LATIHAN SOAL UJIAN SEJARAH INDONESIA SEKOLAH 2023

    


1.                  Konsep berfikir dalam mempelajari sejarah dapat dilakukan dengan cara berpikir diakronik yang terbiasa menggunakan konsep kronologi  dan sinkronik yang menitik beratkan pada gejala-gejala suatu peristiwa dengan waktu yang terbatas. Berdasarkan pernyataan tersebut, berikut ini yang menunjukkan perbedaan antara kronologi dan kronik, adalah ….

A.           kronologi menunjukkan urutan waktu, dan kronik menunjukkan catatan peristiwa

B.            kronologi hanya melihat peristiwa politik saja, dan kronik melihat peristiwa sosial-ekonomi

C.            kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling berhubungan, dan kronik hanya sekedar menunjukkan peristiwa tanpa jelas hubungannya

D.           kronologiadalahpembagian zaman, pengelompokkan peristiwa sejarah berdasarkan cirikhasnya. Sedangkan kronik adalah urutan peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya

E.            kronologi bertujuan membagi peristiwa sejarah dalam beberapa bidang kajian, dan kronik adalah urutan dinasti-dinasti pemerintahan di Tiongkok

 

2.                  Pengulangan adalah apabila peristiwa yang terjadi saat ini memiliki pola yang Sama dengan peristiwa pada masa lalu. Salah satu contoh dari pengulangan adalah . . . .

A.           Tradisi hindu yang hingga kini masih dilestarikan

B.            Bencana alam

C.            Bukit tinggi pada masa kini

D.           Kota bukit tinggi pada masa colonial

E.            Demontrasi mahasiswa tahun 1966

 

3.                  Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman mesolithikum atau zaman batu madya di Indonesia hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua-gua disekitar pantai. Dari ilustrasi di atas, dilihat dari aspek kepercayaan masyarakat pada zaman tersebut dibuktikan dengan ....

A.      ditemukannya mata panah di dasar-dasar sungai di Indonesia

B.       peninggalan berupa menhir, sarkofagus dan punden berundak

C.       ditemukannya lukisan rusa tertancap panah didinding gua

D.      sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkemoddinger

E.       didinding gua terdapat lukisan telapak tangan dengan jari yang tidak utuh

 

4.                  Kedatangan agama Hindu ke Indonesia dijelaskan oleh para ahli dalam beberapa teori. Dari teori teori tersebut secara umum terbagi menjadi dua cara pandang yakni yang menonjolkan peran bangsa India dan peran bangsa Indonesia sendiri. Sedangkan kedatangan agama Buddha ke Indonesia melalui misi khusus yaitu Dharmaduta. Van Leur berteori bahwa masuknya agama Hindu lebih didominasi oleh peran golongan agamawan yang menguasai ilmu agama dan bahasa sanskerta dengan baik, teori ini kita kenal dengan teori...

A.                arus balik

B.                 waiysa

C.                 brahmana

D.                sudra

E.                 resi

 

5.                  Para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia menggali nilai nilai historis sebagai landasan Negara, buktinya negara berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dan kehidupan beragama diatur oleh negara. Dalam Tata negara Majapahit terdapat jabatan yang mirip dengan Kementerian Agama sekarang, Jabatan itu adalah … .

A.                Rakrian Mahamantri Katrini.

B.                Panca ring Wilwatikta.

C.                Dharmadyaksa.

D.                Adyaksa.

E.                 Patih Mangkubumi.

 

6.                  Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati artinya tak bisa ditawa-tawar. Hal ini mengingat terwujudnya persatuan bangsa Indonesia memiliki akar sejarah yang sangat panjang, namun ada perbedaan motif  penyatuan Nusantara dari waktu ke waktu. Penyatuan Nusantara yang digalang raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari dilatar belakangi oleh … .

A.                 Sebagai realisasi Sumpah Palapa.

B.                 Usaha menggalang kekuatan menghadapi ancaman VOC.

C.                 Adanya persaingan  perdagangan dengan Sriwijaya.

D.                 Mempertahankan diri menghadapi ancaman tentara China/Mongol.

E.                  Adanya persamaan suku, ras dan agama.

 

7.                  Peringatan  hari jadi Pemerintahan Kota Surakarta digelar tiap tanggal 17 Pebruari. Hal itu didasarkan  peristiwa pindahnya keraton Mataram Islam dari Kartasura ke Sala pada tanggal 17 Pebruari 1745, perpindahan ini disebabkan oleh … .

A.           Rusaknya kondisi kraton Kartasura sebagai dampak Pemberontakan China 1742.

B.            Ancaman dari VOC yang sudah menguasai Semarang.

C.            Mencari tempat yang strategis mendekati bengawan Solo.

D.           Dampak serangan Trunojoyo atas Mataram.

E.            Terjadi perebutan kekuasaan antar pewaris Sunan Pakubuono II

 

8.                  Seni bangunan Islam selain masjid yang juga menonjol adalah menara sebagai tempat  yang digunakan muadzin untuk mengumandangkan adzan sebagai tanda waktu sholat.  Contohnya menara masjid Kudus yang bentuknya mirip dengan Candi. Masjid yang tidak memiliki menara memiliki alat khusus untuk memanggil jamaah yang akan sholat. Alat pengganti menara seperti yang ada di klenteng kita kenal dengan nama

A.      pengeras suara

B.       bedhug

C.       kethongan

D.      hio

E.       kilin

 

9.                  Tanam Paksa yang diprogramkan oleh Van Den Bosch, menjadi penyebab utama penderitaan rakyat Indonesia. Hal ini karena praktek pelaksanaan menyimpang dari aturannya. Pernyataan berikut yang tidak benar tentang aturan dengan pelaksanaan tanam paksa adalah : … .

A.           Rakyat Indonesia menyediakan tanah pertanian tidak melebihi 20% atau seperlima bagian dari tanahnya untuk ditanami jenis tanaman perdagangan.

B.            Rakyat yang tidak memiliki tanah pertanian dapat menggantinya dengan bekerja di perkebunan milik pemerintah Belanda atau di pabrik milik pemerintah Belanda selama 66 hari atau seperlima tahun.

C.            Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketentuan akan dikembalikan kepada rakyat

D.           Kerusakan atau kerugian sebagai akibat gagal panen yang bukan karena kesalahan petani seperti bencana alam dan terserang hama, akan di tanggung pemerintah Belanda

E.            Penyerahan teknik pelaksanaan aturan tanam paksa kepada kepala desa

 

10.              Lahirnya pergerakan nasional Indonesia dipengaruhi oleh peristiwa di Indonesia dan peristiwa di luar Indonesia. Peristiwa di dalam negeri disebut factor intern sedan peristiwa di luar Indonesia disebut factor ekstern. Faktor intern yang membantu bertambah suburnya paham kebangsaan Indonesia, adalah ....

A.      munculnya golongan cendikiawan

B.       berkembangnya liberalisme pemerintah Belanda

C.       lahirnya pergerakan nasional India

D.      kemenangan Jepang dalam perang dengan Rusia 1905

E.       makin membaiknya taraf hidup rakyat pribumi.

 

11.              Meningkatnya angka migrasi (transmigrasi) penduduk dari pulau Jawa ke daerah

Sumatera Timur pada masa pemerintahan colonial Belanda disebabkan oleh . . .

A.           penyempitan areal pertanian di Jawa

B.            berkembangnya wabah penyakit di Jawa

C.            banyaknya tokoh pergerakan yang dibuang ke Sumatera

D.           pembukaan perkebunan perkebunan besar

E.            diterapkannya system tanam paksa di Jawa

 

12.              Perbedaan strategi perlawananbangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di

Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 antara laitu yaitu ....

 

13.              Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….

A.      masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur

B.       penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles

C.       berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles

D.      Raffles berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah

E.       penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

 

14.              Penerapan politik etis mendorong tumbuhnya kesadaran bangsa Indonesia mengenai pentingnya pendidikan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan munculnya sekolah-sekolah milik pribumi seperti Taman Siswa dan Muhammadiyah. Fakta tersebut memberikan dampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia yaitu.....

A.           menumpas praktik kolonialisme melalui cara radikal

B.            memunculkan kaum terpelajar yang hidup individualis

C.            memunculkan kaum terpelajar yang berjiwa nasionalis

D.           mengenalkan bangsa Indonesia pada kehidupan sekuler

E.            mengubah tradisi bangsa Indonesia menjadi tradisi Barat

 

15.              Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi  Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut dapat dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….

A.           menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka

B.            melakukan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang

C.            mempelajari strategi yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu

D.           menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia

E.            mendapat simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah Jepang

 

16.              Penderitaan rakyat akibat penjajahan merupakan sebab umum terjadinya perlawanan rakyat terhadap Belanda.  Sebab khusus meletusnya perlawanan Pangeran Diponegoro (1825-1830) adalah … .

A.      Pembangunan jalan melintasi makam dari leluhur Pangeran Diponegoro tanpa ijin.

B.       Campur tangan Belanda dalam urusan agama Islam.

C.       Pertikaian antara santri dengan abangan.

D.      Monopoli perdagangan belanda di Mataram.

E.       Program tanam Paksa yang menyengsarakan rakyat.

 

17.              Negara Republik Indonesia yang dilahirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya belum sempurna sebagai suatu negara. Oleh karena itu, para pemimpin bangsa ini segera menyusun konstitusi negara dan membentuk kelengkapan negara. Untuk kemudian PPKI mengadakan sidang pada tanggal 18 Agustus 1945, 19 Agustus 1945 dan 22 Agustus 1945.

Dari pernyataan di atas, makna penting yang dapat diambil dari pembentukkan pemerintahan ialah ... .

A.           Indonesia tidak boleh lagi tergantung pada bangsa lain

B.            Indonesia harus secepatnya mengisi kemerdekaan dengan baik

C.            Indonesia harus memiliki tatanan hukum dan pemerintahan sendiri

D.           Indonesia mampu mengolah kekayaan  bangsana sendiri

E.            Indonesia mampu menentukan masa depannya sendiri

 

18.              Pada tanggal 3 November 1945, pemerintah menandatangani maklumat politik oleh wakil  presiden Moh. Hatta. Tujuan dikeluarkannya maklumat tersebut menunjukkan bahwa  Indonesia merupakan negara demokrasi. di sisi lain, maklumat pemerintah 3 November 1945 telah membawa dampak bagi pemerintahan di Indonesia, yaitu ….

A.      terjadinya instabilitas ekonomi akibatnya pemerintah goyah

B.       kehidupan politik semakin tidak menentu arah dan tujuannya

C.       lahirnya partai-partai yang dapat mengganggu stabilitas politik

D.      terjadinya persaingan antarpartai dalam kampanye politik

E.       partai-partai politik hanya mementingkan kepentingan golongannya

 

19.              Hasil perjuangan diplomasi Indonesia:

1)             Ditariknya Tentara Republik Indonesia dari daerah-daerah yang diduduki Belanda

2)             Dibentuk negara RIS

3)             Diakuinya Sumatera, Banten dan Yogyakarta

4)             Dibentuknya UNI Indonesia Belanda

5)             Pemerintahan RI dikembalikan ke Jogjakarta, penghentian perang gerilya dan pembebasan semua tahanan politik.

6)             Indonesia dan Belanda bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan kemanan.

7)             Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan

 

Dari pernyataan di atas, manakah yang merupakan hasil perundingan Renville?

A.           1, 2 dan 3

B.            1, 2, dan 4

C.            2, 3 dan 6

D.           2, 3 dan 5

E.            3, 4 dan 7

 

20.              Proklamasi kemerdekaan Indonesia, ibarat mimpi buruk bagi pemerintahan kolonial Belanda. Berbagai cara dan upaya di lakukan oleh Belanda untuk memecah belah Indonesia dan kemudian dapat dijajah kembali. Perhatikan pernyataan di bawah ini:

1)        Kegagalan pada  perjanjian Renville

2)        Ingin merubah ideologi negara

3)        Ingin bergabung dengan Belanda

4)        Diberhentikannya Amir Syarifudin dari kabinet

5)        Kekecewaan akan alokasi pembangunan antara pusat dan daerah

Pernyataan di atas yang merupakan latar belakang terjadinya pemberontakan PKI Madiun 1948, adalah ... .

A.           1, 2 dan 3

B.            1, 3 dan 4

C.            2, 3 dan 4

D.           2, 3 dan 5

E.            1, 3 dan 5

 

21.              Pada saat bangsa Indonesia harus berjuang mempertahankan kemerdekaan, muncul gerakan separatis yang dipelopori oleh Soekadji Maridjan Kartosoewirjo. Gerakan ini dinamakan DI/TII, yang bermula dari Jawa Barat lalu menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Munculnya gerakan ini, selain banyaknya pasukan Kartosoewirjo yang teranulir karena kebijakan Rera, juga kecewa terhadap pemerintah RI, sebab. …

A.           tidak mengakomidir pasukannya

B.            tunduk terhadap perundingan Renville

C.            pasukannya tidak diakui pemerintah RI

D.           bersekutu dengan kekuatan Belanda

E.            menguntungkan perjuangan rakyat RI

 

22.              Peristiwa Andi Aziz berawal dari tuntutan Kapten  Andi Aziz dan pasukannya yang berasal dari KNIL (pasukan Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah Indonesia agar hanya mereka yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia Timur (NIT). Ketika akhirnya tentara Indonesia benar-benar didatangkan ke Sulawesi Selatan dengan tujuan memelihara keamanan, hal ini menyulut ketidakpuasan di kalangan pasukan Andi Aziz. Upaya pemerintah dalam menghadapi pemberontakan Andi Aziz yaitu ....

A.  PM. Hatta memerintahkan menangkap Kapten Westerling dan Sultan Hamid II namun Westerling berhasil lari

B.  mengirim pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Kawilarang

C.  Leimena mengajak Andi Aziz dan pasukannya untuk mengajak perundingan untuk sebuah kesepakatan

D.  melakukan operasi 17 Agustus untuk mengamankan sumber-sumber minyak yang ada di sektor Sulawesi

E.   mengirim pasukan dalam operasi Merdeka untuk melakukan perundingan antara Andi Aziz dan pemerintah

 

23.              Pada masa demokrasi terpimpin banyak terjadi penyimpangan, diantaranya penyimpangan pelaksanaan politik luar negeri . politik luar negeri bebas aktif menjadi condong pada salah satu poros. Pada waktu itu diberlakukan politik konfrontasi yang diarahkan pada negara-negara kapitalis. Peristiwa pembakaran kedutaan dan rumah diplomat Inggris di Jakarta serta pemutusan hubungan diplomatik Indonesia Inggris pada bulan September 1963 berhubungan dengan ....

A.      dukungan Inggris dan Malaysia bagi pelaksanaan jajak pendapat di Sabah dan Sarawak

B.       penolakan Indonesia terhadap penyatuan Singapura dan Malaysia Semenanjung

dalam federasi

C.       penolakan Singapura dan Inggris untuk menyerahkan Sabah, Serawak, dan Brunei kepada Indonesia

D.      pengumuman akan dibentuknya Malaysia sebelum hasil jajak pendapat di Sabah dan Sarawak dikeluarkan

E.       pembubaran Maphilindo ( Malaya, Fhilipina, dan Indonesia ) adalah konfederasi nonpolitik yang diusukan untuk ketiga Negara

 

24.              Perhatikan bagan berikut ini !

 

Bagantersebut diatas menggambarkan ....

A.      Awal pelaksanaan sistem Demokrasi Terpimpin

B.       masa akhir pemerintahan Soekarno

C.       paying hokum pendirian Kabinet Dwikora

D.      awal pelaksanaan pemerintahan orde baru

E.       akhir pelaksanaan sistem Demokrasi Terpimpin

 

 

25.              PKI tercatat sejak masa pergerakan nasional hingga masa setelah kemerdekaan telah melakukan pemberontakan sebanyak tiga kali dan pemberontakan yang terbesar pada tahun 1965 sehingga mendorong para mahasiswa dan pelajar menuntut pembubaran PKI dengan alasan .... Supersemar Tap MPRS No. IX/MPRS/1966

A.           idiologi PKI berasal dari luar Indonesia yang berhaluan kiri

B.            PKI berhasil menjadi empat besar dalam pemilu 1955

C.            mahasiswa menginginkan partai tandingan untuk PKI

D.           para mahasiswa ingin menggantikan kekuatan dari PKI

E.            PKI mengembangkan ideologi yang membahayakan NKRI

 

26.              Pembangunan pendidikan merupakan prioritas pembangunan nasional pada masa Orde

Baru. Salah satu fokus pembangunan pendidikan yang diprioritaskan pemerintah Orde

Baru dalam pembangunan lima tahun (pelita) V adalah … .

A.           mencanangkan program wajib belajar bagi anak usia 6 – 12 tahun

B.            merintis program wajib belajar untuk sekolah lanjutan tingkat pertama

C.            membangun sekolah dasar hinga kedaerah-daerah pelosok

D.           memberikan dana bantuan kepada anak yang berasal dari keluarga yang kurang

E.            meluncurkan program kartu Indonesia pintar bagi keluarga kurang mampu

 

27.              Pada masa pemerintahan Orde Baru (1966-1998)  bertekad mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dilandasi semangat dan jiwa Pancasila serta UUD 1945. Salah satu kebijakan politik pemerintah Orde Baru adalah penerapan dwifungsi ABRI. Dwi fungsi ABRI merupakan konsep dasar militer dalam menjalankan peran  sosial-politik di Indonesia.  Dampak dikeluarkannya  kebijakan tersebut adalah  ….

A.      kewenangan ABRI semakin luas karena campur tangan dalam ranah sipil

B.       memberi tugas kepada ABRI untuk membantu  tugas dari lembaga DPR

C.       jalannya pemerintahan Indonesia menjadi kewenangan kepada ABRI

D.      separo jajaran pemerintahan sipil diisi oleh perwakilan dari  ABRI

E.       fraksi ABRI ditarik dari perwakilan keanggotaan MPR/DPR

 

28.              ASEAN adalah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara  yang bergerak di bidang ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia mampu memainkan peran sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. Contoh peran Indonesia dalam ASEAN menjadi penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik ini dapat diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara menyepakati adanya perjanjian damai. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia ....

A.           dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai dunia

B.            mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara

C.            dapat menyelesaikan permasalahan ASEAN tanpa bantuan

D.           bekerjasama dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran

E.            mampu mewujudkan suatu stabilatas nasional  melalui keadilan

 

29.              Perhatikan deskripsi berikut ini!

Setelah berakhirnya masa pemerintahan orde baru yang ditandai dengan lengsernya kepemimpinan presiden Soeharto pada tahun 1998, bangsa Indonesia kemudian memasuki masa  Reformasi (mulai 1998 hingga saat ini). Proses demokrasi di masa Reformasi terdiri dari tiga tahapan yaitu :

1.        Tahap pertama, yakni peralihan dari kepemimpinan dari penguasa non-demokratis ke penguasa demokratis,

2.        Tahap kedua, yakni pembentukan lembaga-lembaga dan tertib politik demokrasi

3.        Tahap ketiga, yakni Konsolidasi demokrasi

4.        Tahap keempat, yakni praktik demokrasi sebagai budaya politik berbangsa dan bernegara.

Dari deskripsi di atas, tahapan kedua perubahan demokrasi Indonesia dapat dievaluasi dari kondisi…

A.           Perkembangan demokrasi sejak 1998 hingga proses diselenggarakannya Pemilu 2004 telah memberikan sebuah kesempatan untuk mengakhiri sebuah masa transisi demokrasi menuju proses konsolidasi demokrasi.

B.            Adanya pemilihan umum secara langsung, yakni pemilihan presiden dan wakilnya, pemilihan anggota DPR, PDP, DPRD, dan juga pemilihan kepala daerah. Hal tersebut merupakan modal awal yang teramat penting dalam meningkatkan proses perkembangan demokrsi dimasa mndatang.

C.            Dengan terciptanya sebuah hubungan baru antara pemerintah pusat dan daerah melalui program Desentralisasi dan Otonomi Daerah di Indonesia.

D.           Perkembangan demokrasi terlihat dari hubungan antara sipil-militer, yang menjunjung tinggi supremasi sipil dan hubungan TNI sebagai militer dengan Kepolisian NKRI (POLRI) terkait dengan hubungan dalam sebuah kewenangan dalam melaksanakan fungsi pertahanan dan juga kemanan kedulatan bangsa.

E.            Demokrasi pada masa reformasi terlihat dari telah berkembangnya kesadaran masyarakat mengenai partisipasinya dalam kehidupan perpolitikan nasionl. Yang juga menjadi jalan untuk terbukanya kesempatan untuk ikut dalam meningkatkan kehidupan politik dimasyarakat.

 

30.              Tragedi “Trisakti” tanggal 12 Mei 1998 yang menewaskan 4 mahasiswa menimbulkan

gelombang demonstrasi di seluruh kota Jakarta dengan salah satunya menduduki gedung

MPR-DPR. Adapun dampak pendudukan gedung MPR-DPR adalah ....

A.           Presiden Soeharto bersedia melakukan dialog dengan kaum demonstran untuk mendapat solusi terbaik dalam mengatasi krisis moneter.

B.            ABRI mencabut dukungannya terhadap pemerintahan Soeharto dan berbalik memihak mahasiswa agar situasi dapat cepat terkendali.

C.            Presiden Soeharto mengumumkan negara dalam keadaan darurat politik dengan didudukinya gedung sebagai simbol parlemen rakyat.

D.           ketua MPR Harmoko mengultimatum Presiden Soeharto agar mengundurkan diri tanggal 20 Mei 1998 atau DPR/MPR akan terpaksa memilih Presiden Baru.

E.            Presiden Soeharto menghindar dan pergi ke luar Jakarta dengan memberikan mandat kepada Jenderal Wiranto untuk mengatasi situasi tersebut

 

31.              Perhatikan deskripsi berikut ini!

 Pada masa Orde Baru, pemerintah melaksanakan pembangunan untuk menata kehidupan masyarakat, dengan pembangunan tersebut, tercapai kemajuan dalam berbagai bidang.  Salah satu keberhasilan yang dicapai ketika masa Orde Baru yaitu Indonesia mampu menjadi negara Swasembada Beras tahun 1984 bahkan mendapatkan penghargaan dari FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia) pada tahun 1985.

Berdasarkan deskripsi di atas, kebijakan ekonomi yang terapkan pada waktu itu adalah..

A.      Trilogi Pembangunan

B.       Program Revolusi Hijau

C.       Pembangunan 5 Tahun

D.      rehabilitas ekonomi

E.       pungutan pajak dan tariff

 

32.              Perhatikan wacana berikut ini !

Perkembangan teknologi dalam bidang transportasi menyumbangkan pengaruh penting

bagi kehidupan manusia titik pengaruh tersebut tampak dari semakin mudahnya aktivitas

bepergian ke tempat lain titik dengan adanya perkembangan teknologi transportasi jarak

dan waktu tempuh tidak lagi menjadi persoalan.

Berdasarkan wacana tersebut dapat disimpulkan bahwa....

A.      Kemajuan sarana transportasi mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

B.       Perkembangan teknologi transportasi mampu Meningkatkan mobilitas masyarakat.

C.       Perkembangan teknologi transportasi telah meningkatkan pendapatan penduduk.

D.      Dampak positif perkembangan transportasi lebih besar daripada dampak negatifnya

E.       Inovasi teknologi transportasi berfokus pada moda transportasi darat

 

33.              Kontingen Garuda merupakan bentuk nyata keterlibatan langsung Indonesia dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut peran yang telah dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ....

A.           Presiden Soekarno mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menyelesaikan konflik di Mesir

B.            Brigjen TNI S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menyelesaikan konflik di Vietnam

C.            Brigjen TNI Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menyelesaikan konflik di kawasan Teluk

D.           Wiyogo Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menyelesaikan konflik di Kongo

E.            mengirimkan kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menyelesaikan konflik di Kongo

 

34.              Pemerintahan Presiden B.J. Habibie mengalami krisis kepercayaan dan tuntutan agenda  reformasi, salah satunya adalah masalah Dwi Fungsi ABRI.Dwi Fungsi adalah doktrin yang diterapkan oleh pemerintahan orde baru yang menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas, yaitu; pertama, menjaga keamanan dan ketertiban negara, dan kedua, memegang kekuasaan dan mengatur negara. Dwifungsi sekaligus digunakan untuk membenarkan militer dalam meningkatkan pengaruhnya di pemerintahan Indonesia, termasuk kursi di parlemen hanya untuk militer, dan berada di posisi teratas dalam pelayanan publik nasional secara permanen. Doktrin peran militer tersebut ternyata menimbulkan dampak negatif antara lain yaitu ... .

A.           penyelenggaraan negara didominasi kalangan militer

B.            pelaksanaan pemerintahan berjalan secara demokratis

C.            fungsi kontrol parlemen terlaksana dengan lebih baik

D.           menjadi alat rakyat untuk mengontrol pemerintahan

E.            stabilitas keamanan rakyat kurang mendapat perhatian

 

35.              Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid kondisi ekonomi Indonesia mengalami krisis. Upaya pemerintah memperbaiki kondisi ekonomi nasional yaitu.....

A.      mengadakan kunjungan luar negeri untuk menarik kembali investor-investor asing

B.       menerapkan kebijakan berdikari dengan prinsip kemandirian ekonomi rakyat

C.       menerapkan kebijakan privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

D.      menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menghapus BBM bersubsidi

E.       mendongkrak hasil pertanian dengan program Revolusi Hijau

 

36.              Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.         Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF

2.         Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri

3.         Untuk mengatasi korupsi, dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

4.         Mengurangi subsidi Negara Indonesia dengan menaikkan harga BBM

5.         Memberikan bantuan langsung tunai kepada rakyat miskin

6.         menyalurkan bantuan dana BOS kepada sarana pendidikan

Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri?

A.           1, 2, dan 3

B.            1, 3, dan 5

C.            2, 3, dan 4

D.           2, 4, dan 6

E.            3, 5, dan 6

 

 

37.              Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.         Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF

2.         Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri

3.         Mengurangi subsidi Negara Indonesia dengan menaikkan harga BBM

4.         Untuk mengatasi korupsi, dibentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

5.         Memberikan bantuan langsung tunai kepada rakyat miskin

6.         menyalurkan bantuan dana BOS kepada sarana pendidikan

Dari pernyataan di atas, manakah yang termasuk kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono?

F.                 1, 2, dan 3

G.                1, 3, dan 5

H.                2, 3, dan 4

I.                   2, 4, dan 6

J.                   3, 5, dan 6

 

38.              Sejak tahun 1966 Indonesia memasuki era orde baru. Di bawah Presiden Suharto, walaupun Indonesia menjadi anggota Non Blok, tetapi Indonesia lebih berorientasi kepada negara-negara barat sehingga banyak mendapat dukungan, bantuan, dan investasi modal dari negara barat. Berkat bantuan itu dalam waktu yang tidak lama Indonesia berhasil memulihkan kerusakan perekonomian pada masa sebelumnya dan mencapai kemajuan yang menggembirakan melalui strategi pembangunan, sehingga Indonesia dikenal sebagai anak macan yang sedang tumbuh. Namun gambaran keberhasilan yang tampak mengesankan selama beberapa dekade segera sirna setelah pada pertengahan tahun 1997 diterpa krisis moneter. Krisis moneter tersebut diawali dengan …

A.      penerapan sistem perekonomian menyimpang dari pasal 33 UUD 1945

B.       merosotnya nilai tukar mata uang rupiah dengan dollar Amerika

C.       pedagang luar negeri tidak percaya kepada para importir Indonesia

D.      adanya praktek koropsi, kolusi dan nepotisme dalam pemerintahan

E.       adanya dominasi kalangan intelektual dalam birokrasi pemerintahan

 

39.              Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono berusaha untuk meratakan pendidikan. Salah satu upaya untuk meratakan pendidikan adalah....

A.           mendorong kembali pembangunan SD Inpres di daerah 3T

B.            meningkatkan pembangunan sekolah di daerah perbatasan

C.            mengirim tenaga pengajar ke daerah pedalaman

D.           mendorong para lulusan universitas mengikuti program SM3T

E.            memberikan beasiswa bagi para pelajar berprestasi

 

40.              Era reformasiadalah era keterbukaan untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat terhadap perkembangan politik maupun kritik terhadap kinerja aparatur negara. Pengaruh buruk dari era keterbukaan pada masa reformasi ini adalah....

A.           bahaya munculnya disintegrasi nasional dan sosial akibat konflik-konflik di masyarakat.

B.            suasana demokratis yang berlebihan mengeser rasa hormat pada pimpinan pemerintahan.

C.            timbulnya aksi-aksi demontrasi yang disertai tindakan-tindakan kekerasan dan anarkis.

D.           program-program pemerintah tidak dapat berjalan baik karena selalu dikritik masyarakat.

E.            masyarakat memiliki hanya pandai mengkritik tapi enggan ikut serta dalam pembangunan

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA