Hari Tunas Gerakan Pramuka


Tepat Hari ini adalah hari tunas Pramuka sejak 9 Maret 1961 seluruh gerakan kepanduan Indonesia melebur dalam Gerakan Pramuka Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk mensinergi gerakan kepanduan yg ada di Indonesia agar menjadi satu dalam pembinaan anak muda Indonesia.

Merujuk pada sejarahnya, pembentukan Gerakan Pramuka dimulai pada saat  terjadinya beraneka organisasi kepanduan Sehingga MPRS melakukan upaya peleburan yang direalisasikan dalam Ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang Rencana Pembangunan Nasional Semesta Berencana sekaligus menjadi lahirnya Gerakan Pramuka

Pada tanggal 9 Maret 1961 Presiden Ir. Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh Kepanduan di Istana Negara, mendeklarasikan melalui pidato bahwa Kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode & aktivitas pendidikan harus diganti serta seluruh organisasi Kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut PRAMUKA. Momen ini lebih dikenal sebagai "Hari Tunas Gerakan Pramuka

Panitia inilah yang kemudian menyusun Anggaran Dasar Gerakan Pramuka hingga pada tanggal 20 Mei 1961 diterbitkannya Keputusan Presiden R.I No. 238, tentang "Gerakan Pramuka". Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja. 

Dalam Keputusan Presiden itu, ditetapkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai "satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak & pemuda Indonesia", serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan organisasi.

Moment tanggal tanggal 9 maret 2020 menurut saya gerakan pramuka mengambil langkah strategi dalam pembinaan generasi di era milleneal. Mengambil peluang kembali gerakan kepanduan ditengah derasnya modernisasi dan globalisasi. Di tengah derasnya maraknya demoralisasi dan egoisme kekuasaan. Gerakan pramuka harus ada hadir menjadi panorama dan cahaya yg indah.

Ada point yg penting ketika mendikbud pak nadiem makarim mengatakan tentang merdeka belajar dan guru penggerak. Pramuka menurut saya bisa ikut ambil bagian dalam program tersebut. Tidak boleh diam dalam merebut gagasan itu.

Dalam gerakan pramuka point merdeka belajar dan guru penggerak itu bisa diwujudkan. Kenapa di dalam gerakan pramuka sudah punya panduan dan blue print pembinaan bagi kaum muda. Punya program pembinaan untuk pembina dan peserta didik di setiap jenjang. Narasi itu tinggal di wujudkan dengan gerak yg ada. 

Gagasan itu harus ditangkap oleh seluruh pengampuh kepentingan dalam gerakan pramuka. Harus bisa bergerak secara cepat agar tidak kehilangan movement untuk itu. Social movenment itu diambil untuk digagas dibuat narasinya. Untuk giat yg bisa diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

Kita tidak boleh diam dalam gerak membina tunas muda Indonesia. Tidak boleh terlena terhadap hasil yg sudah dicapai. Terus bergerak dan membina tunas muda Indonesia. 
Buatlah catatan dan narasi itu untuk dikenang para tunas muda Indonesia. Catatan itu akan diingat oleh mereka 5,10 dan 20 tahun akan datang.

Selamat Hari Tunas Gerakan Pramuka






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA