SOAL KELAS 11

PHB SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI IPA/IPS
MULTIPELCHOOISE.
1. Perhatikan informasi berikut!
Sebelum era modern, Jepang merupakan sebuah negara yang feodalis. Hal ini dipertegas lagi pada tahun 1639 ketika Keshogunan Tokugawa menerapkan kebijakan menutup Jepang dari semua pengaruh dari luar,terutama pengaruh Barat. Kebijakan tertutup ini disebut juga sebagai kebijakan Sakoku.
Berdasarkan informasi tersebut,dapat disimpulkan bahwa Jepang berusaha melindungi negaranya dari...  .
A. perebutan kekuasaan di kalangan penguasaan Jepang
B. ancaman pembrontakan-pembrontakan dalam negeri
C. pengaruh-pengaruh yang merusak nilai kehidupan Jepang
D. penguasaan Korea terhadap wilayah-wilayah Jepang berpotensi
E. melindungi bahan mentah oleh pihak luar
ANS: C

2. Salah satu faktor yang melatarbelakangi kebijakan Sakoku di Jepang sejak tahun 1639 adalah...  .
A. kedatangan Bangsa Barat dianggap mengancam stabilitas negara Jepang
B. dependensi Barat terhadap perdagangan dengan bangsa Jepang
C. barat menerapkan monopoli perdagangan di Jepang
D. barat berniat menduduki dan menguasai Jepang
E. adanya perbedaan ras dan adat istiadat
ANS: A
3. Peristiwa penting yang membuat Kekaisaran Jepang membuka diri terhadap Barat sekaligus mengawali era modern di Jepang adalah...  .
A. dimulainya Restorasi Meiji
B. ditandatangani Konvensi Kanagawa
C. datangnya “Kapal Hitam” Amerika Serikat
D. keterbelakangan Jepang dalam segala bidang
E. tumbangnya pemerintahan Shogun Tokugawa
ANS: A
4. Kaisar Meiji memimpin perubahan yang cepat di jepang,dari pemerintahan shogun yang feodal menjadi sebuah kekuatan besar dunia. Kata “Meiji” sendiri berarti...  .
A. kekuasaan pencerahan
B. keutamaan bangsa
C. keunggulan nasional
D. kekuasaan perubahan
E. revolusi  cara berpikir
ANS: A
5. Salah satu dari “proyek” besar dalam Restorasi Meiji adalah Jepangmemberangkatkan beberapa diplomat ke Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 1871. Keberangkatan tersebutdimaksudkan untuk sebuah misi yang lazim disebut Misi Iwakura. Berikut ini yang tidak termasuk bagian dari tugas Misi Iwakura adalah...  .
A. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang sistem sosial dan ekonomi Barat
B. Mempresentasikan Restorasi Meiji ke hadapan para diplomat Amerika Serikat dan Eropa
C. Memyelesaikan perseteruan dengan Barat akibat politik dumping yang diterapkan Jepang
D. Mengumpulkan informasi tentang filosofi yang mendasari sistem sosial dan ekonomi Barat
E. Melakukan renegosiasi atas perjanjian-perjanjian yang telah dilakukan dengan Amerika Serikat
ANS: C
6. Kebijakan Jepang menjual hasil-hasil produksinya ke pasar internasional dengan harga relatif lebih  murah dibandingkan harga produk sejenis di dalam negeri. Dalam ilmu ekonomi, kebijakan ini disebut...  .
A. dumping
B. monopolo
C. demarkasi
D. laissez-faire
E. proteksionisme
ANS: A
7. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan hasil dari perkembangan industrialisasi di Jepang adalah...  .
A. Jepang semakin dekat menghayati nilai-nilai dan adat-istiadat dari Barat
B. Jepang merupakan satu-satunya kekuatan besar non-barat di dunia
C. Jepang menjadi kekuatan utama di Asia Timur dan Asia Tenggara
D. Kekuatan militer Jepang setara dengan bangsa-bangsa Barat
E. Jepang menjadi percaya diri menjadi negara imperialis
ANS: A
8. Selain ingin menunjukkan kejayaan bangsa Jepang, kolonialisme-imperialisme Jepang juga dilatarbelakangi faktor ekonomi. Berikut yang tidak termasuk faktor ekonomi yang melatarbelakangi kolonialisme-imperialisme Jepang adalah...  .
A. mendapatkan pasokan bahan mentah
B. mengimbangi kedigdayaan militer Barat di Asia
C. menguasai lalu-lintas perdagangan yang strategis
D. mendapatkan pasar bagi hasil-hasil industri Jepang
E. menanamkan modal di negara-negara yang dikuasai
ANS: E
9. Ambisi menjadi negara imperialis otomatis membuat Jepang terlibat serangkaian perang dengan negara-negara lain. Perang pertama yang sekaligus menandai dimulainya praktik imperialisme Jepang adalah Perang...  .
A. Asia Timur Raya
B. Rusia-Jepang
C. Indo-Tiongkok
D. Sino-jepang
E. Korea
ANS: D
10. Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada tanggal 11Januari 194, tepatnya di Pulau...  .
A. Sumatera
B. Jawa
C. Sulawesi
D. Maluku
E. Kalimantan
ANS: E
11. Berikut ini yang tidak termasuk tindakan yang dilakukan Jepang setelah menguasai Indonesia adalah...  .
A. membagi Indonesia menjadi tiga wilayah militer yang berada di bawah komando panglima tentara Jepang untuk wilayah Asia Tenggara
B. memasukan berberapa tokoh politik Indonesia ke struktur pemerintahan Jepang
C. Jepang memperkenalkan sistem tonarigumi untuk membangun pertahanan masyarakat
D. Jepang memperkenalkan romusa atau sistem kerja paksa
E. menbagi Pulau Jawa menjadi sembilan daerah prefektur
ANS: E
12. Awalnya rakyat Indonesia dan para tokoh nasional kita menyambut baik kehadiran Jepang di Indonesia. Berikut ini yang tidak termasuk alasan para tokoh bangsa Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang adalah...  .
A. Jepang membebaskan pemimpin nasional yang ditahan dan dibuang Belanda
B. Jepang melatih generasi muda bangsa Indonesia untuk melawan Sekutu
C. adanya harapan bahwa penjajahan Belanda di Indonesia segera berakhir
D. Jepang memperkenalkan diri sebagai saudara bangsa Asia
E. Jepang menjanjikan kemerdekaan pada Indonesia
ANS: B
13. Perhatikan data berikut!
1) Kebebasan melakukan ibadah
2) Mengibarkan bendera merah putih berdampingan dengan bendera Jepang
3) Diizinkan membentuk pemerintahan bayangan dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
4) Menggunakan bahasa Indonesia baik sebagai bahasa pengantar maupun akademis
5) Menyanyikan lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”beriringan dengan lagu kebagsaan Jepang “ Kimigayo “
Sebagian data diatas adalah alasan tokoh pergerakan nasional Indonesia awalnya menyambut baik kedatangan Jepang.Alasan yang tidak tepat ditunjukkan pada nomor... .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
ANS: C
14. Jepang kemudian membagi wilayah Indonesia menjadi tiga daerah militer. Semua berada dibawah komando panglima besar tentara Jepang untuk wilayah Asia Tenggara yang berkedudukan di... .
A. Saigon
B. Ceylon
C. Tokyo
D. Hongkong
E. Hanoi
ANS: A
15. Dalam rangka mendukung Perang Asia Timur Raya, Jawa Hokokai memiliki tugas untuk...   .
A. menjaga ketertiban dan keamanan ruang publik
B. mengatur pertahanan hingga kewilayah desa-desa
C. mengadakan perekrutan pemuda Indonesia yang akan ikut dalam perang
D. membangun sarana kebutuhan perang,seperti jalan raya dan rel  kereta api
E. mengalang dan a dalam bentuk pengumpulan beras,ternak dan lagam mulia
ANS: E
16. Salah satu lembaga semimiliter yang dibentuk Jepang di Indonesia adalah “Jibakutai”. Adapun tugas dari  “Jibakutai”.Adalah...  .
A. Pasukan Berani Mati
B. Laskar Pelajar
C. Barisan Cadangan Prajurid
D. Barisan Pembantu polisi
E. Barisan Polisi Rahasia
ANS:  A
17. Lembaga-lembaga semimiliter yang dibentuk Jepang selama pendudukannya di Indonesia  dimaksud untuk... .
A. mendidik generasi muda Indonesia agar selaras dengan nilai-nilai yang dianut Jepang
B. menyiapkan angkatan bersenjata bagi RI yang segera diberi kemerdekaan oleh Jepang
C. mendukung Jepang dalam Perang Asia Pasifik atau Perang Asia Timur Raya
D. melucuti tentara-tentara Belanda pasca  penyerahan Belanda di Kalijati
E. membantu Jepang menghadapi perlawanan rakyat Indonesia sendiri
ANS: C 
18. Tujuan pemerintahan pendudukan Jepang  membutuhkan tenaga kerja  romusha  dalam jumlah yang besar adalah...  .
A. memenuhi kebutuhan  perang Jepang  dalam waktu cepat dan singkat
B. membangun fasilitas-fasilitas umum guna mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
C. membangun pangkalan-pangkalan militer guna menghadapi serangan tentara sekutu
D. memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja diperkebunan sekitar Jawa dan Sumatera
E. membantu tentara Jepang dalam peperangan di wilayah Pasifik melawan tentara sekutu
ANS: A
19. Salah satu kebijakan Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi adalah romusa. Romusa adalah sebutan untuk ...  .
A. fenomena kerja paksa selama pendudukan jepang di Indonesia
B. orang-orang yang dipekerjakan secara paksa selama masa pendudukan Jepang
C. sistem kerja paksa yang diterapkan Jepang selama pendudukannya di Indonesia
D. penderitaan orang Indonesia yang dikerjapaksakan selama pendudkan Jepang
E. kebijakan kerja wajib bagi orang-orang Indonesia selama masa pendudukan Jepang
ANS: B
20. Jepang membentuk organisasi masyarakat yang disebut  POETRA yang dipimpin oleh empat serangkai. Tujuan dibentuknya organisasi ini adalah...  .
A. mencegah benih-benih perlawanan terhadap  jepang dikalangan tokoh pergerakan
B. sebagai wadah untuk melatih calon-calon pemimpin bangsa di masa depan
C. memusatkan seluruh potensi rakyat Indonesia untuk melawan Sekutu
D. melatih kemandirian bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi
E. wadah untuk mensosialisasi kan Gerakan  3 A
ANS: C
21. Kebijakan self sufficiency yang diterapkan pemerintah Jepang di Indonesia dalam bidang ekonomi dimaksud...  .
A. agar  tidak membebani keuangan Jepang
B. untuk melatih masyarakat mandiri secara ekonomi
C. wujud desentralisasi ekonomi yang diterapkan Jepang
D. menyiapkan sentra-sentra ekonomi  demi kebutuhan perang Jepang
E. menyiapkan logistik perang sesuai dengan keunggulan tiap-tiap daerah
ANS: A
22. Jepang tidak segan-segan mengintrograsi, menangkap, bahkan menghukum siapa saja yang dicurigai atau dituduh sebagai mata-mata atau anti- Jepang tanpa proses pengadilan . Penangkapan itu dilakukan oleh polisi rahasia yang disebut...  .
A. Kempetai
B. Gakukotai
C. Heiho
D. Seinendan
E. Keibodan
ANS: A
23. Salah satu dampak pendudukan Jepang dalam bidang sosial-kemanusia ada jugun ianfu. Istilah ini mengacu pada...  .
A. Perempuan yang mendapat beasiswa pendidikan dari pemerintah Jepang
B. Perempuan Indonesia yang diperbantukan dalam bidang logistik Jepang
C. Pembantu rumah tangga di keluarga-keluarga Jepang di Indonesia
D. Perempuan yang direkrut Jepang untuk dijadikan penghibur
E. Kaum pekerja paksa dari kalangan perempuan Indonesia
ANS: D
24. Perhatikanlah nama-nama tokoh pergerakan nasional berikut ini!
1) Ir. Sukarno
2) K.H. Mas Mansyur
3) Ki. Hajar Dewantara
4) R.P. Soeroso
5) dr. Setiabudi
Pemimpin Poetra ditunjukkan nomor...  .
A. 1), 2) dan 3)
B. 1), 2) dan 4)
C. 2), 3) dan 4)
D. 2), 3) dan 5)
E. 3), 4) dan 5)
ANS: A
25. Pada masa pendudukan Jepang  dampak bidang pemerintahan  di Indonesia adalah...  .
A. wilayah Indonesia  dibagi 3 daerah kekuasaan militer
B. dihapuskannya negara boneka buatan Belanda
C. kaisar memegang kendali utama di negari jajahan
D. membagi wilayah Indonesia menjadi 68 keresidenan
E. diterapkannya sistem pemerintahan atas dasar fasisme
ANS:  A
26. pendudukan Jepang memicu berbagai perlawanan dari rakyat Indonesia. Perlawanan terbesar terhadap pendudukan dilakukan oleh...  .
A. K.H . Zaenal Mustafa
B. Rakyat  Tasik malaya
C. Kaum romusa
D. Teuku Hamid
E. Peta
ANS: B
27. Kedudukan Jepang semakin terdesak oleh Sekutupada pertengahan tahun 1944. Pada kesempatan ini Jepang berencana mewujudkan janjinya memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dengan mengumumkan dibentuknya...  .
A. Hakko Ichiu
B. Cou Sangi In
C. Kyoiku  Hokokai
D. Dokuritsu Zyunbi Inkai
E. Dokuritsu  Zyunbi Coosakai
ANS: E
28. Jepang berjanji memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945. Namun, namgsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini memperlihatkan bahwa...  .
A. Indonesia cepat memanfaatkan momentum menyerahnya Jepang kepada Sekutu
B. Semangat kemerdekaan begitu kuat dalam diri bangsa Indonesia
C. Kemerdekaan bangsa Indonesia bukan pemberian dari pemerintah Jepang
D. Jepang ternyata bukan “saudara tua” bangsa Indonesia
E. Indonesia bisa melawan kedigdayaan bangsa Jepang
ANS: A
29. BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Tujuan utama pembentukan lembaga ini adalah...  .
A. menyelidiki berbagai hal yang diperlukan bagi pembentukan sebuah negara merdeka
B. merumuskan kewajiban-kewajiban Indonesia agar diberi kemerdekaan oleh Jepang
C. menetapkan waktu yang tepat bagi pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
D. menyelidiki kekayaan sosio-religius Indonesia sebagai dasar Indonesia merdeka
E. mengusahakan kesatuaan rakyat Indonesia dalam rangka mengisi kemerdekaan
ANS: A
30. Berikut yang termasuk tindakan Jepang untuk menarik simpati rakyat Indonesia di awal kedatangannya adalah...  .
A. melakukan kebijakan self-sufficiency
B. memperkenalkan kewajiban melakukan seikerei
C. membentuk kerjasama dengan Belanda untuk memerintah Indonesia
D. mendorong penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan melarang penggunaan bahasa Belanda
E. melakukan pengawasan terhadap organisasi-organisasi pergerakan Indonesia  yang  berhaluan nasional dan radikal
ANS: D
31. Jepang mendirikan Keimin Bunkei Shidoso dengan tujuan...  .
A. menciptakan lapangan pekerjaan bagi para romusa
B. mengamankan pertahanan di tingkat desa
C. mendukung kegiatan propaganda Jepang
D. mensosialisasi kebijakan seikerei
E. mengawasi partai-partai politik
ANS: C
32. Berikut ini yang bukan  termasuk dampak dari pendudukan Jepang dalam bidang ekonomi adalah...  .
A. kebijakan self-sufficiency
B. menyita aset-aset ekonomi yang penting
C. terbentuknya statifikasi dalam masyarakat
D. melakukan pengawasan yang ketat dalam bidang ekonomi
E. setoran wajib dan kerja paksa yang dibebankan kepada rakyat Indonesia
ANS: C
33. Perhatikan informasi berikut!
1) Jepang mewajibkan rakyat menggunakan bahasa Indonesia
2) Larangan penggunaan bahasa Belanda
3) Mempermudah komunikasi dengan orang Indonesia untuk propaganda
4) Bahasa Jepang masih serumpun dengan bahasa Indoneia
5) Bahasa Indonesia sangat demokratis  karena membendakan tingkatan pemekaiannya
Dampak positif  dari pendudukan Jepang diantaranya adalah berkembangnya bahasa Indonesia ditunjukkan nomor...  .
A. 1), 2) dan  3)
B. 1), 3) dan  5)
C. 2), 3) dan  4)
D. 2), 3) dan  5)
E. 3), 4) dan  5)
ANS: A
34. Berikut yang bukan rumusan dasar negera yang diajukan oleh Ir. Soekarno adalah...  .
A. Internasionalisme  atau perikebangsaan
B. Ketuhanan  Yang  Maha Esa
C. Mufakat atau demokrasi
D. Kesejahteraan sosial
E. Persatuan Indonesia
ANS: A
35. Pada masa pendudukan Jepang aktivitas pendidikan formal di sekolah-sekolah  Indonesia mengalami penurunan karena...  .
A. pendidikan pemuda berfokus pada militer
B. sekolah hancur karena Perang Asia Timur Raya
C. sekolah dianggap sebagai sumber pembrontakan
D. ridak tersedianya dana untuk pendidikan di Indonesia
E. guru-guru melakukan aksi mogok menuntut kesejahteraan
ANS: A
36. Perlawanan rakyat Indramayu disebabkan oleh adanya...  .
A. Kewajiban seikerei
B. Pengibaran bendera Hinomaru di balai desa
C. Perlakuan sewenang-wenang dari tentara Jepang
D. Penculikan paksa para pemuda untuk kebutuhan romusa
E. Kewajiban menyetorkan sebagian hasil padi yang memberatkan penduduk
ANS: E
37. Hubungan antara dokrin Hokko Ichiu dengan kemunculan Jepang sebagai negara imperialis adalah...  .
A. memperluas wilayah kekuasaan Jepang di dunia
B. ambisi menyebarkan praktik Seikerei seluruh dunia
C. dokrin yang mengutamakan kemajuan ekonomi Jepang
D. mengobarkan semangat Jepang untuk menjadi pusat kepemimpinan dunia
E. dokrin yang menekankan bahwa bangsa Jepang adalah ras yang paling unggul di dunia
ANS: D
38. Salah satu gerakan bawah tanah yang berhasil menyadap siaran radio Sekutu adalah... .
A. Amir Syarifuddin
B. Ahmad Subardjo
C. Sutan Syahrir
D. Wikana
E. Sukarni
ANS: C
39. Berita kekalahan Jepang atas Sekutu telah mendorong para pemuda untuk segera memproklamasi kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi, golongan tua yang diwakili Ir. Soekarno menolak keinginan golongan pemuda tersebut. Perbedaan antara kedua golongan mengenai proklamasi kemerdekaan terletak pada masalah...  .
A. tokoh yang akan  membacakan teks proklamasi
B. cara perumusan  teks proklamasi
C. waktu pelaksanaan proklamasi
D. lokasi pelaksanaan proklamasi
E. proses pelaksanaan proklamasi
ANS: C
40. Pada tahun 1943 Jepang membentuk sebuah lembaga yang mirip dengan parlemen bagi bangsa Indonesia, yaitu...  .
A. Cuo Sangi In
B. Jawa Hokokai
C. Keimin Bunka Sidhosa
D. Gakukotai
E. Dokuritsu Zyunbi Chosakai
ANS:  A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

PERISTIWA KONTEMPORER DUNIA (PERPECAHAN CEKOSLOWAKIA)

PENGALAMAN DAN HARAPAN DALAM PJJ