Ikhtisar hidup

Berjalan mengiringi waktu yang terus berputar. Kehidupan yg penuh goresan warna dan narasi mewarnai di dalamnya. Manusia terus berinisiasi membangun dirinya dari keadaban kehidupan. Bergerak dengan penuh langkah kepastian dan keseimbangan.
Berjalan dengan derap ke segala penjuru mata angin dan mengarungi samudra. Untuk menggapai cita dan harapan yang digapai. Belajar dengan menuliskan narasi yg sederhana tertulis dalam catatan buku harian.
Berjalan dengan membangun ide gagasan yg dikembangkan dalam narasi gerak dan giat. Penuh hitungan dan strategi dalam merancang ke semua itu. Manusia yg memiliki akal pikiran dan telah digariskan oleh Allah SWT. Di tuntut untuk mempersembahkan narasi kebaikan.
Warna yg telah di buat dan digoreskan jangan ada noda yg menempel di dalamnya. Walaupun ada noda jadikan noda itu sebagai hiasan dan bisa juga renungan narasi. Manusia hanya merancang gagasan dan narasi itu. Takdir Allah yg menentukan di dalamNya.
Merdeka dalam belajar hanyalah sebuah narasi ide untuk di kembangkan. Dari sebuah pijakan spirit kemajuan yg sudah terbangun di dalamnya. Tak boleh duduk terlalu lama di suatu kursi yg akan membuat lupa darimana kita berasal.
Merdeka dalam belajar merupakan spirit membaca narasi yg panjang. Dan membongkar narasi yg usang. Bergerak untuk maju dalam narasi histori ke belakang. Historia vitese magistra itu kata ahli sejarah.
Merdeka dalam belajar butuh penggerak yg menuliskan tinta di dalamnya. Butuh orang yg mampu mewarnai dan membuat warna untuk kehidupannya. Tokoh penggerak dalam merdeka dalam belajar butuh keluar dari konteks dan teks yg ada.
Merdeka dalam belajar butuh nilai yg dibangun, butuh norma yg dikembangkan. Karakter adlh kunci keadaban dan peradaban itu. Maka perlu ada orang yg bergerak membuat narasi itu. Disertai dengan gagasan dituliskan dalam karya.

Tugu Ibu, Depok 15 Desember 2019.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA