Perjalanan

 Perjalanan


Sudah seberapa jauh kita berjalan di alam dunia ini. Dan sudah berapa kali kita singgah di sebuah tempat dalam berjalan. Perjalanan yang terus berjalan sampai dia menemukan suatu titik berlabuh. Titik dimana kita merasa nyaman terhadap apa yang sudah kita kerjakan dalam lintas perjalanan.

Kalau kita mau buat perjalanan hidup bisa kita rangkai seperti aplikasi pedlet yang terbuka dalam membuka ruang dan bisa kita tempel perjalanan ini. Dia seperti mading berjalan yang tersimpan rapi dalam semat bingkai aplikasi. Kita bisa lihat perjalanan yang tersimpan sepanjang waktu untuk dipahami. Pedlet merupakan catatan waktu perjalanan kita buat dengan narasi kita.

Kemudian  dapat kita buat kronologi waktu berupa infografis perjalanan hidup kita dengan Canva. Kita bisa pilih background dan warna yang kita sukai. Tanpa ada paksaan karena berdasarkan alur berfikir yang kita punya. Canva dapat membuat narasi kehidupan yang berupa diakronik peristiwa perjalanan kita.

Perjalanan penuh lika liku hidup yang mewarnai gerak hidup kita. Gerak yang membuka ruang deskripsi hidup yang dapat dinarasikan. Narasi yang bagus ketika Giat yang dibangun dengan unsur kebersamaan bukan terpaksa. Perjalanan pasti memiki tujuan dan mimpi yang dibangun. Tak bisa asal dengan keterbatasan akal atau kesenjangan karena perbuatan akal yang mempersempit ruang hidup. Semuanya harus bersinergi menghimpun energi yang selaras.

Dalam perjalanan hidup kita tercatat secara historis. Dua unsur catatan waktu yaitu unsur diakronik dan sinkronik dalam perjalanan kehidupan. Setiap manusia pasti punya catatan itu ntah yang terbuat secara konsep nararif atau hanya sekedar konsep di ide nya saja tanpa catatan.

Catatan itu kita taruh dalam ruang pedlet yang dapat ungkapkan dan sosialisasikan. Ruang pedlet bisa dijadikan ruang diskusi dan kritik perbaikan. Perjalanan hidup kita warnai penggunaan media sebagai pelengkap narasi dan diskusi. Kesempurnaan didapat apabila ragam bhineka itu dihimpun menjadi kesatuan terjalin unsur pemaaf bukan pendendam.

Pedlet adalah warna dan karya kreatif kita buat memberikan rasa keindahan dan orang ketika berada di dalamnya merasakan stimulus kebaikan. Orang bisa membaca dan menuliskan komentar dengan bahasa keagungan ketika telah terjalin kepercayaan. 

Rasa itu dibuatkan infografis dan peta konsep dari media canva. Maka orang memiliki cara pandang berbeda tentang siapa kita. Berbeda cara pandang dalam satu ikatan media adalah catatan dalam kepekaan dalam memahami perjalanan hidup. Pedlet dan canva adalah media yang bisa merefleksikan mading perjalanan hidup. Dapat kita gambarkan potongan-potongan cerita dari peristiwa. Peristiwa perjalanan adalah sejarah hidup kita yang mampu mewarnai atau diwarnai


Ciracas 22 oktober 2020

IC

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita Dan Soeharto Oleh Ust.Hilmi Amirudin

Peristiwa Kontemporer Dunia (Perpecahan Uni Sovyet)

LATIHAN SOAL SEJARAH INDONESIA