LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XI IPS

 

LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS XI IPS

 

1.                   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1)          Berada di lokasi yang strategis Selat Malaka

(2)          Memiliki armada laut yang tangguh

(3)          Belum cukup mempunyai sumber daya alam yang bagus

(4)          Mampu menjalin hubungan yang baik dengan negeri tetangga

(5)          Tidak ada saingan yang mampu menandingi kejayaan Sriwijaya

                Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong kejayaan kerajaan Sriwijaya ditunjukkan nomor.....

A.            (1), (2), dan (3)

B.            (1), (2), dan (4)

C.            (2), (3), dan (4)

D.            (2), (4), dan (5)

E.            (3), (4), dan (5)

 

2.                   Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1)          Perkawinan.

(2)          Peperangan.

(3)          Pendidikan.

(4)          Perdagangan.

(5)          Kesenian.

                Berdasarkan pernyataan di atas yang merupakan saluran Islamisasi di nusantara yang paling efektif ditunjukkan oleh nomor.....

A.            (1), (2), dan (3).

B.            (1), (2), dan (4).

C.            (2), (3), dan (4).

D.            (2), (4), dan (5).

E.            (3), (4), dan (5).

 

3.                   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1)          Berlokasi di daerah pesisir pantai

(2)          Pemimpinnya bergelar Sultan.

(3)          Hasil kebudayaan berupa Babad dan Makam.

(4)          Berada di daerah pedalaman.

(5)          Menganut sistem sosial kasta.

Berdasarkan pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri dari kerajaan bercorak Islam di Indonesia secara umum ditunjukkan dengan nomor....

A.            (1), (2), dan (3).

B.            (1), (2), dan (4).

C.            (2), (3), dan (4).

D.            (2), (4), dan (5).

E.            (3), (4), dan (5).

 

4.                   Pada zaman awal perkembangan Islam banyak kita temukan makam tokoh pemerintahan atau tokoh agama Islam di bangun di tempat-tempat perbukitan. Pemilihan tempat yang “tinggi” untuk tempat pemakamaan tersebut didasari oleh suatu keyakinan yaitu ....

A.            tempat yang tinggi adalah tempat yang aman dari banjir

B.            sikap patuh dan taat dengan orang yang memberi wasiat

C.            percaya adanya konsep tentang tempat yang tinggi adalah tempat yang suci atau baik

D.            adanya perintah untuk memakamkan di tempat perbukitan 

E.            melestarian tradisi pemakaman yang dilakukan orang Arab

 

5.                   Terdapat berbagai teori mengenai proses masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia, diantaranya adalah teori Ksatria yang dikemukakan oleh R.C. Majundar. Isi teori tersebut adalah .

A.            munculnya pengaruh Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia disebabkan oleh peranan para prajurit yang berasal India

B.            agama Hindu-Buddha masuk dan berkembang atas peranan kaum pedagang India yang melakukan perkawinan dengan penduduk Indonesia

C.            proses Hinduisasi di Indonesia di sebabkan oleh peranan kaum agamawan atau kaum pendeta yang diundang oleh para penguasa di Indonesia

D.            agama Hindu-Buddha masuk dan berkembang di bawa oleh golongan budak dari India yang ingin ingin merubah nasib di Indonesia

E.            proses Hinduisasi di Indonesia di sebabkan oleh peranan orang Indonesia sendiri, orang        Indonesia pergi ke India untuk belajar agama dan setelah selesai mereka menyebarkan agama di Indonesia

 

6.                   Dalam kitab Negarakertagama yang dikarang oleh Mpu Prapanca, telah dikenal istilah Pancasila Krama, yang berisikan 5 (lima) larangan yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan.Di bawah ini yang nilai-nilai luhur yang berkaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini yang berkaitan dalam pancasila krama adalah ... .

A.            dilarang hidup mewah

B.            dilarang melakukan kekerasan

C.            dilarang berpikiran kotor

D.            dilarang membuat berita palsu (hoak)

E.            dilarang memaksakan kehendak orang lain

 

7.                   Perhatikan diskripsi berikut !

(1)          Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasaiwan

(2)          Lembaga Dharmadyaksa Ring Kasogatan 

(3)          Semboyan Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa

Diskripsi tersebut memberikan kesan sejak zaman kerajaan Hindu-budha sudah terjadi….

A.            mengembangkan toleransi umat beragama

B.            menjunjung tinggi supremasi hukum

C.            mengembangkan negara maritim dan agraris

D.            mengembangkan hidup bertetangga baik

E.            mengembangkan pemerintahan sentralisasi

 

8.                   Perhatikan pernyataan berikut ini.

(1)          Memiliki daerah pertanian luas dan subur.

(2)          Memiliki komodity ekspor beras, madu dan lilin.

(3)          Memperoleh keuntungan besar sebagai bandar transisito perdagangan

Pernyataan berikut yang berkaitan dengan kerajaan Demak adalah....

A.            kerajaan Demak dapat mencapai puncak kejayaan

B.            faktor ekonomi mendukung perkembangan Islam

C.            perekonomian Demak berkembang kearah pertanian

D.            perekonomian Demak berkembang kearah perdagangan

E.            perekonomian Demak berkembang kearah maritim dan pertanian

 

9.                   Revolusi Industri melahirkan industrialisasi secara besar-besaran. Revolusi industri di Inggris telah melahirkan kapitalisme modern dan liberalisme yang mengutamakan kebebasan dalam hal bersaing dan berusaha. Paham ini berpengaruh dan berkembang di Indonesia pada masa penjajahan Belanda yaitu. ...

A.            pelaksanaan sistem tanam paksa (cultuur stelsel) di Indonesia

B.            di Indonesia dibuka perkebunan untuk kepentingan rakyat

C.            Belanda menjalankan politik pemerasan (drainage)

D.            dibukanya wilayah Indonesia untuk penanaman modal asing

E.            pemerintah Belanda menjalankan monopoli perdagangan

 

10.               Liberty, Fraternity dan Egality merupakan semboyan revolusi Perancis, dan pengaruhnya menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia melalui Belanda. Salah satu bukti adanya pengaruh revolusi Perancis di Indonesia pada saat itu adalah. ...

A.            perlawanan rakyat terhadap kolonial Belanda

B.            semangat mencapai cita-cita kemerdekaan

C.            rakyat mulai mengenal pendidikan barat

D.            adanya perluasan daerah-daerah perkebunan

E.            munculnya semangat menjadi pegawai pemerintah

 

11.               Perang Dunia II antara Blok Sekutu dengan Blok Sentral pada tahun 1939-1945 berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat internasional. Jika di lihat dari segi politik pengaruh perang dunia tersebut adalah ....

A.            munculnya sistem ekonomi liberalisme dan komunisme

B.            muncul lembaga keamanan internasional yang berwibawa

C.            munculnya perang dingin antara blok barat dan timur

D.            dibentuk UNRA untuk membantu negara korban perang

E.            bantuan ekonomi dan militer AS ke negara berkembang

 

12.               Nasionalisme sebagai suatu peristiwa sejarah, selalu bersifat kontekstual (artinya meruang dan mewaktu), sehingga nasionalisme di suatu daerah dengan daerah lain atau antar zaman tidaklah sama. Bagi negara yang sudah lama merdeka dan kuat, nasionalisme dapat mengarah pada imperialisme. Sedangkan bagi negara yang belum merdeka, nasionalisme bertujuan ....

A.            mempertahankan dan melestarikan budaya lokal

B.            menerapkan politik kolaboratif dengan imperialis

C.            pasrah kepada nasib yang telah ditentukan Tuhan

D.            menghendaki yang perubahan dan menyeluruh

E.            mengikuti kehendak dan kemauan bengsa penjajah

 

13.               Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, penerapannya di bidang politik adalah  ....

A.            melahirkan pemerintahan demokrasi

B.            memperkokoh pemerintahan kerajaan

C.            untuk medukung terbentuknya otoriter

D.            pemerintahan kerajaan konstituasional

E.            mendukung pemerintahan militerisme

 

14.               Perhatikan data di bawah ini!

Bukti kegagalan LBB dapat dilihat pada ketidakmampuannya mencegah agresi yang dilakukan oleh suatu negara atas negara lain, misalnya:

a.  Penyerbuan Jepang atas Manchuria (1931)

b.  Pendudukan Italia atas Abbessynia (1935)

c.  Penyerbuan Jerman atas Polandia (1939)

Dari data dapat diamati adanya penyebab kegagalan Liga Bangsa-bangsa adalah..

A.            Tidak mempunyai kekuasaan yang nyata untuk menindak Negara anggota yang melakukan pelanggaran, kesalahan 

B.            Adanya paham ultranasionalisme sehingga tidak dapat meredam semangat kebangsaan yang tinggi

C.            Tidak punya aturan dan sanksi yang tegas terhadap para anggota

D.            Masing-masing Negara membuat kelompok pertahanan sendiri sesuai dengan ideologinya

E.            Tidak adanya komitmen dalam membangun perdamaian dunia

 

15.               Setelah terjadi kesepakatan di Rengasdengklok, Sukarno-Hatta dan golongan pemuda bersama-sama menuju Jakarta untuk melakukan rapat koordinasi mempersiapkan rencana pelaksanaan kemerdekaan. Sebelum rapat dimulai, Sukarno dan Hatta menemui Jenderal Nishimura sebagai upaya untuk menjajagi sikap Jepang. Soekarno-Hata mengajukan pertanyaan “bagaimana kalau besuk pagi bangsaku melaksanakan kemerdekaan?”, Jenderal Nishimura menjawab “kami akan tetap mempertahankan status quo”.

Perhatikan pernyataan berikut terkait dengan bacaan di atas!

(1)          Jepang akan mempertahankan kekuasaannya sampai Sekutu datang.

(2)          Jepang akan membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui Maeda

(3)          Jepang tidak merelakan Indonesia melaksanakan proklamasi kemerdekaan

(4)          Jepang akan mengembalikan Indonesia kepada Belanda

(5)          Jepang akan mewujudkan janji kemerdekaan kepada Indonesia

(6)          Jepang akan menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada Sekutu

Berdasarkan pernyataaan tersebut yang merupakan kesimpulan dari sikap Nishimura ditunjukkan pada nomor... .

A.            (1), (2), dan (3)

B.            (1), (3), dan (5)

C.            (2), (3), dan (4)

D.            (2), (4), dan (6)

E.            (4), (5), dan (6)

 

16.               Untuk mengerahkan sumberdaya masyarakat Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang membentuk tenaga sukarela atau Romusa.  Romusa ini memiliki peran yang sangat penting bagi Jepang karena bisa digunakan untuk....

A.            melakukan latihan-kemiliteran

B.            kegiatan propaganda mendukung Jepang

C.            mengerjakan proyek-proyek strategis Jepang

D.            melakukan persiapan kemerdekaan Indonesia

E.            melakukan kegiatan-kegiatan sosial keagamaan

 

17.               Perhatikan pernyataan di bawah ini !

1)            Penduduk dipaksa menanam tanaman wajib secara paksa yang kemudian diserahkan kepada pemerintah Kolonial yang dilaksanakan di Jawa, Sumatra Barat, Minahasa, Lampung, dan Palembang (cultuure stelsel)

2)            Kewajibkan bagi rakyat untuk bayar pajak berupa hasil bumi guna menjaga uang kas pemerintahan hindia belanda (Contingenten)

3)            Penyerahan hasil bumi ke VOC dengan harga yang murah dan penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditentukan VOC (Verplichte Leverranties)

4)            Pelayaran dengan perahu kora-kora (perahu perang) untuk mengawasi pelaksanaan monopoli perdagangan VOC dan menindak pelanggarnya (Pelayaran Hongi)

5)            VOC Belanda menerapkan taktik  untuk mempersempit daerah lawan dengan cara membangun benteng (benteng stelsel)

Dari pernyataan di atas, yang menujukan kebijakan VOC di Indonesia yang berkaitan dengan pajak/monopoli  adalah nomor ...

A.            1), 2) dan 3)

B.            1), 2) dan 4)

C.            2), 3) dan 4)

D.            3), 4) dan 5)

E.            4), 5) dan 6)

 

18.               Thomas Stamford Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia dari tahun 1811 – 1816 M, melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….

A.            masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur

B.            penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles

C.            berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles

D.            Raffles berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah

E.            penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

 

19.               Pada awal abad ke-20,akibat desakan dari kaum liberal,  politik kolonial memasuki babak baru, yaitu era politik Etis (hutang budi). Pelopor Politik Etis adalah Van Deventer mulai dilakukan pada tahun 1901. Politik Etis  berisi tiga  program yaitu : irigasi, edukasi (pendidikan) dan transmigrasi. PenerapanPolitik Etis membawa pengaruh besar terhadap kehidupan rakyat Indonesia. Pengaruh  atau dampakPolitik Etis dalam bidang pendidikan misalnya, pemerintah kolonial mendirinkan sekolah-sekolah  seperti Sekolah Dasar (HIS), Sekolah Menengah Pertama (MULO), Sekolah Menengah Atas ( AMS) dan Sekolah Kedokteran (STOVIA), sehingga memberikan keuntungan  bagi bangsa Indonesia yaitu ... .

A.            meningkatnya pertanian di Indonesia

B.            lahirnya golongan terpelajar di Indonesia

C.            adanya pemerataan penduduk di Indonesia

D.            bangsa Indonesia mendapat hak yang sama

E.            pemerataan derajat yang sama antara pribumi dan Belanda

 

20.               Perhatikan pernyataan berikut:

1)            Pelaksanaan Romusha, yaitu kerja paksa untuk membangun sarana dan prasarana militer Jepang dalam rangka memenangkan Perang Asia Timur Raya

2)            Bangsa Indonesia hanya boleh aktif dalam kegiatan politik melalui organisasi-organisasi yang didirikan Jepang

3)            Pelaksanaan Kinrohosi, yaitu pemerahan bahan makanan rakyat secara besar-besaran untuk kepentingan militer Jepang. Pelaksanaan Jugun Ianfu, yaitu mempekerjakan para gadis dan perempuan Indonesia sebagai wanita penghibur untuk pemuas nafsu militer Jepang.

4)            Sistem autarki, yakni rakyat dan pemerintah daerah wajib memenuhi kebutuhan sendiri untuk menunjang kepentingan perang Jepang

5)            Rakyat Indonesia dalam stratifikasi sosial masyarakat pada masa Jepang menduduki peringkat ketiga setelah masyarakat Eropa dan Timur asing

Dari pertanyaan di atas yang menunjukkan kebijakan  pada masa pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi dapat ditunjukkan pada nomor ….

A.            1), 2) dan 3)

B.            1), 3) dan 4)

C.            2), 3) dan 4)

D.            2), 3) dan 5)

E.            3), 4) dan 5)

21.               Revolusi Prancis adalah perubahan bentuk pemerintahan Prancis dari kerajaan menjadi republik. Peristiwa ini terjadi pada masa pemerintahan Louis XVI pada abad ke-18. Pada saat terjadi semboyan “Liberte, Egalite, Fraternite” merupakan sebuah semboyan populer yang menggambarkan perjuangan rakyat Perancis di masa-masa Revolusi Perancis. digunakan oleh kaum liberan yang mendukung demokrasi dan ingin menggulingkan pemerintahan Kerajaan Perancis yang telah menindas rakyatnya. Makna dari kata “Liberte” adalah..

A.            Kebebasan merupakan suatu asas yang menjadi ciri kehidupan masyarakat kota yang menghendaki adanya kebebasan dan kemerdekaan. kebebasan ini merupakan pula cita-cita kaum bangsawan kota, kaum pengusaha, dan pedagang.

B.            Persamaan merupakan suatu asas yang tidak membeda-bedakan warga negara dalam hukum dan pemerintah. Rakyat menghendaki sistem demokrasi, dimana setiap warga negara memiliki kedudukan hukum yang sama dalam Pemerintah.

C.            Persaudaraan merupakan suatu azas yang mendasari persatuan kebebasan atau nasionalime. Asas persaudaraan sesama manusia selanjutnya berkembang menjadi asas Internasionalisme yang menjunjung tinggi asas persamaan dan kemerdekaan.

D.            nasionalisme artinya tekandung di dalamnya adalah bangsa dan negara. menghendaki adanya satu bangsa dan satu negara yakni bangsa

E.            Demokrasi Ini berarti pemegang kedaulatan tertinggi dalam negara adalah rakyat. Pemerintahan dijalankan oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat menginginkan yang baru adalah Republik yang Demokratis

 

22.               Perang Dunia 1 merupakan perang yang melibatkan seluruh kekuatan besar di dunia. Perang ini berlangsung dari tanggal 28 Juli tahun 1914 dan berakhir pada tanggal 11 November 1918. Kekuatan besar yang terlibat meliputi 2 aliansi yang saling bermusuhan yakni pihak Sekutu (Prancis, Britania Raya dan Rusia), dengan Blok Sentral yang terdiri dari (Italia, Austria Hungaria dan Jerman). Dalam sejarahnya, Perang Dunia 1 melibatkan banyak sekali tentara atau pasukan militer yang saling berperang. Berdasarkan informasi yang ditemukan, perang ini melibatkan 70 juta pasukan militer dan merupakan perang terbesar sepanjang sejarah perang di dunia.

Berdasarkan informasi di atas factor utama penyebab terjadinya PD1 adalah…

A.            Perkembangan Militer : Persaingan dalam memperoleh dan memperluas daerah jajahan memunculkan ketegangan dan membuat bidang militer semakin berkembang secara besar.

B.            Perkembangan Industri : Setelah revolusi industri berlangsung dan berkembang di Inggris, negara-negara lain pun tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan bidang Industinya.

C.            Pembunuhan Terhadap Putra Mahkota Austria : pembunuhan keturunan kekaisaran Austria yang bernama Franz Ferdinand kemudian munculnya pertentangan dan akhirnya disusul pernyataan perang oleh Austria Hungaria terhadap Serbia

D.            serangangan Jerman atas Polandia pada 1 September 1939. Invasi yang dilakukan Jerman inilah yang mengawali pertempuran dua font eropa

E.            gagalnya liga bangsa-bangsa dalam menciptakan perdamaian, karena Italia tidak bisa melakukan agresi terhadap Ethiopia

 

23.               Perhatikan data dampak perang dunia 1 :

1)            Perjanjian Versailles telah mengubah peta Eropa dan menyaksikan kemunculan negara baru. Rusia terpecah menjadi Poland, Finland, Estonia, Latvia dan Lithuania. Turki terpecah menjadi Lebanon, Syiria dan Iraq dll.

2)            Munculnya dua negara adidaya dengan ideologi yang berbeda, yakni Amerika Serikat dengan ideologi liberalnya, serta Uni Soviet yang setia dengan ideologi komunis.

3)            Perang dunia pertama telah menyebabkan banyak anggota tentara dan warga sipil. Perang ini telah menyebabkan 10 juta orang anggota tentara tewas dan 20 juta lainnya cidera. Dan diperkirakan 13 juta warga sipil menjadi korban dalam peperangan ini.

4)            Pada akhir Perang Dunia, jutaan warga dari negara yang terlibat dalam perang kehilangan tempat tinggal. Ekonomi, industri, dan infrastruktur di wilayah Eropa hancur lebur

5)            Pembentukan liga bangsa. Dalam perjanjian versailes pada tahun 1919 dengan persetujuan yang dicapai bersama. Tujuannya untuk memastikan perdamaian.

Berdasarkan informasi di atas dampak adanya Perang Dunia 1 adalah ….

A.            1), 2), dan 3).

B.            1), 2), dan 4).

C.            1), 3), dan 5)

D.            3), 4), dan 5).

E.            2), 4), dan 5)

 

24.               Sifat Liga Bangsa-Bangsa adalah sukarela (keputusannya tidak mengikat anggotanya), kedaulatan suatu bangsa tidak boleh dilanggar atau dikurangi. Setiap anggota secara sukarela mentaati atau tidak mentaati semua keputusan Liga Bangsa-Bangsa. Sebagai contoh misalnya sangsi boikot terhadap suatu negara, setiap anggota dibebaskan untuk menjalankan secara sukarela apakah mendukung atau tidak, sehingga sangsi yang diberikan seperti tidak berguna. Disinilah salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Liga Bangsa-Bangsa. Karena jika negara yang diberi sangsi itu negara yang kuat, maka negara-negara kecil umumnya tidak berani melaksanakan keputusan Liga Bangsa-Bangsa tersebut. Kemudia kegagalan LBB mencegah dan menghukum agresi, seperti agresi Jepang ke Manchuria  1931, Serbuan Italia ke Etiophia dan Eritrea 1934-1935, dan serbuan Jerman ke negara-negara Eropa sejak 1939. Kegagalan ini pada akhirnya secara efektif  mengakhiri LBB. Dari data dan informasi hal yang menyebabkan Liga Bangsa-Bangsa mengalami kegagalam adalah..

A.            LBB tidak mempunyai angkatan bersenjata dan bergantung kepada kekuatan internasional untuk menjaga resolusi-resolusi mereka agar dipatuhi.

B.            melucuti senjata, mencegah terjadinya perang melalui keamanan kolektif, menyelesaikan pertentangan antarnegara melalui negosiasi dan diplomasi, serta memperbaiki kesejahteraan hidup global.

C.            Tidak adanya peraturan yang mengikat dan semuanya dilakukan secara sukarela. Dan tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata dalam menindak setiap negara yang melanggar

D.            LBB tidak memiliki peran nasional yang diperlukan untuk memerintahkan para Negara anggotanya.

E.            beberapa Negara besar di dunia ingin mencoba paham-paham baru yang ingin diterapkan menjadi sistem pemerintahannya

 

25.               Ketika negara-negara lain mulai mengakui hak-hak politik bagi warga negaranya, Tsar Nicholas II masih enggan melakukan hal yang sama. Ia memang mengizinkan dibentuknya Duma (daerah perwakilan rakyat Rusia), namun keberadaannya hanya sandiwara belaka. Pemilihan anggota Duma dilakukan dengan pura-pura karena pada praktiknya, anggota Duma adalah orang-orang yang propemerintahan Tsar. Hasil-hasil rapat dan rekomendasi Duma kepada Tsar tidak pernah dihiraukan dan Pemerintahan pada masa Tsar Nicholas II tidak disusun secara rasional, melainkan atas dasar favoritisme. Tsar tidak memilih orang-orang yang cakap untuk pemerintahannya, orang-orang yang dipilihnya untuk jabatan-jabatan pemerintahan hanyalah orang-orang yang disukainya

Dari ilustrasi di atas yang menjadi penyebab terjadinya revolusi Rusia adalah..

A.            Pemerintahan Tsar Nicholas II yang reaksioner dan Susunan pemerintahan yang buruk

B.            Perbedaan kehidupan masyarakat dalam bidang social ekonomi yang mencolok

C.            Adanya Paham Kebebasan dalam Perdagangan dan politik

D.            Timbulnya angkatan baru berpaham modern yang memperoleh pendidikan Barat

E.            Berkembangnya kekuasaan raja yang bersifat monarki absolut

 

26.               Organisasi ini pada tanggal 25 Desember 1912 merupakan organisasi pertama yang secara tegas menyatakan berpolitik. Dengan demikian Indische Partij adalah partai politik pertama di Indonesia. Semboyannya yaitu Hindia for Hindia yang berarti Indonesia hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang menetap dan bertempat tinggal di Indonesia tanpa terkecuali. Indische Partij merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang perjuanganya bersifat non kooperatif hal ini dapat dilihat dari tujuan yaitu ….

A. Indonesia berparlemen

B. Indonesia bebas penjajahan

C. Meningkatkan derajat ekonomi rakyat Indonesia

D. Meningkatkan derajat pendidikan rakyat Indonesia

E. Mendapatkan kemerdekaan bagi indie (Indonesia)

 

27.               Perhatikan Organisasi Pergerakan Nasional :

1)            Partai Nasionalis Indonesia

2)            Partai Komunis Indonesia

3)            Gerakan Rakyat Indonesia

4)            Perhimpunan Indonesia

5)            Gabungan Politik Indonesia

Berdasarkan informasi di atas yang merupakan organisasi pergerakan nasional yang bersifat radikal adalah ….

A.            1), 2), dan 3).

B.            1), 2), dan 4).

C.            2), 3), dan 4)

D.            3), 4), dan 5).

E.            2), 4), dan 5)

 

28.               Pada masa pemerintahan Jepang di Indonesia banyak Perlawanan rakyat Indonesia terhadap pemerintah pendudukan Jepang diberbagai daerah di Indonesia. Misalnya perlawanan rakyat di Singaparna dan perlawanan rakyat di Aceh. Perlawanan itu merupakan akibat dari ... .

A. praktek diskriminasi ras

B. keharusan wajib militer

C. monopoli perdagangan

D. keharusan melakukan seiheirei

E. sistem kerja Romusha

 

29.               Pada masa pemerintahanRaja Wawa, kegiatan politik Mataram Jawa Tengah dipindahkan ke Jawa Timur oleh Pu Sindok pada abad 10 M. Dari segi politik perpindahan pusat pemerintahan tersebut, salah satunya disebabkan adalah ....

A.            ingin menjauhkan diri dari serangan kerajaan Sriwijaya

B.            Jawa Timur memiliki raja-raja besar dan berwawasan luas

C.            ingin mencari sekutu dalam menghadapi Sriwijaya yang ingin balas dendam

D.            Pu Sindok ingin meletakan dasar berdirinya kerajaan besar di Jawa Timur

E.            sebagai menantu raja Wawa, Pu Sindok ingin meluaskan wilayah kekuasaan

 

30.               Budi Utomo dikenal sebagai organisasi modern pertama, sedangkan Sarekat Dagang Islam (SDI) dikenal sebagai organisasi massa pertama. Kedua organisasi tersebut memiliki perbedaan basis massa. Jika Budi Utomo lebih berorientasi untuk menggalang kaum bangsawan terpelajar, maka Sarekat Islam lebih bersifat terbuka untuk .... 

A.            kaum feodal yang ingin mempertahankan statusnya

B.            penduduk pribumi yang menuntut persamaan politik

C.            generasi muda yang menuntut gerakan emansipasi wanita

D.            rakyat (muslim) yang bergerak di sektor perdagangan

E.            kalangan pemuda yang bergerak di bidang sosial budaya

 

31.               Strategi perjuangan  bangsa Indonesia melawan kolonial Belanda terdapat perbedaan sebelum dan sesudah tahun 1908 (Budi Utomo). Jika sebelum tahun 1908 bangsa Indonesia menggunakan strategi perjuangan konfrontasi, maka sesudah tahun 1908 strategi perjuangannya telah mengalami perubahan antara lain yaitu ... .

A             mengandalkan perlawanan fisik

B             membentuk organisasi modern

C             menggunakan kekuatan senjata

D             belum terkoordinasi antar daerah

E              dipimpin kalangan bangsawan

 

32.               Jules Michelet menjelaskan adanya perbedaan masyarakat pada abad pertengahan dengan masyarakat pada masa renaisans. Perbandingan  berikut yang tepat berhubungan dengan kondisi masyarakat tersebut adalah 

No

Abad pertengahan

Masa renaisans

A

Mengutamakan akal

Dikuasai dokma gereja

B

Abad gelap

Abad pencerahan

C

Faham humanisme

Faham Deisme

D

Berkembang kota industri

Berkembang perdagangan

E

Ilmu pengetahuan berkembang pesat

Industri mencapai puncaknya

 

33.               Aufklarung adalah suatu gerakan besar di Eropa pada abad ke-18 M yang memberikan kedudukan dan kepercayaan yang luar biasa kepada....

A.            Pemerintah

B.            Gereja

C.            Rakyat

D.            Akal budi manusia

E.            Agama

 

34.               Kebijakan kolonial Belanda hanya bertujuan meraup untung dari negeri jajahan. Ketika keuntungan telah diangkut ke negeri Belanda, pemerintah kolonial justru mengabaikan kesejahteraan rakyat Indonesia. kondisi ini yang mendorong golongan progresif menuntut pemerintah Belanda untuk mulai memperhatikan kesejahteraan rakyat Indonesia. Kondisi tersebut melatarbelakangi pemerintah kolonial Belanda menerapkan kebijakan....

A.            politik etis.

B.            pembebasan pajak.

C.            politik pintu terbuka.

D.            sistem tanam paksa.

E.            penghentian penyerahan wajib

 

35.               Perhatikan keterangan-keterangan berikut :

1). Dipimpin oleh kaum intelektual (terpelajar).

2). Tujuannya berpolitik : kemerdekaan.

3).  Bersifat kooperasi = kerjasama dengan pemerintah.

4). Anggotanya kaum terpelajar.

5). Gerakan dalam bentuk perorangan

Keterangan-keterangan di atas merupakan ciri perlawanan terhadap imprialisme awal kebangkitan nasional adalah....

A.            1), 2) dan 4).

B.            1), 2) dan 5).

C.            1), 3) dan 4).

D.            2), 3) dan 4).

E.            2), 3) dan 5)

 

36.               Pada awal abad ke 20 perkembangan nasionalisme di Asia dan Afrika meningkat dengan pesat. Paham ini telah mendorong bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk membebaskan diri dari belenggu kolonialisme dan imperialisme serta berdiri sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Kajian tentang Nasionalisme telah muncul pada awal abad ke 20 yang salah satunya dikemukakan oleh Otto Bauer yang menyatakan bahwa Nasionalisme adalah ....

A.            Kesadaran sebagai sebuah bangsa.

B.            Sekelompok orang yang memiliki keinginan untuk hidup bersatu.

C.            Persamaan perangai dan tingkah laku dalam memperjuangkan persamaan dan nasib.

D.            Kesetiaan tertinggi rakyat diserahkan kepada negara kebangsaan karena negara merupakan bentuk orgaisasi yang sah

E.            Perpaduan faktor politik, ekonomi, sosial dan intelektual pada satu tingkat tertentu dalam sejarah

 

37.               Perhatikan pernyataan berikut:

1)            Pelaksanaan Romusha, yaitu kerja paksa untuk membangun sarana dan prasarana militer Jepang dalam rangka memenangkan Perang Asia Timur Raya, mengakibatkan kehidupan bangsa Indonesia jauh lebih buruk dari budak belian

2)            Pelaksanaan Kinrohosi, yaitu pemerahan bahan makanan rakyat secara besar-besaran untuk kepentingan militer Jepang. Akibatnya beras dan berbagai bahan pangan petani dirampas Jepang untuk kepentingan militernya, sehingga banyak rakyat yang mendierita kelaparan dan terjadi kematian dimana-mana

3)            Pelaksanaan Jugun Ianfu, yaitu mempekerjakan para gadis dan perempuan Indonesia sebagai wanita penghibur untuk pemuas nafsu militer Jepang.

4)            Rakyat Indonesia dalam stratifikasi sosial masyarakat pada masa Jepang menduduki peringkat ketiga setelah masyarakat Eropa dan Timur asing

5)            Bangsa Indonesia hanya boleh aktif dalam kegiatan politik melalui organisasi-organisasi yang didirikan Jepang

Dari pertanyaan di atas yang menunjukkan cirri kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa pendudukan Jeopang ditunjukkan pada nomor ….

A.            1), 2) dan 3)

B.            1), 2) dan 4)

C.            1), 2) dan 5)

D.            2), 3) dan 4)

E.            2), 3) dan 5)

 

38.               Perhatikan indikator berikut :

1)            Pusat perdagangan

2)            Pusat dakwah keagamaan

3)            Tempat pertemuan para raja

4)            Tempat persinggahan kapal

5)            Tempat penyimpanan barang dagangan

     Fungsi pelabuhan bagi kerajaan maritim pada masa Islam ditunjukkan oleh nomor ….

A.            1,2 dan 3

B.            1,4 dan 5

C.            2,3 dan 4

D.            2,3 dan 5

E.            3,4 dan 5

 

39.               Perhatikan beberapa nama candi berikut ini dengan seksama!

1)            Candi Prambanan

2)            Candi Wringin Lawang

3)            Candi Borobudur

4)            Candi Jago

5)            Candi  Muaro Takus

Dari data tersebut, yang termasuk candi bercorak Buddha di tunjukan oleh nomor…..

A.            1 dan 2

B.            1 dan 3

C.            2 dan 3

D.            2 dan 4

E.            3 dan 5

 

40.               Sikap toleransi beragama yang terus dibina sampai sekarang, mengingat bangsa Indonesia memiliki banyak suku bangsa , bahasa dan agama. Sebagaimana tertulis  dalam kitab Sutasoma karya Mpu  Tantular, “Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki makna  berbeda-beda tetapi tetap satu juga, ternyata  telah berkembangan sejak zaman kerajaan Mataram. Sikap tersebut ditunjukkan oleh tokoh kerajaan Mataram Kuno, yaitu pada peristiwa…

A.            pernikahan politik antara pramodawardhani dengan rakai pikatan

B.            pemindahan pusat kerajaan mataram kuno ke jawa timur oleh mpu sendok

C.            pembangunan candi kalasan yang bercorak budha oleh rakai panangkaran

D.            pembangunan pusat perdagangan di sungai bengawan solo oleh rakai dyah balitung

E.            pembentukan tiga jabatan penting dibawah raja yaitu mahamantri oleh rakai dyah balitung

 

41.               Memahami Revolusi Amerika, Revolusi Perancis dan Revolusi Rusia dalam konteks gerakan nasionalisme di berbagai negara di Asia dan Afrika sangat penting. Hal ini  karena ketiga revolusi tersebut …..

A.            mempelopori gerakan-gerakan kemerdekan di berbagai Negara

B.            menginspirasi pergerakan nasional di berbagai Negara

C.            melatarbelakangi munculnya berbagai pergerakan nasional di berbagai Negara

D.            menjadi faktor utama munculnya gerakan pembebasan dari penjajahan di berbagai Negara

E.            menjunjung tinggi kebebasan, kesetaraan dan demokrasi

 

42.               Perhatikan pernyataan berikut ini .

1) Berbasis di Bukit Tinggi

2) Pemerintah militer Angkatan Darat ke - 25

3) Dipimpin oleh Jendral Hitoshin Immamura.

4) Pemerintahan militer Ankatan Darat ke - 16

5) Dikusai Angkatan laut dari Armada Selatan II

Dari pernyataan tersebut yang berkaitan dengan penjelasan wilayah Jawa dan Madura pada masa Jepang  adalah . . . .

A. 1, 2, dan 3

B. 1 dan 3

C. 2, 3, dan 5

D. 3 dan 4

E. 1, 3, dan 5

 

43.               Kundungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri wangsa yang

wajahnya seperti Ansuman (matahari). Sang Aswawarman memiliki putra yaitu Sang

Mulawarman yang sering melakukan upacara di tempat suci Waprakesywara. Dalam

upacara tersebut sering memberikan hadiah, diantaranya menghadiahkan 20.000 ekor

lembu kepada kaum Brahmana.”

Berdasarkan teks tersebut, raja pertama dari kerajaan tersebut adalah ....

A. Aswawarman

B. Mulawarman

C. Kundungga

D. Ansuman

E. Waprakeswara

 

44.               Pada awal pertumbuhana Islam para mubalig menggunakan ritual selamatan sebagai sarana islamisasi. Penyelenggaraan upacara selamatan bertujuan untuk...

A. mendoakan arwah orang yang telah meninggal

B. menambah pahala orang yang meninggal

C. memperingati hari kelahiran nabi Muhammad

D. mempererat persaudaraan antarumat Islam

E. meningkatkan kualitas ibadah umat Islam

 

45.               Sebab khusus terjadinya Revolusi Amerika adalah ….

A.    Adanya paham kebebasan dalam politik

B.    Adanya berbagai macam pajak yang ditetapkan oleh pemerintah Inggris

C.    Terjadinya peristiwa Boston Tea Party

D.    Beredarnya buku Common Sense karya Thomas Paine

E.    Adanya paham kebebasan dalam perdagangan

 

46.               Salah satu bukti aktualisasi Pan Islamisme dewasa ini adalah ….

A.    Pembentukan gerakan gerakan kebangsaan Asia Afrika

B.    Pembentukan Konferensi Negara Negara Non Blok

C.    Pembentukan organisasi Konferensi Islam

D.    Bersatunya beberapa Negara barat menjadi kekuyatan Islam yang tangguh

E.    Peningkatan persenjataan Negara Negara Islam untuk melawan penjajah

 

47.               Kerajaan Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan maritim Hindu-Buddha di Nusantara memiliki banyak keragaman diantaranya penganut agama yang berbeda. Meskipun demikian rakyat Majapahit dapat hidup rukun dan berdampingan. Raja selalu berusaha agar ketentraman masyarakatnya dapat berjalan baik sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan Majapahit berpengaruh hingga saat ini dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dampak keragaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia masa kini adalah ....

A.            Terciptanya  keharmonisan  dalam  persamaan  antarpenduduk  terutama  pada  sistem pertahanan dan keamanan negara

B.    Indonesia  menjadi  bangsa  yang  besar  dan  kuat  karena  selalu  menjaga  kerukunan

antarsuku bangsa

C.            Hidup saling berdampingan antarpenduduk sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan sistem pemerintahan

D.    Munculnya sikap toleransi dan empati dari masyarakat yang berbeda latar belakang status

E.            Keragaman   antarpenduduk   berpengaruh   terhadap   penyelenggaraan   pembangunan nasional bangsa Indonesia

 

48.               Perang Dunia I tidak hanya berpengaruh bagi masyarakat Eropa, tetapi pengaruhnya menyebar hingga ke seluruh dunia. Dalam bidang politik, Perang Dunia I menyebabkan terjadinya perubahan teritorial yang disebabkan oleh ....

A.            Dominasi paham-paham diktator seperti Nazi di Jerman dan Fasisme di Italia yang ingin menguasai dunia

B.            Munculnya negara-negara baru di kawasan Asia dan Afrika sehingga mempengaruhi peta dunia

C.            Keinginan para negara sekutu menaklukkan wilayah Asia dan Afrika menjadi bagian pemerintahannya

D.            Kekalahan negara-negara sentral seperti Jerman, Turki, Bulgaria dan Austria yang harus menyerahkan wilayahnya

E.            Adanya paham baru yang menimbulkan adanya pembagian kekuasaan yaitu komunis dan demokrasi

 

49.               Deklarasi kemerdekaan yang ditandatangani pada tanggal 4 Juli 1776 oleh ketiga belas koloni di wilayah Amerika mengandung makna kebebasan hak asasi manusia. Pernyataan ini telah menimbulkan ketegangan bahkan peperangan antara kaum kolonis Amerika dan pihak Inggris. Revolusi Amerika telah membakar semangat kebangsaan hingga ke negara lain seperti Indonesia hingga saat ini. Dampak peristiwa tersebut terhadap sistem pemerintahan Indonesia saat ini adalah

A.  Berkembangnya pemerintahan sentralisasi dengan berdasar pada otoritas tertinggi pada lembaga eksekutif

B.  Terbentuknya sistem kabinet pemerintahan sebagai perwakilan dari partai politik yang mendukung lembaga eksekutif

C.  Adanya  Dewan  Perwakilan  Rakyat  (DPR)  sebagai  wakil  rakyat  yang  ditentukan berdasarkan jumlah penduduk

D.  Rakyat  memiliki  hak  dan  kewajiban  tertinggi  dalam  sistem  penyelenggaraan  negara sehingga lembaga eksekutif bertanggung jawab kepada rakyat

E.   Adanya sistem parlemen negara dalam menata arus mobilitas kepartaian sehingga tidak

terjadi konflik kepentingan antarpartai

 

50.               Salah satu penyebab terjadinya Revolusi Industri adalah ….

A.    Pemerintahan Monarkhi Absolut yang buruk

B.    Raja Inggris gagal dalam menjalankan pemerintahan

C.    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

D.    Adanya perkembangan industry di Inggris

E.    Berkembangnya paham sosialisme

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA