet Sukiman adalah mosi tidak percaya dari Parlemen terhadap …
A.
peristiwa
Tanjung Morawa.
B.
konfrontasi
dengan Malaysia.
C.
kegagalan
dalam perjuangan
pembebasan Irian Barat.
D.
kegagalan kubu Indonesia dalam Perundingan Renville
E. pemberian bantuan Mutual Security Act dari Amerika
A.
pembangunan semakin berkembang dengan adanya
mega proyek mercusuar
B.
Indonesia lebih dikenal di mata dunia
internasional dengan adanya politik mercusuar
C.
Perekonomian lebih maju karena DPRGR buatan
Presiden selalu menyetujui anggaran yang diajukan oleh Presiden
D.
Presiden memiliki keleluasaan dalam
menentukan anggaran belanja, tanpa campur tangan DPR sehingga pembangunan lebih
terarah
E. DPR tidak dapat menjalankan haknya untuk ikut menentukan anggaran belanja negara, sehingga anggaran belanja tidak terkontrol
17.
Kondisi ekonomi pada masa Demokrasi
Terpimpin secara umum ditandai dengan tingkat inflasi membumbung tinggi , kenaikan harga
barang-barang umumnya naik 400% ,terjadi stagnasi ekonomi defisit dari tahun ke
tahun semakin meningkat 40 kali lipat . Berikut ini yang bukan
merupakan sebab kegagalan pembangunan ekonomi masa Orde Lama, adalah ....
A.
penyelenggaraan
mega proyek mercusuar memaksa pemerintah memperbesar pengeluaran anggaran
belanjanya tiap tahun.
B.
kebijakan ekonomi
yang ditempuh oleh pemerintah didasarkan kepada kepentingan politis
C.
modal
pembangunan mengandalkan pada pinjaman dari luar negeri
D.
ketidaktepatan rencana maupun penyimpangan dalam
pelaksanaan
E.
anggaran,
dan pengeluaran negara tidak terkendali dan diluar pengawasan DPR
18.
Perhatikan
deskripsi berikut ini.
Pada permulaan Orde Baru program pemerintah
dalam bidang ekonomi lebih berorientasi pada usaha penyelamatan ekonomi
nasional terutama pada usaha mengendalikan tingkat inflasi, penyelamatan
keuangan negara dan pengamanan kebutuhan pokok rakyat. Tindakan pemerintah ini
dilakukan karena adanya kenaikan harga pada awal tahun 1966 yang menunjukkan
tingkat inflasi kurang lebih 650 % setahun. Hal itu menjadi penyebab kurang
lancarnya program pembangunan yang telah direncanakan pemerintah.
Dari
deskripsi di atas, cara pemerintah yang paling tepat untuk mengatasi kondisi di
tersebut adalah…
A.
stabilisasi
dan Rehabilitasi Ekonomi
B.
kerja
Sama Luar Negeri
C.
pembangunan
Nasional
D.
penyederhanaan
Lembaga BUMN
E.
penurunan
Nilai Mata Uang
19.
Reformasi
merupakan suatu perubahan tatanan perikehidupan lama dengan tatanan
perikehidupan yang baru dan secara hukum menuju ke arah perbaikan. Gerakan
reformasi, pada tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaharuan dan perubahan,
terutama perbaikan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, dan hukum. Contoh reformasi yang dilakukan
pemerintah di bidang politik adalah ....
A.
menaikan
nilai tukar rupiah yang anjlok
B.
meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
C.
penambahan
modal para pengusaha pribumi
D.
memberi
kebebasan berpendapat di muka umum
E. pengurangan TNI sebagai anggota MPR/DPR
20.
Salah satu agenda reformasi yang digulirkan pada
tahun 1998 adalah pelaksanaan otonomi daerah, karena dengan otonomi daerah hak,
wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur
dan mengurus rumah tangganya sendiri
sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini mendorong setiap
daerah untuk mengembangkan dan membangun
daerahnya demi mencapai kesejahteraan warganya dalam berbagai bidang. Salah satu bentuk pelaksanaan otonomi daerah di
bidang politik adalah ….
A.
Pengembangan kurikulum pendidikan
B.
Pemilihan Kepala daerah secara langsung
C.
Merencanakan Anggaran Belanja Daerah
D.
Penentuan upah minimum regional (UMR)
E. Mengatur penentuan jumlah restribusi pajak
21.
Perang Vietnam – Kamboja atau perng saudara
di Kamboja adalah konflik yang mengadu kekuatan partai komunis Kampuchea (
Khemer Merah )dengan sekutunya Republik demokratik Vietnam ( Vietnam Utara )
dan Vietcong melawan pasukan pemerintah dari kerajaan Kamboja yang di dukung
oleh Amerika Serikat dan Vietnam Selatan. Adanya perebutan pengaruh di Kamboja
oleh pihak America Serikat, China, dan Vietnam Utara ini menimbulkan
kekhawatiran negara – negara di Kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia
karena dapat menggangu dan mengancam stabilitas keamanan di Kawasan Asia
Tenggara. Melihat kondisi seperti ini Indonesia melalui ASEAN menawarkan
mediasi untuk mengatasi konflik di Kamboja ini, melalui mentri luar Negeri Ali
Alatas Indonesia mengusulkan ... .
A.
pembentukan pemerintahan
koalisi yang longgar di Kamboja
B.
Vietnam menarik mundur
pasukan militernya dari Kamboja
C.
diselenggarakannya JIM1
dan ke-2 tahun 1988 dan 1989
D.
diadakan KTT yang
menghasilkan perundingan damai
E.
pembentukan badan PBB
yang khusus menangani masalah Kamboja
22.
ASEAN
adalah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara yang bergerak di bidang
ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia mampu
memainkan peran sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan
Presiden Soeharto. Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam
perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah
perkembangan organisasi tersebut. Contoh peran Indonesia dalam ASEAN menjadi
penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik
ini dapat diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara
menyepakati adanya perjanjian damai. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan
bahwa Indonesia....
A.
dapat
menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai dunia
B.
mampu
menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara
C.
dapat
menyelesaikan permasalahan ASEAN tanpa bantuan
D.
bekerjasama
dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran
E.
mampu
mewujudkan suatu stabilatas nasional melalui keadilan
23.
Perhatikan
pernyataan berikut ini !
1)
menerima
Kamboja sebagai anggota ASEAN
2)
membantu
empat faksi yang sedang bertikai di Kamboja
3)
mendukung
diselenggarakannya Pemilu secara adil di Kamboja
4)
meminta
Indonesia sebagai mediasi perudingan antar faksi yang bertikai
5)
mendukung
terbentuknya CGDK (Coalition Government Democratic Kampuchea )
Peranan
Indonesia dalam menyelesaikan konflik di Kamboja ditunjukkan pada nomor ;
A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 2,3 dan 4
D. 2,3 dan 5
E. 3,4 dan 5
24.
Lembaga yang berperan penting dalam
penelitian dan pengembangan teknologi di Indonesiadi bawah koordinasi
kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempunyai tugas
melaksanakan tugas pemerintah di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.
Proses pembentukannya bermula dari gagasan Presiden Soeharto pada tahun 1974
adalah…
A.
Badan
Pengkajian dan Penerapan Teknologi
B.
Industri
Pesawat Terbang Nusantara
C.
Badan
Tenaga Atom Nasional
D.
PT PAL
E. PT KA
25.
Salah satu masalah yang dihadapi oleh
pemerintah Orde Baru adalah produksi pangan yang tidak seimbang dengan
kepadatan penduduk yang terus meningkat. Oleh karena itu pemerintah Orde Baru
memasukkan Revolusi Hijau dalam program Pelita. Konsep Revolusi Hijau yang di
Indonesia dikenal sebagai gerakan Bimas (bimbingan masyarakat) adalah program
nasional untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya swasembada beras.
Implementasi Revolusi Hijau di Indonesia di lakukan dengan berbagai upaya yang
dapat mendukung suksesnya Program Pemerintah tersebut, salah satunya adalah
dengan melakukan ekstensifikasi pertanian. Yang dimaksud dengan ekstensifikasi
pertanian adalah....
A.
usaha
penganekaragaman jenis tanaman pada suatu lahan pertanian melalui sistem
tumpang sari.
B.
usaha
pemulihan kemampuan produktivitas sumber daya pertanian yang sudah kritis yang
membahayakan kondisi lingkungan.
C.
memperluas
areal pertanian atau lahan pertanian yang dapat ditanami dengan pembukaan
lahan-lahan baru.
D.
penggunaan
teknologi tepat guna dan pemulihan produktivitas dengan cara melakukan
penganekaragaman tanaman padi.
E.
usaha
peningkatan produktivitas sumber daya alam, pengggunaan teknologi tepat guna,
dan pemanfaatan segala sarana seperti bibit unggul, pestisida dan pemupukan.
Komentar
Posting Komentar