LATIHAN SOAL US SEJARAH PAKET C


SOAL UJIAN SEKOLAH SEJARAH INDONESIA
PROGRAM MIPA/IPS
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


SOAL PILIHA GANDA
1.      “Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki sejumlah  perubahan – perubahan, kejadian – kejadian dan peristiwa – peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita”.
Definisi  sejarah diatas merupakan pendapat dari ....
A.     Ibnu Khaldun
B.     Sartono Kartodirjo
C.     Muhammad Ali
D.     Kuntowijoyo
E.      Nugoho Notosusanto

2.      Perhatikan informasi di bawah ini!
Secara singkat, sejarah sebagai ilmu adalah sejarah yang ditulis atau dikaji dengan melalui proses dan metode secara ilmiah, sehingga diperoleh kebenaran yang benar-benara nyata. Kemudian ciri-ciri sejarah sebagai ilmu terdiri dari empiris/nyata, objektif, generalisasi, metode ilmiah dan sistematis.
Berdasarkan informasi di atas,  di bawah ini merupakan contoh sejarah sebagai ilmu, adalah ….
A.     Peristiwa Bandung Lautan Api
B.     Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia
C.     Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
D.     Peristiwa Pertempuran Ambarawa
E.      Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949

3.      Sejarah memiliki ciri - ciri yaitu unik, abadi dan penting. Pengertian unik  adalah  ....
A.     peristiwa tersebut tidak berubah dan tetap dikenang sepanjang masa
B.     setiap peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan tidak bisa berulang lagi
C.     peristiwa tersebut menceritakan tentang kejadian dalam kehidupan seseorang
D.     setiap peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan lokasi dimana peristiwa terjadi
E.      peristiwa tersebut besar pengaruhnya baik pada saat terjadinya maupun masa akan datang

4.      Perhatikan data – data berikut ini !
1)      Perang Diponegoro ( 1825 – 1830 )
2)      Perlawanan Sultan Agung ( 1628 – 1629 )
3)      Keadaan ekonomi  rakyat Kota Jakarta pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966)
4)      Beberapa kerusuhan sosial  di Indonesia pada tahun 1997
5)      Pertempuran arek – arek Surabaya 10 November 1945
Dari data tersebut di atas, yang menunjukkan cara konsep berpikir sejarah diakronik adalah … .
A.     ( 1 ), ( 2 ) dan ( 3 )
B.     ( 1 ), ( 2 ) dan ( 4 )
C.     ( 1 ), ( 2 ) dan ( 5 )
D.     ( 2 ), ( 3 ) dan ( 5 )
E.      ( 3 ), ( 4 ) dan  ( 5 )

5.      Perhatikan data di bawah ini !
(1)   Pemberontakan Petani BantenTahun 1888
(2)   Perkembangan Sarekat Islam 1911 – 1920
(3)   Pemberontakan Pangeran Diponegoro Jawa Tengah tahun 1825 – 1830
(4)   Peran Mahasiswa Jakarta Tahun 1998
(5)   Perkembangan Ekonomi Indonesia Tahun 1998
Dari data di atas, yang termasuk kategori tema -  tema sejarah yang memiliki unsur manusia, ruang, dan waktu adalah nomor … 
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)

6.      Perhatikan gambar berikut !
(1)                                                             (2)
Dua gambar diatas merupakan  contoh konsep perubahan dalam sejarah  Indonesia  yaituperistiwa proses menuju masa reformasi yang  terjadi tahun 1998. Presiden Soeharto yang memerintah  lebih kurang selama 35 tahun karena tekanan dari mahasiswa  yang menginginkan reformasi dari berbagai bidang memaksa Presiden Soeharto menyatakan mundur dari Presiden RI yang terpilih ke-7 kalinya kepada BJ. Habibie.Dari  deskripsi diatas  dampak  positif  dibidang politik yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah  ...
A.     nilai tukar mata uang rupiah menguat  dibandingkan nilai mata uang Dollar  Amerika Serikat
B.     adanya pembatasan masa jabatan seorang Presiden dan pemilihan presiden secara langsung 
C.     terjadinya tragedi  nasional yang ditandai adanya aksi pembakaran, perusakan dan penjarahan oleh massa di Jakarta dan Solo
D.     pengakuan dunia internasional terhadap Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di dunia
E.      Indonesia bisa keluar dari krisis moneter yang melanda negara – negara di kawasan Asia Tenggara
                                                                                   
7.      Perhatikan gambar di bawah ini :                                                                    



Gambar di atas merupakan berupa bangunan bertingkat peninggalan masyarakat praaksara zaman batu besar yang berfungsi sebagai tempat untuk memuja nenek moyang.  Bangunan tersebut dinamakan ... .
A.     menhir
B.     punden berundak undak
C.     sarcopagus
D.     dolmen
E.      peti kubur

8.      Perhatikan deskripsi berikut!
Menurut teori yang dikemukakan oleh J.C Van Leur diketahui bahwa para Brahmana datang dari India ke Indonesia atas undangan Raja-raja di Indonesia dalam rangka melegitimasi kekuasaan mereka sehingga setaraf dengan Raja-raja di India. Teori ini di dasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia, terutama prasasti-prasasti berbahasa Sanskerta dan huruf Pallawa. Di India, bahasa dan huruf itu hanya di gunakan dalam kitab suci Weda dan upacara keagamaan, dan hanya golongan Brahmana yang mengerti dan menguasainya. Namun teori ini masih diragukan kebenarannya sehingga menimbulkan pro dan kontra atau adanya kelebihan dan kelemahan dari adanya teori Brahmana ini.Salah satu kelemahan teori Brahmana adalah … .
A.      hak untuk menyebarkan agama Hindu adalah kaum Waisya
B.     adanya larangan bagi kaum Brahmana untuk meninggalkan daerahnya
C.     kaum Brahmana umumnya tidak menguasai maslah-masalah agama
D.     bukan kaum Brahmana tapi  hanyalah raja  penyatu hubungan antar negara
E.      tidak ada bukti kaum Bahmana menyebarkan agama  Hindu  di Indonesia

9.      Perhatikan ilustrasi berikut di bawah ini :
Perkembangan Islam semakin meluas mendorong munculnya para ulama dan mubaligh. Para ulama dan mubaligh mendirikan pondok-pondok pesantren. Di pondok-pondok pesantren para santri dari berbagai daerah menimba ilmu agama. Setelah belajar di pesantren para santri kembali ke kampung halamannya dan mereka menyebarkan ajaran agama yang diperoleh selama dipesantren.


Ilustrasi di atas, menjelaskan salah satu proses penyebaran agama Islam melalui saluran ... .
A.     Perdagangan
B.     perkawinan
C.     pendidikan
D.     kesenian
E.      tasyawuf

10.  Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1)  kehidupan meramu dan mengumpulkan makanan (Food Gathering)
2)  kehidupan masih beripindah-pindah tempat (Nomaden)
3)  memilih pemimpin dengan melihat kelebihan fisik dan mental (Primus Interpares)
4)  bercocok tanam dengan  membakar hutan, mengolah lahan dan menanan lahan
5)  memiliki kemampuan dalam berlayar dengan menggunakan perahu bercadik
6)  kehidupan sebagai masyarakat yang bergotong royong 
Dari pernyataan di atas,yang termasuk nilai – nilai peninggalan budaya masyarakat pra aksara yang ada sampai saat ini  adalah nomor ... .
A.   (1), (2) dan (3)
B.    (1), (2) dan (4)
C.    (2), (3) dan (4)
D.   (3), (4) dan (5)
E.    (4), (5) dan (6)

11.  Perhatikan  informasi berikut !
Pada masa Kerajaan Majapahit mengalami puncak perkembangan karya sastra.Contoh karya sastra pada masa Kerajaan Majapahit diantaranya Kitab Sotasoma. Dalam kitab itu  tertulis  kalimat “ Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa”. Pada masa ini kalimat tersebut masih  digunakan sebagai semboyan kehidupan bangsa Indonesia. Kalimat yang diadopsi dari Kitab Sotasoma menggambarkan kondisi bangsa Indonesia saat ini agar terwujud…
A.   kemajemukan bangsa Indonesia sebagai perwujudan NKRI
B.    integrasi dan pertahanan kehidupan berbangsa di Indonesia
C.    bukti adanya Sinkritisme dalam kehidupan bangsa Indonesia
D.   primodialisme dalam masyarakat Indonesia dipertahankan
E.    kerukunan umat beragama  dapat dipertahankan di Indonesia            

12.  Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan Islam masuk keIndonesia disesuaikan dengan tradisi masyarakat setempat seperti tradisi masyarakat Jawa terutama di daerah Yogjakarta yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung. Tradisi tersebut adalah…
A.     Sekaten
B.     Ngaben
C.     Gerebeg
D.     Tabuik
E.      Labuhan

13.  Pada masa Kerajaan Majapahit terdapat jabatan Dharmadiyaksa ring Kasiwan yang mengurus agama Hindu dan Dharmadiyaksa ring Kasogatan  yang mengurus agama Buddha di Kerajaan Majapahit.  Dari ilustrasi tersebut bisa disimpulkan bahwadalam  Kerajaan Majapahit berkembang ...  .
A.     diskriminasi pekerjaan yang jelas
B.     politik ekspansi dan reaksioner
C.     nilai-nilai toleransi dalam kehidupan
D.     perpecahan dan konflik di pemerintahan
E.      kekuasaan eksekutif dan legislatif terpisah

14. 

Perhatikan gambar berikut!












Gambar ini merupakan  Upacara Sekaten  dari Kasultanan Jogjakarta yang sampai sekarang masih dilestarikan dan menjadi obyek pariwisata di  Jogjakarta. UpacaraSekaten ini masih diselenggarakan di Jogjakarta karena...  .
A.     akulturasi kebudayaan Indonesia asli (pemujaan roh nenek moyang) dengan Hindu serta Islam (kelahiran Nabi Muhammad)
B.     menunjukkan kebesaran  kebudayaan dari Kasultanan Jogjakarta supaya di kenal oleh bangsa-bangsa dunia
C.     untuk menggambarkan kerukunan umat beragama di Jogjakarta sehingga tercipta integrasi nasional
D.     untuk mempertahankan  tradisi budaya lokal yang telah di jalankan secara turun-temurun di Indonesia
E.      memperkaya budaya daerah yogyakarta dan memperkenalkan meningkatkan citra kota Jogjakarta sebagai kota pelajar dan kota budaya

15.  Perhatikan informasi berikut!
1)      mencari daerah pemasaran industri
2)      melakukan penanaman modal di daerah jajahan
3)      penyebaran agama Nasrani
4)      mencari emas/kekayaan alam
5)      mencari kekuasaan dan kejayaan
Dari informasi diatas yang merupakan tujuan  utama  Bangsa Portugis dan Spanyol ke Nusantara adalah nomer...  .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.     (3), (4) dan (5)

16.  Perhatikan gambar di bawah ini !
                       

Berdasarkan gambar peta di atas, ekspedisi pelaut Belanda pertama kali mendarat di Nusantara ditunjukan pada gambar nomor….
A.    I
B.     II
C.     III
D.    IV
E.     V

17.  Pendudukan Jepang telah mengakibatkan penderitaan terhadap seluruh rakyat Indonesia. Jika kita perhatikan terdapat manfaat yang dapat dipetik bangsa Indonesia saat Belanda datang kembali untuk menjajah Indonesia  yaitu .. .
A.     Bisa menyamakan diri dengan budaya Jepang
B.     Mendapat pelatihan ketrampilan bidang militer
C.     Dapat menggunakan alat berat paling modern
D.     Mampu menggunakan bahasa Jepang dengan baik
E.      Mampu mengembangkan system perekonomian

18.  Perhatikan deskripsi berikut !
Pada abad ke-19 di Bali berkembang kerajaan-kerajaan yang berdaulat seperti Buleleng, Karang Asem, Klungkung, Gianyer dan lain lain. Kerajaan-kerajan yang di Bali menerapkan hukum Hak Tawan Karang terhadap semua kapal-kapal asing yang terdampar ke wilayah perairan Bali.  Pemerintah kolonial Hindia-Belanda Daendels mengirim utusan kepada  Raja Buleleng I Gusti Ketut Jelantik, untuk bernegosiasi agar hukum Hak Tawan Karang di hapus di Bali dan Belanda meminta  raja harus membayar ganti rugi atas kapal-kapal Belanda yang dirampas.  Belanda mengancam apabila ultimatum tersebut tidak patuhi maka Belanda akan mengirim pasukan untuk menyerang Buleleng. Raja-raja Bali  menghiraukan ultimatum Belanda bahkan raja Buleleng I Gusti Ketut Jelantik menyerukan Perang Puputan melawan Belanda. Dengan trategi perang Supit Urangpasukan Belanda berhasil di bendung bahkan puluhan tentara dan opsir pasukan Belanda tewas. Karena Belanda mengerahkan pasukan dengan jumlah yang lebih banyak, I Gusti Ketut Jelatik terbunuh.
Dari deskripsi di atas makna dari Perang Puputan adalah ... .     
A.     pertempuran dengan senjata tajam
B.     melawan sampai dengan Belanda terusir
C.     perlawanan sampai titik darah terakhir
D.     perang terus menerus tanpa berhenti
E.      mengalahkan musuh dengan berani

19.  Perhatikan tabel perjuangan Bangsa Indonesia berikut ini.. .

Sebelum Abad XX
Sesudah Abad XX
1
Terfokus pada tokoh kharismatis
Dipimpin golongan terpelajar
2
Mengutamakan persatuan nasional
Focus pada daerah asal masing-masing
3
Perjuangan berfokus pada fisik
Perjuangan dengan ide organisasi
4
Perjuangan bersifat kedaerahan
Mulai adanya persatuan nasional
5
Pemimpin berasal lulusan sekolah
Dipimpin oleh raja dan keluarganya

Pasangan yang tepat sesuai dengan ciri-ciri perjuangan sebelum dan sesudah abad XX terdapat pada nomer .. .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)

20.  Perhatikanpernyataanberikutini!
(1)   Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905 membangkitkan bangsaAsia untuk melawan bangsa Barat
(2)   Memilikipahamkebangsaanataunasionalisme
(3)   Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia seperti liberalisme, demokrasi, nasionalisme dan sosialisme yang mempercepat timbulnya nasionalime Indonesia
(4)   Adanya penjajahan yang mengakibatkan penderitaan rakyat
(5)   Kebangkitan nasional di Asia dan Afrika.
(6)   Dari pernyataan di atas yang termasukfaktoreksterntimbulnyapergerakannasional di Indonesia terdapatpadanomor ….
A.     (1), (2), dan (3)
B.     (1), (3), dan(4)
C.     (1), (3), dan( 5)
D.     (2), (3), dan(4)
E.      (3),( 4), dan(5)

21.  Pada akhir abad XIX  pemerintah Kolonial Belanda  menerapkan pkebijakan poitik pintu terbuka atau liberalise yang mendorong berkembangnya investasi swasta terutama di luar Pulau Jawa. Hal ini menyebabkan tumbuhnya kebutuhan terhadap tenaga kerja terdidik yang lebih luas. Disisi lain ada perubahan pandangan politik dalam parlemen negeri Belanda untuk membalas budi  terhadap penduduk negeri jajahan yang telah memberi kemakmuran kepada rakyat Belanda. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Ratu Wilhelmina terhadap kondisi dari deskripsi diatas adalah…  .
A.          cuultur stelsel
B.           politik etis
C.           landrent
D.          kerja rodi
E.           preanger stelsel

22.  Ketika Thomas Stamford Raffles berkuasa di Hindia Belanda, ia berusaha menerapkan berbagai kebijakan yang berbeda dari pemimpin sebelumnya. Salah satu kebijakan yang Raffles terapkan adalah sistem Landrente atau sewa tanah. Manfaat dari kebijakan tersebut yang dapat kita rasakan hingga sekarang adalah …
A.     para petani kesulitan membayar sewa karena tidak mengenal sistem sewa 
B.     para petani kesulitan membayar sewa karena belum mengenal sistem uang
C.     penarikan pajak dari hasil tanah sewa tidak terukur dan tercatat
D.     diperkenalkan pajak dari hasil tanah pertanian yang subur
E.     perlunya sensus lahan pertanian yang dikenakan sewa tanah 

23.  Perhatikan cuplikan berikut!
“hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara yang saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”

Kalimat yang disusulkan Moh Hatta di atas memiliki makna ….
A.     kedudukan bangsa Indonesia sejajar dengan Jepang
B.     Jepang harus menyerahkan kekuasaan secepatnya kepada bangsa Indonesia
C.     setelah merdeka, bangsa Indonesia tidak lagi bertanggung jawab kepada Jepang
D.     pemindahan  kekuasaan harus disetujui oleh bangsa Indonesia dan pemerintahan Jepang
E.      pernyataan pengalihan kekuasaan (transfer of sovereignty) dari Jepang kepada bangsa Indonesia

24.  Perhatikan tokoh di bawah ini !
1). Natsir
2). Wilopo
3). Sukiman
4). Burhanudin Harahap
5). Ali Sastroamidjojo
Dari tokoh-tokoh yang pernah menjabat Perdana Mentri pada Demokrasi Liberal dari Partai Masyumi adalah ... .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)

25.  Perhatikan informasi di bawah ini!
1.   Menyelenggarakan pemilu pertama
2.   Membentuk Deklarasi Djuanda
3.   Menghapus Dwi fungsi ABRI
4.   Menyelenggarakan KAA
5.   Menumpas PKI
Dari informasi di atas, yang merupakan keberhasilan yang dicapai pada masa kabinet Burhanudin Harahap yang berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara adalah… .
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.   5

26.  Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Ahmad Soebarjo  lahir di Karawang pada tanggal 23 Maret 1896. Pada masa pergerakan Nasional ia aktif di Perhimpunan Indonesia dan Partai Nasional Indonesia. Pada masa pendudukan Jepang ia sebagai Kaigun bekerja di kantor Kepala Biro Pusat Riset Angkatan Laut Jepang pimpinan Laksamana Meida. Pada peristiwa Rengasdengklok ia sangat berjasa karena dengan jaminan nyawanya akhirnya golongan muda memperbolehkan rombongan tua (Soekarno - Hatta) kembalike Jakarta untuk merumuskan teks Prolamasi di rumah Laksamana Maeda. Ia juga aktif memberikan pemikiran tentang rumusan teks proklamasi.
Dari deskripsi di atas, nilai yang diambil dari tokoh tersebut di atas adalah... .
A.     cinta terhadapa tanah air dan bangsa
B.     rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih
C.     saling pengertian dan saling harga dan menghargai
D.     menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik - baiknya
E.      bekerja keras untuk memajukandan membangun bangsa dan negara

27.  Perhatikan tokoh – tokoh di bawah ini !

 






Dari gambar di atas yang termasuk tokoh yang berberan dalam mempertahankan kemerdekaan dari Papua adalah ... .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)

28.  Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum memiliki Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan DPR digantikan oleh KNIP yang berfungsi sebagai pembantu presiden sebelum DPR/MPR dibentuk.Atas usulan BPKNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal 3 November 1945. Isi maklumat tanggal 3 November 1945 adalah ... .
A.     keinginan pemerintah membentuk partai politik
B.     memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai
C.     persiapan bagi pembentukan DPR Januari 1946
D.     keinginan pemerintah untuk membubarkan KNIP
E.      KNIP mempunyai tugas dibidang legislatif

29.  Setelah terlihat bahwa Indonesia berinisiatif membangun sebuah poros Jakarta – Peking, Pemerintah kembali terlihat semakin dekat dengan Tiongkok, kegagalan mendapatkan bantuan dari Amerika Serikat dan IMF pada awal dekade 1960-an membuat Indonesia kini lebih merapat ke negara tirai bambu, bahkan berbagai upaya melakukan perbaikan standar perekonomian menurut standar negara barat menjadi mustahil ketika Presiden melontarkan kata-kata “Go to Hell with your Aid” kepada Amerika Serikat. dari narasi di atas, terlihat salah satu penyimpangan yang terjadi pada masa demokrasi terpimpin yaitu ... .
A.    Pemerintahan Soekarno sangat otoriter dan memberangus demokrasi
B.     Indonesia melenceng dari kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif
C.     Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan salah satu negara komunis terbesar saat itu, yaitu Tiongkok
D.    Soekarno menghina negara Amerika Serikat yang hendak membantu memberi hutang kepada Indonesia yang sedang kesulitan
E.     Pemerintah Indonesia menghalau berbagai komoditas impor dari Amerika Serikat akibat sentimen terhadap negara-negara barat yang kapitalis

30.  Perjanjian Renville telah ditandatangani pada awal tahun 1948, pada perjanjian tersebut, diakui bahwa Republik Indonesia hanya seluas wilayah sebagian besar sumatera, Banten dan Yogyakarta (serta beberapa daerah Jawa Tengah sekarang), Republik Indonesia kini jauh lebih kecil dibandingkan hasil dari perjanjian Linggajati, meskipun demikian, pemerintah Republik Indonesia tetap menaati perjanjian tersebut dalam bentuk penarikan mundur pasukan Republik yang berada di depan garis Van Mook, sehingga lahirlah peristiwa long march siliwangi. Berdasarkan narasi di atas, alasan mengapa Pemerintah Indonesia tetap menandatangani perjanjian Renville adalah … .
A.    Membuktikan kepada Belanda bahwa pemerintah Republik Indonesia berkeinginan tidak terjadi perang
B.     Pemerintah Indonesia yakin bahwa Belanda akan pergi dengan sendirinya
C.     membuktikan kepada Dunia bahwa Republik Indonesia bukan hanya orang-orang Jawa yang keras kepala dan menginginkan perang
D.    akibat desakan Amerika Serikat dan Australia
E.     sebagai salah satu bukti eksistensi Republik Indonesia adalah nyata, dibuktikan dengan Belanda bisa terikat perjanjian formal dengan Republik Indonesia

31.  Setelah Peresiden memberikan komando kepada angkatan perang untuk memulihkan keamanan di kota Madiun, dengan segera Angkatan Perang mengadakan penangkapan terhadap provokator yang membahayakan Negara  dan  Kolonel Sungkono, Panglima Divisi VI Jawa Timur sebagai Panglima Pertahanan Jawa Timur yang selanjutnya memimpin pasukan dari arah timur untuk menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh PKI Musso dan mengamankan kembali seluruh daerah di Jawa Timur dari ancaman pemberontak. Dampak dari  penumpasan tersebut  terhadap perjuangan diplomasi RI adalah....
A.     Amerika Serikat menarik dukungannya dan menekan  Belanda untuk keluar dari Indonesa
B.     Banyak pejabat Amerika Serikat yang berupaya membantu  memulihkan kondisi ekonomi Indonesia
C.     Belanda mengalami kerugian karena Blok Sekutu mendukung perjuangan Indonesia
D.     Amerika Serikat memberikan dukungan dan pembelaannya terhadap Indonesia
E.      Amerika Serikat melalui PBB sebagai fasilitator dalam berbagai perundingan untuk mengatasi konflik Indonesia-Belanda

32.  Pada masa pemerintahan RIS muncul pemberontakan yang mengguncang stabilitas politik dalam negeri antara lain pemberontakan yang terkait kepentingan (Vested Interest) yaitupembenrontakan APRAdi Jawa Barat dan Andi Aziz di Makasar  tahun 1950. Kedua pemberontakan ini memiliki kesamaan tujuan dan latar belakang terjadinya pemberontakan yaitu ... .
A.     memiliki cita – cita sama yaitu  satu ideologi ingin mendirikan negara komunis di Indonesia
B.     memiliki persamaan ideologi yang sama yaitu  ingin mendirikan negara Islam di Indoenesia
C.     adanya ketidakpuasan kepada pemerintah pusat terhadap kbijakan yang bersifat sentralisitik 
D.     memiliki kepentingan berkaitan dengan keberadaan pasukan KNIL yang tidak menerima kedatangan pasukan TNI
E.      memiliki cita – cita ingin mendirikan negara baru yang didukung oleh pemerintah kerajaan Belanda

33.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Setelah merdeka, perkembangan IPTEK baru dirasakan pada masa Orde Baru dengan mendirikan sebuah lembaga yang berperan penting dalam penelitian dan pengembangan teknologi di Indonesia. Lembaga tersebutadalah ... .
A.     Badan Urusan Logistik (BULOG)
B.     lembaga Penerbangan dan Artariksa (LAPAN)
C.     Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
D.     Batan Atom Nasional (BATAN)
E.      Industi Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)

34.  Revolusi hijau diawali oleh Ford dan Rockefeller Foundation, yang mengembangkan gandum di Meksiko (1950) dan padi di Filipina (1960). Revolusi hijau menekankan pada SEREALIA seperti tanaman padi, jagung, gandum, dan lain-lain.  Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting, salah satunya yaitu…..
A.     Penggunaan mesin traktor dalam pertanian
B.     Memperbanyak lahan untu k pertanian
C.     Penggunaan varietas unggul sebagai bahan tanam berkualitas
D.     Pembabatan tanaman yang dirasa tidak berguna
E.      Pemakaian pupuk kimia secara berlebihan

35.  Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)      penyederhaan Partai (PPP, Golkar dan PDI)
2)      penerapan Dwi Fungsi ABRI
3)      normalisasi hubungan dengan Malaysia
4)      Pegawai sipil dan militer diwajib mengikuti program P-4
5)      membuat program Repelita
Dari pernyataan di atas, yang termasuk kebijakan politik yang menguatkan peran negara pada masa Orde Baru  adalah nomor .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (3) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)

36.  Gerakan reformasi tahun 1998 dipelopori mahasiswa berhasil membawa Indonesia pada masa yang baru. Dalam proses ini Presiden Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun terpaksa turun dari jabatannya dan memberikannya kepada Wakil Presiden B.J Habibie pada 21 Mei 1998. Semenjak itu Indonesia memasuki masa reformasi sampai sekarang. Latar belakang terjadinya reformasi tahun 1998 yaitu … .
A.     presiden Soeharto terlalu lama berkuasa.
B.     terjadinya intervensi pihak asing.
C.     rasa tidak puas dari masyarakat terhadap pemerintahan orde baru
D.     munculnya rasa kekecawaan dari kalangan intelektual terhadap pemerintahan orde baru
E.     terjadinya krisis multidimensi dalam bidang politik, hukum, ekonomi dan sosial pada tahun 1998.

37.  Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)      kebijakan Desentralisasi
2)      pencabutan pembatasan partai
3)      Otonomi Daerah Khusus
4)      Perimbangan keuangan antara pusat dan daerah
5)      pencabutan Surat Ijin Terbit (SIT)
Dari pernyataan di atas yang termasuk kebijakan Presisen  BJ. Habibie dalammereformasi otonomi daerah dalam  bidang politik adalah nomor ... .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (3) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (3) dan (5)
E.      (3), (4) dan (5)


38.  Perhatikan ilustrasi di bawah ini:
Perang Kamboja – Vietnam adalah konflik antara Republik Sosialis Vietnam dan Kamboja.Perang ini dimulai dengan invasi dan pendudukan Vietnam terhadap Kamboja dan penurunan Khmer Merah dari kekuasaan.Perang ini berlangsung dari tahun 1977 hingga 1979. Peran Indonesia dalam konflik Vietnam – Kamboja adalah ikut aktif dalan mengupayakan perdamaian kedua negara tersebut yang masih merupakan negara anggota ASEAN. Upaya nyata Indonesia ini sendiri terlihat dari prakarsa diadakannya Jakarta Informal Meeting  (JIM ) . Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan para tokoh dari Vietnam dan Kamboja sehingga Vietnam bersedia menarik mundur pasukannya dari Kamboja serta Kamboja diberi kebebasan untuk membentuk pemerintahnnya sendiri dan menyelenggarakan Pemilu dengan aman. Berdasarkan ilustrasi di atas, kesimpulan yang paling tepat mengenai motivasi   Indonesia mengambil peran dalam penyelesaian konflik Vietnam – Kamboja adalah ... .
A.       Pedoman politik luar negeri Indonesia, yaitu Bebas dan Aktif yang artinya aktif dalam upaya menjaga ketertiban dunia sesuai tujuan negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.
B.        Indonesia sebagai salah satu anggota utama PBB berupaya untuk tampil dan menunjukan kepada dunia betapa besarnya Bangsa Indonesia
C.        Pedoman politik luar negeri Indonesia, yaitu Bebas Aktif menjadi dorongan Indonesia untuk bebas membantu pihak mana saja tanpa harus memikirkan dari blok mana negara tersebut
D.       Kedekatan emosional antara Vietnam dan Indonesia adalah salah satu bentuk alasan utama Indonesia membantu penyelesain konflik Vietnam - Kamboja
E.        Indonesia selalu berupaya tampil menjadi negara yang paling berperan dalam penyelesaian masalah luar negeri karena Indonesia memiliki tanggung jawab moral sebagai bangsa yang besar

 Perhatikan data- data berikut  !
1)            Politik luar negeri bebas aktif
2)            Anti kolonialisme dan imperialisme
3)            Dasa Sila Bandung
4)            Krisis Kuba
5)            Meredakan ketegangan dua blok yang terlibat perseteruan
Dari data di atas yang menjadikan alasan Indonesia  menjadi penggagas Gerakan Non  Blok  ditunjukan pada nomor  …. .
A.          (1), (2) dan (3)                                                   
B.           (1), (2) dan (4)                                                   
C.           (2), (3) dan (4)
D.          (2), (4) dan (5)
E.           (3), (4) dan (5)

39.  Perhatikan data di bawah ini !
1)      Penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  I
2)      Penyelenggara Games Of Nefo (GANEFO)
3)      Pendiri Gerakan Non Blok
4)      KAA 1955 di Bandung menjadi proses awal GNB
5)      Prinsip Politik bebas dan aktif
Dari data – data di atas, yang termasuk kategori alasan Indonesia menjadi penggagas Gerakan Non Blok adalah ... .
A.     (1), (2) dan (3)
B.     (1), (2) dan (4)
C.     (2), (3) dan (4)
D.     (2), (4) dan (5)
E.     (3), (4) dan (5)


40.  Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Dalam rangka ikut mewujudkan perdamaian dunia, maka Indonesia memainkan sejumlah peran dalam percaturan Internasional. Peran yang menonjol adalah membatu memelihara mewujudkan  perdamaian dunia. Dalam hal ini Indonesia sudah cukup banyak mengirimkan Kontingen Garuda ke luar negeri. Pengiriman pasuka Garuda pertama kali dilakukan pada Januari 1956 ke Timur Tengah.   Konflik tersebut yang melibatkan negara Mesir, Perancis, Inggris dan Israel, sehingga mengancam perdamaian di Timur Tengah. Untuk itu PBB membentuk pasukan perdamaian dengan UNEF (United Nations Emergency Forces). Pada tahun 1957,  Indonesia menyatakan kesediaanya mengirimkan pasukan yang berkuatan satu detasemen (550 orang) ke Timur Tengah.  
Dari deskripsi di atas kesimpulan  yang tepat terkait dengan kebijakan pengiriman Kontingen Garuda ke Timur Tengah tersebut sangat tepat dengan tujuan politk luar negeri Indonesia yaitu      .
A.     Pancasila
B.     UUD 1945
C.     Bebas dan aktif
D.     Demokrasi
E.      Bhineka Tunggal Ika

SOAL URAIAN

41.  Dalam menjelaskan suatu peristiwa sejarah seperti perang Diponegoro tahun 1825 - 1830, peristiwa seputar Proklamasi dan peristiwa lainnya,  dapat dilihat dari cara berpikir Diakronik dan Sinkronik. Jelaskan perbedaan konsep berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam sejarah dalam bentuk tabel ?

42.        Pada masa Kasultanan Islam terjadi akulturasi antara kebudayaan Islam Hindu Budha dibidang budaya. Tuliskan 4 hasil akulturasi  antara kebudayaan Islam, Hindu Budha dibidang aksara dan sastra!


43.        Perhatikan gambar berikut ini!


Berdasarkan gambar di atas uraikan secara sistematis makna dari Teks di atas bagi bangsa Indonesia sebagai negara!

44.        Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada tanggal 15 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Dalam perundingan tersebut, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhom,  hadir pula Lord Killearn sebagai penengah dari Inggris.
Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia mengalami kerugian dan berikan contoh kerugiannya!

45.        Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Pada september 2019 di Jakarta dan kota-kota besar lainnya,  terjadi serangkaian unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa dan pelajar. Para mahasiwa dan pelajar turun ke jalan dengan tujuan mendesak pemerintah membatalkan revisi UU KPK, menunda pengesahan rancangan KHUP, pengesahan rancangan UU Penghapusan kekerasan Seksual. Para mahasiswa dan pelajar menyerukan tuntutanya kepada para elit yang duduk di gedung DPR bahkan kepada Presiden Jokowi untuk menerima tuntutan mereka yang pro kepada rakyat.
Pertanyaannya, menurut penilaian mu bagaimana peran pelajar dan mahasiswa saat ini terkait perubahan politik dan ketatanegaraan di  Indonesia ?








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

PERISTIWA KONTEMPORER DUNIA (PERPECAHAN CEKOSLOWAKIA)

PENGALAMAN DAN HARAPAN DALAM PJJ