Belajar Menulis Dari Om Jay

 



Bersyukur saya dapat mengikuti kegiatan untuk belajar menulis dari Kelas Belajar Menulis Nusantara PB PGRI yang diinisiasi oleh Om Jay dkk. Saya dapat mngambil manfaat dan hikmah dari mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh KBMN Ke 28  PB PGRI. Setelah pembukaan yang dilkaukan pada tanggal 7 Januari kemarin kemudian proses selanjutnya dilanjutkan pertemuan 1 yang dilakukan pada tanggal 9 Januari 2023 Pukul 19.30 wib melalui media Whattapps group KBMN gel 28.

Kegiatan kelas pertama dengan narasumber DR. Wijaya Kusumah, M.Pd untuk moderator kali di pimpin oleh Pak Dail Maruf. Tema materi yang dibawakan adalah menulis setiap hari. Prakata dari narasumber yaitu smoga semuanya bisa menerbitkan buku solo. Akan ada 1000 guru punya buku sendiri. Tentunya harapan ini dapat dimungkinkan jika para peserta memiliki niat yang tinggi dan ikhlas untuk berusaha menulis cita-cita itu dapat tercapai.

Dalam materinya dalam dikirim dalam bentuk PPT mengajak peserta untuk menulis setiap hati dan buktikan apa yang terjadi. Karena menurut pandangan Om Jay ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk memahami kaitan tentang menulis. Menulis adalah kemahiran berbahasa yang keempat hal. Pertama adalah mendengar, kedua adalah mendengar, ketiga membaca dan keempat adalah menulis. Oleh karena itu menulis setiap hari dari apa yang disukai dan kuasai.

Dalam proses menulis pasti diawali oleh proses membaca maka jika ingin menulis terlibat dahulu u ntuk membaca atau literasi. Diharapkan dari proses membaca akan muncul ide dan gagasan yang ingin ditulis dan dikembangkan menjadi narasi yang baik. Pada akhirnya tulisan dan narasi itu akan tetap hidup hingga anak cucu kita nanti.

Menurut Om Jay Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain. Kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain. Atau merasa tulisannya yang paling hebat. Padahal di atas langit ada langit. Kita harus melepaskan baju kesombongan kita. Jadi menulis setiap hari bukanlah ilmu yang susah untuk dipraktekkan. Kalau kita puny blog maka menulis setiap hari terasa indah. Tulisan-tulisan kita di blog menjelma jadi buku bahkan dapat penghasilan tambahan dari menulis.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA