Goresen siang

 Dalam sebuah proses kehidupan ada yang namanya teori dan ada yang nama praktek. Keduanya harus seleras dan serasi apa yang dipikirkan dan apa yang dipraktekkan. Artinya ada sebuah proses perencanaannya di dalamnya.Perencanaan mengelola suatu kegiatan atau suatu perusahaan memiliki suatu organizing yang jelas memiliki dasar aturan tata kelola yg menjadi sandaran pijakan organisasi atau perusahaan itu. Dari organizing ada aksi yg sudah dirancang dan telah disepakati semua komponen yang ada. Kemudian barulah control dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas tergantung azas kesapakatan control yg di buat.

Kehidupan organisasi atau kelompok atau perusahaan butuh teori dan praktek sesuai dengan prinsip manajemen yg bisa diukur dengan analisa SWOT. Analis butuh diskusi dan berdasarkan pijakan yang jelas dalam rangka memberikan stimulus berjalannya suatu organisasi. Dalam prosea itu butuh leadership dari komponen orang yang ada dalam organisasi itu. Leadership bukan diciptakan dan pasti jadi, karena leadership adalah seni dalam berinteraksi dalam memimpin orang. Tidak semua orang dapat menjadi pemimpin, karena pemimpin butuh kepemimpinan. Ada persoalan jiwa dan menjiwai sehingga iya dapat diikuti dan didengar oleh orang dalam organisasinya.

Pemimpin dia lahir dari pembiasaan baik yang dilakukan kepada orang lain. Dia tidak bicara menggunakan sudut pandang dirinya tapi lebih banyak menggunakan sudut pandang orang lain. Dia tidak mengukur sesuai dengan ukurannya tapi tidak melihat ukuran lain.

Sangat sulit mencari sosok pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan selain nabi Muhammad SAW. Kebanyakan hanya mendekati jiwa kepemimpinan nabi Muhammad yg dimiliki kebanyakan orang lain. Karena manusia tempatnya lupa dan alpha memiliki kekurangan dan kelebihan

Jiwa leader dia punya konsep dapat diterima oleh masyarakat organisasinya. Ketika ada konsep dan gagasan yang dituangkan dalam narasi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kemudian diituangkan dalam petunjuk aruran main pasti akan mudah menggerakkan organisasi itu. Karena ada pemahaman yang sama dengan gerak organisasi itu.

Indonesia adalah sebuah organisasi dalam bentuk negara memiliki cakupan luas. Di dalamnya ada sebuah simbol dan lambang kemudian ada UUD yang menjadi pedoman bersama maka semua orang masyarakat Indonesia dapat mengikutinya. Sebuah negara  punya pedoman dan matan keyakinan berupa UUD. 

Sejarah mencatat kapal besar bernama Indonesia tidak serta merta ada tapi dia berproses dalam kehidupannya. Ada unsur berlanjut dan berubah setiap waktu  Memiliki dinamika orang perorang di dalamnya. Memiliki jiwa dan matan keyakinan hidup berupa pancasila.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA