Belajar lagi

 Belajar lagi


Kata orang ilmu wajib di upgrade biar kita paham tentang perkembangan ilmu pengetahuan. Ilmu yang kita miliki perlu diperbaharui agar terjaga keseimbangan dalam membangun pemahaman yang tak sempit. Di era keterbukaan pada saat ini butuh sinergi dalam membangun pemahaman keilmuan karena pada dasarnya manusia tak sempurna dalam hidupnya.

Belajar adalah proses sosialisasi pembentukan internalisasi nilai-nilai kehidupan. Maka akan terjadi perubahan nilai dan cara pandang pola pikir dirinya menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Tak ada yang boleh berhenti belajar dalam memperbaiki kualitas diri walaupun sekelas pakar dan praktisi ataupun akademisi. 

Hari ini kita berkesempatan untuk belajar walaupun sebatas seminar dan diskusi. Salah satu narasumber mengatakan ketika kita mengalami ketidakpastian karena pandemi covid 19. Perlu ada penguatan baru yang berupa restorasi sosial yang membangkitkan semangat kesetiakawan sosial. Dan ada penguatan dari pola pikir kebangsaan sebagai bangsa yang besar memiliki landasan Pancasila dan UUD 1945. 

Penguatan pemahaman sejarah sebagai identitas jadi diri bangsa memiliki arti penting membangun ketahanan nilai-nilai persatuan dan kebangsaan. Sejarah dapat memberikan narasi kegunaan edukatif, instruktif, rekreatif bagi masyarakat. Penguatan pijakan pendidikan moral kebangsaan dapat diberikan melalui pendidikan sejarah. Contoh dengan pengenalan karakter nilai-nilai kepahlawan anak-anak diberikan narasi kisah kepahlawan. Atau anak-anak diberikan historical thinking skill (berfikir sejarah)

Paling penting adalah Pancasila sebagai ideologi negara sudah final tidak ada tafsir lain berkaitan pemikiran falsafah pancasila ini yang tadi dijelaskan oleh pakar sejarah dari departemen sejarah UI. Dan ini menjadi pondasi keberagaman dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila hasil konsensus kesepakatan bersama dari para tokoh bangsa yang telah bersepekat memproklamirkan NKRI.

Kajian yang cukup mengupdate keilmuan sejarah para peserta seminar dan diskusi restorasi kebangsaan di dinas sosial DKI Jakarta. Kemudian pertemuan diterapkan social distancing dan menerapkan pola aturan protokol kesehatan. Ada yang cukup istimewa dibuka dengan kepala dinas provinsi dki jakarta kata 3M kalau perlu ditambahkan dengan munajat doa kepada Aĺllah SWT. Perlu ditambahkan dengan berdoa dan bermunajat diharapkan allah memberikan perlindungan kepada diri dan keluarga serta bangsa.

Suasana di buka dengan suasana kekeluargaan karena memang pertemuan seperti tadi sudah beralih dengan daring melalui zoom meeting. Suasana yang memang membatasi peserta dengan social distancing tapi masih dalam kondisi kekeluargaan.

Cukup membuka ruang penyegaran keilmuan walaupun sedikit tapi setidaknya transfer keilmuan terlaksana. Dan silaturahim tetap terjaga terutama kami dari mgmp sejarah provinsi DKI Jakarta.

Perjalananan pun terasa lebih cepat cuma 1,5 jam dipagi perjalanan dari rumah menuju dinas sosial provinsi dki jakarta. Tidak seperti biasanya yang bisa memakan waktu 2 jam lebih. Memang lalu lintas pada masa pandemi padet tetapi relatif lancar. Daripada sebelum pandemi. 

Menghidupkan hari dengan literasi dan narasi membangun kreatifitas dan pruoduktifitas pengembangan diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA