LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS 10 IPS
LATIHAN SOAL SEJARAH PEMINATAN KELAS X IPS
1.
Perhatikan data – data berikut ini !
1)
Perang Dipenogoro ( 1825 – 1830 )
2)
Perlawanan Sultan Agung ( 1628 – 1629 )
3)
Keadaan ekonomi
rakyat Kota Jakarta pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966)
4)
Beberapa kerusuhan sosial
di Indonesia pada tahun 1997
5)
Pertempuran arek – arek Surabaya 10 November 1945
Dari data tersebut di
atas, yang menunjukkan cara konsep berpikir sejarah diakronik adalah … .
A.
( 1 ), ( 2 ) dan ( 3 )
B.
( 1 ) , ( 2 ) dan ( 4 )
C.
( 1 ) , ( 2 ) dan ( 5 )
D.
( 2 ) , ( 3 ) dan ( 5 )
E.
( 3 ) , ( 4 ) dan ( 5 )
2.
Perubahan dapat diartikan sebagai aspek
kehidupan yang terus bergerak seiring dengan perjalanan kehidupan masyarakat.
Berikut ini yang merupakan contoh dari perubahan dalam sejarah adalah … .
A.
Bencana tsunami Aceh 26 Desember 2004.
Pasca peristiwa tersebut menyebabkan puluhan ribu orang meninggal dunia,
rusaknya berbagai infrastruktur dan lumpuhnya aktivitas masyarakat Aceh.
B.
Setelah proklamasi kemerdekaan
Indonesia 17 Agustus 1945 , Indonesia menjadi negara yang merdeka sampai
sekarang.
C.
Kekalahan Jepang pada Sekutu menjadikan
Jepang menyerah tanpa syarat dan negara-negara jajahan menjadi negara merdeka
D.
Perang dingin menjadikan negara-negara
berkembang membentuk negara non-blok
E.
Tradisi pemujaan terhadap leluhur pada
masa praaksara sampai sekarang masih ada dalam bentuk nyekar sebelum bulan
Ramadhan
3.
Perhatikan paragraf berikut ini !
Perlawanan Diponegoro (1825 – 1830) yang
terjadi di Jawa, dan Perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat, berlangsung
pada waktu yang hampir bersamaan. Kedua perlawanan tersebut juga sama-sama
menentang penjajahan Belanda. Akan tetapi kedua keunikan tersendiri, baik
sebab-sebab terjadinya perlawanan tersebut, maupun jalannya perlawanan terhadap
penjajah Belanda.
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa
peristiwa sejarah dipengaruhi oleh faktor ...
A. ruang
atau tempat
B. waktu
atau zaman
C. tokoh
D. kebudayaan
C. ideology
4.
Dalam penulisan kisah sejarah, sejarahwan harus
mampu membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lampau berdasarkan
sumber-sumber sejarah yang ditemukan. Pernyataan di atas sesuai dengan salah
satu ciri sejarah sebagai seni, yaitu memerlukan ....
A. emosi
B. fantasi
C. gaya
bahasa
D. intuisi
E. imajinasi
5.
Pada awalnya kehidupan manusia purba terbentuk
kelompok-kelompok kecil yang memudahkan untuk berpindah-pindah dari satu tempat
ke tempat lainnya. Mereka hidup di alam terbuka dan mendekati sumber air atau
sungai, Kemudian mereka hidup menetap hingga pada masa yang membangun pola
hunian yang lebih modern. Hal itu merupakan suatu proses perubahan dan
berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia tersebut selaras dengan
perjalanan waktu. Hal ini memberikan interpretasi bahwa peristiwa sejarah itu
....
A. tergantung
siapa yang menjadi pelaku dan saksinya
B. adanya
hubungan antara pelaku dan penulis sejarah
C. ada
keterkaitan peristiwa yang satu dengan lainnya
D. tidak
memiliki hubungan dengan peristiwa masa kini
E. tergantung
siapa yang menjadi penulis sejarah itu
6.
Ketika sumber tulisan dirasakan masih kurang
mencukupi dijadikan sebagai fakta untuk mengungkap peristiwa masa lalu, maka
dalam perspektif baru penulisan, para sejarawan menggunakan sumber visual
karena…
A. Foto
merekam realitas dari sebuah peristiwa sejarah
B. Foto
merupakan bukti yang paliang autentik diantara bukti-bukti sejarah lainnya
C. Foto
selalu benar dan keadaan apa adanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dalam
menampilkan objek dan bekaitan dengan kepentingan sejarah
D. Dalam
penulisan sejarah, penulis membutuhkan lebih banyak foto-foto untuk mendukung
objektifitas hasil penelitian, sumber sejarah lainnya menjadi sumber pendukung
E. Foto
merupakan hasil karya luar biasa dari seorang fotografer
7.
Perhatikan isi teks berikut:
Pangeran Diponegoro adalah salah satu musuh
Belanda yang paling sulit ditaklukkan. Perlawanannya selama lima tahun
(1825-1830) begitu merepotkan dan bahkan membuat keuangan pemerintah kolonial
kolaps. Karena begitu besarnya pengeluaran, Komisaris Jenderal De Bus de
Gisignies menekan Jenderal De Kock agar melakukan penghematan dan segera
menyelesaikan perang. Sebab, pada saat itu pemerintah Hindia Belanda sudah
defisit f. 18.000.000 (18 juta gulden). Menanggapi tekanan Du Bus, De Kock
seperti dicatat E.S de Klerk menjawab: “Bahwa kami berperang ini tidak hanya melawan
pemberontak, akan tetapi melawan seluruh rakyat yang jumlahnya dua juta.”
Sumber: www.liputan6.com
Teks tersebut diatas merupakan ciri-ciri
penulisan sejarah yang bersifat….
A. Istana
sentris
B. Religio
magis
C. Etnosentrisme
D. Belanda
sentris
E. Region
sentrisme
8.
Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945
merupakan peristiwa kehidupan manusia (Indonesia) pada masa lampau. Peristiwa
tersebut dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah antara lain karena peristiwa
tersebut bersifat unik (einmalig) yaitu ....
A. merupakan
peristiwa yang sangat penting
B. menjadi
momentum yang sangat penting
C. peristiwa
itu hanya terjadi satu kali
D. peristiwa
itu tidak pernah berubah
E. menjadi
pedoman hidup bermasyarakat
9.
Sumber sejarah merupakan bahan yang digunakan
mengungkap peristiwa sejarah. Agar karya sejarahnya mendekati kenyataan sejarah, maka sejarawan berupaya mencari
sumber primer yang antara lain dapat diperoleh melalui ....
A. karya
sejarah yang ditulis sejarawan
B. hasil
wawancara dengan pelaku sejarah
C. karya
sejarah yang ditulis sejarawan asing
D. buku
paket yang digunakan siswa di sekolah
E. peninggalan
berupa prasasti tiruan (tinulat)
10.
Dalam mengungkap peristiwa kehidupan manusia
masa lampau, penulis sejarah antara lain berupaya untuk menerapkan konsep
berfikir kronologis. Wujud penerapan konsep berfikir kronologis tersebut adalah
....
A. mengurutkan
cara kerja sesuai rencana
B. menurutkan
waktu penulisan sejarah
C. membuat
urutan waktu peristiwanya
D. menetapkan
suatu peristiwa sejarah
E. mengelompokkan
berbagai peristiwa
11.
Peristiwa sejarah tidak terlepas dari tiga
dimensi waktu yang saling terkait yaitu masa lampau, kini dan akan datang.
Berkaitan dengan dimensi waktu,dalam ilmu sejarah dikenal dengan konsep
berfikir diakronis. Penerapan konsep berfikir tersebut dalam penulisan
sejarahadalah ....
A. bersifat
kronologis atau memanjang dalam waktu
B. mencari
waktu yang tepat untuk menulis sejarah
C. karya
sejarah membahas kehidupan waktu lampau
D. bersifat
anakronisme, mengabaikan urutan waktu
E. bersifat
dialogis dari cerita para pelaku sejarah
12.
Akhir-akhir ini dalam melakukan penulisan
sejarah, sejarawan tidak hanya menerapkan konsep berfikir diakronik melainkan
juga mengembangkan dan menerapkan konsep
berfikir sinkronik. Penerapan konsep berfikir sinkronik tersebut dilakukan
dengan cara ....
A. mengkaji
peristiwa sejarah dilakukan secara kronologis
B. menciptakan
karya sejarah sesuai alur perjalanan waktu
C. mengungkap
latar belakang dan dampak yang ditimbulkan
D. mengurutkan
waktu sesuai dengan kejadian peristiwanya
E. mengkaji
sejarah secara melebar dan meluaspada ruang
13.
Kajian tentang kehidupan manusia pada masa
lampau pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka jika kita mengkaji sejarah sekitar
proklamasi kemerdekaan Indonesia,maka “konsep ruangnya” adalah ....
A. Sukarno
dan Hatta berperan sebagai proklamator
B. pengibar
bendera Latif Hendraningrat dan Suhut
C. dilaksanakan
pada tanggal 17 Agustus 1945
D. dilaksanakan
di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta
E. dilaksanakan
hari Jumat Legi bulan Ramadhan
14.
Langkah verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan
langkah untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan.
Langkah verifikasi ini terdapat dua cara yaitu kritik intern dan kritik
ekstern. Dalam kritik intern dilakukan untuk mengkritisi tentang ....
A. keaslian
suatu peninggalan sejarah
B. ketuaan
suatu peninggalan sejarah
C. obyektifitas
penyusunan kisah sejarah
D. ketepatan
dalam menggunakan sumber
E. isi
dari suatu peninggalan sejarah
15.
Perhatikan wacana di bawah ini !
Seorang sejarawan sedang meneliti sebuah
peristiwa sosial yang terjadi pada masa lalu tentang terjadinya penyerobotan
lahan petani oleh para pengusaha. Ia melakukan wawancara dengan orang yang ahli
pada masalah itu, mendengar dan membaca pendapat umum tentang hal itu. Ia juga
melakukan wawancara terhadap kedua belah pihak yang bersengketa, juga pendapat
para pejabat yang berkaitan dengan masalah itu. Sejarawan itu juga melakukan
penelitian tentang dokumen di Badan Pertanahan Nasional (BPN), dokumen
pengadilan, dan koran hasil liputan para jurnalis yang menyaksikan peristiwa
penyerobotan tersebut.
Berdasarkan wacana tersebut, maka yang
disebut sebagai sumber primer adalah ... .
A. pendapat
yang disampaikan pejabat yang berkompeten
B. kedua
pihak yang bersengketa yaitu petani dan pengusaha
C. dokumen
di BPN, dokumen pengadilan dan liputan jurnalis
D. pendapat
orang yang ahli tentang masalah sengketa tanah
E. mendengar
pendapat yang disampaikan oleh masyarakat
16.
Kebudayaan Sampung Ponorogo dan kebudayaan Kapak
Sumatra merupakan kebudayaan zaman Mesolithikum. Ras Papua Melanisoid menjadi
pendukung kedua kebudayaan itu. Bedanya, sistem mata pencahariannya. Di
Sampung, berburu dan meramu makanan, sedang di daerah Langsa Aceh (Sumatra)
hidup di tepi pantai mencari ikan dan kerang.
Paragraf di atas menunjukkan bahwa
perbedaan kehidupan manusia purba di kedua daerah tersebut dipengaruhi oleh
faktor ...
A. ruang
atau tempat
B. waktu
atau zaman
C. manusia
pendukung
D. kebudayaan
E. mata
pencaharian
17.
Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) keterangan
yang diperoleh dari tangan pertama sebagai pelaku sejarah.
(2) di
dalamnya tercermin kondisi sosial budaya masyarakat pada zamannya,
(3) di
dalamnya tercermin nilai-nilai sosial budaya masyarakat pada zamannya.
(4) biasanya
dirinya diperankan menjadi tokoh penting sehingga kurang obyektif
(5) ditulis
untuk tujuan tertentu sehingga kadar
subyektifitasnya cukup tinggi.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut diatas,
yang merupakan kelebihan-kelebihan dari otobiografi sebagai sumber sejarah
adalah ...
A. (1),
(2), dan (3)
B. (1),
(2), dan (4)
C. (1),
(3), dan (5)
D. (2),
(3), dan (4)
E. (3),
(4), dan (5)
18.
Berikut ini adalah pernyataan yang menunjukkan
contoh sejarah sebagai peristiwa, yaitu ….
A.
Seorang pejuang menulis pengalaman perangnya dengan Belanda
B.
Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia
C.
Presiden Soekarno menceritakan pengalamannya dalam sebuah biografi
D.
Agresi Militer Belanda I diberitakan dalam koran-koran
E.
SUPERSEMAR ditulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah-sekolah
19.
Dalam sejarah Indonesia kita mengenal pembabakan
zaman praaksara, zaman HinduBuddha dan zaman Islam. Pengelompokkan atau
pembabakan peristiwa-peristiwa masa lampau yang sangat panjang menjadi beberapa
zaman disebut ....
A. kronik
B. kronologi
C. anakronis
D. kontinuitas
E. periodisasi
20.
Pengkajian sebuah gejala sosial dengan
menekankan kepada hukum kausalitas (sebabakibat) meliputi, latar-belakang
sebuah peristiwa, sebab-sebab, proses terjadi peristiwa sampai dengan
akibat-akibat yang ditimbulkan secara memanjang dan berdimensi waktu, merupakan
bentuk pengkajian yang bersifat ....
A. dinamis
B. statis
C. struktural
D. sinkronis
E. diakroni
21.
Perhatikan pernyataan berikut ini :
(1) Mencari sumber makanan yang tersedia
(2) Goa sebagai tempat tinggal
(3) Hidupnya masih berpindah-pindah
(4) Sudah ditemukan bukti tertulis
Yang menjadi ciri-ciri kehidupan manusia
praaksara pada masa berburu dan maramu
makanan tingkat awal (paleolithikum) adalah
….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
22.
Perhatikan gambar di bawah ini :
(1) peralatan dari tulang
(2) Kehidupan di gua
(3) Gambar tapak tangan di dinding gua
(4) Kapak batu bergerigi
Yang merupakan hasil budaya masa
mesolithikum ditandai pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
23.
Kehidupan masyarakat prasejarah masa perundagian
sudah dapat dikatakan lebih maju
dibandingkan dari kehidupan masyarakat
prasejarah masa sebelumnya karena masyarakat
perundagian sudah ….
A. menerapkan sistem pertanian ladang
B. memahami cara mengolah makanan
C. mengenal organisasi dalam masyarakat
D. mengenal kebudayaan perunggu dan besi
E. menggunakan hari dan sistim penanggalan
24.
Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1) kehidupan
meramu dan mengumpulkan makanan (Food Gathering)
2) kehidupan
masih beripindah-pindah tempat (Nomaden)
3) memilih
pemimpin dengan melihat kelebihan fisik dan mental (Primus Interpares)
4) bercocok
tanam dengan membakar hutan, mengolah
lahan dan menanam lahan (berhuma)
5) memiliki
kemampuan dalam berlayar dengan menggunakan perahu bercadik
6) kehidupan
sebagai masyarakat yang bergotong royong
Dari pernyataan di atas,yang termasuk nilai
– nilai peninggalan budaya masyarakat pra aksara yang ada sampai saat ini adalah nomor ... .
A. 1),
2) dan 3)
B. 1),
2) dan 4)
C. 2),
3) dan 4)
D. 3),
4) dan 5)
E. 4),
5) dan 6)
25.
Penemuan fosil manusia purba di Indonesia
sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di
luar negeri banyak di temukan di berbagai negara seperti Cina dan Jerman.
Manusia purba yang ditemukan di Indonesia maupun di luar Indonesia tersebut,
jika ditinjau dari hasil kebudayaan banyak memiliki kesamaan antara lain yaitu
....
A. menggunakan
peralatan dari kayu, tulang dan logam
B. ras
manusia modern yang awal penyebarannya dari Afrika
C. sama-sama
mengenal kebudayaan tjokken moddinger
D. menggunakan
abris sous roche sebagai tempat hunian
E. tempat
huniannya di gua dan di daerah tepi pantai
26.
Pengetahuan manusia pada zaman perundagian
(zaman logam) dalam berbagai bidang meningkat pesat. Mereka telah menguasai
pelayaran dan perdagangan. Mereka menciptakan perahu-perahu bercadik atau
perahu bersayap, hingga mampu menjelajah seluruh perairan Austronesia.
Pemasangan cadik dalam perahu-perahu tersebut difungsikan untuk ....
A. menangkap
hembusan angin yang dapat mendorong lajunya perahu
B. tiang
pengikat tali ketika perahu disandarkan pada benda di tepi pantai
C. mengantisipasi
terjadinya benturan agar tidak mengenai badan perahu
D. mempercepat
daya jelajah ke daerah perairan yang arusnya deras
E. menjaga
keseimbangan perahu agar perahu tidak mudah terbalik
27.
Perhatikan data berikut !
(1) Tulang
pipi tebal
(2) Otot
kunyah kuat
(3) Tonjolan
kening mencolok
(4) Tidak
memiliki dagu
(5) Perawakan
tegap
(6) Memakan
jenis tumbuhan
(7) Merupakan
manusia purba tertua
(8) Ditemukan
oleh G.H.R.. Koenigswald
Data tersebut berkaitan dengan jenis
manusia purba ....
A. Pithecantropus
Errectus
B. Meganthropus
Palaeojavaniscus
C. Homo
Wajakensis
D. Homo
Soloensis
E. Homo
sapiens
28.
Perhatikan data berikut !
(1) Tinggi
tubuh berkisar 165-180 cm
(2) Tonjolan
kening tebal dan melintang sepanjang pelipis
(3) hidung
lebar dan tidak punya dagu
(4) Isi
tengkorak sekitar 750-1300 cc
(5) Ditemukan
oleh Eugene Dubois pada tahun 1890
(6) Ditemukan
di trinil, lembah Bengawan Solo
Data tersebut sesuai dengan ciri-ciri
manusia purba jenis....
A. Meganthropus
Palaeojavaniscus
B. Pithecanthropus
Errectus
C. Homo
Wajakensis
D. Homo
Soloensis
E. Homo
Sapien
29.
Manusia masa kini/modern pada dasarnya merupakan
kelanjutan dari manusia purba. Secara fisik yang membedakan manusia purba
dengan manusia modern terletak pada ....
A. tingkat
volume otaknya
B. tingkat
kebudayaannya
C. jumlah
kebutuhan hidup
D. kebutuhan
pendidikan
E. masalah
gotong royong
30.
Nenek moyang bangsa Indonesia pada jaman
perundagian selain memiliki ketrampilan tehnik menuang logam, juga telah
mengenal ilmu astronomi. Pada masa itu ilmu astronomi dimanfaatkan untuk ….
A. kegiatan
pertanian dan pelayaran
B. menentukan
hari baik dan buruk
C. meramalkan
kejadian masa depan
D. menentukan
waktu kegiatan ritual
E. mengumpulkan
warga sekitarnya
31.
Penemuan fosil manusia purba di Indonesia
sebagaian besar ditemukan di tepi lembah sungai Bengawan Solo, sedangkan di
luar negeri antara lain ditemukan di Eropa. Perbedaan manusia purba Indonesia
dengan manusia purba di Eropa terutama berkaitan dengan ....
A. peralatan
yang digunakan
B. sistem
kepercayaan/religi
C. sistem
mata pencaharian
D. ciri-ciri
fisik/struktur tubuh
E. tempat
tinggal/hunian
32.
Perkembangan kebudayaan pada zaman neolithikum
sudah lebih maju dibandingkan zaman-zaman sebelumnya. Peninggalan kebudayaan
zaman neolithikum tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara, yaitu ....
A. hidupnya
di tepi pantai mencari kerang dan
cumi-cumi
B. menempati
gua-gua perbukitan dan berburu binatang
C. kebudayaan
kapak persegi dan kapak lonjong
D. penemuan
Kjokkenmoddinger dan Abris Sous Roche
E. belum
memiliki tempat tinggal secara menetap
33.
Sumber
utama sejarah kerajaan
Kutai adalah 7
buah Yupa. Yupa
merupakan bentuk
peninggalan warisan nenek moyang bangsa
Indonesia dari zaman…..
A.
Arkaekum
B.
Mesolitikum C. Neolitikum
D. Paleolitikum
E.
Megalithikum
34.
Pada masa bercocok tanam dan beternak manusia telah
memiliki seorang pemimpin dalam kelompok. Pemilihan pemimpin dalam kelompok
pada masa praaksara di dasarkan pada .....
A. kekuatan fisik kan harta keakayaan
B. kewibawaan dan esaktian
C. tingkat kedewasaan dan usia
D. kemampuan spiritual dan kekuatan fisik
E. harta kekayaan dan tingkat kepandaian
35.
Berdasarkan penelitian para ahli, berdasarkan
penyelidikan kerangka manusia purba jenis sinanthropus Pikenensis yang
ditemukan di Cina memiliki persamaan dengan manusia purba jenis Pithecanthropus
Erectus yang di temukan di Indonesia. Persamaan kedua jenis manusia purba
tersebut dapat dilihat dari ... .
A. bentuk
tubuh dan volume otak
B. tulang
rahang dan dagu
C. berat
badan dan tinggi badan
D. tulang
kening dan dagu
E. tulang
paha dan ruang tengkorak
36.
Penyelidikan manusia purba di daratan Asia dilakukan
oleh Davidson Black, guru besar anatomi berkebangsaan Kanada. Ekspedisi
Davidson Black terhadap obyek penelitian di Choukoutien mulai dilakukan sejak
tahun 1927. Dengan bantuan dana dari Yayasan Rockefeller, Davidson Black
berhasil memperoleh fragmen fosil yang dicarinya. Fosil yang ditemukan kemudian
ia beri nama Homo pekinensis (manusia dari Peking). Namun, ada juga yang lebih
suka menyebut sinanthropus pekinensis. Davidson Black tidak dapat menyelesaikan
penelitiannya di Choukoutien. Ia meninggal dunia akibat serangan jantung pada
tahun 1933. Pekerjaan penelitiannya itu kemudian dilanjutkan oleh Franz
Weidenreich. Dalam waktu 10 tahun, Weidenreich berhasil menemukan sembilan
keping tengkorak, 14 rahang bawah, enam fragmen tulang muka, dan 152 buah gigi.
Penemuan ini Iantas ia bandingkan dengan bentuk tubuh dan tingkat peradaban
Pithecantropus erectus. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan persamaan
antara Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di Indonesia dan Sinanthropus
Pekinensis yang ditemukan di Cina adalah ....
a. Sudah
bisa berjalan dengan tegak
b. Hidup
di gua-gua dekat sungai
c. Mampu
bercocok tanam
d. Hidup
pada masa Neolitikum
e. Dapat
membuat alat berburu sederhana
37.
Perhatikan data di bawah ini!
1. kehidupan manusianya sudah menetap
2. dapat bercocok tanam tanaman padi
3. membuat rumah sebagai tempat tinggal
4. memelihara hewan untuk diternak
5. memilih kepala suku sebagai pemimpin
dengan musyawarah
Berdasarkan data di atas, menunjukkan cara
kehidupan manusia pra aksara pada masa ....
A. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat
awal
B. berburu dan mengumpulkan makanan tingkat
lanjut
C. bercocok tanam dan ladang berpindah
D. bercocok tanam dan beternak
E. perundagian dan pertukangan
38.
Contoh persamaan antara Pithecanthropus Erectus
yang ditemukan di Indonesia dan Sinanthropus Pekinensis yang ditemukan di Cina
adalah ....
A. Sudah bisa berjalan dengan tegak
B. Hidup di gua-gua dekat sungai
C. Mampu bercocok tanam
D. Hidup pada masa Neolitikum
E. Dapat membuat alat berburu sederhana
39.
Perhatikan data dibawah ini.
1) Fosil Kuda Nil
2) Fosil Fosil Rusa
3) Fosil Homo Sapiens
4) Fosil batuan Kalsedon
5) Fosil Pithecanthropus Erectus
Berdasarkan data di atas, fosil yang
termasuk ke dalam temuan di situs Trinil adalah ....
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 1,
2, dan 5
D. 2,
3, dan 4
E. 2,
3, dan 5
40.
Alasan Sangiran dipilih UNESCO sebagai salah
satu situs warisan dunia adalah ....
A. karena penemuan fosil manusia purba
pertama ditemukan di Sangiran
B. karena sangiran berlokasi di Pulau Jawa
C. karena tidak ada situs manusia purba di
dunia selain Sangiran
D. karena Sangiran memiliki letak sangat
luas
E. karena Sangiran merupakan pusat
perkembangan manusia purba dunia
41.
Di bawah ini adalah peninggalan hasil peradaban
kuno :
1. tulisan Heiroglyph
2. huruf paku
3. piramida
4. sphinx
5. sistem kalender
6. tulisan piktogram
Berdasarkan data di atas, hasil peradaban
Mesir Kuno adalah pada angka ....
A. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 4
C. 2, 4, dan 5
D. 3, 4, dan 6
E. 3, 5, dan 6
42.
Ada banyak peradaban kuno di dunia yang masih memiliki
bukti sejarah yang masih ada hingga
sekarang, diantaranya Mesir. Salah satu
bukti peradaban dari bangsa mesir kuno ialah piramida yang berfungsi untuk
.......
A. penyimpanan jenasah Raja-raja mesir kuno
B. lambang kejayaan bangsa mesir
C. tempat menuliskan sejarah raja mesir
D. untuk tempat tinggal dewa Amon Ra
E. tempat menyimpan sesaji bagi Roh nenek
moyang bangsa mesir
43.
Bangunan kota Mahenjo-Daro dan Harrapa
memperlihatkan tingginya peradaban manusia ribuan tahun sebelum Masehi, dengan
beberapa jalan, saluran air, dan pemukiman penduduk yang dirancang secara baik.
Reruntuhan dua bangunan kota itu terletak di lembah sungai….
A. Eufrat-Tigris
B. Indus
C. Nil
D. Gangga
E. Yang Tse Kiang
44.
Peradaban kuno eropa mempunyai pengaruh yang
sangat besar bagi peradaban bangsa Indonesia. Salah satu pengaruh peradaban
kuno Eropa (Yunani) bagi Indonesia dalam bidang politik pemerintahan adalah ….
A. Pemerintahan demokrasi
B. Pemerintahan otokrasi
C. Pemerintahan liberal
D. Pemerintahan absolut
E. Pemerintahan militer
45.
Bukti bahwa masyarakat di kota kuno Mohenjodaro
dan Harappa telah memperhatikan “ Sanitasi “ adalah ….
A. ditemukan
reruntuhan bekas bangunan bertingkat
B. setiap
rumah memiliki halaman untuk berkebun
C. bangunan
rumahnya terbuat dari batu bata dan telah disemen
D. Pada
setiap rumah memiliki sumur dan saluran pembuangan air kotor
E. Ditemukan
ruang dibawah tanah untuk menyimpan barang-barang berharga
46.
Perhatikan data hasil peradaban berikut :
1) Spink.
Bangunan ini merupakan patung dengan bacan singa dan kepala manusia. Adapun
fungsinya selain untuk menghalau roh jahat juga sebagai perlambang kekuasaan.
Badan dari Sphinz adalah lambang kekuasaan sementara kepala singa tersebut
adalah lambang kebijaksanaan.
2) Makam.
Jika raja mesir dimakamkan di dalam piramida maka para bangsawa mesir
dimakamkan di sebuah bangunan pekuburan yang letaknya ada di atas gunung
karang. Bangunan ini terdiri atas serambi dan juga tiang tiang yang diisi
patung. Fungsi bangunan ini sebagai makam.
3) Jam
Pasir. Benda ini hasil kebudayaan peradaban mesir kuno dan difungsikan sebagai
medium pengukur waktu. Ciri utamanya adalah penggunaan pasir sebagai medium
ukur.
4) Bangunan
bekas rumah yang sudah memiliki pintu, ukuran batu bata yang sama, dan
ditemukan pendopo. Peneliti menemukan kolam renang yang berukuran besar,
dimungkinkan sebagai kolam renang yang disucikan untuk dewa-dewi. Ditemukan
pula bangunan bekas perairan yang sudah tertata rapi, sistem drainase kota.
Mereka sudah menggunakan alat-alat dari batu dan tembaga. Hal ini memperkuat
bahwa warga masyarakat sudah mengenal dan menggunakan api.
5) Perhiasan
barang mewah menunjukkan keindahan berupa kalung, gelang, anting-anting yang
terbuat dari emas dan perak. Alat-alat rumah tangga dan permainan anak-anak
sudah dihiasi dengan seni gambar dan seni ukir yang indah.
Berdasarkan informasi hasil peradaban Mesir
Kuno adalah ….
A. 1),
2), dan 3).
B. 1),
2), dan 4).
C. 2),
3), dan 4)
D. 3),
4), dan 5).
E. 2),
4), dan 5)
47.
Daerah awal kekuasaan Kerajaan Romawi adalah
daerah Semenanjung Apenina atau daerah Italia sekarang. Daerah Itlaia terdiri
atas daerah pegunungan dan dataran rendah. Bentuk pemerintahan Roma memiliki lima
unsur. Pertama : Kepala pemerintahan dijabat oleh dua orang Consul. Consul ini
dipilih dari kalangan bangsawan dengan masa jabatan 1 tahun. Unsur kedua adalah
senat yang berfungsi sebagai dewan penasehat Unsur ketiga adalah comitia curata
semacam parlemen yang terdiri dari wakil-wakil rakyat. Unsur keempat adalah
Pontifex Maximus yaitu kepala Agama, sedangkan unsur yang terakhir adalah
Tribuni Plebis, semacam dewan daerah, yang memiliki hak veto terhadap
pemerintah sehingga perlakuan sewenang-wenang pemerintah pusat terhadap daerah
dapat dicegah. Ketika Kota Roma berdiri, sistem pemerintahannya mengalami
berbagai perkembangan. Dari deskripsi tersebut kesimpuln sistem pemerintahan
yang dilaksanakan sejak masa kekaisaran Romawi
sampai saat ini yang melibatkan
seluruh rakyat adalah sistim …
a. Kekaisaran
b. Kerajaan
c. Republik
d. Absolutisme
48.
Perhatikan hasil budaya asia-afrika di
bawah ini
Piramida
yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai "negeri piramida"
sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan
yang merupakan pusat peradaban Maya.Tulisan bangsa Sumeria disebut tulisan paku
(cunei form). Mereka menggunakan ± 350 tanda gambar dan setiap gambar merupakan
satu suku kata. Perbedaan hasil ke dua kebudayaan tersebut adalah..
|
Piramida |
Tulisan Paku |
a |
piramida
digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno yang dikenal dengan nama firaun |
Fungsi pada masa dahulu adalah tempat peribadatan
para warga yang beragama Hindu untuk memuliakan dewa Brahma, dewa Wishnu dan
dewa Siwa |
b |
Penyembahan
terhadap setiap Dewa berlangsung di sebuah candi yang berundak-undak |
merupakan lambang
kekuasan dan pemerintahan dari seorang raja mesir yang dimakamkan pada
piramida itu |
c |
tugu batu yang
didirikan oleh masyarakat Mesir untuk memuja Dewa Amon-Ra (Bulan-Matahari). |
mayat atau
jenazah para raja atau bangsawan yang diawetkan. |
d |
merupakan lambang kekuasan dan pemerintahan dari seorang raja mesir yang
dimakamkan pada piramida itu. |
untuk mengenal perputaran waktu dan musim,untuk mempermudah memahami
pengetahuan tentang perputaran waktu mereka mempersingkat waktu ke dalam
jam,menit ,dan detik |
e |
piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno
yang dikenal dengan nama firaun |
Huruf paku sudah
dikenal sejak tahun 3000 SM digunakan untuk mencatat hasil panen, harta benda
serta urusan perdagangan. |
49.
Perkembangan kehidupan sosial masyarakat India,
khususnya lembah sungai Indus mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat
Nusantara diantaranya adalah …
A. mulai
berkembangnya agama Hindu-Budha
B. berkembangnya
sistem Kasta dalam masyarakat
C. munculnya
seni ragam hias India
D. mulai
dikenalnya candi-candi seperti di India.
E. lahirnya
kerajaan-kerajaan Hindu-Budha
50.
Sistem pemerintahan yang pernah dikembangkan
oleh beberapa Kekaisaran Romawi yang berpusat pada kekuasaan absolut kaisar
dikenal dengan sistim …
A. Demokrasi
B. Kerajaan
C. Tirani
D. Sosialisme
E. Republik.
Komentar
Posting Komentar