Belajar Dari Rumah sebuah pengalaman

Hari pertama sekolah di semester genap tahun ajaran 2020-2021. Kegiatan yang masih tetap sama dengan konsep belajar dari rumah.  Karena menghadapi pandemi covid 19 yang belum juga kunjung usai. Malah mengalami kecenderungan meningkat menurut informasi dari media massa. Penetapan belajar dari rumah merupakan keputusan yang bijak dari pemerintah melihat pergerakan pandemi yang masih meninggi.

Ke khawatiran yang cukup beralasan apabila kegiatan pembelajaran tatap muka diadakan di sekolah malah menambah kluster baru dari pandemi covid 19. Di adakannya belajar dari rumah hal ini berarti peran orang tua sangat penting dan sentral dalam proses pendidikan yang utama dan pertama. Di keluarga sang anak belajar untuk sikap disiplin dan bertanggung jawab yang diterapkan oleh orang tuanya. Sang anak diperkenalkan ayat-ayat suci agama dan ajaran agama. Seperti perintah sholat, makan menggunakan tangan kanan dll.

Pendidikan akhlak yang awal dari keluarga secara tak langsung harus dipahami oleh kita sebagai orangtua  Ayah menjadi imam sholat dan menjadi contoh untuk anak-anaknya. Begitu juga ibunya yang turut membimbing dan membina putra-putrinya. Kesempatan yang paling berharga harus diambil oleh orang tua sebagai guru pembimbing akhlak di rumah. Sedangkan guru sebagai fasilitator pembimbing ipteknya atau pengetahuan umumnya.

Saling sinergi antara orang tua dan guru dalam bekerjasama menuntaskan pendidikan anak negri. Tak boleh acuh karena urusan ekonomi yang dominan ketimbang urusan pendidikan anak. Berbagi peran menjadi sangat penting pada masa pandemi. Pendekatan pembelajaran yang holistik agar anak mampu memahami perannya di masyarakat terutama di rumah.

Ketika di semester ganjil kita telah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran dengan penerapan IT dan lain sebagainya. Penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna tanpa ada paksaan dari manapun. Penerapan merdeka belajar diarahkan untuk mendorong kreatifitas dan inovasi peserta didik serta mengarahkan potensi yang dimilikinya. Penguatan literasi menjadi pokok dalam pengembangan diri peserta didik ini yang dikuatkan tapi kadang banyak halangan.

Cerita Pengalaman dari Peserta didik

Di balik cerita belajar dari rumah ada beberapa hal dari penulis yang sempat di dokumentasikan karena bagian dari prosses pembelajaran yang dilakukan oleh penulis sebagai seorang pendidik. Banyak cerita dan pengalaman dari peserta didik yaitu diantara

1.      Kegiatan saya selama belajar dirumah yaitu belajar dengan menggunakan media2 pembelajaran online dan berdiskusi dengan teman melalui media virtual.  Hal yang menyenangkan selama belajar dirumah yaitu waktu belajarnya menjadi fleksibel dan jika tidak paham dengan materi yg diberikan saya dapat mencari informasi lewat media pembelajaran online. Sedangkan hal yang tidak menyenangkan yaitu adanya kendala jaringan internet, kurang efektif, dan terkadang kurang paham dengan materi yang diberikan.(dari alvina damayanti kelas 12 IPS)

2.      Menurut Gitraf Saya dirumah berkegiatan belajar, namun pada saat liburan akhir tahun, saya mencoba untuk mengistirahatkan pikiran terlebih dahulu dari pembelajaran yang ada sebelumnya agar nantinya dapat beraktivitas dengan perilaku dan pemikiran yang segar dan tidak jenuh. Belajar dirumah juga memiliki makna tersendiri bagi saya sebagai murid, yaitu dapat menerapkan belajar mandiri dan lebih menerapkan hidup displin karena perbedaan lingkungan belajar yang ada. Mungkin hal yang tidak menyenangkan belajar dari rumah adalah Kejenuhan terhadap tugas-tugaa yang diberikan dan kita hanya diperbolehkan belajar dirumah yang dimana suasana yang begitu saja tanpa ada perubahan.

3.      Menurut Fathul Habib Sholeh Kegiatan menyenangkan saya beribadah ,membaca buku, mencari jati diri, sama menunaikan kewajiban layak nya siswa biasa dalam pembelajaran.

Kegiatan yang tidak menyenangkan saya ialah di saat materi yang di sampaikan kurang diserap oleh otak saya yah mungkin entah sistem pembelajaran yang salah atau apanya saya Gatau, tapi saya coba belajar untuk memahami materi yang disampaikan dengan cara lain karena berpatokan satu saja bagi saya tidak cukup, banyak yang sebenarnya saya kurang mengerti dalam pembelajaran dan kehidupan dalam pandemi mengapa ini semua terjadi? Mungkin ini takdir illahi yang mengharuskan kita untuk mandiri, sama satu lagi pak sinyal dirumah saya bagaikan angin tak terlihat, kadang muncul, kadang pergi layaknya hempasan angin apalagi kalo lagi gmeet.

4.      Menurut Bagas Selama dirumah, saya luangkan waktu saya untuk membaca buku fiksi/non fiksi serta membantu orang tua dirumah seperti menyapu lantai mencuci piring. Dan juga terkadang saya mengulangi materi yang telah diberikan oleh guru di GCR. Hal yang tidak menyenangkan dari belajar jarak jauh adalah, tidak bisa ketemu teman dan guru setiap hari dan juga bisa cepat bosan

5.      Menurut Rasyiqa Kegiatan saya selama di kos an , lebih banyak ngedit trailer video Wattpad buat pesenan orang terus lebih suka ngabisin waktu nulis cerita halu di wattpad. Terus nyoba-nyoba gambar meski gak bisa gambar. Pokonya seneng aja bisa nyobain pengalaman yang belum pernah di coba sebelumnya, dan alhamdulillah seneng bisa dapetin uang gara-gara ngedit. Selain itu belajar dari rumah juga bisa lebih santai dengerin musik jadi gak ngerasa bosen pas ngerjain tugas. Bosennya ya gak ada orang yang bisa di ajak interaksi jadinya gitu pak..

6.      Kegiatan yang saya lakukan selama di rumah yaitu bangun pagi seperti sekolah biasanya, lalu mempersiapkan diri dan pelajaran dan mengerjakan tugas jika diberi. Hal yang menyenangkan belajar di rumah yaitu lebih santai, waktu untuk pengumpulan tugas cukup panjang, kegiatan hanya sampai jam 12 siang. Hal yang tidak menyenangkan belajar di rumah yaitu kurang mengerti penjelasan dari guru, jaringan terkadang error, merasa bosan karena tidak ada teman untuk diajak belajar/diskusi bareng.

7.      Menurut Dita Kegiatan saya selama belajar dirumah sama seperti kegiatan orang lain yang biasa dilakukan, contoh; membantu pekerjaan rumah, melaksanakan ibadah, dan meluangkan waktu untuk merefleksikan diri. Hal yang menyenangkan bagi saya selama belajar dari rumah adalah bisa melaksanakan beberapa hal belum dilakukan yang menurut saya menarik.  Hal yang paling tidak menyenangkan bagi saya selama belajar di rumah yaitu proses rutinitas yang terkadang monoton.

8.      Menurut Ajeng Kegiatan saya sehari hari dirumah adalah membantu orang tua dan Beberapa hari ini, kami mulai belajar di rumah. Aktivitas ini dipilih karena lingkungan tempat kami tinggal berada dalam masa darurat covid 19. Sekolah memilih langkah ini karena dapat menekan dan mencegah penyebaran covid 19 yang lebih luas.

9.      Selama belajar di rumah, aku mengikuti jadwal belajar seperti di sekolah. Bedanya, aku menggunakan komputer dan ponsel milik orangtuaku untuk belajar. Aku begitu semangat. Aku belajar dari pagi hingga siang, sama seperti di sekolah. Bahkan kami juga diberi jam istirahat oleh pihak sekolah.

10.  Menurut Surya Mengisi absen tepat waktu dan mengumpulkan tugas sebelum deadline adalah hal yang menyenangkan bagi saya. Namun, Ada juga hal yang kurang menyenangkan. Contohnya, ketika sedang belajar tetapi paketan tersisa sedikit dan jaringan buruk dikarenakan cuaca yang kurang cerah, seperti hatinya. tentu saja itu menghambat pembelajaran saya.

11.  Menurut Alifia Shafa kegiatan saya untuk mengatasi jenuh ketika di rumah adalah membuat kue, membuka laptop untuk membuat catatan, dan menulis bullet journal untuk merefleksikan perasaan. hal yang menyenangkan:

- waktu belajar lebih fleksibel

- banyak mengevaluasi diri selama beberapa bulan terakhir

- lebih menghargai waktu

- bisa mengikuti webinar yang bermanfaat

hal yang tidak mneyenangkan:

- badan dan mata mudah lelah

- jika sedang kehilangan motivasi susah untuk mengembalikan rasa semangat

- tugas kelompok sangat saya hindari

Itulah deretan cerita dari peserta didik tentang pengalamannya selama belajar dari rumah beragam kegiatan dan beragam aktifitas mereka lakukan dalam berkreatifitas selama pandemic covid 19. Cerita ini ke depan menjadi cerita dari suatu pengalaman yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Kita masih punya harapan untuk membangun pribadi yang unggul dimasa pandemic ini ditengah keterbatasan dengan segala kemampuan dan upaya yang bisa kita lakukan. Upaya itu bagaimana mengurai kesadaran akan pentingnya membaca dan berliterasi yang harus dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran. Belajar di rumah memang butuh kesadaran dan disiplin dari peserta didikm pendidik dan orangtua yang harus saling mendukung.

Ada harapan baru dari  peserta didik ang tercatat dalam pembelajaran jarak jauh diantaranya:

1.      Menurut Fatimah Harapan saya kedepannya yaitu, agar lebih baik lagi dalam menyikapi materi-materi yang sudah diberikan oleh guru dan semoga guru dan murid bisa berperan aktif dalam menjalankan proses daring/belajar dari rumah ini. Oleh sebab itu di semester 2 ini saya berharap agar kerjasama guru dengan murid terjalin dengan baik dalam menjalankan proses belajar dari rumah.

2.      Menurut Tasya Aulia semoga bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu, mengerti materi yang di pelajari, menyukai pelajaran yang di berikan oleh guru, menjadi lebih disiplin dan rajin, kesempatan memperbaiki nilai

3.      Menurut Maharani Firliana harapan saya di pembelajaran semester 2 yaitu bisa belajar lebih giat lagi, mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik tidak ada halangan apapun

4.      Menurut balqis khoirunnisa Harapan saya, semoga disemester dua ini tetap semangat belajarnya walaupun hanya belajar di rumah saja, lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas, memperbaiki kekurangan yang terjadi disemester sebelumnya. Memperbanyak membaca buku, karena buku adalah jendela dunia. Dan semoga pandemi segera berakhir.

5.      Mutiara Devania Olivia Harapan saya semoga saya lebih rajin lagi, tidak malas untuk mengerjakan tugas lagi , nilai saya di semester ini meningkat dan terakhir saya berharap  dimudahkan untuk mendapatkan snmptn ataupun sbmptn .

6.      Anandaf .Harapan saya semoga di semester 2 ini saya dapat lebih baik lagi dari semester sebelumnya dan masuk ke ptn lewat jalur snmptn atau sbmptn

7.      Ebyn Atsil M Harapan saya Bapak/Ibu guru memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai hal apa saja yang kita bisa lakukan dalam menghadapi tantangan dunia pekerjaan yang semakin ketat persaingannya. Misalkan membuka sebuah ruang diskusi untuk membahas hal hal tersebut. Dan yang sangat penting adalah mengenai persiapan kita dalam menghadapi ujian ujian yang sesaat lagi akan kita laksanakan.

Masih ada harapan dari mereka anak-anak hebat untuk bengkit dan memperbaiki diri selama pandemic covid 19. Harapan merupakan rangkaian keinginan dan cita-cita dalam prosses kehidupan yang akan mereka jalan. Anak-anak hebat akan tau bagaimana mereka bertindak dan bersikap akan kebetuhan hidupnya. Orang tua dan guru mendampingi dan mengawasi selama mereka beraktifitas.

Hal yang terpenting adalah untuk menjaga imun tetap terjaga Selama kegiatan Belajar dari rumah menghindari stress dan menghindari kegiatan yang membutuhkan tenaga yang banyak dari sebelum pandemic. Menguapaya mereka tetap berada di rumah dan tetap beribadah yang paling terpenting menjaga generasi tangguh dan hebat ini dari terinfeksi covid  19

BDR di Semester Genap

Pengalaman belajar di semester sudah dilalui dengan banyak model dan pendekatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Cara daring dengan menggunakan google clasroom, sholoqy, microsof team dll sudah dilakukan begitu juga dengan luring menggunakan g meet, zoom dll juga sudah dilakukan. Kemudian menggunakan games atau soal online juga sudah diberikan. Pengalaman menggunakan teknologi dalam pembelajaran mempunyai pesan penting agar kita tau penggunaan teknologi

Proses pembelajaran semester genap juga mungkin hal sama diterapkan tapi mungkin bobotnya perlu diperhatikan. Bobot terpenting adalah muatan literasi kalo mrnurut hemat penulis. Literasi yang diharapkan penguatan antara literasi digital dengan menyediakan modul, buku yang didapat secara online. Butuh perpustakaan onlune di setiap jenjang satuan pendidikan agar siswa dapat mengunjungi setiap waktu. Atau dari guru bidang study yang membuat sarana atau media online dimana siswa dapat memperoleh fasilitas buku atau modul online.

Guru butuh kreatif lagi dalam menerapkan desain pembelajaran. Sehingga muatannya ke dalam pengembangan diri dioptimilkan. Butuh diskusi dengan sinergi dan diskusi dengan guru mapel lain dalam menerapkan proyek pembelajaran untuk siswa. Proyek tugas siswa 1 tugas dapat diampuh lebih dari 1 mapel tergantung KD yg beririsan sama.

Mengembangkan diskusi dengan peserta didik diluar jam mata pelajaran. Dengan menggunakan konsep blended learning siswa dapat mengunduh tugas dan meletakkan tugas kapan pun waktu dengan pembatasan yg sudah diarahkan oleh guru. Konsep blended learning perpaduan irisan luring dan daring dalam pembelajaran. Maka dari sini akan terbangun learning manajemem system secara berkesinambungan. Dengan memanfaatkan web sekolah yang didalamnya terdapat pembelajaran dan penilaian.

Metode dan cara pendekatan merupakan pendekatan untuk mengelola pembelajaran. Tapi semuanya dikembaliksn kepada kemauan, kerja keras dari siswa itu sendiri kemudian di didorong oleh orangtua dan guru. Keberhasilan pendidikan tergantung mengubah cara pandang dan kebiasaan yang sudah ada. Proses pendidikan adalah memberikan warna dan pemahaman unfuk terbinaanya karakter dan pola pikir.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA