LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH SEJARAH PAKET A


LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH SEJARAH PEMINATAN
PROGRAM IPS
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


SOAL PILIHAN GANDA

1. Contoh dari unsur sejarah yang paling cepat mengalami perubahan adalah...
A.    Peristiwa
B.     Manusia
C.     Lingkungan
D.    Waktu
E.     Ruang

2. Untuk mendapatkan fakta dan peristiwa yang obyektif perlu adanya penelitian dan pengembangan sejarah yang dilakukan dengan metode ilmiah dan pengujian hipotesa   empiris yang diverifikasikan demi generalisasi
Deskripsi tersebut menunjukkan kedudukan sejarah sebagai...
A.    Peristiwa
B.     Kejadian
C.     Kisah
D.    Seni
E.     Ilmu

3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 ,namun setiap tanggal 17 Agustus seluruh bangsa Indonesia selalu memperingatinya.Peristiwa tersebut dianggap unik  karena
A.    Hanya sekali terjadi, dan tidak sama untuk keduakalinya
B.     Tidak berulang-ulang    dan bersifat  abadi sepanjang masa
C.     Menyangkut   kehidupan  manusia yang selalu berubah-ubah
D.    Mempunyai makna dan arti yang mendalam dalam kehidupan
E.     Bisa terjadi beberapa kali dalam kehidupan suatu bangsa.\

4. Kedatangan Sekutu di Surabaya membuat para pemuda mengadakan perlawanan yang menewaskan Jendral Malabi,sehingga sekutu memberi ultimatum, agar rakyat Indonesia khususnya yang ada diSurabaya menyerahkan diri, namun tidak dihiraukan oleh rakyat Surabaya, maka Sekutu menyerang dari tiga penjuru (darat, laut dan udara), dan banyak korban berjatuhan.dari peristiwa tersebut selalu diperingati sebagai Har Pahlawan.
Dari  cuplikan narasi tersebut  merupakan     cara berpikir  sejarah  secara...
A.    Periodisasi
B.     Diakronik
C.     Sinkronik
D.    Kronologi
E.  Narasi

5.      Perhatikan sumber sejarah di bawah ini!









Kelebihan dari sumber sejarah di atas adalah...
A.  Memiliki subjektifitas yang tinggi dikarenakan sudut pandang yang berbeda dari masing-masing pelaku dan saksi terhadap sebuah peristiwa. Sehingga mereka akan cenderung memperberbesar peranannya dan menutupi kekurangannya.
B.  Sumber-sumber sejarah tersebut belum tentu seluruhnya dapat menginformasikan kebenaran secara pasti
C.  Terbatasnya daya ingat seorang pelaku atau saksi sejarah terhadap suatu peristiwa.
D.  melengkapi kekurangan data atau informasi yang belum termuat dan penulisan sejarah jadi lebih demokratis
E.   Berita yang disampaikan oleh para saksi dapat berupa berita atau kebenaran yang sepihak, tergantung dari pihak

6.      Perhatikan pernyataan berikut
1)      Indonesia centris
2)      Etnocentris
3)      Religio magis
4)      Mengagungkan kekuasaan
5)      Kajian secara ilmiah
Dari pernyataan tersebut yang merupakan ciri-ciri dari Historiografi tradisional adalah...
A.    (1),(2), dan (3)
B.     (1),(2), dan (4)
C.     (2),(3), dan (4)
D.    (2),(3) dan (5)
E.     (3),(4),dan (5)

7.      Perhatikan karakateristik manusia purba dan dunia
Megantropus
Cro Magnon
1.        Tidak memiliki dagu sehingga lebih mirip kera. Memiliki tonjolan yang tajam di belakang kepala. Serta memiliki tulang pipi yang tebal dengan tonjolan kening yang mencolok
2.        Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna. Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
3.        Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna. Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
4.        Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna. Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
5.        Badannya tegap tetapi tidak setegap Meganthrophus. Memiliki tonjolan kening tebal dan melintang sepanjang pelipis. Memiliki hidung yang lebar dan tidak berdagu. Memiliki rahang yang kuat dan gigi geraham yang besar.
1.     tenggorokannya tinggi dengan atap dan belakang tengkorak yang bundar. Tonjolan tulang kening telah hilang, dahinya vertical, mukanya datar tanpa penonjolan di bagian mulut.
2.     Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna. Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
3.     Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna. Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
4.     Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna.Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
5.     Wajahnya tidak menonjol ke depan. Berjalan tegap dengan dua kaki (bipedal) sehingga cara berjalannya lebih sempurna.Otot tengkuknya mengalami penyusutan.
Persamaan karakteristik dari manusia purba Indonesia dan dunia di atas adalah nomor..
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
8.      Kehidupan awal masyarakat, menunjukan sifat universal, berasal dari asal usul yang sama kemudian menyebar keseluruh penjuru  bumi  dengan kekhasan yang dipengarhu oleh perkembangan fisik, kondisi lingkungan dan kemampuan beradaptasi. Dalam adaptasi ini masyarakat percaya dengan pohon-pohon besar,maupun benda yang ada di sekitarnya mempunyai kekuatan tersendiri, kepercayaan ini disebut...
                      A. Totemisme
                    B.  Animisme
                   C  Sinkritism
                     D Dinamisme
                    E  Budayaisme                      

9.      Perhatikn deskripsi di bawah ini !
Peradaban bangsa Yunani sudah maju sejak tahun  476 sebelum masehi. Berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat bahkan diwariskan sampai sekarang. Dianataranya adalah kepercayaan bangsa Yunani kuno, mereka percaya pada banyak dewa yang dilukiskan seperti manusia tetapi memiliki keistimewaan. Dewa utama bangsa Yunani adalah Dewa Zeus yang tinggal dibukit Olymphus bersama para dewa lainnya  seperti Dewa Harmes, Dewa Poseidon, Dewa Ares, Dewi Hera, Dewi Palas Athena, Dewi Aphrodite. Untuk menghormati Dewa Zeus sebagai dewa tertinggi, masyarakat Yunani  mengadakan pekan olah raga di Pengunungan Olymphus setiap 4 tahun sekali. Pekan olah raga tersebut sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat dunia yang dikenal dengan “ Olymphiade”.Cabang olah raga yang dipertandingkan pada masa itu yang sekarang masih pertandingkan adalah….
A.    Lari, loncat, lempar lembing  lempar cakram dan gulat
B.     Panahan, lari, marathon, tinju,  gulat dan lempar lembing
C.     Lompa jauh, tinju, gulat lempar lembing, pacuan kuda
D.    Lari, panahan, lempar lembing  marathon,  dan gulat
E.     Panahan, lari, renang,  anggar, gulat dan lempar lembing

10.  Perhatian gambar berikut di bawah ini !



Gambar tersebut di atas merupakan hasil peradaban bangsa Mesir Kuno. Gambar pertama merupakan singa berkepala manusia yang disebut Sphinx yang berada di Gizeh dibelakangnya bangunan berupa Pyramida, sedangkan gambar kedua  berbentuk monumen yang sangat tinggi, ramping bersisi empat yang dimahkotai puncak berbentuk piramida, bangunan  tersebut  dinamakan  obelisk. Adapun fungsi dari kedua gambar tersebut adalah….
A.    Sebagai penjaga pyramide dan simbol kekuasan raja – raja Mesir
B.     Sebagai simbol kekuasaan, kekuatan Firaun dan perlambang pemujaan para dewa.
C.     Simbol kemakmuran kerajaan Mesir dan simbol pemujaan dewa Anubis
D.    Sebagai lambang kekuatan pertahanan Mesir dan monumen kerajaan Mesir
E.     Sebagai penjaga makam Firaun dan lambang kebesaran dewa Ra

11.  Perhatikan deskripsi di bawah ini
Majapahit merupakan kerajaan Nasional kedua, kerajaan ini bercorak agraris dan perdagangan. Kerajaan Majapahit tumbuh menjadi negara besar yang menguasai perdagangan dan pelayaran serta mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 M). Keberhasilan Hayam Wuruk mencapai masa keemasannya tidak terlepas dari peranan Patih Gajah Mada yang telah merusaha memajukan dan memperluas wilayah kerajaan Majapahit. Pada tahun 1339, Gajah Mada bersumpah tidak makan Palapa sebelum wilayah  Nusantara bersatu. Sumpah yaitu dikenal dengan Sumpah Palapa, adapun isi dari amukti palapa adalah sebagai berikut :”Lamun luwaskalah nusantara isumamakti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, ring Sunda, ring Palembang, ring Tumasik, samana sun amukti palapa”. Kemudian Gajah Mada melakukan penaklukan – penaklukan diberbagai wilayah terebut. Dari Kitab Negera kertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh kerajaan Majapahit sampai kenegara–negaratetangga.
Dari deskripsi di atas, pengaruh apakah yang dapat ditunjukan dari Sumpah Palapa kerajaan Majapahit terhadap kehidupan masyarakat masa kini yaitu, … .
A.    Telah menguasai hampir seluruh kerajaan di Asia Tenggara yang berdampak tumbuhnya perdagangan disetiap pelabuhan di wilayah Nusantara
B.     Merupakan salah satu kerajaan besar yang ada di nusantara yang dikenal dengan kekuatan maritimnya sehingga berdampak negara Indonesia yang kekayaan lautnya sangat luas.
C.    Mampu menjadikan daerah – daerah nusantara menjadi wilayah negara kesatuan yang berdampak pada tumbuhnya nilai – nilai persatuan dan kesatuan yang diwujudkan dalam bentuk NKRI
D.    Menjadi pengendali rute perdagangan lokal yang mengenakan beacukai kepada setiap kapal  yang lewat dan menjadi penguasa atas Selat Sunda dan Malaka sehingga berdampak menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan
E.     Menjalin hubungan baik dengan kerajaan - kerajaan di luar Indonesia, terutama dengan kerajaan - kerajaan yang berada di India yang berdampak negara Indonesia mampu menjalin hubungan diplomatik dengan negara – negara luar.

12.  Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Daerah Banten berhasil dikuasai dan diislamkan oleh Fatahillah, panglima perang Demak. Kemudian Banten diserahkan pada puteranya yang bernama Maulana Hasanudin yang kemudian mejadi Raja pertama Banten. Banten mencapai masa kejayaannya ketika diperintah oleh Sultan Ageng Tirtayasa . Beliau berhasil memajukan perdagangan di Banten. Politik Sultan Ageng Tirtayasa sangat keras terhadap VOC dengan menentang system perdagangan monopoli yang sangat merugikan rakyat Banten. Kebijakan Sultan Ageng Tirtayasa di tentang oleh puteranya sendiri yang bernama Abdulnasar Abdulkahar yang dikenal dengan Pangeran Haji. Pertentangan tersebut menimbulkan konflik yang berakhir dengan penyerangan Sultan Haji terhadap Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam perang tersebut Sultan Haji dibantu oleh VOC, sehingga Kerajaan Banten yang jaya dan besar menjadi boneka kompeni dengan rajanya Sultan Haji. Berdasarkan diskripsi di atas nilai karekter yang negative yang sangat tepat  adalah….
A.    Kesetian pada pemimpin dan negara dapat menyelamatkan kadaulatan Nasional
B.     Kepandaian dalam memanfaatkan peluang harus dimiliki oleh para pejabat
C.     Penghianatan pada pemimpin dapat menghancurkan sebuah negara
D.    Ambisi untuk menjadi raja tidak dimiliki oleh Sultan Haji
E.     Memberontakan merupakan tindakan yang membahayakan negara.

                   
13.  Kerajaan Majapahit sebagai salah satu dari kerajaan maritim Hindu-Buddha di Nusantara memiliki banyak keragaman diantaranya penganut agama yang berbeda. Meskipun demikian rakyat Majapahit dapat hidup rukun dan berdampingan. Raja selalu berusaha agar ketentraman masyarakatnya dapat berjalan baik sehingga keragaman dalam keharmonisan dari masyarakat kerajaan Majapahit berpengaruh hingga saat ini dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Dampak keragaman tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia masa kini adalah ....
A.  terciptanya keharmonisan dalam persamaan antarpenduduk terutama pada sistem pertahanan dan keamanan negara
B.  Indonesia menjadi bangsa yang besar dan kuat karena selalu menjaga kerukunan antarsuku bangsa
C.  hidup saling berdampingan antarpenduduk sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan sistem pemerintahan
D.  munculnya sikap toleransi dan empati dari masyarakat yang berbeda latar belakang status
E.   keragaman antarpenduduk berpengaruh terhadap penyelenggaraan pembangunan nasional bangsa Indonesia

14.      Perhatikan gambar di bawah ini!







Peran Makassar dibidang perdagangan didukung oleh beberapa faktor seperti letak yang strategis, memiliki pelaabuhan yang baik, serta didukung jatuhnya Malaka ke tangan Portugiss tahun 1511. Adapun peran terbesar kerajaan Gowa Tallo dalam sejarah perdagangan kerajaan maritim Islam di Nusantaraangan Indonesia adalah … .
A.     penguasa jalur perdagangan di perairan Nusantara
B.     pemimpin monopoli perdagangan rempah terbesar
C.     penghasil utama komoditas beras dan cengkih
D.     pelabuhan transit terbesar di Indonsia Timur
E.      sarang perompak yang ditakuti 
15.  Perubahan besar terjadi di Eropa dari sisi ilmu pengetahuan, seiring dengan itu terjadi perlawanan terhadap penguasa dengan seruan Liberte, Egalite dan Fraternite. Semboyan perjuangan tersebut terjadi ppada revolusi.. .
A. Rusia
B. Industri
C. America
D. Prancis
E. Hijau

16.   Reformasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Re (kembali) dan Formare (membentuk) yang dimaksud reformasi adalah membentuk struktur ulang pola kehidupan masyarakat. Secara khusus, Reformasi Gereja merupakan sejarah bangsa Barat dalam melakukan pembaharuan dan semangat baru bagi kehidupan keimanan umat Katolik. Reformasi Gereja merupakan sebuah upaya perbaikan dalam tatanan kehidupan yang didominasi oleh otokrasi Gereja.. Pada saat itu muncul suatu tokoh yang bernama Marthin Luther yang melahirkan pemikiran baru untuk melaksanakan Reformasi Gereja yang nantinya tidak hanya berkembang di Jerman melainkan meluas ke wilayah-wilayah Eropa lainnya. Yang merupakan faktor penyebab adanya reformasi gereja adalah...
A.       menempatkan kebebasan sebagai doktrin dalam kehidupan masyarakat
B.        menambahkan adanya ideologi baru di dunia yaitu ideologi sosialisme yang berpengaruh terhadap gerakan nasionalisme
C.        adanya gerakan Renaissance yang dimotori oleh kelompok humanis yang menginginkan penghargaan atas diri manusia yang memiliki kemampuan berfikir
D.       meningkatkannya semangat para bangsawan dalam membangun negara atas dasar hukum
E.        Semakin berkembangnya tradisi intelektual dan iklim kebebasan di Eropa. Hal ini tidak terlepas dari gerakan Renaisans yang menekankan kemampuan rasio, otonomi individu, serta tanggung jawab manusia untuk menciptakan kebahagiaan di dunia.

17.       Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)         Pemungutan pajak kepada para kolonis di Amerika tanpa adanya representasi di Parlemen Inggris
2)         Undang-Undang Navigasi tahun 1651 yang mengharuskan kolonis membeli dan menjual barang kepada pedagang atau kapal milik Inggis.
3)         timbulnya paham baru yg beraliran nasionalis liberal yang dibawa oleh tokoh tokoh pemikir
4)         Monopoli perdagangan teh oleh Prusahaan Hindia Timur Inggris (British East India Company)
5)         Pengaruh para pemikir seperti Thomas Paine yang mendukung paham kemerdekaan.
6)         adanya kepincangan dalam masyarakat yaitu ketidak adilan karena adanya sistem golongan yang mengharuskan golongan 3 yaitu rakyat biasa yg miskin untuk membayar pajak sedangkan golongan 1dan2 yaitu bangsawan dan pendeta tidak.
Yang merupakan Faktor penyebab terjadi revolusi Amerika adalah..
a.         1, 2, 3, dan 4
b.         1, 2, 3, dan 5
c.         1, 2, 4, dan 5
d.         2, 3, 4, dan 5
e.         3, 4, 5, dan 6

18.  Kondisi Eropa memasuki abad ke XX berbeda dengan masa sebelumnya indusri senjata sudah berkembang dan terjadi pengelompokan negara. Pemicu perang dunia pertam adalah terbunuhnya salah satu pewaris Kekaisaran Austria-Hongaria yaitu.. .
A. Joseph Stalin
B. Franz Ferdinand
C. Woodrow Wilson
D. Adolf  Hitler
E. Winston Churcil

19.  Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa menjadi perhatian dan pembelajaran sehingga setelah Perang Dunia Kedua para pemimpin  bersepakat mendirikan Perserikatan Bangsa-bangsa dengan tujuan utama adalah .. .
A. Memelihara perdamaian dan Keamanan internasional
B. Menjaga stabilitas ekonomi negara baru merdeka
C. Terwujudnya persatuan negara-negara di dunia
D. Pembatasan senjata nuklir berbahaya
E. Pemberian sangsi negarah kalah perang.

20.  Awal perkembangan liberalisme terjadi di Inggris pada tahun 1215. Pada saat itu, Raja John mengeluarkan piagam Magna Charta yang menjamin kebebasan hak individu. Piagam Magna Charta merupakan langkah awal pembatasan kekuasaan absolut para Raja Inggris. Pemikiran lebih lanjut mengenai liberalisme di Inggris dikembangkan oleh John Locke dalam bukunya yang berjudul Two Treatises of Government (1690). Dalam buku tersebut John Locke menyatakan bahwa pemerintah memiliki tugas utama untuk menjamin hak-hak dasar rakyat.Sedangkan Sosialisme lahir sebagai reaksi terhadap Revolusi Industri yang berkembang akibat liberalisme. Industrialisasi telah memunculkan praktik kapitalisme yang lebih mementingkan individu si pemilik modal dan mengesampingkan kaum buruh yang merupakan bagian terbesar dari masyarakat. Oleh karena itu, sosialisme berusaha mewujudkan kemakmuran bersama melalui usaha kolektif yang produktif di bawah kendali dan campur tangan pemerintah. Yang membedakan karakteristik paham-paham tersebut adalah..
a.   Dalam sosialisme, kebebasan individu dibatasi dan mengutamakan pemerataan kesejahteraan bersama. Sedangkan dalam liberalisme kebebasan politik dan ekonomi merupakan hak setiap individu dan ketidakadilan sosial merupakan hal yang wajar terjadi.
b.   Dalam liberalisme Negara sebagai penjaga malam. Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa saja asal tidak melanggar tertib hukum. Sedangkan sosialisme tidak mengutamakan negara tetapi juga tidak mengutamakan warganegara. Kepentingan negara dan kepentingan warganegara sama-sama dipentingkan
c.   Dalam sosialisme, Kepentingan negara lebih diutamakan daripada kepentingan warga negara. Kebebasan atau kepentingan warganegara dikalahkan untuk kepentingan Negara Sedangkan  Liberlisme Hubungan antara warganegara dengan negara adalah seimbang.
d.   penghapusan hak milik pribadi atas alat-alat produksi, penghapusan adanya kelas-kelas sosial, menghilangnya negara, penghapusan pembagian kerja. Kelas-kelas tidak perlu dihapus secara khusus sesudah kelas kapitalis ditiadakan; karena kapitalisme sendiri sudah menghapus semua kelas, sehingga tinggal kelas proletariat. Itulah sebabnya, revolusi sosialis tidak akan menghasilkan masyarakat dengan kelas atas dan kelas bawah lagi.
e.   Dalam liberalism semua orang hidup dan dapat bekerja sama dalam kebebasan dan solidaritas dengan hak-hak, yang sama. Sedangkan sosialisme membatasi agama pada rakyatnya, dengan prinsip agama adalah racun yang membatasi rakyatnya dari pemikiran yang rasional dan nyata.

21.  Peristiwa besar Revoluerhatikan informasi berikut ini:
Revolusi Rusia adalah sebutan untuk serangkaian revolusi yang bertujuan untuk menjatuhkan rezim Tsar (Maharaja). Latar belakang Revolusi Rusia cukup kompleks namun bermuara pada satu kesimpulan utama yaitu kemunduran Rusia dalam segala bidang dan keyakinan pada sebuah ideology baru yaitu komunis untuk membangkitkan Rusia dari keterpurukan
Berdasarkan info maka pengaruh yang muncul bagi bangsa-bangsa di Asia adalah ….
A.    meningkatkan rasa persaudaraan bangsa-bangsa di Asia
B.    mendorong terciptanya kesejahteraan bangsa-bangsa di Asia
C.    memotivasi pergerakan kaum komunis di wilayah Asia
D.    meningkatkan rasa cinta tanah air dalam diri bangsa-bangsa Asia
E.     mendorong rasa senasib sepenanggunngan bangsa-bangsa di Asia

22.  Revolusi Amerika berakhir dengan lahirnya Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang menyatakan kesetaraan bagi semua manusia. Hal ini menjadi warisan berharga bagi kehidupan manusia. Salah satu pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa Revolusi Amerika adalah ….
A.  setiap manusia memiliki kebebasan tanpa batas
B.  hak asasi manusia harus ditegakkan dan dihormati
C.  rakyat hendaknya patuh terhadap ketentuan pemerintah
D.  sebuah perubahan akan efektif jika dilakukan melalui revolusi
E.   dukungan rakyat sangat diperlukan dalam penentuan kebijakan

23.  Perhatikan keterangan berikut!
1)       Didirikan oleh pelajar STOVIA
2)       Dianggap sebagai pelopor pergerakan nasional di Indonesia
3)       Dalam perkembangannya, organisasi ini menjadi kelompok yang beranggotakan priyayi yang hanya mewakili budaya Jawa
Keterangan di atas terkait dengan salah satu organisasi pergerakan nasional, yaitu 
A.    Budi Utomo
B.     Sarekat Islam
C.     Insche Partij
D.    Perhimpunan Indonesia
E.     Partai Nasiona Indonesia

24.  Perhatikan Lambang Organisasi Pergerakan Nasional di bawah ini!












Sarekat Islam merupakan satu organisasi pedagang yang beragama Islam yang lahir pada masa Pergerakan Nasional Indonesia dengan tujuan utamanya adalah …
a.         Pemurnian kembali agama Islam
b.         Menyatukan pedagang pribumi dengan pedagang China
c.         Mempersiapkan kehidupan rakyat untuk merdeka
d.        Menumbuhkan jiwa dagang pada masyarakat
e.         Menentang kehadiran pedagang asing

25.  Perhatikan kondisi masyarakat Indonesia pada masa kolonial Belanda berikut ini:
       1). Pengaruh kekuasaan Belanda semakin kuat karena intervensi yang intensif dalam   masalah-  masalah istana.
       2). Penghasilan penguasa pribumi dari upeti dan hasil bumi makin berkurang.
       3). Pada tahun 1900 penduduk Jawa telah mencapai hampir 28,5 juta jiwa
       4). Kedudukan dan perekonomian penguasa pribumi melemah sehingga derajat dan kehormatannya pun menurun
       5). Makin meluasnya pengaruh kehidupan Barat dalam lingkungan kehidupan tradisional
Berdasarkan informasi tersebut dapat diperkirakan bahwa respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di bidang sosial budaya adalah ….
 A. melakukan perlawanan dilandasi rasa kebangsaan
 B. melakukan perlawanan bersifat kedaerahan
 C. melakukan hukum tawan karang
 D. melalui perlawanan bersenjata
 E. melalui pers pers bumiputra


26.  Deskripsi tentang kondisi masyarakat Indonesia pada masa imperialism dan kolonialisme dalam bidang pendidikan adalah berikut ini:
1).  Menutup Taman Siswa dan sekolah-sekolah swasta lainnya
2).  Mengeluarkan Undang-Undang Sekolah Liar pada 1932
3).  Melarang murid-murid untuk sekolah di Taman Siswa
4).  Mengawasi aktivitas guru-guru di Taman Siswa
5).  Melarang guru-guru mengajar
Berdasarkan deskripsi di atas, yang bukan merupakan respon bangsa Indonesia terhadap kebijakan tersebut adalah. …
A.   membuat sebagian kalangan menjadi geram
B.   mulai bermunculan akademisi yang mementingkan pendidikan di Indonesia
C.   berdirinya organisasi-organisasi yang bergerak di bidang pendidikan
D.   masuknya pendidikan yang berbasis agama
E.   melakukan perlawanan secara sembunyi-sembunyi

27.  Perhatikan data-data di bawah ini!
1)      Pengerahan Romusha mengakibatkan terjadinya pemberontakan PETA di Blitar.
2)      Pengerahan bahan makanan dari hasil rakyat menyebabkan kemiskinn sehingga timbul penyakit kurang gizi
3)      Tindakan pemerintah Jepang menimbulkan lingkaran kesengsaraan bagi rakyat
4)      Produksi pangan terus-menerus merosot qkibat kewjiban yang harus ditanggung petani
Dari data di atas yang merupqkan dampak ekonomi selama pendudukan Jepang yang dirasakan bangsa Indonesia adalah. …
A.    1, 2, 3
B.     1, 2, 4
C.     2, 3, 4
D.    3, 4, 1
E.     1, 3, 2

28.  Budi Utomo dan Indische Partij merupakan organisasi pergerakan yang memiliki pengaruh cukup besar pada masa pergerakan nasional. Kedua organisasi tersebut dipelopori oleh golongan terpelajar dari golongan bangsawan. Perbedaan yang menonjol dari kedua organisasi dalam strateginya adalah. ...
A.  Indische Partij berideologi nasionalisme, sedangkan Budi Utomo berideologi sosialisme
B.  Indische Partij berjuang melalui Volksraad, sedangkan Budi Utomo melalui pendidikan
C.  Budi Utomo tidak memiliki cabang di daerah, sedangkan Indische Partij membuka cabang di daerah
D.  Budi Utomo menerapkan strategi perjuangan kooperatif, sedangkan Indische Partij menerapkan strategi nonkooperatif
E.   Budi Utomo menuntut Indonesia merdeka dengan kedaulatan penuh, sedangkan Indische Partij menghendaki merdeka dengan status dominion

29.  Perhatikan data-data di bawah ini!
1)      Pengerahan Romusha mengakibatkan terjadinya pemberontakan PETA di Blitar
2)      Pengerahan bahan makanan dari hasil rakyat menyebabkan kemiskinn sehingga timbul penyakit kurang gizi
3)       Tindakan pemerintah Jepang menimbulkan lingkaran kesengsaraan bagi rakyat
4)      Produksi pangan terus-menerus merosot qkibat kewjiban yang harus ditanggung petani
Dari data di atas yang merupqkan dampak ekonomi selama pendudukan Jepang yang dirasakan bangsa Indonesia adalah.
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     1 dan 4
D.    2 dan 4
E.     3 dan 4

30.  Perhatikan kondisi masyarakat Indonesia pada masa kolonial Belanda berikut ini:
       1). Pengaruh kekuasaan Belanda semakin kuat karena intervensi yang intensif dalam   masalah-  masalah istana.
       2). Penghasilan penguasa pribumi dari upeti dan hasil bumi makin berkurang.
       3). Pada tahun 1900 penduduk Jawa telah mencapai hampir 28,5 juta jiwa
       4). Kedudukan dan perekonomian penguasa pribumi melemah sehingga derajat dan kehormatannya pun menurun
       5). Makin meluasnya pengaruh kehidupan Barat dalam lingkungan kehidupan tradisional
Berdasarkan informasi tersebut dapat diperkirakan bahwa respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme di bidang sosial budaya adalah ….
 A. melakukan perlawanan dilandasi rasa kebangsaan
 B. melakukan perlawanan bersifat kedaerahan
 C. melakukan hukum tawan karang
 D. melalui perlawanan bersenjata
 E. melalui pers pers bumiputra

31.   Pasca mendapatkan kedaulatan melalui KMB, Indonesia harus menghadapi berbagai upaya pemberontakan yang berasal dari dalam negeri. Peristiwa pergolakan dan konflik yang terjadi di Indonesia selama masa tahun 1948 – 1965 diantaranya Peristiwa G 30 S/PKI yang berkaitan dengan kepentingan ….
A. Ideology
B. Pribadi
C. Agama
D. Pemerintahan
E. Kelompok

32.  Budi Utomo dan Indische Partij merupakan organisasi pergerakan yang memiliki pengaruh cukup besar pada masa pergerakan nasional. Kedua organisasi tersebut dipelopori oleh golongan terpelajar dari golongan bangsawan. Perbedaan yang menonjol dari kedua organisasi dalam strateginya adalah. ...
A.    Indische Partij berideologi nasionalisme, sedangkan Budi Utomo berideologi sosialisme
B.     Indische Partij berjuang melalui Volksraad, sedangkan Budi Utomo melalui pendidikan
C.     Budi Utomo tidak memiliki cabang di daerah, sedangkan Indische Partij membuka cabang di daerah
D.    Budi Utomo menerapkan strategi perjuangan kooperatif, sedangkan Indische Partij menerapkan strategi nonkooperatif
E.     Budi Utomo menuntut Indonesia merdeka dengan kedaulatan penuh, sedangkan Indische Partij menghendaki merdeka dengan status dominion

33.  Pelajar Indonesia salah satu pengguna teknologi tertinggi di dunia menurut survei dari Cambridge International. Pengaruh positif perkembangan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan adalah ….
A.    Penggunakan e-money sebagai alat pembayaran
B.     Penggunaan aplikasi skype dalam pembelajaran jarak jauh
C.     Mudahnya memesan makanan melalui aplikasi gofood
D.    Berkembangnya toko online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dll
E.     Penggunaan e-banking yang memudahkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus datang ke bank

34.  Menurut Menteri LuarNegeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, NATO tidak membantu menyelesaikan masalah di Ukraina. MenurutLavrov, NATO justru memperburuk masalah Ukraina dan melemahkan upaya yang bertujuan untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembentukan NATO yaitu …
A.    Menyelesaikan persengketaan secara damai
B.     Mencegah penggunaan kekuatan militer dalam hubungan internasional
C.     Menghilangkan persengketaan politik ekonomi internasional
D.    Meningkatkan kerjasama ekonomi di antar negara-negara NATO
E.     Membela Negara anggota dengan prinsip bahwa serangan terhadap satu anggota berarti serangan terhadap seluruh anggota NATO

35.  OPEC adalah suatu organisasi antar pemerintah (intergovernmental organization) yang didirikan oleh Iran, Irak, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela. Dalam pembuatannya, inisiatif Menteri Energi dan Tambang dari Venezuela, Juan Pablo Pérez Alfonso, dan dari Saudi Arabia, Abdullah Al-Tariki. Berdirinya OPEC dipicu oleh keputusan sepihak dari perusahaan minyak multinasional, The Seven Sisters pada tahun 1959/1960 untuk …
A.    Menguasai industri minyak dan menetapkan harga di pasar internasional
B.     Menguasai keadaan politik negara penghasil minyak di dunia
C.     Menetapkan harga diatas harga pasaran di dunia
D.    Membuat minyak mentah tidak menjadi energy utama dunia
E.     membuat Israel menjadi negara terbesar penghasil minyak mentah

36.  Selama beberapa dekade, mayoritas kulit hitam Afrika Selatan dikendalikan oleh hukum rasis yang mengabadikan supremasi kulit putih. Dari tahun 1948 hingga 1990-an, supremasi kulit putih mendominasi kehidupan di Afrika Selatan. Faktor penyebab konflik tersebut setelah dikeluarkan hukum ….
A.     Apartheid
B.      Hammurabi
C.     Anglo-Saxon
D.    Civil Law
E.     Common Law

37.  Perhatikan informasi berikut !
1)      Pemimpin tertinggi di Yugoslavia
2)      Berasal dari campuran Kroasia dan Slovenia
3)      Pemprakarsa berdirinya gerakan Non Blok
4)      Pemersatu Negara-negara Yugoslavia
5)      Penganut kepemimpinan kolektif
Pernyataan diatas yang  merupakan peranan tokoh Yugoslavia Josep Broz Tito terdapat pada nomor…
A.    1, 2, dan 3
B.     1, 2, dan 4
C.     1, 3, dan 4
D.    2, 3, dan 5
E.     3, 4, dan 5

38.  Meskipun reunifikasi Jerman telah berlangsung dengan sukses, namun persoalan perekonomian Jerman dalam tahun-tahun pertama setelah penyatuan sangat berat. Ini diakibatkan karena adanya kesenjangan perekonomian, dimana Jerman Timur harus menyesuaikan perekonomiannya dengan Jerman Barat. Perubahan politik  untuk mempercepat  pembangunan ekonomi diperlukan kondisi politik yang stabil yaitu dari ….
A.    Nasionalisme sosialis menjadi demokrasi liberal
B.     Nasionalisme  menjadi demokrasi liberal
C.     Nasionalisme komunis menjadi demokrasi liberal
D.    Sosialis komunisme  menjadi liberal kapitais
E.     Komunisme  menjadi liberal kapitalisme

39.  Konflik antara India dan Pakistan adalah faktor agama antara penduduk Islam dan penduduk Hindu. Pembagian wilayah Kashmir, masalah terorisme, dan nuklir juga menjadi faktor penyebab yang mempekuat memanasnya konflik.Upaya yang dilakukan dalam penyelesaian konflik di wilayah tersebut  adalah ….
A.    Resolusi PBB mengenai pembagian wilayah Kashmir
B.     Amerika dan Uni Sovyet meminta PBB melakukan perundingan dengan genjatan senjata
C.     Anggota parlemen Inggris ditolak masuk ke India
D.    Pilihan yang disukai Kashmir adalah kemerdekaan, Pakistan dan India menentang
E.     Usaha perdamaian yang berupa kesepakatan antara dua pemimpin India dan Pakistan

40.       Perhatikan pernyataan berikut!
1)         Masuknya kekuasaan asing ke Timur Tengah
2)         Kekhawatiran terhadap revolusi Islam Iran
3)         Pembatalan perjanjian Algiers oleh Irak
4)         Keinginan untuk berkuasa
5)         Serangan Irak ke Kuwait
Yang merupakan sebab terjadinya perang Teluk II ditunjuk pada nomor ....
A.       2, 4, dan 5
B.        1, 4, dan 5
C.        5, 4, dan 2
D.       3, 2, dan 1
E.        3, 4, dan 5
ANS: B

SOAL  URAIAN

41.  Seorang sejarawan akan melakukan penelitian tentang lahirnya gerakan reformasi di Indonesia. Untuk melakukan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Jelaskan perbedaan tahap heuristic dan verifikasi  dalam penelitian sejarah tersebut!

42.  Perhatikan informasi berikut.
Pada saat Hayam Wuruk naik takhta, sudah ada sepuluh daerah yang harus mengakui kekuasaan kerajaan Majapahit, yaitu Gurun, Seran dan daerah kepala burung Papua.selanjutnya, tanjung Pura, Pahang dan tumasik. Dua wilayah ini berada disemenanjung melayu menjadi penting bagi Majapahit karena keduanya merupakan daerah penting bagi penguatan pertahanan dikawasan asia tenggara. Jelaskan pengaruh kebesaran kerajaan tersebut terhadap kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini!

43.  Penjajahan Inggris di India mendorong lahirnya semangat nasionalisme. Kesadaran ini berkembang setelah muncul kelompok cendekia muda. Salah satu yang menonjol adalah Mahatma Gandhi yang berpendapat  bahwa pembaruan manusia dapat mengubah keadaan politik. Maka kemerdekaan harus dicapai dengan pembaruan pemikiran manusia.  Berdasarkan penjabaran di atas, uraikanlah dengan runut dan sistematis 4 langkah atau ajaran Mahatma Gandhi yang membawa rakyat India terbebas dari penjajahab Inggris!

44.  Ketika para pendiri Republik menggodok konsep dasar negara dan rancangan UUD 1945 pada sidang-sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang bersidang di Jakarta 28 Mei 1945-22 Agustus 1945 di Gedung Tyuoo Sangi-In (kini Gedung Pancasila, Departemen Luar Negeri). Hampir bersamaan dengan itu, juga berlangsung suatu konferensi The United Nations Conference on International Organizations (UNCIO) di San Francisco, AS, pada 25 April 1945 yang menghasilkan Piagam PBB. Piagam PBB disahkan dan ditandatangani 26 Juni 1945, hanya empat hari setelah Piagam Jakarta. Jelaskan makna hubungan tentang hubungan Proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan piagam PBB  bagi kehidupan bangsa dan negara pada masa kini?

45.  Setelah berakhirnya PD II, Jepang menyerahkan Vietnam kepada Prancis yang ingin mendirikan Negara-negara boneka dikawasan Indo Cina. Hal ini tidak diterima oleh Ho Chi Minh dan melakukan penyerangan kepada Prancis di Vietnam Utara. Kondisi Vietnam pada masa itu menjadi sangat genting, memicu terjadinya peperangan di Vietnam. Jelaskan analisamu apa yang menjadi penyebab perang di Vietnam?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA