latihan soal Pendudukan Jepang di Indonesia
1.
Penjajahan Jepang di Indonesia memicu
reaksi dan perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia. Perlawanan yang
dilakukan antara lain melalui gerakan bawah tanah dan perlawanan bersenjata.
Salah satu bentuk perlawanan bersenjata terjadi di daerah Singaparna yang
dipimpin oleh K.H. Zainal Mustafa yang dilatar belakangi oleh ....
A.
Kebijakan Jepang mewajibkan kerja paksa
pada kaum santri
B.
Penyiksaan yang dilakukan Jepang
terhadap rakyat Singaparna
C.
Kekejaman Jepang terhadap rakyat yang
melakukan salat
D.
Kewajiban penghormatan saikerei kepada
kaisar Jepang
E.
K.H Zainal Mustafa mendapatkan bantuan
anggota Peta untuk menentang Jepang
2.
Perlawanan rakyat Aceh selanjutnya
dilakukan oleh Teuku Hamid. Perlawanan tersebut terjadi karena Teuku Hamid
tidak setuju terhadap praktik eksploitasi Jepang terhadap tanah pertanian
rakyat. Praktik eksploitasi tanah pertanian yang diterapkan Jepang dilakukan
dengan dua cara. Salah satunya adalah dengan ...
A.
Mewajibkan rakyat untuk menanam pohon
jarak dan kapas untuk kepentingan perang Jepang
B.
Mewajibkan rakyat untuk menanam 80% tanahnya
dengan tanaman tembakau
C.
Menancapi sawah rakyat dengan bambu
runcing, sebagai langkah agar pasukan terjun payung sekutu tidak dapat mendarat
di Aceh
D.
Mamksa rakyat Aceh menyerahkan seluh
padi dari hasil panen yang diperoleh petani, padahal Jepang menetapkan
kewajiban penyetoran padi hanya 30% dari hasil panen
E.
Melarang rakyat Aceh untuk menanam padi
3.
Perlawanan rakyat Papua di Biak dipimpin
oleh L. Rumkorem dengan berbekal senjata sederhana. Kemudian perlawanan rakyat
Biak meluas ke wilayah Yapen Selatan. Pemimpin perlawanan di Yapen Selatan
adalah seorang pahlawan dari Papua yang aktif berjuang melawan penindasan
Jepang. Pemimpin di Yapen Selatan yang dimaksud adalah..
A.
Mako Tabuni
B.
Benny Wenda
C.
Silas Papare
D.
L. Rumkorem
E.
Filep Karma
4.
Pang Suma merupakan pemimpin Suku Dayak
yang melakukan perlawanan terhadap Jepang. Perlawanan Pang Suma terjadi akibat
adnya dua alasan. Kedua alasan tersebut adalah ....
A.
Penindasan Jepang terhadap rakyat dan
kebijakan seikerei yang diterapkan pemerintah Jepang
B.
Aksi rektutmen mata-mata yang dilakukan
Jepang terhadap penduduk lokal dan kebijakan seikerei yang diterapkan
pemerintah Jepang
C.
Penindasan Jepang terhadap rakyat dan
Aksi rektutmen mata-mata yang dilakukan Jepang terhadap penduduk lokal
D.
Penindasan Jepang terhadap para petani
yang megharuskan petani untuk menyerahkan seluruh hasil panennya dan aksi
Jepang menancapi tanah pertanian dengan bambu runcing
E.
kebijakan seikerei yang diterapkan
pemerintah Jepang dan aksi Jepang menancapi tanah pertanian dengan bambu
runcing
5.
Abdul Jalil adalah seorang ulama muda,
guru mengaji di daerah Cot Plieng, Provinsi Aceh. Karena melihat kekejaman dan
kesewenangan pemerintah pendudukan Jepang, terutama terhadap romusha, maka
rakyat Cot Plieng melancarkan perlawanan. Perlawanan Abdul Jalil terjadi di
daerah .....
A.
Indramayu
B.
Singaparna
C.
Aceh
D.
Kalimantan
E.
Sulawesi
6.
Perlawanan rakyat Indramayu terjadi di
beberapa desa, yakni Desa Kaplongan, Distrik Karangampel pada bulan April 1944.
Kemudian pada bulan Juli, muncul pula perlawanan
rakyat di Desa Cidempet, Kecamatan
Lohbener. Rakyat Indramayu memiliki semboyan dalam melawan pihak Jepang,
semboyan tersebut yakni ....
A.
"Maju bersam Allah"
B.
"Lebih baik mati daripada mengaku
kalah"
C.
"Berjuang sampai titik darah
penghabisan"
D.
"Lebih baik mati melawan Jepang
daripada mati kelaparan"
E.
"Lebih baik hancur lebur daripada
tidak merdeka"
7.
Jika dilihat, ketika terjadinya
perlawanan oleh rakyat Kalimantan yang dipimpin oleh Pang Suma. Terdapat
kegagalan terbesar yakni adanya ......
A.
Kesenjangan yang diciptakan
B.
Kesalahpahaman antar pihak
C.
Kekurangan dari segi persenjataan
D.
Kerja sama dengan pihak sekutu
E.
Mata-mata dari orang Indonesia sendiri
8.
Di Indonesia, Jepang menyebut dirinya
sebagai saudara tua, serta mempropagandakan perang Pasifik sebagai Perang Asia
Timur Raya. Selain itu juga membentuk Gerakan Tiga A, Putera dan Jawa Hokokai.
Putera didirikan pada tanggal 9 Maret 1943 dengan pimpinan 4 serangkai yaitu
Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur. Bagi
bangsa Indonesia Putera dimanfaatkan untuk ....
A.
Membantu Jepang dalam memenangkan Perang
Pasifik
B.
Mengajukan usul kepada pemerintahan
Jepang
C.
Menghimpun tenaga rakyat Indonesia untuk
membantu Jepang
D.
Mengkoordinasi berbagai kegiatan umat
Islam
E.
Menumbuhkan semangat kebangsaan dalam
jiwa
9.
Perlawanan terhadap Jepang di Blitar
dipelopori oleh Pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Yang melatarbelakangi
perlawanan Peta terhadap Jepang adalah ....
A.
Penindasan yang dilakukan Jepang
terhadap anggota Peta
B.
Kekecewaan tentara Peta terhadap Jepang
atas penindasan yang dilakukan kepada para romusha saat membangun kubu-kubu
pertahanan di panatai Selatan Jawa Timur
C.
Tipu muslihat Jepang yang telah
memperdaya Muradi sehingga masuk perangkap Jepang
D.
Ditawannya tokok-tokoh Peta yang
terlibat dalam pemberontakan melawan Jepang
E.
Kekecewaan para tokoh Peta karena Jepang
ingkar janji dari propaganda yang sudah dilakukan kepada Bangsa Indonesia untuk
memberikan kemerdekaan
10.
Hubungan antara propaganda Jepang dengan
perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang di berbagai daerah di Indonesia
adalah ....
A.
Propaganda Jepang telah melecehkan harga
diri bangsa Indonesia
B.
Penerapan penyerahan wajib padi dan
pengerahan kerja paksa oleh Jepang
C.
Sikap Jepang tidak sesuai dengan
propaganda yang di janjikan sebelumnya
D.
Propaganda tersebut menyebabkan
masyarakat merasa tertipu
E.
Sikap Jepang yang sewenang-wenang
terhadap rakyat Indonesia
11.
Walaupun sempat mendapat tanggapan
positif yang berdampak pada munculnya rasa optimisme bangsa Indonesia terhadap
kedatangan jepang, pada akhirnya Jepang juga tidak berbeda dengan negara lain
yang membawa kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Hal tersebut pada
akhirnya mendorong bangsa Indonesia untuk melakukan perlawanan. Salah satu
perlawanan terhadap Jepang yang paling dikenal adalah Perlawanan Peta di
Blitar. Penyebab perlawanan tersebut adalah....
A.
Sikap Jepang yang kejam terhadap rakyat
dan prajurit Indonesia pada khususnya
B.
Penolakan terhadap kebijakan seikerei
C.
Keengganan prajurit Peta untuk membantu
Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
D.
Adanya persoalan pengumpulan padi,
romusha, dan heiho yang dilakukan secara paksa
E.
Tindakan sewenang-wenang yang dilakukan
oleh pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia
12.
Pendudukan Jepang di Indonesia
menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat Indonesia. Hal ini disebabkan Jepang
mengadakan eksploitasi baik bidang ekonomi maupun sosial. Pada Maret 1943
pemerintah Jepang membentuk Pusat Tenaga Rakyat (Putra) yang dipimpin oleh
empat serangkai yaitu Ir. Soekarno, Hatta, Mas Mansyur , Ki Hajar Dewantara.
Melalui Putra, para pemimpin Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara
langsung, baik melayu rapat maupun media masa milik Jepang. Pada perkembangan
organisasi Putra dimanfaatkan oleh para pemimpin Indonesia dalam proses
perjuangan bangsa Indonesia, karena....
A.
menarik perhatian bangsa Indonesia agar
membantu pasukan Jepang dalam perang Asia Timur Raya
B.
membangkitkan semangat nasionalisme
serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri bangsa
C.
membujuk kaum nasionalis sekuler dan
kaum intelektual agar dapat mengerahkan tenaga untuk melawan Jepang
D.
mengerahkan rakyat Indonesia untuk
mendukung peperangan Jepang menghadapi sekutu
E.
mempersatukan rakyat Jawa dalam
menghadapi serangan sekutu dalam perang Asia Timur Raya
13.
Kelompok tokoh nasional yang menyambut
dengan baik kedatangan Jepang ke Indonesia dilandasi dengan adanya optimisme
akan kemerdekaan yang akan diberikan Jepang kepada Indonesia. Lain halnya
dengan kelompok nonkooperatif yang perjuangannya dilakukan melalui gerakan
bawah tanah. Strategi perjuangan non koperatif gerakan bawah tanah yang
dimaksud adalah ….
A.
Bersifat radikal dan menolak kerjasama
dengan penjajah
B.
Kegiatan oraganisasi kebangsaan bersifat
lunak dan terbuka
C.
Kegiatan organisasi dilakukan secara
sembunyi-sembunyi
D.
Kegiatan organisasi dilakukan secara
masif dan ekstrimis
E.
Kegiatan secara terang
Oragnisasi dengan terang-terangan
menggalang persatuaan
14.
Bacalah dengan seksama lirik lagu dan
teks berikut!
Bagimu Negri
Padamu Negri kami berjanji
Padamu Negri kami berbakti
Padamu Negri kami mengabdi
Bagimu Negri jiwa raga kami
Menurut Soerya dalam Berita
Nasional tanggal 20 Mei 1984 bahwa lagu ini diciptakan oleh Kusbini tahun 1942
atas permintaan Sukarno yang awalnya untuk siaran pendidikan taman kanak-kanak
guna mengimbangi lagu-lagu propaganda Jepang yang marak saat itu (Mintargo,
2009). Kusbini bekerja sebagai pemain biola dan penyiar taman kanak-kanak
bersama Ibu Sud di Radio Houso Kanri Kyoku. Menurut Ki Suratman tahun 1943-1944
pemerintah Jepang melarang mengumandangkan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’
maka lagu ‘Bagimu Neg’ri diperdengarkan sebagai pengganti sementara lagu
kebangsaan ‘Indonesia Raya’ (Printina, 2017). Lagu ‘Bagimu Neg’ri’ dimaksudkan
adalah Negara Republik Indonesia yang disingkat dengan kata sandi ‘Neg’ri’,
agar tidak diketahui pemerintah Jepang. Hal ini bermula dari pandangan Kusbini
yang melihat bahwa hati para pemimpin bangsa Indonesia yang bekerjasama dengan
pihak Jepang tetap berkobar semangat untuk merdeka, namun semangat itu ditekan
dan disembunyikan demi perjuangan bangsa Indonesia.
Berdasarkan lirik lagu dan teks di
atas, maka makna lagu Bagimu Negri adalah ….
A.
lagu yang digunakan bangsa Indonesia
untuk mengimbangi lagu-lagu propaganda Jepang yang marak saat itu.
B.
lagu ‘Bagimu Neg’ri sebagai pengganti
sementara lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ yang dilarang oleh Jepang.
C.
semangat yang disembunyikan para
pemimpin bangsa Indonesia untuk kemerdekaan saat bekerjasama dengan Jepang
D.
Negara Republik Indonesia yang disingkat
dengan kata sandi ‘Neg’ri’ pada lirik lagu, agar tidak diketahui pemerintah
Jepang.
E.
lagu yang mengajak dan menganjurkan
kepada seluruh bangsa Indonesia agar berbuat dengan ikhlas demi jiwa raga tanpa
pamrih.
15.
Perhatikan informasi berikut ini.
“tujuan awal pembentukan organisasi
Peta adalah memenuhi kepentingan perang Jeapng di wilayah pasifik. Dalam
perkembangannya, ternyata Peta lebih bermanfaat bagi bangsa Indonesia untuk
meraih kemerdekaan melalui perjuangan fisik, contohna yaitu Jenderal Sudirman yang
merupakan tokoh miliiter Indonesia yang pernah memimpin pasukan
Peta.”Berdasarkan informasi berikut, dapat didisimpulkan latar belakang
dibubarkannya Peta adalah …
A. Jepang
ingin membentuk organisasi militer lain
B. Peta
banyak dimanfaatkan oleh golongan Romusa untuk memberontak
C. Peta
tidak memiliki kriteria dalam memenuhi kebutuhan perang Jepang di lautan
Pasifik
D. Pemuda-pemuda
Indonesia tidak bersedia dijadikan sebagai tantara dalam perang Jepang
E. Peta
terlalu bersifat nasional dan dianggap membahayakan kedudukan Jepang di
Indonesia
16.
Upacara Seikerei adalah kegiatan ibadah
menyembah dewa matahari bagi penganut agama Shinto. Seikerei merupakan sikap
hormat yang membungkukkan badan ke arah matahari terbit setiap pagi, setiap
pertemuan umum, dan juga sekaligus menyebut nama kaisar Tenno Haika, yang
dikenal sebagai kaisar Jepang. Jepang mengeluarkan aturan seikerei bagi rakyat
Indonesia. Tetapi banyak Ulama yang menentang Seikerei karena bertentangan
dengan ajaran Islam. Pada bulan Februari 1944 terjadi pemberontakan terhadap
Jepang di Singaparna yang dipimpin oleh ….
A. Tengku
Abdul Jalil
B. Teuku
Hamid
C. K.H.
Zaenal Mustafa
D. Supriyadi
E. Sukarni
17.
Perlawanan fisik terhadap Jepang salah
satu faktor terbesarnya adalah karena kebijakan Seikerei, Romusha, dan
Penyerahan wajib hasil pertanian. Mengapa rakyat Indonesia pada masa pendudukan
Jepang menolak kebijakan-kebijakan tersebut?...
A. Karena
merugikan Jepang saat itu dan menyejahterakan rakyat
B. Karena
menolak hormat terhadap dewa matahari dan kebijakan tersebut membuat penderitaan
C. Karena
dipaksa untuk menjadi pekerja dengan upah yang besar
D. Karena
tidak memberikan keuntungan bagi Belanda
E. Dianggap
hal yang sangat menarik untuk melawan Jepang dengan segenap kekuatan yang ada
18.
Penderitaan yang terjadi akibat
kesewang-wenangan Jepang menyebabkan rakyat Papua melakukan perlawanan.
Perlawanan rakyat Papua diawali oleh sebuah gerakan yang muncul di Biak.
Gerakan tersebut bernama ...
A. Gerakan
ratu adil
B. Gerakan
bawah tanah
C. Gerakan
bersama
D. Gerakan
Koreri
E. Gerakan
Biak
19.
Perhatikan tokoh dibawah ini!
(1)
Ir. Soekarno
(2)
Mohammad Hatta
(3)
K.H. Mas Mansur
(4)
Suwardi Suryaningrat
Tokoh di atas merupakan tokoh yang
memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia ketika masa pendudukan Jepang yang
dikenal dengan sebutan “Empat Serangkai”. Peran dari tokoh-tokoh tersebut
adalah....
A. Membentuk
Jong Java yang memperjuangkan aspirasi para pemuda
B. Melaksanakan
gerakan bawah tanah ketika masa pendudukan Jepang
C. Tergabung
dalam organisasi PUTERA yang menghimpun kekuatan massa pada masa pendudukan
Jepang\
D. Melaksanakan
perlawanan militer terhadap pemerintah Jepang
E. Memperjuangkan
kemerdekaan bangsa Indonesia ketika masa pendudukan Jepang melalui jalur
kerjasama
20.
Banyak masyarakat Indonesia yang
menderita saat wilayahnya dikuasai oleh Jepang. Hal ini dikarenakan, mereka
dipaksa untuk membuat parit, membuat jalan, membuat lapangan terbang, dan masih
banyak lagi, mereka dipaksa oleh Jepang menjadi Romusha. Salah satu respon
masyarakat Indonesia terhadap tindakan Jepang mewajibkan Romusya adalah....
A. bulan
Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang dipimpin
oleh Kiai Zainal Mustofa
B. tanggal
14 Februari 1945 terjadi pemberontakan yang dilakukan para tentara PETA
(Pembela Tanah Air) di bawah pimpinan Supriyadi.
C. tanggal
30 Juli 1945 terjadi pemberontakan di Desa Cidempet, Kecamatan Loh Bener
Indramayu Jawa Barat
D. tanggal
10 Nopember 1943 terjadi pemberontakan terhadap Jepang di Tasikmalaya yang
dipimpin oleh Zaenal Maarif
E. tanggal
10 November 1942 terjadi penyerangan terhadap Jepang di Cot Plieng yang
dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil
21.
Peran serta golongan pemuda dalam organisasi
bentukan pemerintah pendudukan Jepang,
baik organisasi militer maupun
organisasi semimiliter, ternyata membawa dampak positif
bagi Bangsa Indonesia, yaitu ....
A. mempersiapkan
diri sebagai bangsa yang akan merdeka
B. membentuk
angkatan perang Republik Indonesia
C. sebagian
golongan pemuda memperoleh pendidikan militer
D. mempertahankan
tanah air agar tidak dikuasai bangsa Barat
E. mendapat
bantuan dalam menghadapi perang Asia Pasifik
22.
Sistem ekonomi yang diterapkan
pemerintah pendudukan Jepang adalah dengan melakukan perubahan dari sistem
ekonomi sentralistik ke sistem ekonomi desentralisasi, atau lebih dikenal
dengan sistem autarki yaitu setiap daerah harus mampu mencukupi kebutuhan
ekonomi sendiri. Hal tersebut sebenarnya memberi contoh kepada bangsa Indonesia
dalam hal ....
A. kerja
keras
B. hidup
hemat
C. tolong
menolong
D. hidup
mandiri
E. toleransi
23.
Pada masa penjajahan Jepang banyak
kebijakan yang dilakukan dalam bidang ekonomi diantaranya menerapkan kebijakan
autarki.Maksud Jepang menerapkan kebijakan tersebut adalah….
A. Menyiapkan
logistik perang sesuai dengan keunggulan tiap-tiap daerah
B. Menyiapkan
sentra-sentra ekonomii demi kebutuhan perang Jepang
C. Wujud
desentralisasi ekonomi yang diterapkan Jepang
D. Untuk
melatih masyarakat mandiri secara ekonomi
E. Agar
tidak membebani keuangan Jepang
24.
Pada masa pendudukan Jepang, Jepang
membentuk kesatuan pemuda yang
tergabung dalam berbagai kesatuan
pertahanan menjadi menjadi pemuda[1]pemuda
yang terdidik dan terlatih. Banyak kalangan pemuda tertarik untuk
mengikutinya, namun mereka tidak
mengetahui jika Jepang hanya
memanfaatkannya untuk keperluan
militer Jepang dalam perang Asia-Pasifik.
Hal tersebut terjadi karena ....
A. termotivasi untuk kemerdekaan
Indonesia melawan Belanda
B. para pemuda ingin terlibat dalam
perang Pasifik melawan Sekutu
C. adanya semboyan Jepang saudara
tua dan Gerakan 3A
D. para pemuda ingin mengangkat
derajat bangsa Indonesia
E. kepedulian Jepang terhadap
pemuda yang berpotensi dari segi militer
25.
Masa pendudukan Jepang di Indonesia
adalah masa yang sangat berpengaruh bagi perkembangan Indonesia. Umumnya
beranggapan bahwa masa pendudukan Jepang adalah masa paling kelam dan penuh
penderitaan. Akan tetapi tidak semuanya itu benar, ada beberapa kebijakan
pemerintah pendudukan Jepang yang memberikan dampak positif, salah satunya
adalah dalam bidang pendidikan.Dampak positif masa pendudukan Jepang dalam
bidang pendidikan adalah ... .
A. sistem
pendidikan di Indonesia meniru model pendidikan barat
B. penggunaan
bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah
C. melahirkan
golongan terpelajar yang mempelopori pergerakan nasional di Indonesia
D. diajarkannya
tulisan kanji dan Hiragana
E. munculnya
tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
26.
Salah satu alas.4n kegiatan organisasi
politik di Indonesia tidak berkembanglagi pada masa pemerintahan pendudukan
Jepang adalah.. ..
A. Semua organisasi baik politik, social,
ekonomi, yang didirikan bangsa Indonesia diganti serta diatur sesuai dengan
kehendak pemerintah Jepang
B. Tidak
adanyakebebasan bangsa Indonesia untuk dunia pendidikan
C. Semua
organisasi diperbolehkan mengembangkan kegiatannya asal mau kerjasama dengan
kehendak pemerintah Jepang
D. Tenaga
bangsa Indonesia hanya ditujukan untuk memikirkan keberhasilan peperangan oleh
Jepang
E. Bangsa
Indonesia menolak kerjasama dengan Jepang dalam rangka perang Asia Timur Raya
27.
Selama pendudukan Jepang di Indonesia
tahun 1942-1945, Jepang secara tidak langsung membawa dampak perubahan terhadap
Indonesia. Kebijakan Jepang yang berusaha menghapus segala bentuk pengaruh
Barat di Indonesia, contoh penggunaan Bahasa Indonesia yang kemudian berdampak
pada… .
A. bahasa
Indonesia menjadi populer
B. berkembangnya
puisi Indonesia
C. berkembangnya
tata Bahasa Indonesia
D. berkembangnya
pendidikan Indonesia
E. bahasa
Indonesia menjadi bahasa pengantar dalam pendidikan
28.
Budaya Seikerei yang wajib dilakukan
oleh rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang, yaitu membungkukkan badan
menghadap matahari terbit setiap pagi. Bagi rakyat Indonesia hal ini direspon
dengan penolakan, karena … .
A. sangat
bertentangan dengan ajaran agama Islam
B. rakyat
Indonesia tidak memahami bahasa Jepang
C. dianggap
sebagai kebudayaan dari bangsa penjajah
D. Jepang
memiliki kebudayaan yang sangat sulit ditiru
E. tidak
sesuai dengan adat tradisi masyarakat Indonesia
29.
Romusha adalah pahlawan pekerja menurut
pemerintah Jepang. Semua pembangunan infrastruktur yang diperlukan untuk Perang
Asia Timur Raya di Indonesia dilakukan dengan menggunakan tenaga romusha yang
kebanyakan adalah para petani. Dampak dari kebijakan ini bagi bangsa Indonesia
adalah … .
A.
menjadikan rakyat Indonesia sebagai
bangsa terhormat, karena menjadi pahlawan pekerja
B.
membawa kesengsaraan, karena romusha
pelaksanaannya sama dengan kegiatan perbudakan
C.
menimbulkan rasa kebanggaan bagi bangsa
Indonesia, karena mampu membantu Jepang dengan tenaga
D.
pemerintah pendudukan Jepang sangat
menghormati pekerja romusha, karena membantu pihak Jepang
E.
menimbulkan kesetiaan rakyat Indonesia
terhadap Jepang, karena para romusha diberikan kesejahteraan
30.
Gatot Mangunprojo mengusulkan kepada
Jendral Kumakici Harada yang menjabat sebagai Panglima Tentara keenam belas
untuk membentuk organisasi militer dan usulan tersebut disetujui akhirnya, dibentuklah suatu organisasi militer yang kelak setelah Indonesia merdeka banyak
melahirkan pemimpin TNI . Organisasi militer tersebut adalah..
A.
PETA
B.
Heiho
C.
Fujinkai
D.
Kaibodan
E.
Seinendan
31.
Pada masa pendudukan Jepang di
Indonesia, Jepang banyak membentuk kesatuan semimiliter dan militer seperti Fujinkai, Seinendan, Heiho,
PETA dan sebagainya. Adapun tujuan dari
pembentukan pertahanan semimiliter dan
militer tersebut ialah… .
A. menjaga
keamanan rakyat
B. mempertahankan
tanah air dengan kekuatan sendiri
C. meningkatkan
semangat nasionalisme di kalangan pemuda
D. meningkatkan
kesadaran para pemuda akan hak dan tanggung jawabnya
E. mempersiapkan
pemuda untuk membantu Jepang dalam menghadapi Sekutu
32.
Perhatikan data-data di bawah ini:
1) Pengerahan
romusha mengakibatkan terjadinya pemberontakan PETA di Blitar
2) Pengerahan
bahan makanan dari hasil rakyat menyebabkan kemiskinan sehingga timbul penyakit
kurang gizi
3) Tindakan
pemerintah Jepang menimbulkan lingkaran kesengsaraan bagi rakyat
4) Produksi
pangan terus-menerus merosot akibat kewajiban yang harus ditanggung petani
5) Kebijakan
seikerei yang diterapkan pemerintah Jepang menimbulkan perlawanan di Aceh yang
dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil
Dari data di atas yang merupakan
dampak ekonomi selama pendudukan Jepang yang dirasakan Bangsa Indonesia
adalah….
A. 1),
2), 3)
B. 1),
2), 4)
C. 1),
3), 5)
D. 2),
3), 4)
E. 3),
4), 5)
33.
Untuk menghadapi sekutu dalam perang
Pasifik, Jepang merekrut para pemuda Indonesia untuk membela tanah air dan
bergabung dengan tentara Jepang , Jepang membentuk organisasi semi militer dan
militer yang kemudian banyak di ikuti oleh pemuda Indonesia yang ingin belajar
tentang kemiliteran, organisasi mana yang dikategorikan militer … .
A.
PETA dan Heiho
B.
Heiho dan shodanco
C.
Fujinkai dan Daisan
D.
Tonarigumi dan Guminco
E.
Romusha dan Kinrohoshi
34.
Dalam pemerintahannya di Indonesia,
Jepang membentuk berbagai organisasi sosial dan meliter. Salah satunya adalah
Jawa Hokokai yang bertujuan untuk …
A.
untuk menghimpun berbagai organisasi
profesi yang berkembang di Jawa.
B.
agar rakyat Jawa dapat merelakan harta
bendanya untuk membantu Jepang.
C.
untuk mendapatkan tenaga-tenaga trampil
yang dibutuhkan dari rakyat Jawa
D.
agar rakyat Jawa mempecayai niat baik
Jepang sebagai saudara tua bangsa Asia.
E.
agar rakyat Jawa mau mendarmabaktikan
hidupnya untuk kemenangan Jepang.
35.
Jatuhnya Kepulauan Solomon
menyebabkan Jepang mengubah strategi
perang dari ofensif menjadi defensif., dengan membentuk organisasi semi militer
dan militer di Jawa salah satunya
membentuk PETA, pernyataan yang
tepat dibawah ini yang terkait dengan tindakan Jepang tersebut adalah
... .
A. PETA
diperlukan untuk membantu Jepang dalam memenangkan perang melawan sekutu
B. rakyat
Indonesia terlalu banyak yang memihak Sekutu dalam Perang Pasifik Raya
C. Jepang
memerlukan bantuan dari rakyat Indonesia apabila sekutu datang menyerang
D. PETA
merupakan pasukan yang bertugas untuk menertibkan masyarakat yang melawan
E. Jepang
dan Indonesia telah mencapai kata sepakat untuk saling membantu dalam perang
pasifik
Komentar
Posting Komentar