LATIHAN SOAL US SEJARAH PAKET C
SOAL UJIAN SEKOLAH SEJARAH
INDONESIA
PROGRAM MIPA/IPS
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SOAL PILIHA GANDA
1.
“Sejarah adalah ilmu
yang bertugas menyelidiki sejumlah
perubahan – perubahan, kejadian – kejadian dan peristiwa – peristiwa
dalam kenyataan di sekitar kita”.
Definisi sejarah diatas merupakan pendapat dari ....
A.
Ibnu Khaldun
B.
Sartono Kartodirjo
C.
Muhammad Ali
D.
Kuntowijoyo
E.
Nugoho Notosusanto
2. Perhatikan informasi di bawah ini!
Secara singkat, sejarah sebagai ilmu adalah sejarah
yang ditulis atau dikaji dengan melalui proses dan metode secara ilmiah,
sehingga diperoleh kebenaran yang benar-benara nyata. Kemudian ciri-ciri
sejarah sebagai ilmu terdiri dari empiris/nyata, objektif, generalisasi, metode
ilmiah dan sistematis.
Berdasarkan informasi di atas, di bawah ini merupakan contoh sejarah sebagai
ilmu, adalah ….
A. Peristiwa Bandung Lautan Api
B.
Teori Masuknya Hindu
Budha ke Indonesia
C. Sejarah
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
D. Peristiwa Pertempuran
Ambarawa
E. Peristiwa Serangan Umum 1
Maret 1949
3.
Sejarah memiliki ciri - ciri yaitu unik, abadi dan
penting. Pengertian unik adalah ....
A.
peristiwa tersebut tidak berubah dan tetap dikenang
sepanjang masa
B.
setiap peristiwa sejarah hanya terjadi satu kali dan
tidak bisa berulang lagi
C.
peristiwa tersebut menceritakan tentang kejadian dalam
kehidupan seseorang
D.
setiap peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan lokasi
dimana peristiwa terjadi
E.
peristiwa tersebut besar pengaruhnya baik pada saat
terjadinya maupun masa akan datang
4.
Perhatikan
data – data berikut ini !
1) Perang Diponegoro ( 1825 – 1830 )
2) Perlawanan Sultan Agung ( 1628 – 1629 )
3) Keadaan ekonomi rakyat Kota
Jakarta pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966)
4)
Beberapa
kerusuhan sosial di Indonesia pada tahun
1997
5)
Pertempuran
arek – arek Surabaya 10 November 1945
Dari
data tersebut di atas, yang menunjukkan cara konsep berpikir sejarah diakronik
adalah … .
A.
( 1 ), ( 2 ) dan ( 3 )
B.
(
1 ), ( 2 ) dan ( 4 )
C.
(
1 ), ( 2 ) dan ( 5 )
D.
(
2 ), ( 3 ) dan ( 5 )
E.
(
3 ), ( 4 ) dan ( 5 )
5. Perhatikan data di bawah ini !
(1) Pemberontakan Petani BantenTahun 1888
(2) Perkembangan Sarekat Islam 1911 – 1920
(3) Pemberontakan Pangeran Diponegoro Jawa Tengah tahun 1825 – 1830
(4) Peran Mahasiswa Jakarta Tahun 1998
(5) Perkembangan Ekonomi Indonesia Tahun 1998
Dari data di atas, yang termasuk kategori
tema - tema sejarah yang memiliki unsur
manusia, ruang, dan waktu adalah nomor …
A.
(1),
(2) dan (3)
B. (1),
(3) dan (4)
C.
(2),
(3) dan (4)
D.
(2),
(4) dan (5)
E.
(3),
(4) dan (5)
6.
Perhatikan gambar berikut !
(1)
(2)
Dua gambar diatas
merupakan contoh konsep perubahan dalam
sejarah Indonesia yaituperistiwa proses menuju masa reformasi
yang terjadi tahun 1998. Presiden
Soeharto yang memerintah lebih kurang
selama 35 tahun karena tekanan dari mahasiswa
yang menginginkan reformasi dari berbagai bidang memaksa Presiden
Soeharto menyatakan mundur dari Presiden RI yang terpilih ke-7 kalinya kepada
BJ. Habibie.Dari deskripsi diatas dampak
positif dibidang politik yang
ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah
...
A.
nilai
tukar mata uang rupiah menguat dibandingkan
nilai mata uang Dollar Amerika Serikat
B. adanya
pembatasan masa jabatan seorang Presiden dan pemilihan presiden secara
langsung
C.
terjadinya tragedi nasional yang ditandai adanya aksi pembakaran,
perusakan dan penjarahan oleh massa di Jakarta dan Solo
D.
pengakuan
dunia internasional terhadap Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar di
dunia
E.
Indonesia
bisa keluar dari krisis moneter yang melanda negara – negara di kawasan Asia
Tenggara
7.
Perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar di atas
merupakan berupa bangunan bertingkat peninggalan masyarakat praaksara zaman
batu besar yang berfungsi sebagai tempat untuk memuja nenek moyang. Bangunan tersebut dinamakan ... .
A.
menhir
B.
punden
berundak undak
C.
sarcopagus
D.
dolmen
E.
peti
kubur
8. Perhatikan
deskripsi berikut!
Menurut teori yang
dikemukakan oleh J.C Van Leur diketahui bahwa para
Brahmana datang dari India ke Indonesia atas undangan Raja-raja di
Indonesia dalam rangka melegitimasi kekuasaan mereka sehingga setaraf
dengan Raja-raja di India. Teori ini di dasarkan pada pengamatan terhadap
sisa-sisa peninggalan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia,
terutama prasasti-prasasti berbahasa Sanskerta dan huruf Pallawa. Di India,
bahasa dan huruf itu hanya di gunakan dalam kitab suci Weda dan upacara
keagamaan, dan hanya golongan Brahmana yang mengerti dan
menguasainya. Namun teori ini masih diragukan kebenarannya sehingga menimbulkan
pro dan kontra atau adanya kelebihan dan kelemahan dari adanya teori Brahmana
ini.Salah satu kelemahan
teori Brahmana adalah … .
A. hak untuk menyebarkan agama Hindu adalah kaum
Waisya
B.
adanya
larangan bagi kaum Brahmana untuk meninggalkan daerahnya
C. kaum
Brahmana umumnya tidak menguasai maslah-masalah agama
D. bukan
kaum Brahmana tapi hanyalah raja penyatu hubungan antar negara
E. tidak
ada bukti kaum Bahmana menyebarkan agama
Hindu di Indonesia
9.
Perhatikan ilustrasi berikut di bawah ini :
Perkembangan
Islam semakin meluas mendorong munculnya para ulama dan mubaligh. Para ulama dan
mubaligh mendirikan pondok-pondok pesantren. Di pondok-pondok pesantren para
santri dari berbagai daerah menimba ilmu agama. Setelah belajar di pesantren
para santri kembali ke kampung halamannya dan mereka menyebarkan ajaran agama
yang diperoleh selama dipesantren.
Ilustrasi di
atas, menjelaskan salah satu proses penyebaran agama Islam melalui saluran ...
.
A.
Perdagangan
B.
perkawinan
C. pendidikan
D.
kesenian
E.
tasyawuf
10.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini :
1) kehidupan meramu dan mengumpulkan makanan (Food Gathering)
2) kehidupan masih beripindah-pindah tempat (Nomaden)
3) memilih pemimpin dengan melihat kelebihan fisik dan mental (Primus
Interpares)
4) bercocok tanam dengan membakar
hutan, mengolah lahan dan menanan lahan
5) memiliki kemampuan dalam berlayar dengan menggunakan perahu
bercadik
6) kehidupan sebagai masyarakat yang bergotong royong
Dari pernyataan di
atas,yang termasuk nilai – nilai peninggalan budaya masyarakat pra aksara yang
ada sampai saat ini adalah nomor ... .
A. (1),
(2)
dan (3)
B. (1),
(2)
dan (4)
C. (2),
(3)
dan (4)
D. (3),
(4)
dan (5)
E. (4), (5) dan (6)
11. Perhatikan informasi berikut !
Pada masa Kerajaan
Majapahit mengalami puncak perkembangan karya sastra.Contoh karya sastra pada
masa Kerajaan Majapahit diantaranya Kitab Sotasoma. Dalam kitab itu tertulis
kalimat “ Bhinneka Tunggal Ika Tan
Hana Dharma Mangrwa”. Pada masa ini kalimat tersebut masih digunakan sebagai semboyan kehidupan bangsa
Indonesia. Kalimat yang diadopsi dari Kitab Sotasoma menggambarkan kondisi
bangsa Indonesia saat ini agar terwujud…
A. kemajemukan
bangsa Indonesia sebagai perwujudan NKRI
B. integrasi dan pertahanan kehidupan berbangsa
di Indonesia
C. bukti adanya Sinkritisme dalam kehidupan
bangsa Indonesia
D. primodialisme dalam masyarakat Indonesia
dipertahankan
E. kerukunan umat beragama dapat dipertahankan di Indonesia
12.
Proses
masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia telah membawa perubahan besar
di dalam struktur sosial masyarakat Indonesia yang sebelumnya berkarakteristik
Hindu-Buddha. Kehadiran agama Islam dapat diterima baik oleh sebagian besar
masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan Islam masuk keIndonesia disesuaikan
dengan tradisi masyarakat setempat seperti tradisi masyarakat Jawa terutama di
daerah Yogjakarta yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram pada masa
pemerintahan Sultan Agung. Tradisi tersebut adalah…
A. Sekaten
B.
Ngaben
C.
Gerebeg
D.
Tabuik
E.
Labuhan
13.
Pada
masa Kerajaan Majapahit terdapat jabatan Dharmadiyaksa ring Kasiwan yang mengurus
agama Hindu dan Dharmadiyaksa ring Kasogatan yang mengurus agama Buddha di Kerajaan
Majapahit. Dari ilustrasi tersebut bisa
disimpulkan bahwadalam Kerajaan
Majapahit berkembang ... .
A.
diskriminasi
pekerjaan yang jelas
B.
politik
ekspansi dan reaksioner
C. nilai-nilai
toleransi dalam kehidupan
D.
perpecahan
dan konflik di pemerintahan
E.
kekuasaan
eksekutif dan legislatif terpisah
14.
Perhatikan gambar
berikut!
Gambar ini
merupakan Upacara Sekaten dari Kasultanan Jogjakarta yang sampai
sekarang masih dilestarikan dan menjadi obyek pariwisata di Jogjakarta. UpacaraSekaten ini masih
diselenggarakan di Jogjakarta karena...
.
A.
akulturasi
kebudayaan Indonesia asli (pemujaan roh nenek moyang) dengan Hindu serta Islam
(kelahiran Nabi Muhammad)
B.
menunjukkan
kebesaran kebudayaan dari Kasultanan
Jogjakarta supaya di kenal oleh bangsa-bangsa dunia
C.
untuk
menggambarkan kerukunan umat beragama di Jogjakarta sehingga tercipta integrasi
nasional
D. untuk
mempertahankan tradisi budaya lokal yang
telah di jalankan secara turun-temurun di Indonesia
E.
memperkaya
budaya daerah yogyakarta dan memperkenalkan meningkatkan citra kota Jogjakarta
sebagai kota pelajar dan kota budaya
15.
Perhatikan
informasi berikut!
1)
mencari
daerah pemasaran industri
2)
melakukan
penanaman modal di daerah jajahan
3)
penyebaran
agama Nasrani
4)
mencari
emas/kekayaan
alam
5)
mencari
kekuasaan dan kejayaan
Dari informasi diatas
yang merupakan tujuan utama Bangsa Portugis dan Spanyol ke Nusantara
adalah nomer... .
A.
(1),
(2) dan (3)
B.
(1),
(3) dan (4)
C.
(2),
(3) dan (4)
D.
(2),
(4) dan (5)
E. (3),
(4) dan (5)
16.
Perhatikan gambar di bawah ini !
Berdasarkan gambar
peta di atas, ekspedisi pelaut Belanda pertama kali mendarat di Nusantara
ditunjukan pada gambar nomor….
A.
I
B.
II
C.
III
D.
IV
E.
V
17. Pendudukan
Jepang telah mengakibatkan penderitaan terhadap seluruh rakyat Indonesia. Jika
kita perhatikan terdapat manfaat yang dapat dipetik bangsa Indonesia saat
Belanda datang kembali untuk menjajah Indonesia
yaitu .. .
A.
Bisa menyamakan diri dengan budaya Jepang
B. Mendapat pelatihan ketrampilan bidang militer
C.
Dapat menggunakan alat berat paling modern
D.
Mampu menggunakan bahasa Jepang dengan baik
E.
Mampu mengembangkan system perekonomian
18.
Perhatikan deskripsi berikut !
Pada abad
ke-19 di Bali berkembang kerajaan-kerajaan yang berdaulat seperti Buleleng,
Karang Asem, Klungkung, Gianyer dan lain lain. Kerajaan-kerajan yang di Bali
menerapkan hukum Hak Tawan Karang terhadap
semua kapal-kapal asing yang terdampar ke wilayah perairan Bali. Pemerintah kolonial Hindia-Belanda Daendels
mengirim utusan kepada Raja Buleleng I
Gusti Ketut Jelantik, untuk bernegosiasi agar hukum Hak Tawan Karang di hapus di Bali dan Belanda meminta raja harus membayar ganti rugi atas
kapal-kapal Belanda yang dirampas. Belanda
mengancam apabila ultimatum tersebut tidak patuhi maka Belanda akan mengirim
pasukan untuk menyerang Buleleng. Raja-raja Bali menghiraukan ultimatum Belanda bahkan raja
Buleleng I Gusti Ketut Jelantik menyerukan Perang
Puputan melawan Belanda. Dengan
trategi perang Supit Urangpasukan
Belanda berhasil di bendung bahkan puluhan tentara dan opsir pasukan Belanda tewas.
Karena Belanda mengerahkan pasukan dengan jumlah yang lebih banyak, I Gusti
Ketut Jelatik terbunuh.
Dari
deskripsi di atas makna dari Perang
Puputan adalah ... .
A.
pertempuran
dengan senjata tajam
B.
melawan
sampai dengan Belanda terusir
C. perlawanan
sampai titik darah terakhir
D.
perang
terus menerus tanpa berhenti
E.
mengalahkan
musuh dengan berani
19.
Perhatikan tabel perjuangan Bangsa Indonesia berikut ini.. .
Sebelum Abad XX
|
Sesudah Abad XX
|
|
1
|
Terfokus pada tokoh kharismatis
|
Dipimpin golongan terpelajar
|
2
|
Mengutamakan persatuan nasional
|
Focus pada daerah asal
masing-masing
|
3
|
Perjuangan berfokus pada fisik
|
Perjuangan dengan ide
organisasi
|
4
|
Perjuangan bersifat kedaerahan
|
Mulai adanya persatuan nasional
|
5
|
Pemimpin berasal lulusan
sekolah
|
Dipimpin oleh raja dan
keluarganya
|
Pasangan yang tepat
sesuai dengan ciri-ciri perjuangan sebelum dan sesudah abad XX terdapat pada
nomer .. .
A.
(1),
(2) dan (3)
B.
(1),
(3) dan (4)
C.
(2),
(3) dan (4)
D.
(2),
(4) dan (5)
E.
(3),
(4) dan (5)
20.
Perhatikanpernyataanberikutini!
(1)
Kemenangan
Jepang atas Rusia tahun 1905 membangkitkan bangsaAsia untuk melawan bangsa
Barat
(2)
Memilikipahamkebangsaanataunasionalisme
(3)
Munculnya
paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia seperti
liberalisme, demokrasi, nasionalisme dan sosialisme yang mempercepat timbulnya
nasionalime Indonesia
(4)
Adanya
penjajahan yang mengakibatkan penderitaan rakyat
(5)
Kebangkitan
nasional di Asia dan Afrika.
(6)
Dari
pernyataan di atas yang termasukfaktoreksterntimbulnyapergerakannasional di
Indonesia terdapatpadanomor ….
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (3), dan(4)
C.
(1), (3), dan( 5)
D.
(2), (3), dan(4)
E.
(3),( 4), dan(5)
21.
Pada
akhir abad XIX pemerintah Kolonial
Belanda menerapkan pkebijakan poitik
pintu terbuka atau liberalise yang mendorong berkembangnya investasi swasta
terutama di luar Pulau Jawa. Hal ini menyebabkan tumbuhnya kebutuhan terhadap
tenaga kerja terdidik yang lebih luas. Disisi lain ada perubahan pandangan
politik dalam parlemen negeri Belanda untuk membalas budi terhadap penduduk negeri jajahan yang telah
memberi kemakmuran kepada rakyat Belanda. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Ratu
Wilhelmina terhadap kondisi dari deskripsi diatas adalah… .
A.
cuultur stelsel
B.
politik etis
C.
landrent
D.
kerja
rodi
E.
preanger stelsel
22.
Ketika
Thomas Stamford Raffles berkuasa di Hindia Belanda, ia berusaha menerapkan
berbagai kebijakan yang berbeda dari pemimpin sebelumnya. Salah satu kebijakan
yang Raffles terapkan adalah sistem Landrente
atau sewa tanah. Manfaat dari kebijakan tersebut yang dapat kita rasakan hingga
sekarang adalah …
A.
para petani kesulitan membayar sewa karena tidak
mengenal sistem sewa
B.
para petani kesulitan membayar sewa karena belum
mengenal sistem uang
C.
penarikan pajak dari hasil tanah sewa tidak terukur
dan tercatat
D.
diperkenalkan pajak dari hasil tanah pertanian yang
subur
E.
perlunya sensus
lahan pertanian yang dikenakan sewa tanah
23. Perhatikan cuplikan berikut!
“hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan
lain-lain diselenggarakan dengan cara yang saksama dan dalam tempo yang
sesingkat-singkatnya”
Kalimat yang disusulkan Moh Hatta di atas memiliki
makna ….
A. kedudukan bangsa Indonesia sejajar dengan Jepang
B. Jepang harus menyerahkan kekuasaan secepatnya kepada bangsa Indonesia
C. setelah merdeka, bangsa Indonesia tidak lagi bertanggung jawab kepada
Jepang
D. pemindahan kekuasaan harus disetujui
oleh bangsa Indonesia dan pemerintahan Jepang
E. pernyataan pengalihan kekuasaan (transfer
of sovereignty) dari Jepang kepada bangsa Indonesia
24.
Perhatikan tokoh di bawah ini !
1). Natsir
2). Wilopo
3). Sukiman
4).
Burhanudin Harahap
5). Ali
Sastroamidjojo
Dari
tokoh-tokoh yang pernah menjabat Perdana Mentri pada Demokrasi Liberal dari
Partai Masyumi adalah ... .
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (3) dan
(4)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (4) dan (5)
E.
(3), (4) dan (5)
25.
Perhatikan
informasi di bawah ini!
1. Menyelenggarakan pemilu pertama
2. Membentuk Deklarasi Djuanda
3. Menghapus Dwi fungsi ABRI
4. Menyelenggarakan KAA
5. Menumpas PKI
Dari informasi di
atas, yang merupakan keberhasilan yang dicapai pada masa kabinet Burhanudin
Harahap yang berpengaruh pada kehidupan berbangsa dan bernegara adalah… .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
26.
Perhatikan deskripsi
di bawah ini !
Ahmad
Soebarjo lahir di Karawang pada tanggal
23 Maret 1896. Pada masa pergerakan Nasional ia aktif di Perhimpunan Indonesia
dan Partai Nasional Indonesia. Pada masa pendudukan Jepang ia sebagai Kaigun bekerja di kantor Kepala Biro
Pusat Riset Angkatan Laut Jepang pimpinan Laksamana Meida. Pada peristiwa
Rengasdengklok ia sangat berjasa karena dengan jaminan nyawanya akhirnya
golongan muda memperbolehkan rombongan tua (Soekarno - Hatta) kembalike Jakarta
untuk merumuskan teks Prolamasi di rumah Laksamana Maeda. Ia juga aktif
memberikan pemikiran tentang rumusan teks proklamasi.
Dari
deskripsi di atas, nilai yang diambil dari tokoh tersebut di atas adalah... .
A.
cinta terhadapa tanah air dan bangsa
B.
rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih
C.
saling pengertian dan saling harga dan menghargai
D.
menghargai dan memanfaatkan waktu sebaik - baiknya
E.
bekerja keras untuk memajukandan membangun bangsa dan
negara
27.
Perhatikan tokoh – tokoh di bawah ini !
Dari gambar di atas yang termasuk tokoh yang berberan dalam
mempertahankan kemerdekaan dari Papua adalah ... .
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (3) dan (4)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (4) dan (5)
E.
(3), (4) dan (5)
28. Pada awal kemerdekaan, bangsa Indonesia belum memiliki Dewan Perwakilan
Rakyat (DPR). Fungsi dan kedudukan DPR digantikan oleh KNIP yang berfungsi
sebagai pembantu presiden sebelum DPR/MPR dibentuk.Atas usulan BPKNIP pemerintah mengeluarkan maklumat tanggal
3 November 1945. Isi maklumat tanggal 3
November 1945 adalah ... .
A. keinginan pemerintah membentuk partai politik
B. memberikan kesempatan rakyat mendirikan partai
C. persiapan bagi pembentukan DPR Januari 1946
D. keinginan pemerintah untuk membubarkan KNIP
E. KNIP mempunyai tugas dibidang legislatif
29.
Setelah terlihat bahwa Indonesia berinisiatif membangun
sebuah poros Jakarta – Peking, Pemerintah kembali terlihat semakin dekat dengan
Tiongkok, kegagalan mendapatkan bantuan dari Amerika Serikat dan IMF pada awal
dekade 1960-an membuat Indonesia kini lebih merapat ke negara tirai bambu,
bahkan berbagai upaya melakukan perbaikan standar perekonomian menurut standar
negara barat menjadi mustahil ketika Presiden melontarkan kata-kata “Go to Hell with your Aid” kepada Amerika
Serikat. dari narasi di atas, terlihat salah satu penyimpangan yang terjadi
pada masa demokrasi terpimpin yaitu ... .
A.
Pemerintahan Soekarno sangat otoriter dan memberangus
demokrasi
B.
Indonesia
melenceng dari kebijakan politik luar negeri yang bebas aktif
C.
Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan salah satu negara
komunis terbesar saat itu, yaitu Tiongkok
D.
Soekarno menghina negara Amerika Serikat yang hendak
membantu memberi hutang kepada Indonesia yang sedang kesulitan
E.
Pemerintah Indonesia menghalau berbagai komoditas impor
dari Amerika Serikat akibat sentimen terhadap negara-negara barat yang
kapitalis
30.
Perjanjian Renville
telah ditandatangani pada awal tahun 1948, pada perjanjian tersebut, diakui
bahwa Republik Indonesia hanya seluas wilayah sebagian besar sumatera, Banten
dan Yogyakarta (serta beberapa daerah Jawa Tengah sekarang), Republik Indonesia
kini jauh lebih kecil dibandingkan hasil dari perjanjian Linggajati, meskipun
demikian, pemerintah Republik Indonesia tetap menaati perjanjian tersebut dalam
bentuk penarikan mundur pasukan Republik yang berada di depan garis Van Mook,
sehingga lahirlah peristiwa long march
siliwangi. Berdasarkan narasi di atas, alasan mengapa Pemerintah Indonesia
tetap menandatangani perjanjian Renville adalah … .
A.
Membuktikan kepada Belanda bahwa pemerintah Republik
Indonesia berkeinginan tidak terjadi perang
B.
Pemerintah Indonesia yakin bahwa Belanda akan pergi
dengan sendirinya
C.
membuktikan kepada Dunia bahwa Republik Indonesia bukan
hanya orang-orang Jawa yang keras kepala dan menginginkan perang
D.
akibat desakan Amerika Serikat dan Australia
E. sebagai salah satu bukti eksistensi Republik Indonesia
adalah nyata, dibuktikan dengan Belanda bisa terikat perjanjian formal dengan
Republik Indonesia
31.
Setelah
Peresiden memberikan komando kepada angkatan perang untuk memulihkan keamanan
di kota Madiun, dengan segera Angkatan Perang mengadakan penangkapan terhadap
provokator yang membahayakan Negara
dan Kolonel Sungkono, Panglima Divisi VI Jawa Timur sebagai Panglima
Pertahanan Jawa Timur yang selanjutnya memimpin pasukan dari arah timur untuk
menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh PKI Musso dan mengamankan kembali
seluruh daerah di Jawa Timur dari ancaman pemberontak. Dampak dari penumpasan tersebut terhadap perjuangan diplomasi RI adalah....
A.
Amerika Serikat menarik dukungannya dan menekan Belanda untuk keluar dari Indonesa
B.
Banyak pejabat Amerika Serikat yang berupaya
membantu memulihkan kondisi ekonomi
Indonesia
C.
Belanda mengalami kerugian karena Blok Sekutu mendukung
perjuangan Indonesia
D.
Amerika
Serikat memberikan dukungan dan pembelaannya terhadap Indonesia
E.
Amerika Serikat melalui PBB sebagai fasilitator dalam
berbagai perundingan untuk mengatasi konflik Indonesia-Belanda
32.
Pada
masa pemerintahan RIS muncul pemberontakan yang mengguncang stabilitas politik
dalam negeri antara lain pemberontakan yang terkait kepentingan (Vested Interest) yaitupembenrontakan APRAdi Jawa Barat dan Andi
Aziz di Makasar tahun 1950. Kedua
pemberontakan ini memiliki kesamaan tujuan dan latar belakang terjadinya
pemberontakan yaitu ...
.
A.
memiliki cita – cita sama yaitu satu ideologi ingin mendirikan negara komunis
di Indonesia
B.
memiliki persamaan ideologi yang sama yaitu ingin mendirikan negara Islam di Indoenesia
C.
adanya ketidakpuasan kepada pemerintah pusat terhadap
kbijakan yang bersifat sentralisitik
D.
memiliki
kepentingan berkaitan dengan keberadaan pasukan KNIL yang tidak menerima
kedatangan pasukan TNI
E.
memiliki cita – cita ingin mendirikan negara baru yang didukung
oleh pemerintah kerajaan Belanda
33.
Perkembangan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia pada
masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Setelah
merdeka, perkembangan IPTEK baru dirasakan pada masa Orde Baru dengan
mendirikan sebuah lembaga yang berperan penting dalam penelitian dan
pengembangan teknologi di Indonesia. Lembaga tersebutadalah ... .
A.
Badan Urusan Logistik (BULOG)
B.
lembaga Penerbangan dan Artariksa (LAPAN)
C.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
D.
Batan Atom Nasional (BATAN)
E.
Industi Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)
34.
Revolusi
hijau diawali oleh Ford dan Rockefeller Foundation, yang mengembangkan gandum
di Meksiko (1950) dan padi di Filipina (1960). Revolusi hijau menekankan pada
SEREALIA seperti tanaman
padi, jagung, gandum, dan lain-lain.
Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting, salah satunya
yaitu…..
A.
Penggunaan
mesin traktor dalam pertanian
B.
Memperbanyak
lahan untu k pertanian
C. Penggunaan
varietas unggul sebagai bahan tanam berkualitas
D.
Pembabatan
tanaman yang dirasa tidak berguna
E.
Pemakaian
pupuk kimia secara berlebihan
35.
Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)
penyederhaan Partai (PPP, Golkar dan PDI)
2)
penerapan Dwi Fungsi ABRI
3)
normalisasi hubungan dengan Malaysia
4)
Pegawai sipil dan militer diwajib mengikuti program P-4
5)
membuat program Repelita
Dari pernyataan di atas, yang termasuk kebijakan politik yang
menguatkan peran negara pada masa Orde Baru
adalah nomor… .
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (3) dan (4)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (3) dan (5)
E.
(3), (4) dan (5)
36.
Gerakan
reformasi tahun 1998 dipelopori mahasiswa berhasil membawa Indonesia pada masa
yang baru. Dalam proses ini Presiden Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun
terpaksa turun dari jabatannya dan memberikannya kepada Wakil Presiden B.J
Habibie pada 21 Mei 1998. Semenjak itu Indonesia memasuki masa reformasi sampai
sekarang. Latar belakang terjadinya reformasi tahun 1998 yaitu … .
A. presiden Soeharto
terlalu lama berkuasa.
B. terjadinya intervensi
pihak asing.
C. rasa tidak puas dari
masyarakat terhadap pemerintahan orde baru
D. munculnya rasa
kekecawaan dari kalangan intelektual terhadap pemerintahan orde baru
E.
terjadinya krisis
multidimensi dalam bidang politik, hukum, ekonomi dan sosial pada tahun 1998.
37. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1) kebijakan Desentralisasi
2) pencabutan pembatasan partai
3) Otonomi Daerah Khusus
4) Perimbangan keuangan antara pusat dan daerah
5) pencabutan Surat Ijin Terbit (SIT)
Dari pernyataan di atas yang termasuk kebijakan
Presisen BJ. Habibie dalammereformasi
otonomi daerah dalam bidang politik
adalah nomor ... .
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (3) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
38. Perhatikan ilustrasi di bawah ini:
Perang
Kamboja – Vietnam adalah konflik antara Republik Sosialis Vietnam dan
Kamboja.Perang ini dimulai dengan invasi dan pendudukan Vietnam terhadap
Kamboja dan penurunan Khmer Merah dari kekuasaan.Perang ini berlangsung dari
tahun 1977 hingga 1979. Peran Indonesia dalam konflik Vietnam – Kamboja adalah
ikut aktif dalan mengupayakan perdamaian kedua negara tersebut yang masih
merupakan negara anggota ASEAN. Upaya nyata Indonesia ini sendiri terlihat dari
prakarsa diadakannya Jakarta Informal
Meeting (JIM ) . Indonesia menjadi
tuan rumah pertemuan para tokoh dari Vietnam dan Kamboja sehingga Vietnam
bersedia menarik mundur pasukannya dari Kamboja serta Kamboja diberi kebebasan
untuk membentuk pemerintahnnya sendiri dan menyelenggarakan Pemilu dengan aman.
Berdasarkan ilustrasi di atas, kesimpulan yang paling
tepat mengenai motivasi Indonesia mengambil
peran dalam penyelesaian konflik Vietnam – Kamboja adalah ... .
A.
Pedoman politik
luar negeri Indonesia, yaitu Bebas dan Aktif yang artinya aktif dalam upaya menjaga
ketertiban dunia sesuai tujuan negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.
B.
Indonesia sebagai
salah satu anggota utama PBB berupaya untuk tampil dan menunjukan kepada dunia
betapa besarnya Bangsa Indonesia
C.
Pedoman politik
luar negeri Indonesia, yaitu Bebas Aktif menjadi dorongan Indonesia untuk bebas
membantu pihak mana saja tanpa harus memikirkan dari blok mana negara tersebut
D.
Kedekatan emosional
antara Vietnam
dan Indonesia adalah salah satu bentuk alasan
utama Indonesia membantu penyelesain konflik Vietnam - Kamboja
E.
Indonesia selalu
berupaya tampil menjadi negara yang paling berperan dalam penyelesaian masalah
luar negeri karena Indonesia memiliki tanggung jawab moral sebagai bangsa yang
besar
Perhatikan
data- data berikut !
1)
Politik luar negeri bebas aktif
2)
Anti kolonialisme dan imperialisme
3)
Dasa Sila Bandung
4)
Krisis Kuba
5)
Meredakan ketegangan dua blok yang
terlibat perseteruan
Dari
data di atas yang menjadikan alasan Indonesia
menjadi penggagas Gerakan Non
Blok ditunjukan pada nomor …. .
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (2) dan (4)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (4) dan (5)
E.
(3), (4) dan (5)
39.
Perhatikan data di bawah ini !
1) Penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) I
2) Penyelenggara Games Of Nefo (GANEFO)
3) Pendiri Gerakan Non Blok
4) KAA 1955 di Bandung menjadi proses awal GNB
5) Prinsip Politik bebas dan aktif
Dari data – data di atas, yang termasuk kategori alasan Indonesia
menjadi penggagas Gerakan Non Blok adalah ... .
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (2) dan (4)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(2), (4) dan (5)
E.
(3), (4) dan
(5)
40. Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Dalam rangka ikut mewujudkan
perdamaian dunia, maka Indonesia memainkan sejumlah peran dalam percaturan
Internasional. Peran yang menonjol adalah membatu memelihara mewujudkan perdamaian dunia. Dalam hal ini Indonesia sudah
cukup banyak mengirimkan Kontingen Garuda ke luar negeri. Pengiriman pasuka
Garuda pertama kali dilakukan pada Januari 1956 ke Timur Tengah. Konflik tersebut yang melibatkan negara Mesir,
Perancis, Inggris dan Israel, sehingga mengancam perdamaian di Timur Tengah.
Untuk itu PBB membentuk pasukan perdamaian dengan UNEF (United Nations Emergency Forces). Pada tahun 1957, Indonesia menyatakan kesediaanya mengirimkan
pasukan yang berkuatan satu detasemen (550 orang) ke Timur Tengah.
Dari deskripsi di atas kesimpulan yang tepat terkait dengan kebijakan
pengiriman Kontingen Garuda ke Timur Tengah tersebut sangat tepat dengan tujuan
politk luar negeri Indonesia yaitu … .
A.
Pancasila
B.
UUD 1945
C.
Bebas dan
aktif
D.
Demokrasi
E.
Bhineka
Tunggal Ika
SOAL URAIAN
41. Dalam menjelaskan
suatu peristiwa sejarah seperti perang Diponegoro tahun 1825 - 1830, peristiwa seputar
Proklamasi dan peristiwa lainnya, dapat dilihat
dari cara berpikir Diakronik dan Sinkronik. Jelaskan perbedaan konsep
berpikir Diakronik dan Sinkronik dalam sejarah dalam bentuk tabel ?
42.
Pada
masa Kasultanan Islam terjadi akulturasi antara kebudayaan Islam Hindu Budha
dibidang budaya. Tuliskan 4 hasil akulturasi
antara kebudayaan Islam, Hindu Budha dibidang aksara dan sastra!
43.
Perhatikan gambar berikut ini!
Berdasarkan
gambar di atas uraikan secara sistematis makna dari Teks di atas bagi bangsa
Indonesia sebagai negara!
44.
Dalam
upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan
Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada tanggal 15 November 1946 di
Linggarjati, Cirebon. Dalam perundingan
tersebut, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili
oleh Prof. Schermerhom, hadir pula Lord
Killearn sebagai penengah dari Inggris.
Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia
mengalami kerugian dan berikan contoh kerugiannya!
45.
Perhatikan deskripsi di bawah ini !
Pada september 2019 di
Jakarta dan kota-kota besar lainnya, terjadi serangkaian unjuk rasa yang dilakukan
oleh mahasiswa dan pelajar. Para mahasiwa dan pelajar turun ke jalan dengan
tujuan mendesak pemerintah membatalkan revisi UU KPK, menunda pengesahan
rancangan KHUP, pengesahan rancangan UU Penghapusan kekerasan Seksual. Para
mahasiswa dan pelajar menyerukan tuntutanya kepada para elit yang duduk di
gedung DPR bahkan kepada Presiden Jokowi untuk menerima tuntutan mereka yang
pro kepada rakyat.
Pertanyaannya, menurut penilaian mu bagaimana peran pelajar dan mahasiswa saat ini
terkait perubahan politik dan ketatanegaraan di Indonesia ?
Komentar
Posting Komentar