Belajar Dari Rumah sebuah pengalaman
Hari pertama sekolah di
semester genap tahun ajaran 2020-2021. Kegiatan yang masih tetap sama dengan
konsep belajar dari rumah. Karena
menghadapi pandemi covid 19 yang belum juga kunjung usai. Malah mengalami
kecenderungan meningkat menurut informasi dari media massa. Penetapan belajar
dari rumah merupakan keputusan yang bijak dari pemerintah melihat pergerakan
pandemi yang masih meninggi.
Ke khawatiran yang
cukup beralasan apabila kegiatan pembelajaran tatap muka diadakan di sekolah
malah menambah kluster baru dari pandemi covid 19. Di adakannya belajar dari
rumah hal ini berarti peran orang tua sangat penting dan sentral dalam proses
pendidikan yang utama dan pertama. Di keluarga sang anak belajar untuk sikap
disiplin dan bertanggung jawab yang diterapkan oleh orang tuanya. Sang anak
diperkenalkan ayat-ayat suci agama dan ajaran agama. Seperti perintah sholat,
makan menggunakan tangan kanan dll.
Pendidikan akhlak yang
awal dari keluarga secara tak langsung harus dipahami oleh kita sebagai
orangtua Ayah menjadi imam sholat dan
menjadi contoh untuk anak-anaknya. Begitu juga ibunya yang turut membimbing dan
membina putra-putrinya. Kesempatan yang paling berharga harus diambil oleh
orang tua sebagai guru pembimbing akhlak di rumah. Sedangkan guru sebagai
fasilitator pembimbing ipteknya atau pengetahuan umumnya.
Saling sinergi antara
orang tua dan guru dalam bekerjasama menuntaskan pendidikan anak negri. Tak
boleh acuh karena urusan ekonomi yang dominan ketimbang urusan pendidikan anak.
Berbagi peran menjadi sangat penting pada masa pandemi. Pendekatan pembelajaran
yang holistik agar anak mampu memahami perannya di masyarakat terutama di
rumah.
Ketika di semester
ganjil kita telah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran dengan
penerapan IT dan lain sebagainya. Penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan
bermakna tanpa ada paksaan dari manapun. Penerapan merdeka belajar diarahkan
untuk mendorong kreatifitas dan inovasi peserta didik serta mengarahkan potensi
yang dimilikinya. Penguatan literasi menjadi pokok dalam pengembangan diri
peserta didik ini yang dikuatkan tapi kadang banyak halangan.
Cerita Pengalaman dari
Peserta didik
Di balik cerita belajar
dari rumah ada beberapa hal dari penulis yang sempat di dokumentasikan karena
bagian dari prosses pembelajaran yang dilakukan oleh penulis sebagai seorang
pendidik. Banyak cerita dan pengalaman dari peserta didik yaitu diantara
1.
Kegiatan saya selama belajar dirumah
yaitu belajar dengan menggunakan media2 pembelajaran online dan berdiskusi
dengan teman melalui media virtual. Hal
yang menyenangkan selama belajar dirumah yaitu waktu belajarnya menjadi
fleksibel dan jika tidak paham dengan materi yg diberikan saya dapat mencari
informasi lewat media pembelajaran online. Sedangkan hal yang tidak
menyenangkan yaitu adanya kendala jaringan internet, kurang efektif, dan
terkadang kurang paham dengan materi yang diberikan.(dari alvina
damayanti kelas 12 IPS)
2.
Menurut Gitraf Saya dirumah berkegiatan
belajar, namun pada saat liburan akhir tahun, saya mencoba untuk
mengistirahatkan pikiran terlebih dahulu dari pembelajaran yang ada sebelumnya
agar nantinya dapat beraktivitas dengan perilaku dan pemikiran yang segar dan
tidak jenuh. Belajar dirumah juga memiliki makna tersendiri bagi saya sebagai
murid, yaitu dapat menerapkan belajar mandiri dan lebih menerapkan hidup
displin karena perbedaan lingkungan belajar yang ada. Mungkin hal yang tidak
menyenangkan belajar dari rumah adalah Kejenuhan terhadap tugas-tugaa yang
diberikan dan kita hanya diperbolehkan belajar dirumah yang dimana suasana yang
begitu saja tanpa ada perubahan.
3.
Menurut Fathul Habib Sholeh Kegiatan
menyenangkan saya beribadah ,membaca buku, mencari jati diri, sama menunaikan
kewajiban layak nya siswa biasa dalam pembelajaran.
Kegiatan
yang tidak menyenangkan saya ialah di saat materi yang di sampaikan kurang
diserap oleh otak saya yah mungkin entah sistem pembelajaran yang salah atau
apanya saya Gatau, tapi saya coba belajar untuk memahami materi yang disampaikan
dengan cara lain karena berpatokan satu saja bagi saya tidak cukup, banyak yang
sebenarnya saya kurang mengerti dalam pembelajaran dan kehidupan dalam pandemi
mengapa ini semua terjadi? Mungkin ini takdir illahi yang mengharuskan kita
untuk mandiri, sama satu lagi pak sinyal dirumah saya bagaikan angin tak
terlihat, kadang muncul, kadang pergi layaknya hempasan angin apalagi kalo lagi
gmeet.
4.
Menurut Bagas Selama dirumah, saya
luangkan waktu saya untuk membaca buku fiksi/non fiksi serta membantu orang tua
dirumah seperti menyapu lantai mencuci piring. Dan juga terkadang saya
mengulangi materi yang telah diberikan oleh guru di GCR. Hal yang tidak
menyenangkan dari belajar jarak jauh adalah, tidak bisa ketemu teman dan guru
setiap hari dan juga bisa cepat bosan
5.
Menurut Rasyiqa Kegiatan saya selama di
kos an , lebih banyak ngedit trailer video Wattpad buat pesenan orang terus
lebih suka ngabisin waktu nulis cerita halu di wattpad. Terus nyoba-nyoba
gambar meski gak bisa gambar. Pokonya seneng aja bisa nyobain pengalaman yang
belum pernah di coba sebelumnya, dan alhamdulillah seneng bisa dapetin uang
gara-gara ngedit. Selain itu belajar dari rumah juga bisa lebih santai dengerin
musik jadi gak ngerasa bosen pas ngerjain tugas. Bosennya ya gak ada orang yang
bisa di ajak interaksi jadinya gitu pak..
6.
Kegiatan yang saya lakukan selama di
rumah yaitu bangun pagi seperti sekolah biasanya, lalu mempersiapkan diri dan
pelajaran dan mengerjakan tugas jika diberi. Hal yang menyenangkan belajar di rumah
yaitu lebih santai, waktu untuk pengumpulan tugas cukup panjang, kegiatan hanya
sampai jam 12 siang. Hal yang tidak menyenangkan belajar di rumah yaitu kurang
mengerti penjelasan dari guru, jaringan terkadang error, merasa bosan karena
tidak ada teman untuk diajak belajar/diskusi bareng.
7.
Menurut Dita Kegiatan saya selama
belajar dirumah sama seperti kegiatan orang lain yang biasa dilakukan, contoh;
membantu pekerjaan rumah, melaksanakan ibadah, dan meluangkan waktu untuk
merefleksikan diri. Hal yang menyenangkan bagi saya selama belajar dari rumah
adalah bisa melaksanakan beberapa hal belum dilakukan yang menurut saya
menarik. Hal yang paling tidak
menyenangkan bagi saya selama belajar di rumah yaitu proses rutinitas yang
terkadang monoton.
8.
Menurut Ajeng Kegiatan saya sehari hari
dirumah adalah membantu orang tua dan Beberapa hari ini, kami mulai belajar di
rumah. Aktivitas ini dipilih karena lingkungan tempat kami tinggal berada dalam
masa darurat covid 19. Sekolah memilih langkah ini karena dapat menekan dan
mencegah penyebaran covid 19 yang lebih luas.
9.
Selama belajar di rumah, aku mengikuti
jadwal belajar seperti di sekolah. Bedanya, aku menggunakan komputer dan ponsel
milik orangtuaku untuk belajar. Aku begitu semangat. Aku belajar dari pagi
hingga siang, sama seperti di sekolah. Bahkan kami juga diberi jam istirahat
oleh pihak sekolah.
10.
Menurut Surya Mengisi absen tepat waktu
dan mengumpulkan tugas sebelum deadline adalah hal yang menyenangkan bagi saya.
Namun, Ada juga hal yang kurang menyenangkan. Contohnya, ketika sedang belajar
tetapi paketan tersisa sedikit dan jaringan buruk dikarenakan cuaca yang kurang
cerah, seperti hatinya. tentu saja itu menghambat pembelajaran saya.
11.
Menurut Alifia Shafa kegiatan saya untuk
mengatasi jenuh ketika di rumah adalah membuat kue, membuka laptop untuk
membuat catatan, dan menulis bullet journal untuk merefleksikan perasaan. hal
yang menyenangkan:
-
waktu belajar lebih fleksibel
-
banyak mengevaluasi diri selama beberapa bulan terakhir
-
lebih menghargai waktu
-
bisa mengikuti webinar yang bermanfaat
hal
yang tidak mneyenangkan:
-
badan dan mata mudah lelah
-
jika sedang kehilangan motivasi susah untuk mengembalikan rasa semangat
-
tugas kelompok sangat saya hindari
Itulah deretan cerita
dari peserta didik tentang pengalamannya selama belajar dari rumah beragam
kegiatan dan beragam aktifitas mereka lakukan dalam berkreatifitas selama pandemic
covid 19. Cerita ini ke depan menjadi cerita dari suatu pengalaman yang belum
pernah dilakukan sebelumnya.
Kita masih punya
harapan untuk membangun pribadi yang unggul dimasa pandemic ini ditengah
keterbatasan dengan segala kemampuan dan upaya yang bisa kita lakukan. Upaya
itu bagaimana mengurai kesadaran akan pentingnya membaca dan berliterasi yang
harus dikembangkan lebih lanjut untuk memberikan kebermaknaan dalam
pembelajaran. Belajar di rumah memang butuh kesadaran dan disiplin dari peserta
didikm pendidik dan orangtua yang harus saling mendukung.
Ada harapan baru dari peserta didik ang tercatat dalam pembelajaran jarak
jauh diantaranya:
1.
Menurut Fatimah Harapan saya kedepannya
yaitu, agar lebih baik lagi dalam menyikapi materi-materi yang sudah diberikan
oleh guru dan semoga guru dan murid bisa berperan aktif dalam menjalankan
proses daring/belajar dari rumah ini. Oleh sebab itu di semester 2 ini saya
berharap agar kerjasama guru dengan murid terjalin dengan baik dalam
menjalankan proses belajar dari rumah.
2.
Menurut Tasya Aulia semoga bisa
menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu, mengerti materi yang di
pelajari, menyukai pelajaran yang di berikan oleh guru, menjadi lebih disiplin
dan rajin, kesempatan memperbaiki nilai
3.
Menurut Maharani Firliana harapan saya
di pembelajaran semester 2 yaitu bisa belajar lebih giat lagi, mengerjakan dan
mengumpulkan tugas tepat waktu, dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik
tidak ada halangan apapun
4.
Menurut balqis khoirunnisa Harapan saya,
semoga disemester dua ini tetap semangat belajarnya walaupun hanya belajar di
rumah saja, lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas, memperbaiki kekurangan
yang terjadi disemester sebelumnya. Memperbanyak membaca buku, karena buku
adalah jendela dunia. Dan semoga pandemi segera berakhir.
5.
Mutiara Devania Olivia Harapan saya
semoga saya lebih rajin lagi, tidak malas untuk mengerjakan tugas lagi , nilai
saya di semester ini meningkat dan terakhir saya berharap dimudahkan untuk mendapatkan snmptn ataupun
sbmptn .
6.
Anandaf .Harapan saya semoga di semester
2 ini saya dapat lebih baik lagi dari semester sebelumnya dan masuk ke ptn
lewat jalur snmptn atau sbmptn
7.
Ebyn Atsil M Harapan saya Bapak/Ibu guru
memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai hal apa saja yang kita bisa lakukan
dalam menghadapi tantangan dunia pekerjaan yang semakin ketat persaingannya.
Misalkan membuka sebuah ruang diskusi untuk membahas hal hal tersebut. Dan yang
sangat penting adalah mengenai persiapan kita dalam menghadapi ujian ujian yang
sesaat lagi akan kita laksanakan.
Masih ada harapan dari
mereka anak-anak hebat untuk bengkit dan memperbaiki diri selama pandemic covid
19. Harapan merupakan rangkaian keinginan dan cita-cita dalam prosses kehidupan
yang akan mereka jalan. Anak-anak hebat akan tau bagaimana mereka bertindak dan
bersikap akan kebetuhan hidupnya. Orang tua dan guru mendampingi dan mengawasi
selama mereka beraktifitas.
Hal yang terpenting adalah untuk menjaga imun tetap terjaga Selama kegiatan Belajar dari rumah menghindari stress dan menghindari kegiatan yang membutuhkan tenaga yang banyak dari sebelum pandemic. Menguapaya mereka tetap berada di rumah dan tetap beribadah yang paling terpenting menjaga generasi tangguh dan hebat ini dari terinfeksi covid 19
BDR di Semester Genap
Pengalaman belajar di semester sudah dilalui dengan banyak model dan pendekatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Cara daring dengan menggunakan google clasroom, sholoqy, microsof team dll sudah dilakukan begitu juga dengan luring menggunakan g meet, zoom dll juga sudah dilakukan. Kemudian menggunakan games atau soal online juga sudah diberikan. Pengalaman menggunakan teknologi dalam pembelajaran mempunyai pesan penting agar kita tau penggunaan teknologi
Proses pembelajaran semester genap juga mungkin hal sama diterapkan tapi mungkin bobotnya perlu diperhatikan. Bobot terpenting adalah muatan literasi kalo mrnurut hemat penulis. Literasi yang diharapkan penguatan antara literasi digital dengan menyediakan modul, buku yang didapat secara online. Butuh perpustakaan onlune di setiap jenjang satuan pendidikan agar siswa dapat mengunjungi setiap waktu. Atau dari guru bidang study yang membuat sarana atau media online dimana siswa dapat memperoleh fasilitas buku atau modul online.
Guru butuh kreatif lagi dalam menerapkan desain pembelajaran. Sehingga muatannya ke dalam pengembangan diri dioptimilkan. Butuh diskusi dengan sinergi dan diskusi dengan guru mapel lain dalam menerapkan proyek pembelajaran untuk siswa. Proyek tugas siswa 1 tugas dapat diampuh lebih dari 1 mapel tergantung KD yg beririsan sama.
Mengembangkan diskusi dengan peserta didik diluar jam mata pelajaran. Dengan menggunakan konsep blended learning siswa dapat mengunduh tugas dan meletakkan tugas kapan pun waktu dengan pembatasan yg sudah diarahkan oleh guru. Konsep blended learning perpaduan irisan luring dan daring dalam pembelajaran. Maka dari sini akan terbangun learning manajemem system secara berkesinambungan. Dengan memanfaatkan web sekolah yang didalamnya terdapat pembelajaran dan penilaian.
Metode dan cara pendekatan merupakan pendekatan untuk mengelola pembelajaran. Tapi semuanya dikembaliksn kepada kemauan, kerja keras dari siswa itu sendiri kemudian di didorong oleh orangtua dan guru. Keberhasilan pendidikan tergantung mengubah cara pandang dan kebiasaan yang sudah ada. Proses pendidikan adalah memberikan warna dan pemahaman unfuk terbinaanya karakter dan pola pikir.
Komentar
Posting Komentar