LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS 10 IPS

    

LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS X IPS

1.                   Perhatikan data – data berikut ini !

1)    Perang Dipenogoro ( 1825 – 1830 )

2)    Perlawanan Sultan Agung ( 1628 – 1629 )

3)    Keadaan ekonomi  rakyat Kota Jakarta pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966)

4)    Beberapa kerusuhan sosial  di Indonesia pada tahun 1997

5)    Pertempuran arek – arek Surabaya 10 November 1945

Dari data tersebut di atas, yang menunjukkan cara konsep berpikir sejarah diakronik adalah … .

A.      ( 1 ),  ( 2 ) dan ( 3 )

B.      ( 1 ) , ( 2 ) dan ( 4 )

C.      ( 1 ) , ( 2 ) dan ( 5 )

D.      ( 2 ) , ( 3 ) dan ( 5 )

E.       ( 3 ) , ( 4 ) dan ( 5 )

 

2.                   Perubahan dapat diartikan sebagai aspek kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat. Berikut ini yang merupakan contoh dari perubahan dalam sejarah adalah … .

A.             Bencana tsunami Aceh 26 Desember 2004. Pasca peristiwa tersebut menyebabkan puluhan ribu orang meninggal dunia, rusaknya berbagai infrastruktur dan lumpuhnya aktivitas masyarakat Aceh.

B.             Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 , Indonesia menjadi negara yang merdeka sampai sekarang.

C.             Kekalahan Jepang pada Sekutu menjadikan Jepang menyerah tanpa syarat dan negara-negara jajahan menjadi negara merdeka

D.             Perang dingin menjadikan negara-negara berkembang membentuk negara non-blok

E.             Tradisi pemujaan terhadap leluhur pada masa praaksara sampai sekarang masih ada dalam bentuk nyekar sebelum bulan Ramadhan


3.                   Perhatikan paragraf berikut ini !

Perlawanan Diponegoro (1825 – 1830) yang terjadi di Jawa, dan Perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan. Kedua perlawanan tersebut juga sama-sama menentang penjajahan Belanda. Akan tetapi kedua keunikan tersendiri, baik sebab-sebab terjadinya perlawanan tersebut, maupun jalannya perlawanan terhadap penjajah Belanda.

Pernyataan di atas menunjukkan bahwa peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ...

A.            ruang atau tempat

B.            waktu atau zaman

C.            tokoh

D.            kebudayaan

C.            ideology

 

4.                   Dalam penulisan kisah sejarah, sejarahwan harus mampu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lampau berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan. Pernyataan di atas sesuai dengan salah satu ciri sejarah sebagai seni, yaitu memerlukan ....

A.            emosi

B.            fantasi

C.            gaya bahasa

D.            intuisi

E.            imajinasi

 

5.                   Pada awalnya kehidupan manusia purba terbentuk kelompok-kelompok kecil yang memudahkan untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka hidup di alam terbuka dan mendekati sumber air atau sungai, Kemudian mereka hidup menetap hingga pada masa yang membangun pola hunian yang lebih modern. Hal itu merupakan suatu proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini memberikan interpretasi bahwa peristiwa sejarah itu ....

A.            tergantung siapa yang menjadi pelaku dan saksinya

B.            adanya hubungan antara pelaku dan penulis sejarah

C.            ada keterkaitan peristiwa yang satu dengan lainnya

D.            tidak memiliki hubungan dengan peristiwa masa kini

E.            tergantung siapa yang menjadi penulis sejarah itu

 

6.                   Ketika sumber tulisan dirasakan masih kurang mencukupi dijadikan sebagai fakta untuk mengungkap peristiwa masa lalu, maka dalam perspektif baru penulisan, para sejarawan menggunakan sumber visual karena…

A.            Foto merekam realitas dari sebuah peristiwa sejarah

B.            Foto merupakan bukti yang paliang autentik diantara bukti-bukti sejarah lainnya

C.            Foto selalu benar dan keadaan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dalam menampilkan objek dan bekaitan dengan kepentingan sejarah

D.            Dalam penulisan sejarah, penulis membutuhkan lebih banyak foto-foto untuk mendukung objektifitas hasil penelitian, sumber sejarah lainnya menjadi sumber pendukung

E.            Foto merupakan hasil karya luar biasa dari seorang fotografer

 

7.                   Perhatikan isi teks berikut:

Pangeran Diponegoro adalah salah satu musuh Belanda yang paling sulit ditaklukkan. Perlawanannya selama lima tahun (1825-1830) begitu merepotkan dan bahkan membuat keuangan pemerintah kolonial kolaps. Karena begitu besarnya pengeluaran, Komisaris Jenderal De Bus de Gisignies menekan Jenderal De Kock agar melakukan penghematan dan segera menyelesaikan perang. Sebab, pada saat itu pemerintah Hindia Belanda sudah defisit f. 18.000.000 (18 juta gulden). Menanggapi tekanan Du Bus, De Kock seperti dicatat E.S de Klerk menjawab: “Bahwa kami berperang ini tidak hanya melawan pemberontak, akan tetapi melawan seluruh rakyat yang jumlahnya dua juta.”

Sumber: www.liputan6.com

Teks tersebut diatas merupakan ciri-ciri penulisan sejarah yang bersifat….

A.            Istana sentris

B.            Religio magis

C.            Etnosentrisme

D.            Belanda sentris

E.            Region sentrisme

 

8.                   Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa kehidupan manusia (Indonesia) pada masa lampau. Peristiwa tersebut dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah antara lain karena peristiwa tersebut bersifat unik (einmalig) yaitu ....

A.            merupakan peristiwa yang sangat penting

B.            menjadi momentum yang sangat penting

C.            peristiwa itu hanya terjadi satu kali

D.            peristiwa itu tidak pernah berubah

E.            menjadi pedoman hidup bermasyarakat

 

9.                   Sumber sejarah merupakan bahan yang digunakan mengungkap peristiwa sejarah. Agar karya sejarahnya mendekati kenyataan  sejarah, maka sejarawan berupaya mencari sumber primer yang antara lain dapat diperoleh melalui ....

A.            karya sejarah yang ditulis sejarawan

B.            hasil wawancara dengan pelaku sejarah

C.            karya sejarah yang ditulis sejarawan asing

D.            buku paket yang digunakan siswa di sekolah

E.            peninggalan berupa prasasti tiruan (tinulat)

 

10.               Dalam mengungkap peristiwa kehidupan manusia masa lampau, penulis sejarah antara lain berupaya untuk menerapkan konsep berfikir kronologis. Wujud penerapan konsep berfikir kronologis tersebut adalah ....

A.            mengurutkan cara kerja sesuai rencana

B.            menurutkan waktu penulisan sejarah

C.            membuat urutan waktu peristiwanya

D.            menetapkan suatu peristiwa sejarah

E.            mengelompokkan berbagai peristiwa

 

11.               Peristiwa sejarah tidak terlepas dari tiga dimensi waktu yang saling terkait yaitu masa lampau, kini dan akan datang. Berkaitan dengan dimensi waktu,dalam ilmu sejarah dikenal dengan konsep berfikir diakronis. Penerapan konsep berfikir tersebut dalam penulisan sejarahadalah ....

A.            bersifat kronologis atau memanjang dalam waktu

B.            mencari waktu yang tepat untuk menulis sejarah

C.            karya sejarah membahas kehidupan waktu lampau

D.            bersifat anakronisme, mengabaikan urutan waktu

E.            bersifat dialogis dari cerita para pelaku sejarah

 

12.               Akhir-akhir ini dalam melakukan penulisan sejarah, sejarawan tidak hanya menerapkan konsep berfikir diakronik melainkan juga  mengembangkan dan menerapkan konsep berfikir sinkronik. Penerapan konsep berfikir sinkronik tersebut dilakukan dengan cara ....

A.            mengkaji peristiwa sejarah dilakukan secara kronologis

B.            menciptakan karya sejarah sesuai alur perjalanan waktu

C.            mengungkap latar belakang dan dampak yang ditimbulkan

D.            mengurutkan waktu sesuai dengan kejadian peristiwanya

E.            mengkaji sejarah secara melebar dan meluaspada ruang 

 

13.               Kajian tentang kehidupan manusia pada masa lampau pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, maka jika kita mengkaji sejarah sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia,maka “konsep ruangnya” adalah ....

A.            Sukarno dan Hatta berperan sebagai proklamator

B.            pengibar bendera Latif Hendraningrat dan Suhut

C.            dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945

D.            dilaksanakan di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta

E.            dilaksanakan hari Jumat Legi bulan Ramadhan

 

14.               Langkah verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan langkah untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Langkah verifikasi ini terdapat dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Dalam kritik intern dilakukan untuk mengkritisi tentang ....

A.            keaslian suatu peninggalan sejarah

B.            ketuaan suatu peninggalan sejarah

C.            obyektifitas penyusunan kisah sejarah

D.            ketepatan dalam menggunakan sumber

E.            isi dari suatu peninggalan sejarah

 

15.               Perhatikan wacana di bawah ini !

Seorang sejarawan sedang meneliti sebuah peristiwa sosial yang terjadi pada masa lalu tentang terjadinya penyerobotan lahan petani oleh para pengusaha. Ia melakukan wawancara dengan orang yang ahli pada masalah itu, mendengar dan membaca pendapat umum tentang hal itu. Ia juga melakukan wawancara terhadap kedua belah pihak yang bersengketa, juga pendapat para pejabat yang berkaitan dengan masalah itu. Sejarawan itu juga melakukan penelitian tentang dokumen di Badan Pertanahan Nasional (BPN), dokumen pengadilan, dan koran hasil liputan para jurnalis yang menyaksikan peristiwa penyerobotan tersebut.

Berdasarkan wacana tersebut, maka yang disebut sebagai sumber primer adalah ... .

A.            pendapat yang disampaikan pejabat yang berkompeten

B.            kedua pihak yang bersengketa yaitu petani dan pengusaha

C.            dokumen di BPN, dokumen pengadilan dan liputan jurnalis

D.            pendapat orang yang ahli tentang masalah sengketa tanah

E.            mendengar pendapat yang disampaikan oleh masyarakat

 

16.               Kebudayaan Sampung Ponorogo dan kebudayaan Kapak Sumatra merupakan kebudayaan zaman Mesolithikum. Ras Papua Melanisoid menjadi pendukung kedua kebudayaan itu. Bedanya, sistem mata pencahariannya. Di Sampung, berburu dan meramu makanan, sedang di daerah Langsa Aceh (Sumatra) hidup di tepi pantai mencari ikan dan kerang.

Paragraf di atas menunjukkan bahwa perbedaan kehidupan manusia purba di kedua daerah tersebut dipengaruhi oleh faktor ...

A.            ruang atau tempat

B.            waktu atau zaman

C.            manusia pendukung

D.            kebudayaan

E.            mata pencaharian

 

17.               Perhatikan pernyataan berikut ini !

(1)          keterangan yang diperoleh dari tangan pertama sebagai pelaku sejarah.

(2)          di dalamnya tercermin kondisi sosial budaya masyarakat pada zamannya,

(3)          di dalamnya tercermin nilai-nilai sosial budaya masyarakat pada zamannya.

(4)          biasanya dirinya diperankan menjadi tokoh penting sehingga kurang obyektif

(5)          ditulis untuk  tujuan tertentu sehingga kadar subyektifitasnya cukup tinggi.

Dari pernyataan-pernyataan tersebut diatas, yang merupakan kelebihan-kelebihan dari otobiografi sebagai sumber sejarah adalah ...

A.            (1), (2), dan (3)

B.            (1), (2), dan (4)

C.            (1), (3), dan (5)

D.            (2), (3), dan (4)

E.            (3), (4), dan (5)

 

18.               Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukkan contoh sejarah sebagai peristiwa, yaitu ….

A.  Seorang pejuang menulis pengalaman perangnya dengan Belanda

B.  Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia

C.  Presiden Soekarno menceritakan pengalamannya dalam sebuah biografi

D.  Agresi Militer Belanda I diberitakan dalam koran-koran

E.   SUPERSEMAR ditulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah-sekolah

 

19.               Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan zaman praaksara, zaman HinduBuddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa zaman disebut ....

A. kronik

B. kronologi

C. anakronis

D. kontinuitas

E. periodisasi

 

20.               Pengkajian sebuah gejala sosial dengan menekankan kepada hukum kausalitas (sebabakibat) meliputi, latar-belakang sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai dengan akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan bentuk pengkajian yang bersifat ....

A. dinamis

B. statis

C. struktural

D. sinkronis

E. diakroni

 

21.               Perhatikan pernyataan berikut ini :

(1) Mencari sumber makanan yang tersedia

(2) Goa sebagai tempat tinggal

(3) Hidupnya masih berpindah-pindah

(4) Sudah ditemukan bukti tertulis

Yang menjadi ciri-ciri kehidupan manusia praaksara pada masa berburu dan maramu

makanan tingkat awal (paleolithikum) adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (2) dan (3)

E. (3) dan (4)

 

22.               Perhatikan gambar di bawah ini :

(1) peralatan dari tulang

(2) Kehidupan di gua

(3) Gambar tapak tangan di dinding gua

(4) Kapak batu bergerigi

Yang merupakan hasil budaya masa mesolithikum ditandai pada nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

E. (3) dan (4)

 

23.               Kehidupan masyarakat prasejarah masa perundagian sudah dapat dikatakan lebih maju

dibandingkan dari kehidupan masyarakat prasejarah masa sebelumnya karena masyarakat

perundagian sudah ….

A. menerapkan sistem pertanian ladang

B. memahami cara mengolah makanan

C. mengenal organisasi dalam masyarakat

D. mengenal kebudayaan perunggu dan besi

E. menggunakan hari dan sistim penanggalan

 

24.               Perhatikan pernyataan di bawah ini :

1)            kehidupan meramu dan mengumpulkan makanan (Food Gathering)

2)            kehidupan masih beripindah-pindah tempat (Nomaden)

3)            memilih pemimpin dengan melihat kelebihan fisik dan mental (Primus Interpares)

4)            bercocok tanam dengan  membakar hutan, mengolah lahan dan menanam lahan (berhuma)  

5)            memiliki kemampuan dalam berlayar dengan menggunakan perahu bercadik

6)            kehidupan sebagai masyarakat yang bergotong royong 

Dari pernyataan di atas,yang termasuk nilai – nilai peninggalan budaya masyarakat pra aksara yang ada sampai saat ini  adalah nomor ... .

A.            1), 2) dan 3)

B.            1), 2) dan 4)

C.            2), 3) dan 4)

D.            3), 4) dan 5)

E.            4), 5) dan 6)

 

25.               Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti Cina dan Jerman. Manusia purba yang ditemukan di Indonesia maupun di luar Indonesia tersebut, jika ditinjau dari hasil kebudayaan banyak memiliki kesamaan antara lain yaitu ....

A.            menggunakan peralatan dari kayu, tulang dan logam

B.            ras manusia modern yang awal penyebarannya dari Afrika

C.            sama-sama mengenal kebudayaan tjokken moddinger

D.            menggunakan abris sous roche sebagai tempat hunian

E.            tempat huniannya di gua dan di daerah tepi pantai

 

26.               Pengetahuan manusia pada zaman perundagian (zaman logam) dalam berbagai bidang meningkat pesat. Mereka telah menguasai pelayaran dan perdagangan. Mereka menciptakan perahu-perahu bercadik atau perahu bersayap, hingga mampu menjelajah seluruh perairan Austronesia. Pemasangan cadik dalam perahu-perahu tersebut difungsikan untuk ....

A.            menangkap hembusan angin yang dapat mendorong lajunya perahu

B.            tiang pengikat tali ketika perahu disandarkan pada benda di tepi pantai

C.            mengantisipasi terjadinya benturan agar tidak mengenai badan perahu

D.            mempercepat daya jelajah ke daerah perairan yang arusnya deras

E.            menjaga keseimbangan perahu agar perahu tidak mudah terbalik

 

27.               Perhatikan data berikut !

(1)          Tulang pipi tebal

(2)          Otot kunyah kuat

(3)          Tonjolan kening mencolok

(4)          Tidak memiliki dagu

(5)          Perawakan tegap

(6)          Memakan jenis tumbuhan

(7)          Merupakan manusia purba tertua

(8)          Ditemukan oleh G.H.R.. Koenigswald

Data tersebut berkaitan dengan jenis manusia purba ....

A.            Pithecantropus Errectus

B.            Meganthropus Palaeojavaniscus

C.            Homo Wajakensis

D.            Homo Soloensis

E.            Homo sapiens

 

28.               Perhatikan data berikut !

(1)          Tinggi tubuh berkisar 165-180 cm

(2)          Tonjolan kening tebal dan melintang sepanjang pelipis

(3)          hidung lebar dan tidak punya dagu

(4)          Isi tengkorak sekitar 750-1300 cc

(5)          Ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890

(6)          Ditemukan di trinil, lembah Bengawan Solo

Data tersebut sesuai dengan ciri-ciri manusia purba jenis....

A.            Meganthropus Palaeojavaniscus

B.            Pithecanthropus Errectus

C.            Homo Wajakensis

D.            Homo Soloensis

E.            Homo Sapien

 

29.               Manusia masa kini/modern pada dasarnya merupakan kelanjutan dari manusia purba. Secara fisik yang membedakan manusia purba dengan manusia modern terletak pada ....

A.            tingkat volume otaknya

B.            tingkat kebudayaannya

C.            jumlah kebutuhan hidup

D.            kebutuhan pendidikan

E.            masalah gotong royong

 

30.               Nenek moyang bangsa Indonesia pada jaman perundagian selain memiliki ketrampilan tehnik menuang logam, juga telah mengenal ilmu astronomi. Pada masa itu ilmu astronomi dimanfaatkan untuk ….

A.            kegiatan pertanian dan pelayaran

B.            menentukan hari baik dan buruk

C.            meramalkan kejadian masa depan

D.            menentukan waktu kegiatan ritual

E.            mengumpulkan warga sekitarnya

 

31.               Penemuan fosil manusia purba di Indonesia sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di luar negeri antara lain ditemukan di Eropa. Perbedaan manusia purba Indonesia dengan manusia purba di Eropa terutama berkaitan dengan ....

A.            peralatan yang digunakan

B.            sistem kepercayaan/religi

C.            sistem mata pencaharian

D.            ciri-ciri fisik/struktur tubuh

E.            tempat tinggal/hunian

 

32.               Perkembangan kebudayaan pada zaman neolithikum sudah lebih maju dibandingkan zaman-zaman sebelumnya. Peninggalan kebudayaan zaman neolithikum tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara, yaitu ....

A.            hidupnya di tepi  pantai mencari kerang dan cumi-cumi

B.            menempati gua-gua perbukitan dan berburu binatang

C.            kebudayaan kapak persegi dan kapak lonjong

D.            penemuan Kjokkenmoddinger dan Abris Sous Roche

E.            belum memiliki tempat tinggal secara menetap

 

33.               Sumber  utama  sejarah  kerajaan  Kutai  adalah  7  buah  Yupa.  Yupa  merupakan  bentuk

peninggalan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman…..

A.    Arkaekum

B.    Mesolitikum C.    Neolitikum D.    Paleolitikum

E.    Megalithikum

 

34.               Pada masa bercocok tanam dan beternak manusia telah memiliki seorang pemimpin dalam kelompok. Pemilihan pemimpin dalam kelompok pada masa praaksara di dasarkan pada .....

A. kekuatan fisik kan harta keakayaan

B. kewibawaan dan esaktian

C. tingkat kedewasaan dan usia

D. kemampuan spiritual dan kekuatan fisik

E. harta kekayaan dan tingkat kepandaian

 

35.               Berdasarkan penelitian para ahli, berdasarkan penyelidikan kerangka manusia purba jenis sinanthropus Pikenensis yang ditemukan di Cina memiliki persamaan dengan manusia purba jenis Pithecanthropus Erectus yang di temukan di Indonesia. Persamaan kedua jenis manusia purba tersebut dapat dilihat dari  ... .

A.            bentuk tubuh dan volume otak

B.            tulang rahang dan dagu

C.            berat badan dan tinggi badan

D.            tulang kening dan dagu

E.            tulang paha dan ruang tengkorak

 

36.               Penyelidikan manusia purba di daratan Asia dilakukan oleh Davidson Black, guru besar anatomi berkebangsaan Kanada. Ekspedisi Davidson Black terhadap obyek penelitian di Choukoutien mulai dilakukan sejak tahun 1927. Dengan bantuan dana dari Yayasan Rockefeller, Davidson Black berhasil memperoleh fragmen fosil yang dicarinya. Fosil yang ditemukan kemudian ia beri nama Homo pekinensis (manusia dari Peking). Namun, ada juga yang lebih suka menyebut sinanthropus pekinensis. Davidson Black tidak dapat menyelesaikan penelitiannya di Choukoutien. Ia meninggal dunia akibat serangan jantung pada tahun 1933. Pekerjaan penelitiannya itu kemudian dilanjutkan oleh Franz Weidenreich. Dalam waktu 10 tahun, Weidenreich berhasil menemukan sembilan keping tengkorak, 14 rahang bawah, enam fragmen tulang muka, dan 152 buah gigi. Penemuan ini Iantas ia bandingkan dengan bentuk tubuh dan tingkat peradaban Pithecantropus erectus. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan persamaan antara Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di Indonesia dan Sinanthropus Pekinensis yang ditemukan di Cina adalah ....

a.            Sudah bisa berjalan dengan tegak

b.            Hidup di gua-gua dekat sungai

c.             Mampu bercocok tanam

d.            Hidup pada masa Neolitikum

e.            Dapat membuat alat berburu sederhana

 

37.               Perhatikan data di bawah ini!

1. kehidupan manusianya sudah menetap

2. dapat bercocok tanam tanaman padi

3. membuat rumah sebagai tempat tinggal

4. memelihara hewan untuk diternak

5. memilih kepala suku sebagai pemimpin dengan musyawarah

Berdasarkan data di atas, menunjukkan cara kehidupan manusia pra aksara pada masa ....

A. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat awal

B. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

C. bercocok tanam dan ladang berpindah

D. bercocok tanam dan beternak

E. perundagian dan pertukangan

 

38.               Contoh persamaan antara Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di Indonesia dan Sinanthropus Pekinensis yang ditemukan di Cina adalah ....

A. Sudah bisa berjalan dengan tegak

B. Hidup di gua-gua dekat sungai

C. Mampu bercocok tanam

D. Hidup pada masa Neolitikum

E. Dapat membuat alat berburu sederhana

 

39.               Perhatikan data dibawah ini.

1) Fosil Kuda Nil

2) Fosil Fosil Rusa

3) Fosil Homo Sapiens

4) Fosil batuan Kalsedon

5) Fosil Pithecanthropus Erectus

Berdasarkan data di atas, fosil yang termasuk ke dalam temuan di situs Trinil adalah ....

A.            1, 2, dan 3

B.            1, 2, dan 4

C.            1, 2, dan 5

D.            2, 3, dan 4

E.            2, 3, dan 5

 

40.               Alasan Sangiran dipilih UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia adalah ....

A. karena penemuan fosil manusia purba pertama ditemukan di Sangiran

B. karena sangiran berlokasi di Pulau Jawa

C. karena tidak ada situs manusia purba di dunia selain Sangiran

D. karena Sangiran memiliki letak sangat luas

E. karena Sangiran merupakan pusat perkembangan manusia purba dunia

 

41.               Di bawah ini adalah peninggalan hasil peradaban kuno :

1. tulisan Heiroglyph

2. huruf paku

3. piramida

4. sphinx

5. sistem kalender

6. tulisan piktogram

Berdasarkan data di atas, hasil peradaban Mesir Kuno adalah pada angka ....

A. 1, 3, dan 4

B. 2, 3, dan 4

C. 2, 4, dan 5

D. 3, 4, dan 6

E. 3, 5, dan 6

 

42.               Ada banyak peradaban kuno di dunia yang masih memiliki bukti sejarah yang masih ada hingga

sekarang, diantaranya Mesir. Salah satu bukti peradaban dari bangsa mesir kuno ialah piramida yang berfungsi untuk .......

A. penyimpanan jenasah Raja-raja mesir kuno

B. lambang kejayaan bangsa mesir

C. tempat menuliskan sejarah raja mesir

D. untuk tempat tinggal dewa Amon Ra

E. tempat menyimpan sesaji bagi Roh nenek

moyang bangsa mesir

 

43.               Bangunan kota Mahenjo-Daro dan Harrapa memperlihatkan tingginya peradaban manusia ribuan tahun sebelum Masehi, dengan beberapa jalan, saluran air, dan pemukiman penduduk yang dirancang secara baik. Reruntuhan dua bangunan kota itu terletak di lembah sungai….

A. Eufrat-Tigris

B. Indus

C. Nil

D. Gangga

E. Yang Tse Kiang

 

44.               Peradaban kuno eropa mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi peradaban bangsa Indonesia. Salah satu pengaruh peradaban kuno Eropa (Yunani) bagi Indonesia dalam bidang politik pemerintahan adalah ….

A. Pemerintahan demokrasi

B. Pemerintahan otokrasi

C. Pemerintahan liberal

D. Pemerintahan absolut

E. Pemerintahan militer

 

45.               Bukti bahwa masyarakat di kota kuno Mohenjodaro dan Harappa telah memperhatikan “ Sanitasi “ adalah ….

A.            ditemukan reruntuhan bekas bangunan bertingkat

B.            setiap rumah memiliki halaman untuk berkebun

C.            bangunan rumahnya terbuat dari batu bata dan telah disemen

D.            Pada setiap rumah memiliki sumur dan saluran pembuangan air kotor

E.            Ditemukan ruang dibawah tanah untuk menyimpan barang-barang berharga

 

46.               Perhatikan data hasil peradaban berikut :

1)            Spink. Bangunan ini merupakan patung dengan bacan singa dan kepala manusia. Adapun fungsinya selain untuk menghalau roh jahat juga sebagai perlambang kekuasaan. Badan dari Sphinz adalah lambang kekuasaan sementara kepala singa tersebut adalah lambang kebijaksanaan.

2)            Makam. Jika raja mesir dimakamkan di dalam piramida maka para bangsawa mesir dimakamkan di sebuah bangunan pekuburan yang letaknya ada di atas gunung karang. Bangunan ini terdiri atas serambi dan juga tiang tiang yang diisi patung. Fungsi bangunan ini sebagai makam.

3)            Jam Pasir. Benda ini hasil kebudayaan peradaban mesir kuno dan difungsikan sebagai medium pengukur waktu. Ciri utamanya adalah penggunaan pasir sebagai medium ukur.

4)            Bangunan bekas rumah yang sudah memiliki pintu, ukuran batu bata yang sama, dan ditemukan pendopo. Peneliti menemukan kolam renang yang berukuran besar, dimungkinkan sebagai kolam renang yang disucikan untuk dewa-dewi. Ditemukan pula bangunan bekas perairan yang sudah tertata rapi, sistem drainase kota. Mereka sudah menggunakan alat-alat dari batu dan tembaga. Hal ini memperkuat bahwa warga masyarakat sudah mengenal dan menggunakan api.

5)            Perhiasan barang mewah menunjukkan keindahan berupa kalung, gelang, anting-anting yang terbuat dari emas dan perak. Alat-alat rumah tangga dan permainan anak-anak sudah dihiasi dengan seni gambar dan seni ukir yang indah.

Berdasarkan informasi hasil peradaban Mesir Kuno adalah ….

A.            1), 2), dan 3).

B.            1), 2), dan 4).

C.            2), 3), dan 4)

D.            3), 4), dan 5).

E.            2), 4), dan 5)

 

47.               Daerah awal kekuasaan Kerajaan Romawi adalah daerah Semenanjung Apenina atau daerah Italia sekarang. Daerah Itlaia terdiri atas daerah pegunungan dan dataran rendah. Bentuk pemerintahan Roma memiliki lima unsur. Pertama : Kepala pemerintahan dijabat oleh dua orang Consul. Consul ini dipilih dari kalangan bangsawan dengan masa jabatan 1 tahun. Unsur kedua adalah senat yang berfungsi sebagai dewan penasehat Unsur ketiga adalah comitia curata semacam parlemen yang terdiri dari wakil-wakil rakyat. Unsur keempat adalah Pontifex Maximus yaitu kepala Agama, sedangkan unsur yang terakhir adalah Tribuni Plebis, semacam dewan daerah, yang memiliki hak veto terhadap pemerintah sehingga perlakuan sewenang-wenang pemerintah pusat terhadap daerah dapat dicegah. Ketika Kota Roma berdiri, sistem pemerintahannya mengalami berbagai perkembangan. Dari deskripsi tersebut kesimpuln sistem pemerintahan yang dilaksanakan sejak masa kekaisaran Romawi  sampai saat ini yang melibatkan  seluruh rakyat adalah sistim …

a.            Kekaisaran

b.            Kerajaan

c.             Republik

d.            Absolutisme

 

48.               Perhatikan hasil budaya asia-afrika di bawah ini

Gambar Piramida peninggalan kebudayaan mesir kuno https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/ktsp/k12_88/sej103_25.gif

Piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai "negeri piramida" sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban Maya.Tulisan bangsa Sumeria disebut tulisan paku (cunei form). Mereka menggunakan ± 350 tanda gambar dan setiap gambar merupakan satu suku kata. Perbedaan hasil ke dua kebudayaan tersebut adalah..

 

 

Piramida

Tulisan Paku

a

piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno yang dikenal dengan nama firaun

Fungsi  pada masa dahulu adalah tempat peribadatan para warga yang beragama Hindu untuk memuliakan dewa Brahma, dewa Wishnu dan dewa Siwa

b

Penyembahan terhadap setiap Dewa berlangsung di sebuah candi yang berundak-undak

merupakan lambang kekuasan dan pemerintahan dari seorang raja mesir yang dimakamkan pada piramida itu

c

tugu batu yang didirikan oleh masyarakat Mesir untuk memuja Dewa Amon-Ra (Bulan-Matahari).

mayat atau jenazah para raja atau bangsawan yang diawetkan.

d

merupakan lambang kekuasan dan pemerintahan dari seorang raja mesir yang dimakamkan pada piramida itu.

untuk mengenal perputaran waktu dan musim,untuk mempermudah memahami pengetahuan tentang perputaran waktu mereka mempersingkat waktu ke dalam jam,menit ,dan detik

e

piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno yang dikenal dengan nama firaun

Huruf paku sudah dikenal sejak tahun 3000 SM digunakan untuk mencatat hasil panen, harta benda serta urusan perdagangan.

 

49.               Perkembangan kehidupan sosial masyarakat India, khususnya lembah sungai Indus mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat Nusantara diantaranya adalah …

A.            mulai berkembangnya agama Hindu-Budha

B.            berkembangnya sistem Kasta dalam masyarakat

C.            munculnya seni ragam hias India

D.            mulai dikenalnya candi-candi seperti di India.

E.            lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha

 

50.               Sistem pemerintahan yang pernah dikembangkan oleh beberapa Kekaisaran Romawi yang berpusat pada kekuasaan absolut kaisar dikenal dengan sistim …

A.            Demokrasi

B.            Kerajaan

C.            Tirani

D.            Sosialisme

E.            Republik.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA