Menulis Buku Mayor dalam 2 Minggu



Materi Menulis Buku Mayor dalam 2 Minggu, diawali dengan perkenalan diri narasumber dan sedikit kisah beliau tentang kepenulisan. Beliau hobby menulis sejak masih Sekolah Dasar. Tulisan pertama beliau diterbitkan pertama kali saat menduduki bangku SMP. Prof. Eko sampai sekarang sudah menerbitkan buku Mayor lebih kurang sebanyak 121 buku, dan telah menulis 623 artikel baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Alasan utamanya menulis adalah ingin berbagi. Membagikan ide, pengalaman, cerita untuk orang lain. Bermula dari naskah beliau diterbitkannya di majalah, akhirnya menulis ini menjadi kecanduan. 

Dalam materinya Prof Eko tidak banyak menyampaikan materi akan tetapi beliau memberikan tantangan kepada para guru yang ikut Kelas Menulis Belajar Nusantara untuk ikut serta dalam membuat buku solo dalam 2 minggu. Menuru pandangan beliau “Bagi guru-guru hebat yang memang serius untuk menulis buku dalam 2 minggu, silahkan mendaftar dan nanti akan dibuatkan grup WA baru, disana akan dibahas cara atau metode yang akan digunakan.”

Menulis Buku Mayor dalam 2 Minggu begitu kira-kira tema pelatihan Kelas Belajar Menulis Nusantara PB PGRI Gelombang ke 28. Pematerinya yaitu wakil ketua PB PGRI yakni Prof. Richardus Eko Indrajit dengan moderator ibu Aam Nurhasanah. Bahasan yang cukup memberikan inspirasi untuk saya sebagai seorang yang baru terjun da;am dunia penulisan.

Dalam benak penulis awalnya ketika ingin menulis dan menerbitkan buku itu sangat sulit sekali. Karena memang belum memahami secara pasti mengenai dunia kepenerbitan buku. Ternyata setelah berkimcimpung didalamnya dalam dunia penerbit ada istilah mayor dan indie. Penerbit mayor itu penerbit yang sudah memiliki reputasi dan jam terbang yang tinggi seorang penulis mendapatkan hasil dari karya yang mereka tuliskan setelah pihak penerbit mengkurasi hasil tulisannya. Sedangkan penerbit indie kebalikannnya justru seorang penulis dengan modal dari kantong pribadinya yang membiayai proses edting sampai cetaknya bahkan sampai penjualana.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA